Mesin Panen Padi – Mesin Pemotong Padi Terbaru 2022

Mesin Potong Padi

Mesin Panen Padi

Mesin Panen Padi atau Mesin Pemotong Padi adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memanen padi atau memotong tangkai padi.

Yang mana Mesin Pemotong Padi merupakan sebuah alat terobosan baru yang dapat membantu mengefektifkan dan mengefisienkan proses pemanenan padi.

Karena dengan Alat Pemotong Padi, proses pemanenan padi atau pemotongan tangkai padi menjadi lebih mudah, aman, cepat, serta hemat tenaga, waktu, pikiran maupun biaya.

Mesin panen padi sejatinya adalah bentuk dalam penerapan pertanian modern yang sudah akan umum digunakan atau di pakai di sejumlah negara yang sangat maju.

Mari kita mengenal beberapa jenis-jenis mesin panen padi dan juga bagaimana mesin tersebut dapat membantu kalian yang akan menghasilkan beberapa jumlah panen yang lebih baik.

Di dalam sebuah siklus tanam ini, panen adalah masa yang paling sangat dinantikan untuk para petani. Harapan ini  sangat mendapatkan hasil panen yang sangat melimpah tentunya saja jadi impian untuk semua petani, termasuk kalian juga kan?

Tetapi taukah kalian jika di masa panen juga adalah masa yang paling sangat kritis, dimana kualitas dan juga jumlah dari hasil panenmu sangat ditentukan sekali oleh kecepatan melakukan panen.

Seringkali juga ada kendala yang dialami oleh para petani lokal adalah kurangnya banyak tenaga kerja untuk melakukan panen terutama di daerah dengan jumlah penduduk yang sangat sedikit.

Salah satu upaya yang kalian dapat dilakukan atau di laksanakan untuk mengatasi kurangnya tenaga kerja saat sedang panen adalah dengan cara memanfaatkan teknologi, dalam hal ini penggunaan atau pemakaian mesin panen padi.

Penggunaan atau pemakaian mesin tersebut akan memberikan dampak signifikan terhadap berkurangnya biaya panen per hektar dan juga serta meluasnya jangkauan wilayah yang dipanen.

Sebelum kalian memilih mesin panen padi untuk bisa membantu proses panen ada baiknya kalau kalian memperhatikan beberapa sejumlah hal berikut:

  • Harga biaya mesin panen padi
  • Biaya perawatan, usia pemakaian dan juga dukungan suku cadang
  • Kinerja alat dilapangan
  • Luasan lahan
  • Tingkat kekeringan lahan
  • Tinggi malai padi dan juga tingkat kerontokan padi
  • Proses pengumpulan, pengeringan, transportasi, perontokan dan juga pengeringan hasil panen

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Panen Padi Rumah Mesin

1. Mesin Panen Padi Miura Mtech – 488

Mesin Potong Padi Miura Mtech-488
Gambar Mesin Panen Padi Miura Mtech-488
Kapasitas Mesin:41 cc.
Daya ( Power ):1.45 KW @7000 RPM.
Kapaitas Tangki Bahan Bakar:1 L.
Karburator:Float.
Sistem Penghidupan / Permulaan ( Starter ):Recoil Starter / Sistem Tarik.
Lebar Pemotongan:415 mm.
Panjang Pisau:255 mm.
Berat Mesin:7 Kg.

 

2. Mesin Panen Padi Matsumoto MBC – 431 F

Mesin Potong Padi Matsumoto MBC-431F
Gambar Mesin Panen Padi Matsumoto MBC-431F
Kapasitas Mesin:31 cc.
Daya:0.75 KW @7500 RPM.
Kapasitas Tangki Bahan Bakar:0.75 L.
Sistem Penghidupan / Permulaan ( Starter ):Recoil Starter / Ssitem Tarik.
Berat Mesin:6Kg.
Dimensi Mesin:335 mm x 300 mm x 300 mm.

 

Penawaran Mesin Panen Padi Dari Rumah Mesin

Mesin Panen Padi Dari CV. RUMAH MESIN dirancang serta dibuat khusus untuk para petani, agar proses pemanan padi lebih efektif dan efisien.

Alat Pemotong Padi Rumah Mesin cocok untuk para petani yang membutuhkan sebuah alat pemanan padi yang kecil, murah, namun sangat tepat guna.

Mesin Pemotong Padi kami dilengkapi mesin yang powerfull namun tetap hemat energy dan hemat biaya tentunya.

Alat Panen Padi Dari CV. RUMAH MESIN dirancang dan dibuat dengan penuh perhitungan dan ketelitian. Serta dibuat dari bahan material yang pastinya berkualitas dan telah lolos uji QUALITY CONTROL.

Sehingga Kualitas, Keandalan, Keamanan, dan Keunggulan Alat Pemanen Padi kami terjamin.

Tentunya kami menawarkan Mesin Pemanen Padi kami dengan harga yang lebih murah dari pada yang lain.

 

Harga Mesin Panen Padi Rumah Mesin

Untuk mengetahui harga dan informasi Mesin Panen Padi kami, Anda dapat menghubungi call center kami.

kontak rumah mesin

 

Cara Kerja Mesin Panen Padi

Mesin panen padi bekerja dengan cara memotong tangkai padi dengan pisaunya yang diputar oleh mesin yang menjadi sumber daya pemutar pisaunya.

Dimana mesin tersebut akan memutar pisau dengan kecepatan rata – rata mencapai 7000 putaran per menit.

Bayangkan saja seberapa cepat pisau akan memotong tangkai padi. Untuk itu proses pemanenan padi akan tergantung operator yang mengoperasikan mesin pemanen padi kami.

Semakin cepat operator mengoperasikan Mesin Pemotong Padi, maka semakin cepat juga proses pemanenan padinya.

Sedangkan operator yang kurang cekatan juga akan sebaliknya. Proses pemanenan padi akan semakin lama, namun akan tetap lebih cepat dibandingkan dengan cara tradisional.

Sehingga dapat dikatakan bahwasannya, Mesin Pemotong Padi memang dirancang untuk mengefektifkan dan mengefisienkan proses pemanenan padi.

<articleclass=”post-1034 post=”” type-post=”” status-publish=”” format-standard=”” has-post-thumbnail=”” hentry=”” category-combine-harvester=”” ast-article-single”=”” id=”post-1034″>

Jenis-jenis mesin panen padi

Ditinjau dari beberapa jenisnya, mesin panen padi juga dapat dikelompokkan beberapa menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu:

  • Reaper
    Mesin Reaper adalah sebuah mesin pertanian modern yang difungsikan agar bisa untuk memanen atau memotong padi secara mekanis. Prinsip kerjanya adalah penerapan seperti sabit yang digunakan atau di pakai untuk memanen padi.
  • Binder
    Binder adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memotong sekaligus mengikat hasil potongan
  • Combine harvester (pemanen kombinasi), merupakan mesin yang memiliki atau mempunyai beberapa tiga fungsi yaitu menuai, merontokkan dan juga menampi.

Hal yang akan menjadi pembeda utama antara satu mesin dengan yang lainnya adalah kemudahan di dalam pengaturan ketinggian malai, kondisi malai hingga juga kinerja pada kondisi lahan tertentu perlu kalian mendapatkan perhatian khusus.

Untuk varietas padi yang sangat mudah rontok sekali, perangkat mesin harus bisa dapat diatur agar mempunyai atau memiliki getaran seminimal mungkin guna untuk bisa menghindari bulir jatuh ke lahan.

Reaper

Reaper tipe tarik sangat cocok sekali digunakan atau di pakai sebagai pengganti sabit. Ukurannya pun yang sangat ringan dan juga praktis membuatnya sangat mudah di pakai atau digunakan. Reaper juga dapat di pakai atau digunakan untuk mengumpulkan padi dalam dua tarikan pemotongan apabila ditambahkan rangka pengumpul.

Kinerja reaper juga bisa dapat mencapai dua kali lebih baik dibandingkan dengan penggunaan sabit. Posisi ini dalam pemakaian yang mewajibkan mengharuskan pengguna atau pemakai berdiri dapat bisa mengurangi kelelahan kerja.

Binder

Binder memiliki atau mempunyai bagian potong satu hingga empat alur tanam. Dalam penggunaannya ini padi yang telah dipotong atau sudah di potong akan langsung diikat menjadi satu hingga dua kilogram untuk itu kemudian ditempatkan ke sisi yang sama saja.

Tali pengikat yang di pakai atau digunakan binder dapat juga bisa berupa bahan sintesis atau juga jerami. Tali yang digunakan atau di pakai harus ditempatkan dengan secara baik agar memudahkan dalam proses mengikat padi.

Binder juga bisa dapat dilengkapi dengan alat pengangkat padi guna untuk memudahkan mengangkat padi yang akan telah diikat.

Combine Harvester

mesin panen padi kubota dc60
Mesin Panen Padi Kubota DC-60

Combine harvester bekerja dengan cara mengumpankan bagian malai padi yang telah dipotong pada bagian mesin perontok.

Selanjutnya juga hasil rontokan tersebut akan ditampung pada karung atau juga tangki penampung untuk sementara.

Combine harvester memiliki atau mempunyai dua jenis yaitu tipe dorang dan kemudi dengan lebar pemotongan yang bervariasi antara 60 cm hingga 1,5 meter dengan tenaga mesin berkisar antara 7 hingga 30 HP.

Mesin yang akan dikembangkan untuk wilayah Amerika dan juga Eropa umumnya digunakan atau di pakai juga untuk memanen gandum.

Padi yang akan dipotong termasuk jeraminya, akan dimasukkan kebagian perontokan. Gabah ini hasil perontokan akan ditampung tangki, dan juga jeraminya akan ditebarkan secara acak.

Untuk khusus sistem ini pengoperasiannya akan seluruh mesin panen yang bertipe kemudian dengan adanya lebar potong antara 1,5 meter hingga 6 meter. Untuk mesin ini memakai atau menggunakan 25 HP untuk satu meter lebar wilayah potong tersebut.

Jika kalian membutuhkan konsultasi mengenai perangkat ini yang akan dibutuhkan untuk mempercepat proses panen padi, silahkan menghubungi kami di via email dan juga telpon dengan cara menekan tombol dibawah ini.

Dalam pengoperasian dengan alat combine harvester ada juga beberapa hal yang perlu kalian diperhatikan yaitu sebagai berikut :

  1. Persiapan alat ini sesuai dengan adanya standar penggunaan dari produsen alat yang seperti pengecheckan oli mesin, oli hidrolik, air radiator, kekencangan van belt dan juga posisi roller penggerak utama.
  2. Mengenali juga secara detail karakter lahan sawah yang akan dipanen,  pada awal sebelum combine turun sawah. Asisten operator juga masuk mengechek sawah lokasi yang akan dipanen untuk mengetahui titik mana saja yang akan terdapat lumpur dalam atau titik dimana combine dapat juga mengalami kesulitan dalam bermanuver. Titik tersebut ini juga diberi tanda turus atau kayu yang akan ditancapkan sehingga operator bisa dapat mengetahuinya.
  3. Keselamatan kerja atau safety dalam pengoperasian combine. Operator combine sebaiknya juga duduk dalam posisi yang harus nyaman dan juga aman dalam ruang operator dan juga memakai sabuk pengaman. Hal ini karena untuk meminimalisir resiko terjadinya akan kecelakaan saat combine dioperasikan. Karena itu beberapa kasus yang akan pernah terjadi di Indonesia, kelalaian pengoperasian ini saat mengoperasikan combine bisa juga membuat sang operator akan kehilangan nyawanya. Misal contoh : kemungkinan operator akan terjatuh atau juga terlempar ke bucket atau mesin pemotong.

 

Fungsi Mesin Panen Padi

Dari namanya saja anda sudah dapat mengetahui apa fungsi dari Mesin Panen Padi. Mesin Pemanen Padi adalah untuk memanen padi atau memotong padi dengan aman, cepat, mudah, serta hemat tenaga, waktu, pikiran, dan biaya

 Sehingga lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara konvensional atau tradisional, yang prosesnya cukup lama, susah, serta menguras tenagadan waktu.

Fungsi Mesin Pemanen Padi sendiri cukup banyak bervariasi, mulai dari pemanen padi yang lengkap atau dikombinasikan dengan mesin perontok padi.

Dan ada juga yang hanya berfungsi sebagai pemotong tangkai padinya saja. Yang mana, pemanen padi yang lebih murah namun tetap tepat guna sangat dibutuhkan oleh para petani kecil.

 

Proses Pemanenan Padi

Proses Pemanenan Padi adalah proses yang paling ditunggu – tunggu oleh para petani. Dimana mereka akan berbondong-bondong dalam proses pemanenan padi.

Tanda bahwasanya tanaman padi telah siap dipanen adalah dengan menguningnya warna dari kulit bulir padi dan tangkai padi secara menyeluruh.

Tanda lain dari tanaman padi yang siap untuk dipanen adalah, ranting buahnya atau tangkai buahnya sudah mulai merunduk dikarenakan bulir padi telah berisi beras.

Proses pemanenan padi sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni cara tradisonal yaitu menggunakan alat berupa sabit atau arit.

Dan cara kedua adalah cara modern dengan menggunakan Mesin Panen Padi yang tentunya lebih efektif dan efisien.

Agar kerugian pada saat proses pemanenan tidak terlalu banyak, maka disarankan untuk memanen padi sesegera mungkin setelah memasuki umur atau tanda apnen yang tepat.

Dikarenanakan, jika memanen padi lebih diperlama, maka hasilnya akan lebih banyak rontok dan menambah persoalan atau pekerjaan baru.

Yaitu pembersihan lahan atau pengambilan rontokan gabah atau bulir padi diakrenakan padi terlalu tua dan mudah rontok.

Untuk sebagian besar orang di Indonesia, beras adalah sebuah kebutuhan pokok sehari-hari yang dikonsumsi dalam bentuk nasi ataupun masakan lainnya.

Yang mana beras merupakan sumber karbohidrat utama bagi rakyat Indonesia pada umumnya.

Beras adalah sejenis bijian yang diproses dari biji padi ( gabah ), prosesnya pun cukup panjang. Mulai dari penyiapan lahan, penanaman padi hingga proses pemanenan padi.

Hingga akhirnya memasuki proses perontokan bulir padi dan pemisahan kulit dari bulir padi menjadi beras siap konsumsi.

Proses Memanen padi yang benar cukup mempengaruhi hasil dari proses bertani padi. Dimana cara memanen padi yang salah akan membuat bulir padi banyak yang rontok, ataupun proses pemanenan padi yang lama akan mengurangi kualitas beras nantinya.

Kebanyakan petani di Indonesia masih menerapkan cara – cara tradisional yang cukup mengurangi hasil bertani, serta mengurangi kulitas dari padi itu sendiri.

 

Langkah Memanen Padi Dengan Mesin Panen Padi

Untuk itu, kami akan memberikan langkah atau cara memanen padi yang benar menggunakan Mesin Pemanen Padi Modern.

Berikut merupakan Langkah Memanen Padi Secara Modern Dengan Mesin Panen Padi:

  1. Persiapakan Mesin Panen Padi, Alas atau terpal, Mesin Perontok Padi, dan wadah untuk bulir padi ( bisa menggunakan karung).
  2. Mulailah memanen padi dengan Mesin Pemanen Padi.
  3. Hidupkan Mesin Pemotong / Pemanen Padi.
  4. Potong atau Panen padi dengan menyentuhkan pisau Mesin Pemotong Padi ke tangkai padi.
  5. Tangkai padi akan otomatis terpotong dan jatuh ke tudung Mesin Pemotong Padi.
  6. Kemudian anda dapat memindahkan potongan padi tersebut ke alas yang telah anda siapkan tadi.
  7. Ulangi proses tersebut hingga padi terpanen semua.

 

Informasi Pemesanan Mesin Panen Padi Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383
Email:rumahmesin@gmail.com
Fax:0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Panen Padi yang dapat mengefektifkan dan mengefisienkan proses pemanenan padi para petani.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Cungkil Kopra Kelapa.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.