Salah satu mesin yang mendominasi pemesanan bulan Desember 2019 di Rumah Mesin adalah Mesin pengolah sampah. Mesin pengolah sampah tersebut terdiri dari 2 macam yakni pengolah sampah organik dan nonorganik (plastik). Mesin-mesin pengolah sampah tersebut sebagian besar dikirimkan ke wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan juga Nusa Tenggara.

Hasil Cacahan Plastik

Seperti yang kita tahu, tiap tahun Indonesia menghasilkan jutaan ton sampah. Dari sekian banyak sampah tersebut belum semuanya terkelola dengan baik, hanya beberapa persennya saja. Padahal jika tidak dikelola dengan baik, tumpukan sampah tersebut dapat menyebabkan berbagai macam dampak buruk seperti masalah kesehatan dan lingkungan.

Hasil Cacahan Plastik

Namun sebaliknya, apabila kita dapat memanfaatkan jutaan ton sampah tersebut dengan baik maka ada beberapa keuntungan dan manfaat yang baik. Sisi positif dari adanya sampah organik yakni dapat diolah menjadi pupuk kompos, makanan hewan ternak, kerajinan dan juga bahan bakar pengganti seperti biogas. Sedangkan sampah anorganik juga masih bisa diolah atau digunakan kembali serta diolah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Untuk mengolah sampah-sampah tersebut menjadi nilai guna tentunya dibutuhkan mesin yang dapat membantu proses pengolahannya. Oleh karena itu Rumah Mesin memproduksi mesin pencacah sampah organik dan juga pencacah plastik untuk membantu pemerintah dan juga masyarakat untuk mencacah sampah-sampah tersebut menjadi tepat guna.

Mesin Pencacah Organik

Mesin pencacah organik dari Rumah Mesin ini berfungsi untuk mencacah atau menghancurkan sampah-sampah organik seperti dedaunan, ranting-ranting, rumput-rumputan, menjadi lebih kecil dari ukuran semula sehingga mempermudah pengolahan selanjutnya. Baik menjadi pupuk kompos atau lainnya.

Sedangkan mesin pencacah plastik berfungsi untuk mencacah plastik berfungsi untuk menghancurkan plastik seperti botol minuman, oli, detergen dan sampah plastik lainnya. Dengan pisau pemotong lebih dari satu buah lebih mempercepat kinerja mesin pencacah plastik sehingga menghemat waktu dan lebih cepat. Hasil cacahan dari mesin pencacah plastik ini juga seragam atau seukuran, sehingga lebih mempermudah ketika akan didaur ulang.

Hasil Cacahan Jerami

Mesin pengolah sampah organik secara lengkap terdiri dari mesin pencacah organik, mesin pengayak, mesin pengaduk bahan kompos, mesin granulator kompos, dan pengering granul pupuk kompos. Sementara mesin pengolah limbah plastik terdiri dari mesin pencuci plastik, pencacah plastik, peniris plastik, dan press plastik.