Mesin Santan Kelapa Terbaru 2022

Mesin Santan Kelapa

Mesin Santan Kelapa

Mesin Santan Kelapa adalah sebuah alat atau mesin yang berfungsi untuk memeras santan kelapa dengan sistem ulir yang otomatis digerakkan oleh Motor Listrik ataupun Motor Bensin.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Santan Kelapa Rumah Mesin

Alat Peras Santan Kelapa model Ulir, mesin peras santan kelapa ulir otomatis.

Mesin Santan Kelapa
Gambar Mesin Peras Santan Otomatis Tipe Ulir Press

 

Spesifikasi Mesin Peras Otomatis Tipe Ulir Press :

Tipe : Mesin Peras Santan Model Ulir.
Energi Yang Digunakan : Listrik / Bensin.
Dimensi Mesin : 1500 mm x 700 mm x 700 mm.
Penggerak : Elektro Motor / Motor Bensin.
Daya ( Power ) : 2 HP ( Elektro Motor ) / 5,5 HP ( Motor Bensin ).
Tegangan Listrik : 220 V.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Bahan Kontak Produk : Stainless Steel Anti Karat.
Rangka : Besi Siku.
Kapasitas : 100 Butir Kelapa – 150 Butir Kelapa / Jam.

 

Informasi Pemesanan Mesin Santan Kelapa Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Santan Kelapa yang dapat membantu anda untuk memeras santan kelapa dengan mudah, aman, dan cepat.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Santan Kelapa.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

 

Tentang Santan Kelapa

Santan kelapa merupakan sebuah cairan berwarna putih seperti susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi dan diperas serta disaring. Wujud dari santan kelapa ini tidak tembus cahaya dan kaya akan rasa ini dikarenakan oleh kandungan minyak yang dimiliki oleh santan kelapa, bagian terbesarnya yaitu lemak jenuh.

Santan kelapa merupakan bahan makanan yang sudah menyebar luas dan banyak pemakai nya di beberapa negara yaitu  Asia Tenggara, Asia Selatan, Karibia, dan Amerika Selatan.

Santan kelapa mempunyai rasa lemak yang bisa digunakan untuk penyedap rasa untuk membuat masakan menjadi lebih sedap dan gurih. Santan kelapa memiliki kandungan 3 nutrisi utama, yaitu ada nutrisi berupa lemak sebesar 33.80%, nutrisi berupa protein sebesar 6.10%, serta nutrisi berupa karbohidrat sebesar 5.60%. Hal ini disesuaikan dengan peryataan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa penambahan santan dapat menambahkan cita rasa dan nilai gizi, seperti dalam abon. Santan kelapa akan menambah rasa gurih dikarenakan memiliki kandungan lemak yang besar.

 

Jenis Kelapa yang Bagus Untuk Santan

Kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan santan yang  instan dibandingkan menggunakan santan alami, hal ini dikarenakan masyarakat menganggapnya lebih praktis menggunakan yang instan dibanding yang alami. Padahal jika dibedakan rasanya, sangat berbeda dan lebih nikmat santan yang asli dari kelapa.

Dan biasanya santan dalam kemasan sering ditambahkan bahan pengawet, ini mengakibatkan berkurang nya gizin pada santan kelapa. Sedangkan membuat santan asli sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat santan alami dengan kelapa :

1. Pilihlah kelapa yang tua

Santan yang memiliki cita rasa yang nikmat pada umumnya terbuat dari kelapa yang hampir tua. Dikarenakan, daging kelapa yang hampir tua akan terasa lebih keras dan tidak mengandung kadar air yang berlebihan. Kelapa tua ini juga sangat cocok untuk diolah menjadi minyak kelapa.

Untuk Anda yang pemula atau masih bingung dalam memilik kelapa, Ada cara memilihnya yang cukup mudah, yaitu dengan memerhatikan kulit pada kelapanya. Warna kulit kelapa yang sudah tua biasanya berawarna cokelat. Sedangkan, warna kulit kelapa yang masih muda warnanya akan terlu=ihat lebih fresh atau lebih cerah, bahkan ada yang hampir berwarna putih.

2. Pastikanlah kelapa masih memiliki air di dalam

tahap ke 2 ini Anda perlu mengecek air di dalam kelapa, Anda dapat melihat kandungan air di dalam kelapa itu. Pilihlah kelapa yang saat Anda kocok akan terdengar suara air di dalam. Itu menandakan kelapa masih segar dan juga bagian dagingnya tidak terkena udara luar ataupun cacat.

Jangan memilih kepala yang sudah retak atau mengalami kebocoran. Dikarenakan, hal ini dapat memungkinkan udara dari luar masuk ke dalam kelapa dan mengenai daging kelapa akibatnya dapat menimbulkan jamur di dalamnya. Tidak hanya menimbulkan jamur tetapi akan membuat daging menjadi lebih kering sehingga kandungan sari kelapanya menjadi lebih sedikit.

3. Perhatikan pada ujung batok kelapa

Ujung batok pada kelapa juga dapat menunjukkan tingkat usia pada kelapa. Ujung batok kelapa terbentuk seperti lingkaran. Apabila diameternya terlihat lebih kecil, artinya kelapa tersebut masih muda. dan Jika diameter nya terlhihat besar, itu menandakan kelapa tersebut sudah  tua.

Akan tetapi, jika kelapa masih memiliki cangkang, akan lebih mudah lagi untuk melihat tingkat kesegaran pada kelapa. Pada bagian cangkang yang tipis biasanya akan mudah membusuk. Pertanda dari busuknya akan terlihat dari jamur dan rasa air kelapa yang asam dan memiliki berbau tidak sedap.

4. Gunakanlah kelapa parut yang masih segar

Untuk mendapatkan santan yang segar dan nikmat, cara terbaik untuk itu yaitu dengan diparut hingga parutan memiliki tekstur yang halus. Pertaman kupas terlebih dahulu hingga bersih, selanjutnya parutlah dengan mengunakan parutan yang bergerigi halus. Lalu setelah diparut hingga halus, ada baiknya hasil dari parutan langsung diolah menjadi santan.

Jangan menyimpan hasil perutan terlebih dahulu, meskipun di dalam kulkas. Dikarenakan parutan kelapa dapat mengering dan akan menghilagkan kesegaran pada hasil parutan. Jika Anda nekat untuk menyimpanya terlebih dahulu maka rasa dan tekstur santan tidak akan sesuai ekspektasi Anda nantinya.

5. Rendam menggunakan air panas

Seringkali terjadi kendala yang biasanya di alami oleh semua orang dalam mengolah santan, salah satu kendala yang sering dialami yaitu pecahnya santan pada saat sedang dimasak, Pada umumnya ini terjadi dikarenakan cara merendam hasil parutan yang salah. Adan banyak orang yang membuat santan tetapi saat direndam mereka menggunakan air biasa, sedangkan akan lebih baik jika menggunakan air panas.

Setelah kelapa diparut sampai halus, maka segera sirami menggunakan air panas. Selanjutnya, diamkan dan rendam selama sekitar 15 menit sebelum diperas. Ini bertujuan untuk mengeluarkan sari-sari kelapanya agar lebih banyak.

6. Jangan berlebihan dalam takaran air panas saat perendaman

Santan aslinya memang terbuat dari hasil parutan kelapa, akan tetapi ada 3 jenis santan yang berbeda. Sebenarnya yang membedakan diantara 3 jenis santan ini hanya takaran airnya saja. Santan yang kental memiliki perbandingan seimbang dengan takaran air, contohnya 350 gram kelapa parut dengan 350 ml air seimbangkan antara parutan kelapa dan kadar air nya.

Akan berbeda lagi jika Anda membuat santan yang sedang, perbandingannya setara 1:2. Akan tetapi, santan yang encer tentu akan lebih banyak menggunakan air, sehingga perbandingannya bisa sampai 1:4. Entah apapun jenis santa yang Anda olah, pastikanlah airnya tidak terlalu banyak atau kurang.

7. Peras dengan menggunakan kain bersih

Langkah terakhir yaitu penyaringan. penyaringan ini menjadi salah satu proses yang paling penting pada saat membuat santan. Sebagian banyak orang yang memilih menggunakan saringan, sedangkan akan lebih baik lagi jika Anda memeras dengan menggunakan kain yang bersih.  Dikarenakan, serat kain yang lembut dan kecil dapat menghasilkan lebih banyak air.

Pilih kain berserat lembut dan bersih, contohnya seperti kain kasa, setelah kain di siapkan letakkan kelapa di dalam kain tersebut. Lalu peraslah dengan sekuat tenaga Anda sehingga kandungan air yang ada pada parutan tersebut habis. Dapat dijamin akan lebih banyak jika dibandingkan menggunakan saringan.

 

Kegunaan dan Manfaat Santan Kelapa

Santan sendiri adala suatu emulsi minyak didalam air yang memiliki warna yaitu putih yang diperoleh dengan cara memeras hasil dari parutan dari daging kelapa segar yang telah terlebih dahulu diparut ataupun dihancurkan dengan cara halus baik itu dilanjut dengan penambahan air ataupun tidak.

Biarpun santan dinilai sebagai bahan makanan yang menyebabkan banyak masalah kesehatan bagi tubuh yang dikarenakan kandungan lemak jenuhnya akan tetapi, santan juga mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

  • MENURUNKAN BERAT BADAN

Yang pertama, manfaat yang pertama iini bisa menurunkan berat badan dikarenakan lemak jenuh dalam santan adalah trigliserida rantai sedang yang mempunyai struktur molekul sederhana sampai-sampai mudah larut dalam air dan berpindah dari usus kecil menuju ke hati.

  • MENJAGA KESEHATAN PADA JANTUNG

Yang kedua, manfaat yang kedua yaitu dapat menjaga kesehatan pada jantung, menjaga kesehatan jantung yang telah dibuktikan dengan hasil riset yang membuktikan bahwasanya santan tidak signifikan untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat tetapi dapat meningkatkan kolesterol baik yang justru melindungi jantung dari serangan peyakit.

  • MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN PADA TUBUH

Yang terakhir, manfaat santan yang terakhir ini yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini disebabkan karena santan memiliki kandungan asam laurat dari kelapa yang bisa secara efektif menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara dan endometrium serta meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Santan adalah bahan masakan yang sangat umum digunakan di Indonesia, sekaligus santan meruakan ciri khas dari masakan nusantara. Kandungan rasa manis dan gurih yang ada pada santan membuat masakan apapun menjadi lebih nikmat. Fungsi utama pada santan ini yaitu mengentalkan kuah, memperkaya cita rasa dan menyedapkan masakan apapun.

 

Cara Kerja Mesin Santan Kelapa

Sesuai dengan perkembangan teknologi seiring zaman, mesin-mesin diciptakan untuk membantu pekerjaan para manusia. Sesuai dengan namanya, mesin santan kelapa ini digunakan untuk memarut kelapa dan memerasnya sampai menjadi santan yang siap untuk pakai. Mesin ini pada umumnya digunakan dalam industri-industri contohnya seperti pengolahan makanan, industry farmasi, industry pengolahan minyak kelapa dan masih banyak yang lainya.

Manfaat dari menggunakan mesin dalam memeras santan ini yaitu dapat digunakan untuk memarut kelapa dam memerasnya dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang lebih efisien dan cepat. Apabila memeras santan dengan cara manual, terkadang anda tidak bisa menghindari terjadinya goresan yang disebabkan oleh parutan kelapa tetapi dengan menggunakan mesin pemarut akan lebih menjamin keamanannya.

Tidak hanya itu saja, santan yang dihasilkan akan lebih murni dan tidak tercampur dengan ampas karena pada saat proses pemerasan tersebut jalan keluar untuk santan telah dipisah dengan jalan keluar dari ampas kelapa.

Cara kerja mesin santan kelapa ini cukup sederhana dan mudah dalam mengoprasikannya

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menghidupkan mesin dilanjut dengan memasukkan kelapa yang telah dikupas ke dalam corong pada bagian atas mesin, setelah itu anda perlu menunggu bahan tersebut diproses oleh mesin. Dan jangan lupa untuk menyiapkan wadah pada setiap corong tempat keluarnya santan dan ampas.

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai mesin pemeras santan, mesin ini juga bisa digunakan untuk mengolah bahan lain contohnya  seperti memeras pati kentang, singkong maupun buah-buahan. Kapasitas yang disedikan oleh mesin juga bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan industri. Walaupun mesin ini biasanya digunakan pada industri pengolahan makanan yang mempunyai skala menengah maupun skala besar.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan pada mesin ini untuk dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga yang merasa enggan untuk  memarut kelapa. Hasil dari perasan santan kelapanya juga dapat dipastikan lebih memuaskan dan terjamin kualitasnya dibanding dengan mengerjakan nya secara manual. Ada banyak jenis mesin santan kelapa, contohnya seperti mesin santan kelapa sistem manual hidrolik, dan ada juga mesin pemeras santan kelapa listrik.

Untuk mesin pemeras santan yang menggunakan sistem manual hidrolik bisa menampung kurang lebih sekitar 15 buah kelapa dalam satu kali perasan ini sangat efektif dan efisien jika harus dibandingkan dengan memeras menggunakan tangan. Selain itu untuk mesin pemeras santan yang menggunakan sistem listrik mempunyai tiga komponen lubang.

Yaitu lubang pertama memiliki fungsi untuk memasukkan kelapa, lubang kedua memiliki fungsi untuk tempat keluarnya ampas kelapa lalu lubang yang ketiga yang memiliki fungsi untuk tempat keluarnya hasil perasan atau santan. Terlebih lagi mesin ini terbuat dari bahan stainless steel yang di setel dengan daya tampung hingga 50 hingga 60 kg per jamnya.

Cara Merawat Mesin Santan Kelapa

Tanpa adanya perawatan pada mesin tentunya akan membuat mesin mengalami banyak kendala bahkan kerusakan yang fatal. Jika Anda tidak merawat mesin nya dengan benar maka hasil dari perasan tidak akan sesuai dengan ekspetasi anda, Pada umumnya cara merawat mesin yang baik dan benar yaitu dengan mengecek mesin sebelum dinyalakan, dan mengecek mesin ketika sedang dijalankan serta mengecek kembali mesin setelah selesai digunakan.

Periksalah pada bagian corong dan gunakanlah mesin secara bijaksana akan lebih bagus lagi jika yang menjalankan mesin adalah orang yang sudah berpengalaman atau orang yang tau tentang mesin supaya jika ada kendala yang terjadi akan segera diketahui dan segera di atasi