Sepanjang tahun 2019, Rumah Mesin mengirimkan lebih dari 400 mesin ke seluruh wilayah Indonesia. Sebagian besar mesin dikirimkan ke luar pulau Jawa melalui ekspedisi. Mesin-mesin tersebut merupakan pesanan dari individual maupun instansi pemerintah.

Adapun 400 mesin yang dikirimkan terdiri dari sekelompok mesin pertanian, perkebunan, peternakan, makanan, pengolahan sampah, dan juga mesin kemasan. Selain mesin pengolah sampah, mesin yang mendominasi lainnya adalah mesin kelapa.

Peta Pengiriman ke Wilayah Indonesia

Mesin-mesin tersebut masih terbagi dalam beberapa macam mesin lainnya. Seperti mesin peternakan yang salah satunya terdiri dari mesin pencetak pelet. Mesin pengolah sampah terdiri dari mesin sampah organik dan juga limbah plastik. Satu rangkaian penuh mesin pengolah sampah organik terdiri dari mesin pencacah sampah, mesin pengayak, mesin pengaduk, dan mesin pengering. Sementara untuk pengolah limbah plastik terdiri dari mesin pencuci plastik, mesin pencacah plastik, mesin peniris plastik, dan mesin press plastik.

Yang paling banyak rangkaiannya adalah mesin kelapa. Hal tersebut dikarenakan mesin pengolah kelapa masih terbagi-bagi ke dalam beberapa pengolahan seperti pengolahan gula semut dan minyak kelapa atau minyak goreng kelapa. Untuk mesin pengolah gula semut terdiri dari mesin kristalisator, perajang, pengering, dan pengayak.

Sementara untuk mesin pengolahan minyak kelapa terdiri dari mesin pencungkil kelapa, mesin parut kelapa, peras santan, press santan manual, mesin pemasak minyak, mesin netralizer minyak, mesin filter minyak. Dari sekian banyak mesin kelapa tersebut disesuaikan dengan kebutuhan seperti akan diolah menjadi minyak goreng kelapa atau minyak VCO.

Persiapan Pengiriman Mesin

Sisanya seperti mesin pengolah daging abon, mesin kacip mete, mesin rumput laut, mesin pengolah kedelai, mesin pemecah kemiri, mesin perajang bawang, mesin peruncing bambu, mesin cup sealer, mesin penepung, mesin vacuum sealer, mesin filling botol, mesin spinner, dan masih banyak lagi mesin lainnya yang dapat dilihat di website rumahmesin.com atau facebook dan instagram Rumah Mesin.

Rumah Mesin menyediakan mesin-mesin yang dapat mempermudah proses pengolahan dengan skala kecil hingga besar, baik  untuk membuka usaha ataupun untuk memberdayakan masyarakat daerah sesuai dengan potensi daerah masing-masing.