Home » Artikel » Artikel Proses » 7 Langkah Tips Sukses Berbisnis Kerupuk Ikan Dengan Mudah

7 Langkah Tips Sukses Berbisnis Kerupuk Ikan Dengan Mudah

Kerupuk merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia ataupun masyarakat mancanegara karena rasanya yang enak dan gurih memang menjadikan kerupuk ikan menjadi salah satu makanan pendamping nasi.

Ragam dari kerupuk ikan sendiri memang sangat banyak, mulai dari kerupuk ikan tenggiri, kerupuk ikan lele bahkan hingga kerupuk tulang ikan. Jadi kerupuk ikan tidak kalah saing dengan kerupuk jenis lain yang juga memiliki rasa yang tidak kalah enak dari kerupuk ikan.

Melihat hasil laut yang begitu melimpah akan hasil ikan yang banyak, kenapa anda tidak mencoba untuk membuka bisnis atau usaha kerupuk ikan. Kerupuk ikan yang memiliki daya tahan cukup lama jika dijual dalam bentuk kering dan pengemasan yang bagus tentu menjadi daya tarik sendiri untuk menjadikan nya sebuah usaha.

Cara Membuat Kerupuk Ikan yang Pedas dan Gurih

Untuk membuka bisnis kerupuk ikan memang tidaklah terlalu sulit, anda hanya membutuhkan tepung dan daging ikan saja. Namun untuk bisa mengembangkan nya dan menjadikan nya sebagai usaha utama anda serta penghasilan utama anda, tentu anda harus bisa membuat usaha kerupuk ikan anda menjadi lebih besar. Oleh karena itu kami kali ini akan memberikan beberapa tips tentang 7 Langkah Sukses Berbisnis Kerupuk Ikan Dengan Mudah:

  1. Niat dan Keyakinan

Dalam berbisnis kerupuk ikan memang tidak mudah dan tidaklah sulit, semua tergantung pandangan setiap individunya, anda yang memiliki niat dan kemauan untuk belajar dan  terus mengembangkan usaha anda tentu akan mendapatkan hasil yang bagus nantinya, sehingga anda membutuhkan niat dan semangat yang besar untuk bisa memperluas usaha kerupuk ikan anda.

Buatlah rencara yang matang sebelum anda benar-benar memulai usaha kerupuk ikan karena jika anda tidak memiliki planning yang tepat, maka anda bisa saja mengalami kegagalan. Lihatlah prospek kerupuk ikan di daerah anda, jika anda bisa melihat peluang yang luas, maka anda bisa segera memulai nya.

  1. Tempat dan Prospek

Sebelumnya anda harus mengetahui dan mencari tempat yang bisa anda gunakan untuk memulai usaha anda, lihatlah apakah tempat anda strategis untuk memulai usaha tersebut, lihat ekonomi orang sekitar karena perekonomian juga mempengaruhi hasil dari pemasaran anda nantinya. Jadi sebelumnya anda harus melakukan survey tempat dan survey keadaan sekitar terlebih dahulu agar anda mengetahui apakah prospek ke depan nya akan bagus jika membuka usaha kerupuk ikan di tempat tersebut.

  1. Modal

Dalam membangun sebuah bisnis yang terpenting adalah modal, artian modal dalam hal ini bukanlah uang semata, namun modal yang harus anda miliki adalah modal berupa kemampuan atau skill, modal pengetahuan, modal relasi dan jaringan, modal uang dan materi serta modal niat dan keberanian untuk memulai usaha, bahkan anda harus memiliki keberanian untuk menerima kenyataan paling buruk yaitu kegagalan.

Dalam hal ini yang paling penting adalah modal uang, namun anda bisa mendapatkan nya dengan modal pinjaman dari bank, atau sebaiknya anda menggunakan tabungan anda, baru jika anda sudah memiliki kepercayaan dari masyarakat dan usaha anda sudah banyak dikenal, anda bisa memperluas usaha anda dengan uang pinjaman atau dari uang laba sebelumnya. Modal awal bisa Anda pergunakan untuk mengadakan mesin pembuat kerupuk ikan, yang nantinya mesin ini berguna untuk memproduksi kerupuk ikan Anda agar proses produksi semakin lancar dengan menggunakan mesin pembuat kerupuk ikan.

  1. Bahan Baku

Hal yang juga harus anda perhatikan agar bisnis kerupuk ikan anda bisa sukses adalah dalam hal pasokan bahan baku, jika pasokan bahan baku di daerah anda sangat sulit dan bahkan harga nya terlalu tinggi, maka hal ini akan merugikan bagi anda. Dalam hal ini anda harus bisa mengantisipasi apabila kebutuhan bahan baku anda banyak atau banyak orang yang memesan kerupuk ikan anda, maka anda tidak perlu khawatir lagi bahan baku anda akan habis, sehingga anda harus bisa melihat dari segi bahan baku juga.

  1. Belajar Dari Orang yang Sudah Berpengalaman

Dalam membuat kerupuk ikan memang mudah, namun dalam hal ini yang paling penting adalah anda harus bisa membuat kerupuk ikan yang enak, lezat, gurih dan nikmat. Jadi inti dari semuanya adalah cita rasa dari kerupuk ikan buatan anda. Belajarlah dari orang yang lebih berpengalaman dalam hal pembuatan nya karena ini akan sangat berpengaruh pada hasil anda nantinya.

  1. Promosi dan Pemasaran

Promosi merupakan hal yang sangat penting dalam hal ini karena ini akan mempengaruhi hasil laba yang akan anda peroleh, jika anda bisa memasarkan produk anda dengan baik dan bisa memperluasnya, maka anda bisa mendapatkan hasil yang lebih besar dan tentunya produksi juga akan semakin banyak. Semakin banyak produk yang anda hasilkan, maka akan semakin banyak pula laba yang akan anda peroleh.

Anda bisa melakukan produksi secara offline ataupun online karena ini akan membantu anda untuk memperluas produk anda dan semakin banyak orang yang mengenalnya. Anda bisa membuat banner, sticker dan brosur kemudian membagikan nya di jalan, rumah atau tempat yang strategis lain nya.

Dan dengan menggunakan promosi secara online juga akan membantu anda dengan membuat website atau toko online, kemudian bisa mempromosikan nya ke sosial media atau lain sebagainya. Tentu dengan teknik promosi yang baik anda akan bisa mempeluas produk anda dengan cepat.

  1. Brand atau Merk Pribadi

Brand atau merk juga sangat berperan penting dalam hal promosi anda, jika anda bisa membuat merk atau brand yang banyak dikenal oleh masyarakat luas, maka produk anda akan semakin disukai. Buatlah brand atau merk pribadi yang mudah di ingat, dan buatlah kemasan yang cukup menarik agar banyak orang yang tertarik untuk mencobanya, namun hasil akhirnya tergantung dari cita rasa yang dimiliki produk anda.

Dari ke 7 hal tersebut, hal yang paling penting adalah cita rasa yang ada dalam kerupuk ikan tersebut, namun hal lain nya juga sangat penting karena percuma juga jika kerupuk ikan anda enak namun tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas dan begitu juga sebaliknya.

Demikian informasi tentang 7 Langkah Sukses Berbisnis Kerupuk Ikan Dengan Mudah yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis kerupuk ikan. Semoga sukses dan Terima kasih banyak

By | 2017-10-25T16:28:18+00:00 April 8th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 7 Langkah Tips Sukses Berbisnis Kerupuk Ikan Dengan Mudah

About the Author: