Cara membuat Telur Asin

pada kesempatan kali ini saya akan memeparkan artikel tentang cara membuat telur asin. Siapakah diantara anda yang tidak tahu tantang telur asin. Telur ini terbuat dari telur bebek dan meiliki rasa gurih yang membuatnya jadi kegemaran bagi penikmatnya. Telur asdin adalah salah satu makanan yang diawetkan sehingga bisa disimpan sampai berhari-hari tanpa kuatir jadi basi.

Disamping rasanya yang mengoda lidah, telur asin juga mengandung banyak gizi yang lengkap dan kandungan mineral juga kalsium yang baik dan berguna bagi kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. Sebelum diasinkan telur ini memang sudah mengandung gizi dan dan dengan mengawetkanya maka gizi pada telur asin akan meningkat hingga 2 kali lipat.

Telur asin ini enak dan cocok disajikan dengan berbagai macam hidangan lainya. Anda tidak bingung lagi menyajikan telur asin sebagai pelngkap hidangan, Anda juda dapat menyantap telur asin sebagai cemilan sehat. Bahkan jika anda dalam perjalanan panjang .

Cara Membuat Telur Asin

Cara membuat terur asin ada 2. Anda bisa membuatnya secara tradisional maupun modern. yang penting adalah kualitas telur yang anda pakai bagus serta prosesnya benar.

cara membuat telur asin

1. Cara membuat Telur Asin Mengunakan Garam

bahan-bahanya

  • Telur bebek 12 biji
  • garam 500 gram
  • Air 1 L
  • Toples ayang dapat ditutup rapat

Cara Membuat Telur Asin

  1. Rendam telur kedalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung , buang saja karena telur tidak baik
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkanya agar kulit telur tidak pecah/ retak
  3. Anda bisa mengamplasnya atau tidak. cara ini dilakukan agar garam dapat  lebih mudah meresap karena pori-pori terbuka
  4. Larutkan garam dalam air.Aduk hingga benar-benar larut, masukkan dalam toples yang dapat ditutup rapat
  5. Masukkan telur perlahan-lahan. pastikan telur terendam semua. Beri jara 2 cm dari permukaan
  6. Rendam selama 1 minggu
  7. Jika rasa inggin lebih asin rendam bingga 3 Minggui
  8. Selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari
  9. Setelah proses perndaman selesai, rebus telur dengan api yang kecil. jangan sampai air mendidih tidak merusak telur rebus selama 1 jam.
  10. Boleh juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama
  11. Telur asin siap disajikan

1. Cara Membuat telur asin Mengunakan Batu bata

bahan-bahanya

  • Telu bebek 12 Biji
  • Garam 500 Gram
  • Batu bata 4 buah, hancurkan hingga bena-benar lembut
  • air 1 L
  • ember

Cara Membuat Telur Asin

  1. Rendam telur dalam air selama 2 menit. Bila ada telur yang mengapung , buang saja karena telur tidak bagus
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkanya agar kulit telur tidak pecah/ retak
  3. Anda bisa mengamplasnya atau tidak. cara ini dilakukan agar garam dapat  lebih mudah meresap karena pori-pori terbuka
  4. campur remaukan bata yang sudah benar-benar halus denga air. Aduk rata jangan sapai encer bentukhingga seperti pasta
  5. Masukkan garam.Aduk lagi anda bvisa mengaduknya mengukanan tangan ataupun sptula
  6. Lumuri telur dena tanah sampai mengumpal seperi tanah liat atau batu kira-kira hingga ketebakan mencapai 3 cm
  7. Masukkan kedalam ember satu persatu
  8. Taburi lagi telur yang sudah dilumuri tanah denga batu bata lagi secukupnya
  9. Diamkan selama 14 hari
  10.  Setelah proses selesai rebus telur mengunakan api yang kecil. jangan sampai api mendidih agar telur tidak rusak. Rebus selama 1 jam
  11. Telur asin siap disajikan

Cukup denga membawa telur asin maka anda tidak repot-repot membawa makanan lainya serta awet dan tahan lama. maka tidak salah jika telur asin merupakan makanan yang praktis karena dapat dimakan kapanpun dan dimana saja.

Telur asin sudah banyak ditemui disetiap kota. banyak pula penghasilan dari telur asin. namun, di Indonesia penghasilan trbaik di Indinesia adalah brebes jawa tengah . Telue asin khas brebes ini bahkan sedah muncul sejak abat seteangah uang lalu.

bahkan indrusti telur asin dibrebes cukup melus dan juga tersedi berbagai pilihan rasa dan kualitas telur asin, namun apa salahnya jika anda mencoba membuat telur asin sendiri dirumah. Anda dapat menyesuaikan rasa sesuai dena selera anda.

 Peluang Usaha Telur Asin

Peluang bisnis untuk telur asin ini terbilang sangat bagus dan cerah. Usaha telur asin menjadi salah satu pilihan usaha telur bebek yang diawetkan yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni usaha tersebut. peluang untuk usaha olahan telur bebek yang diawetkan masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja.

Prospek dalam Menjalankan Usaha telur Asin

Prospek dalam usaha telur asin dapat dikatakan cemerlang dan menguntukan. Dimana melalui usaha telur asin dapat mendatangkan keuntungan bombasis. Usaha yang bergelut denga olahan telur asin memiliki prospek sangat bagus dalam jangka waktu kedepan. Bisnis telur asin yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tidak pernah sepi konsumen

Baca Juga : Cara Ternak Entok Agar Mendapatkan Hasil Unggulan

Memulai Usaha Telur Asin

Ketika menjalankan bisnis telur asin memang dapat dimulai denga langkah yang mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis telur asin bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. yang mana berkecinapungngan usaha telur asin bisa dilakukan denga skala ruamahan mengunakan modal yang tidak terlalu besar.

Pelaku Usaha Telur Asin

Usaha telur asin ini bisa bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang menginginkan usaha olahan telur bebek yang diawetan yang menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis telur asin sangat mudah proses produksi telur asin mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen Usaha Telur Asin

Konsumen telur asin memanglah tidak sulit suguhan sensasi nikmat yang disajikan telur asin mampu memikat banyak orang. Konsumen telur asin cukup besar dan tidak terbatas mulai kalangan anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Bahan Baku Usaha Telur Asin

Dalam menjalankan bisnis telur asin memerlukan bahan baku untuk pembutanya.Untuk membuat telur asin yang nikmat membutukan telur bebek dan lainya. Untuk emcari bahan baku telur asin bisa anda jumpai pasar atau mendatangi peternak telur bebek.

Lokasi Stragis dalam berjualan Telur Asin

Dalam berjualan telur asin, anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat,strategis dan ramai. Bisa denga menjalin krja sama penjualan telur asin keberbagai rumah makan, warung hinga restoran. bahkan bisa dipasok untuk kebutuhan ketering, untuk supermarket dan lainya.

Keuntungan Dalam Menjalankan Usaha Telur Asin

Keuntungan bila anda memilih terjun dalam peluang bisnis telur asin ini yakni merupakan olahan telur bebek yang diawetkan yang digandrungi banyak orang.

Strategi Promosi Usaha Telur Asin

Pemasaran usaha telur asin bisa dilakukan denga membuat telur asin yangenak dan berbeda.Usaha telur asin dapat dijalankan denga cara memasarkan ketetangga, sahabat, saudara teman, dan lain-lainya. Cara pemasaran lain juga dapat menjalin kerjasama degna pihak restoran, kantor, pabrik, hotel dan lain-lain. atau Anda juga bisa memasarkan produk telur asin lewat internet ataupun jaringan social.

Berbagai macam manfaat Telur Asin

Kandunga Gizi dalam Telur Asin

Telur asin yang umumnya mengunakan telur bebek memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Protein merupakan kandungan gizi utama yang ada dalam telur asin. Kandungan gizi lainya yang cukup tinggi pada telur asin adalah kandungan kolestrol.

Anda perlu berhati-hati terhadap kandungan kolestrol yang ada dalam telur asin terutama bagi anda yang beresiko mengonsumsi kolestrol yang berlebihan. Telur asin juag mengandung asam amino.

kandungan gizi lainya yang cukup penting adalah kandungan lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Telur asin juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B komples, vitamin A, dan vitamin E. Beberapa mineral saperti zat besi, kalsium, fosfor, sodium,dan magnesium juga ada didalam sebuah telur asin. Kelebihan kandungan gizi tersebut menjadikan telur asin memiliki banyak manfaat.

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Relur asin yang berasal dari telur bebek mengandung kabungan dari protein lemak dan kerbohidrat. Sebutir hanya mengandung 9 gram protein yang berkualitas yang dapat digunakan oleh tubuhmu untuk menunjang sistem kekebalan dan menjaga kulit menua tetap sehat. Dengan demikan memalam sebutir telur asin bebek memenuhi 15% protein yang dibutuhkan tubuh orang yang dengan berat rata-rata 68 kg.

2. kaya Akan Vitamin yang Baik

Telur bebek meningkatkan asupan vitamin dan menyediakan cukup banyak vitamin A dan B12 untuk tubuhmu, Vitamin A sanga baik untuk membantu membentuk sel-sel baru dalam tubuh dan menjaga kesehatan mata. Sedangkan vitamin B12 yang ada dalam telur bebek bermanfaat untuk menjaga saraf tetap sehat dan meningkatkan fungsi sel darah merah. Selain itu telur bebek juga mengandung vitamin Bkopleks , vitamin D dan Vitamin E

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Telur Bebek termasuk salah satu makanan begizi kerena memiliki kandungan selenium dan zat besi. Selenium menungjang fungsi kekebalan tubuh tetap sehat dan memebantu produksi hormon troid. Sedangkan zat besi membantu sel daram merah mengalir oksigen dan berperan penting untuk memproduksi energi.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain itu, telur bebek juga mengandung sejumlah kecil seng fosfor dan kalsium. fosfor  dan kalsium sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang. Denga demikan memakan telur asin dapat mencegah esteoporosis, serta membantu prtumbuhan tulang pada anak-anak.

5.Hati-hati Dengan Kandungan Kolestrolnya yang Tinggi

Telur bebek juga terkenal dengan kandungan kolestrolnya yang tinggi sehingga kamu harus membatasi konsumsi sibulat asin ini. Setiap butir telur mengandung 619 mg kolestrol, yang berarti 2 kali lebih tinggi dai batasanya harian yang direkomendasikan, atau 3 kali lebih tinggi dari batas yang noleh dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi atau pengidap penyakit jantung.

Menurut Dr kalpana bhaskaran manajer dari peneliti nutrisi dan kepala unik penelelitian indeks glekemik disekolah ilmu terapan temasek politeknit, satu porsi makan yang mengandung telur asin dalamnya daapat mengandung lebih dari satu butir telur asin dan hal tersebut jauh melebihi konsumsi kolestrol yang seharusnya.

6. Melakukan Regenerasi Sel

manfaat telur asin yang paling sering diketahui adalah meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak. Kandungan protein didalah telur asin mampu menganti sel-sel yang telah rusak sehingga sel dalam tubuh yang segat bisa diprooduksi yang berguan bagi tubuh.

7. Meninggkatkan Massa Otot

Telur asin memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi pada telur asin mampu membangun dan membentuk massa otot sehingga lebih padat dan kuat.

Inilah sebabnya para atlit atau orang-orang yang memiliki aktivitas fisik tinggi memerlukan mengonsumsi telur terutama bagian putihnya saja karena kaya akan kandungan protein, jadi apabila anda adalah orang yang aktif dalam fisik maka mengonsumsi telur asin dapat membantu untuk meningkatkan massa otot sehingga tidak mudah lelah.

8. Menjaga kesehatan Tulang

Protein yang terkandung oleh telur asin merupakan protein hewani. Manfaat protein hewani sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. mengonsumsi telur asin akan membuat massa tulang anda tetap bertahan.

9. Meninggkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat telur asin bisa meningkatkan metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Kandungan protein pada telur memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh untuk mencernanya, mendestribusikan dan memanfaatkan zat-zat besi dari makanan dan minuman. Ini membuat tubuh mendapatkan manfaatkan makanan yang baik untuk tubuh kembang.

10. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Apakah anda memiliki masalah hipertensi? konsumsi telurasin dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi anda. Manfaat telur asin melalui kandungan protein dapat menurunkan tekanan darah terhadap dinding arteri.

hipertensi penting untuk diatasi karena bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan masalah sistem kardiovaskular lainya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi bagian putih telur bisa menurunkan tekanandarah tinggi.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan menjaga tubuh tetap fit. Manfaat telur asin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam telur asin terdapat selenium yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi lah telur asin secara rutin mampu menjaga vitalitas tubuh Anda.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata manfaat telur asin bukan hanya untuk kesehatan organ dalam atau tulang saja. Telur asin juga memiliki manfaat untuk kulit. Asupan telur asin bisa menjaga kesehatan kulit. Ini dikarenakan kandungan vitamin E yang terdapat di dalam telur asin.

Selain itu, vitamin E juga dapat mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit. Kulit Anda juga akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti iritasi, gatal-gatal, ruam, dan lain-lain. Konsumsilah telur asin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

13. Membantu Perkembangan Otak

Manfaat telur asin juga bisa mendukung perkembangan otak. Otak yang berkembang dengan baik adalah dambaan setiap orang. Hal yang dibutuhkan agar otak bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik adalah omega 3.

Telur asin mengandung omega 3 dapat membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada otak. Ibu hamil dan anak-anak perlu mengonsumsi telur asin.

14. Mengatasi Masalah Anemia

Manfaat telur asin juga dapat mengobati dan mencegah masalah anemia. Kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin dapat membantu tubuh untuk mengatasi anemia defisiensi besi. Gejala-gejala anemia seperti pusing, mual, kelelahan, dan lainnya bisa diredakan dengan mengonsumsi telur asin.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Selain Kesehatan kulit,telur asin juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A membantu tubuh untuk menjaga mata agar tetap memiliki pengelihatan  yang sehat dan baik. Berbagai masalah bisa dicegah dengan asupan vitamin A. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin A dari telur asin.

Sekian dari kami mengenai artikel cara membuat telur asin. Semo0ga dapat berfanfaan dan anda bisa mencobanya dirumah. Sekian dan terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •