Tempat PKL di Jogja Jurusan Listrik & Audio Video / Elektronika

Mencari tempat pkl jurusan listrik di jogja maupun tempat pkl jurusan elektronika di yogyakarta memang susah – susah gampang. PKL merupakan program yang dibuat sekolah dengan persetujuan perusahaan untuk memberikan kepada siswa terutama SMK pengalaman bekerja dunia industri.

Barakat Teknik (anak perusahaan dari CV. Rumah Mesin) siap memberikan pengalaman untuk Anda yang ingin belajar bagaimana rasanya bekerja dengan kompetensi yang disesuaikan dari sekolah. Disini ini kamu dapat mengasah kemampuan dengan bantuan para rekan – rekan Baraka yang siap membantumu sampai bisa.

Belajar & Bekerja Service AC di Tempat Magang di Jogja Baraka

pkl jogja

Belajar bersama kami menjadi teknisi AC di Baraka Teknik, peserta magang nantinya akan dibantu oleh teknisi kami sampai bisa.

Dengan mempelajari ilmu AC diharap peserta magang mendapat komptensi baru dibidang service AC yang nantinya bisa menjadi peluang pengalaman kerja bagi para peserta magang.

Syarat & Ketentuan

pkl jogja

Syarat Umum

  1. Surat pengantar dari instansi terkait dalam hal ini sekolah
  2. Berpakaian sopan
  3. Mentaati peraturan yang telah di keluarkan oleh tempat PKL / prakerin
  4. Prakerin / PKL dimulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB

 

Syarat wajib

  1. Bersedia mengikuti program PKL/ prakerin sesuai dengan yang diajukan
  2. Bekerja sebanyak 6 hari kerja per minggu, 8 jam kerja per hari ( 08.00–16.00 WIB ), dan waktu Jam Istirahat ( 12.00–13.00 ) di pergunakan untuk ( ISHOMA ) Istirahat, Shalat ,Makan.
  3. Selama PKL / prakerin berlangsung wajib mengerjakan pekerjaan dengan sebaik mungkin dengan dibantu rekan kami.
  4. Jika bolos selama 2 hari  secara berturut-turut maupun tidak maka akan dianggap mengundurkan diri.
  5. Biaya hidup seperti makan dan akomodasi (dari rumah ke kantor) di tanggung masing-masing peserta.
  6. Sertifikat untuk peseta PKL / prakerin SMK yang mengikuti pembelajaran dengan baik hingga selesai sesuai hasil masing-masing siswa

Kewajiban PKL Baraka Jogja

  1. Wajib berdoa & brefing sebelum PKL / prakerin dimulai
  2. Bagi Muslim wajib melaksanakan shalat tepat waktu
  3. Bekerja dengan tim
  4. Mengikuti pengajian rutin setiap hari kamis pukul 07:00 WIB

Manfaat PKL Baraka Jogja

Dengan mengikuti program PKL di jogja di baraka teknik maka kita dapat mempelajari banyak hal seperti:

  1. Cara Memperbaiki AC Netes
  2. Memperbaiki Outdoor AC
  3. Bongkar Pasang AC
  4. Mengganti Freon AC
  5. Memperbaiki Filter AC yang Tersumbat
  6. AC yang Mengeluarkan Bunyi
  7. AC yang kurang dingin
  8. Masalah AC bau
  9. Masalah AC tidak hidup
  10. Mencuci AC
  11. Dll.

Lokasi Pendaftaran PKL Baraka Teknik

pkl jogja

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis No.km 5,6, Pandes, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183
Kontak : 0853 2500 5997

Segera hubungi kami kuota terbatas!!!

Dengan mempelajari ilmu AC diharap peserta magang mendapat komptensi baru dibidang service AC yang nantinya bisa menjadi peluang pengalaman kerja bagi para peserta magang.

 

Pengertian PKL

Praktek Kerja Lapangan /PKL di kota Yogyakarta, Jawa Tengah merupakan salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron (berbarengan) antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara nyata pada Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Disamping dunia usaha , Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Juga bisa memberikan keuntungan tersendiri terhadap pelaksanaan itu yaitu pelaksanaan dari sekolah, karena keahlian yang tidak diajarkan ketika di sekolahan bisa mereka dapatkan pada saat kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini.

Sehingga dengan adanya Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) ini dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan Menengah Atas sehingga bisa diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang mantap antara dunia pendidikan dengan dunia usaha sesungguhnya.

Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang diwujudkan dalam kerja pada suatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Lapangan ( PKL ),Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) sebagai  kegiatan Siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya,

yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.

Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat, didukung pula oleh tumbuhnya persaingan dibidang industri dan teknologi yang memaksa kita untuk ikut terjun kedalam dunia industri, bisnis, dan perdagangan.

 

Tujuan PKL di Jogja & Dimana Saja

Adapun tujuan pkl jogja maupun dimana saja adalah sebagai berikut

  1. Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
  2. Menumbuhkan & meningkatkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dalam dunia usaha,
  3. Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap siswa sebagai
  4. Persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya,
  5. Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana Siswa harus melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

 

Pengertian dan Fungsi AC

dengan mengikuti program pkl jogja jurusan listrik, elektronika kita akan mempelajari lebih jauh tentang pengertian ac yang benar.

a. Pengertian AC | PKL Jogja

Air conditioner (AC) adalah mesin yang dibuat untuk menstabilkan suhu dan kelembapan udara pada suatu ruangan. Alat ini digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan, tergantung kebutuhan. Namun, AC sering disebut sebagai pendingin udara karena lebih banyak digunakan untuk menyejukkan ruangan.

Meski AC adalah produk teknologi modern, konsep pendingin udara sudah dikenal sejak abad pertengahan, yaitu pada masa Romawi Kuno dan Persia. Willis Haviland Carrier menjadi orang pertama yang menemukan AC modern berskala besar yang menggunakan energi listrik pada tahun 1902.

b. Fungsi AC | PKL Jogja

Sesuai dengan namanya, air conditioner, AC memiliki fungsi untuk menkondisikan udara di sebuah ruangan agar selalu terasa sejuk, nyaman, dan sehat. Ada tiga hal yang dapat dikondisikan atau diatur dengan menggunakan AC, yaitu suhu, kelembapan, dan kebersihan udara.

1. Mengatur Suhu Udara

Fungsi utama AC adalah mengatur suhu di dalam ruangan. Suhu yang diinginkan dapat Anda atur melalui angka yang tertera pada remote control. Pada umumnya, suhu terendah AC adalah 18Celsius dan suhu tertingginya 30Celsius.

2. Mengatur Kelembapan Udara

Suhu dan kelembapan udara saling berkaitan sehingga secara tidak langsung, AC juga berfungsi mengatur kelembapan. Suhu AC sebaiknya diatur pada suhu ideal, yaitu 24–26 derajat Celsius karena udara yang terlalu dingin memiliki kelembapan tinggi sehingga menyebabkan kulit menjadi cepat kering.

3. Membersihkan Udara

Mesin AC dilengkapi dengan filter untuk menyaring debu dan kotoran yang terdapat di dalam udara sehingga menjadi bersih dan sehat. Oleh karena itu, filter AC harus selalu dibersihkan secara rutin untuk membersihkan kotoran yang tersaring sehingga udara bisa terjaga agar sejuk dan kebersihannya.

 

Komponen AC

Untuk dapat menjalankan fungsinya, AC didesain secara khusus dan terdiri dari beberapa komponen yang secara umum dapat dikelompokkan dalam empat bagian, yaitu komponen utama, komponen pendukung, kelistrikan, dan refrigeran.

1. Komponen Utama

Komponen utama dalam sebuah AC adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu udara, terdiri dari kondensator, kompresor, evaporator, dan pipa kapiler. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan fungsi keempat komponen utama tersebut.

a. Kondensator

Kondensator berfungsi untuk menukar kalor, mengubah wujud refrigeran dari gas menjadi wujud cair, dan menurunkan suhu refrigeran. Pipa kondensator dibuat berliku-liku dan dilengkapi sirip. Tempat kondensator yang baik diletakkan di luar ruangan agar dapat melepaskan panas pada refrigeran ke udara bebas.

b. Kompresor

Kompresor berguna untuk mengedarkan dan memompakan refrigeran ke seluruh bagian AC yang cara kerjanya sama dengan cara kerja jantung pada manusia. Kompresor dilengkapi dua buah pipa, yaitu pipa hisap dan pipa tekan serta memiliki dua tekanan, yaitu tekanan rendah dan tinggi.

c. Evaporator

Evaporator berfungsi untuk menyerap serta mengalirkan panas dari udara ke refrigeran sehingga refrigeran berubah dari wujud cair menjadi wujud gas setelah melalui pipa kapiler. Evaporator mengambil udara panas dari ruangan yang kemudian melewati sirip-sirip pipa sehingga suhunya turun.

d. Pipa Kapiler

Pipa kapiler juga merupakan komponen yang sangat penting di dalam AC karena berfungsi menurunkan tekanan dan mengatur aliran refrigeran ke evaporator. Penurunan tekanan refrigeran menyebabkan suhunya juga ikut turun dan inilah yang menyebabkan udara yang keluar dari AC bersuhu rendah.

2. Komponen Pendukung

Selain komponen utama yang berfungsi mendinginkan udara, AC juga dilengkapi komponen-komponen lain untuk mendukung kerja AC. Berikut ini jenis komponen pendukung AC dan fungsinya.

  • Strainer: menyaring kotoran yang terbawa di dalam refrigeran.
  • Accumulator: menampung sementara refrigeran yang berwujud cair bersuhu rendah dan campuran pelumas evaporator, serta menjaga aliran refrigeran menuju kompresor agar tetap lancar.
  • Blower: mengisap udara panas dari ruangan dan mengembuskan udara dingin kembali ke ruangan.
  • Fan (kipas)membantu kondensator membuang panas ke udara luar.

3. Komponen Kelistrikan

Karena AC bekerja menggunakan tenaga listrik, maka dibutuhkan pula komponen kelistrikan yang memiliki berbagai fungsi sebagai berikut.

  • Termostat: mengatur suhu ruangan secara otomatis agar sesuai dengan perintah pada remote
  • Kapasitor: menyimpan daya listrik sementara agar ketika dinyalakan, AC sudah memiliki energi untuk menghidupkan mesin.
  • Overload: memutuskan aliran listrik pada kompresor jika kerja kompresor terganggu, mati, kekurangan oli, atau kekurangan refrigeran.
  • Motor listrik: mengubah energi listrik menjadi energi mekanik pada kipas AC.

4. Refrigeran

Refrigeran adalah suatu zat yang mengalir pada sistem AC dan berfungsi sebagai pendingin. Ketika AC bekerja, refrigeran berubah wujud secara terus menerus antara cair dan gas untuk menghasilkan udara yang dingin.

 

Cara Kerja AC 

dengan mengikuti program pkl jogja jurusan listrik, elektronika kita akan mempelajari lebih jauh tentang cara kerja ac yang benar.

Sebuah AC terdiri dari dua kumparan yang saling terhubung, yaitu kumparan evaporator yang diletakkan di dalam ruangan dan kumparan kondensator yang ditempatkan di luar ruangan. Kumparan tersebut berisi refrigeran yang mengalir secara terus-menerus.

Prinsip kerja AC sangat sederhana, yaitu menjaga agar kumparan evaporator tetap dingin (lebih dingin dari suhu ruangan) dan kumparan kondensator tetap panas (lebih panas dari suhu atmosfer). Refrigeran yang mengalir akan menyerap panas dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar ruangan.

Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut.

  • Refrigeran dari evaporator yang bertekanan rendah mengalir ke kompresor sehingga menjadi bertekanan tinggi dan wujudnya berubah menjadi gas panas.
  • Gas refrigeran panas mengalir menuju kondensator dan panasnya akan dilepaskan ke luar ruangan dengan bantuan kipas. Selama fase pelepasan panas ini, refrigeran akan berubah menjadi cairan dan suhunya pun akan menurun.
  • Refrigeran cair mengalir ke katup ekspansi yang berfungsi membatasi aliran dan mengurangi tekanan sehingga suhu refrigeran semakin turun dan lebih dingin daripada suhu ruangan.
  • Refrigeran dingin mengalir menuju pada kumparan pendingin (cooling coil) pada bagian evaporator.
  • Udara panas dari ruangan yang masuk ke AC akan mengalir melalui kumparan pendingin tersebut sehingga menjadi dingin.
  • Udara dingin mengalir melalui kisi-kisi dan dikembalikan ke ruangan.
  • Proses tersebut terjadi secara berulang dan terus-menerus.