Di tengah pandemik covid-19, seluruh kegiatan Ramadhan Rumah Mesin tahun 2020 dilakukan secara online. Tahun 2020 ini Rumah mesin menyelenggarakan 4 kegiatan yang mana dari keempat kegiatan tersebut, 3 diantaranya sama dengan kegiatan tahun lalu seperti pengajian, tadarus, dan lomba kultum. Sementara tambahan kegiatan tahun ini yaitu lomba posting Ramadhan dan tiktok.

Kegiatan Tahsin Al-Qur’an, Ramadhan Tahun Lalu

Kegiatan Ramadhan pertama yakni kajian online. Kajian online ini hampir sama dengan pengajian yang biasa dilaksanakan rutin setiap hari Kamis. Hanya saja untuk saat ini dilakukan secara online melalui live streaming Instagram @rumahmesin dan dilaksanakan setiap hari senin mulai pukul 08.00 hingga 09.00 WIB. Semua karyawan diwajibkan untuk mengikuti kajian online ini. Untuk pengisi kajian selama Ramadhan tahun ini juga masih sama yakni ustadz Dudi M. Rusyadi.

Kemudian kegiatan Ramadhan yang kedua yaitu tadarus online. Untuk sistemnya sendiri, tadarus online ini dilaksanakan sengan membaca Al-Qur’an minimal 1 muka atau halaman setiap orangnya dan dilaksanakan setiap hari Kamis selama Ramadhan. Bacaan Al-Qur’an yang sudah dibaca dikirimkan ke salah satu karyawan penanggung jawab kegiatan Ramadhan ini dalam bentuk rekaman audio yang disertai dengan keterangan surat dan ayat yang dibaca.

Lomba Kultum Ramadhan Tahun 2019

Selain tadarus online, setiap karyawan juga diwajibkan menghafal 3 surat dalam juz 30 dan disetorkan dalam bentuk rekaman video.

Kegiatan Ramadhan ketiga adalah kultum atau kuliah tujuh menit secara online. Kegiatan ini tidak berlaku untuk seluruh karyawan. Setiap divisi hanya diminta untuk mengirimkan minimal satu perwakilannya. Materi lomba ini bebas diserahkan langsung kepada peserta. Adapun peserta lomba diwajibkan mengirimkan video peserta yang sedang melakukan kultum kepada penanggung jawab kegiatan.

Pengajian Online

Terakhir adalah lomba posting kegiatan Ramadhan dan Tiktok. Dalam lomba posting kegiatan Ramadhan, setiap divisi mengirimkan minimal 5 postingan berupa foto maupun video pendek kegiatan Ramadhan atau takjil di Instagram masing-masing. Peserta juga diwajibkan men-tag kea kun Instagram @rumahmesin dan memberikan beberapa tanda tagar khusus.

Sementara untuk lomba tiktok, peserta boleh perorangan atau kelompok dengan jumlah postingan minimal 2 postingan. Konten harus berisi video yang menarik dan edukatif dengan menyertakan beberapa hastag dan men-tag akun Instagram @rumahmesin.