Di pembahasan sebelumnya saya sudah membahas tentang cara mengupas kelapa muda yang benar dan mudah di lakukan,disini saya akan membahas fungsi pohon kelapa yang di sebut juga sebagai pohon berjuta manfaat.langsung aja kita ke pembahasan nya.

Fungsi Pohon Kelapa

Fungsi Pohon Kelapa Yang Di Sebut Juga Sebagai Pohon Berjuta ManfaatSiapa sih yang tidak pernah memakan buah kelapa dan meminum air kelapa yang segar, pastinya jadi salah satu menu saat berbuka puasa.Bagi yang sering jalan jalan ke daerah pantai,pasti akan menemukan pohon kelapa di tepi pantai.

Nah yang biasa di gunakan dari pohon kelapa yaitu sabut kelapa,kamu bisa mengolah nya menggunakan mesin sabut kelapa Ternyata,manfaat pohon kelapa sangat banyak karena semua bagian dari pohon ini bisa digunakan. Akar, batang, daun, buah, hingga bunga kelapa memiliki manfaat masing-masing lho, keren banget kan.

Jangan heran kalau lambang Pramuka adalah pohon kelapa karena memang memiliki banyak manfaat.oke langsung aja ya kita masuk ke pembahasan yaitu fungsi pohon kelapa yang di sebut juga sebagai pohon berjuta manfaat.

Manfaat Akar Pohon Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Akar Pohon Kelapa Bagi Kesehatan1. Mengatasi Gatal

Manfaat akar pohon kelapa yang pertama. Ternyata manfaat akar pohon kelapa juga mampu mengatasi gatal pada kulit.Terutama gatal yang terjadi pada celah kulit di sela-sela jari kaki atau tangan dan celah lain yang lembab. Biasanya celah kulit yang lembab, rawan terjadi gatal, dan terkena penyakit kudis dan penyakit lainnya.

Jika Anda mengalami penyakit tersebut, Anda dapat menggunakan ramuan dari akar kelapa untuk mengobatinya.Caranya cukup mudah, yaitu rebus akar dari pohon kelapa tersebut, lalu minum air rebusan akar pohon kelapa tersebut secara rutin hingga rasa gatal-gatal pada kulit menghilang.

2. Meredakan Demam

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, yaitu mampu menurunkan suhu panas pada tubuh karena demam. Untuk meredakan demam pada tubuh, Anda dapat menggunakan akar pohon kelapa.Caranya dengan menumbuk akar pohon kelapa yang telah dikeringkan lalu rebus hingga mendidih.

lalu minum air rebusan dari akar pohon kelapa tersebut dua kali sehari, hingga demam pada tubuh menurun

3. Mengatasi Diare

Jika Anda mengalami diare, maka Anda dapat mengatasi penyakit tersebut dengan mengambil manfaat akar pohon kelapa. Rasa yang dimiliki akar kelapa lumayan pekat dan sepat, seperti pada daun jambu. Akar pohon kelapa ini dipercaya dapat mengatasi penyakit diare.

Cara mengonsumsinya pun juga sama dengan mengonsumsi akar pohon kelapa untuk mengobati demam dan gatal, yaitu dengan merebus akar kelapa dengan air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut hingga diare berkurang.

4. Mengatasi Wasir Dan Ambeien

Penyakit wasir dan ambeien memang cukup mengganggu dan dapat menimbulkan rasa sakit sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman saat beraktivitas. Sama seperti mengobati penyakit lainnya, Anda juga cukup merebus dan meminum ramuan yang dihasilkan dari akar pohon kelapa tersebut.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, dipercaya akar pohon kelapa dapat melancarkan peredaran darah. Manfaat tersebut sangat perlu, terutama bagi Anda yang memang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Ramuan dari akar pohon kelapa ini dapat membantu meredakannya.

Namun efek yang dihasilkan memang tidak langsung terasa. Sehingga Anda perlu mengonsumsinya secara bertahap dan rutin agar dapat merasakan manfaat akar pohon kelapa ini.jadi itu fungsi dari pohon kelapa yang disebut juga pohon berjuta manfaat

Manfaat Akar Pohon Kelapa Bagi Kehidupan Sehari-Hari

1. Sebagai Bahan Pengganti Kayu Bakar

Manfaat akar pohon kelapa bagi kehidupan sehari-hari yang pertama, yaitu akar dari pohon kelapa memiliki bentuk yang kecil sehingga cocok jika dijadikan kayu untuk membakar. Akar kelapa juga sangat mudah ditemukan disekitar kita, karena pohon kelapa banyak tumbuh di Indonesia.

2. Mencegah Banjir

Manfaat akar pohon kelapa lainnya, yaitu manfaat pada pohon kelapa yang memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak. Karena kemampuannya tersebut, akar pohon kelapa dipercaya mampu mencegah banjir.

3. Pemecah Gelombang Pantai

Jika Anda memperhatikan bentuk dari akar kelapa, maka Anda akan takjub dengan begitu banyaknya akar pohon kelapa yang menahan keseluruhan pohon kelapa tersebut. Kekuatan dari akar pohon kelapa ini pun telah terbukti dan bahkan dijadikan model kontruksi pondasi pada gedung-gedung tinggi.

Sehingga dengan kekuatan akarnya, akan sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat, jika pohon kelapa ditanam di daerah-daerah pantai, pohon kelapa dapat menahan kuatnya gelombang besar yang dapat membahayakan masyarakat sekitarnya.

4. Kerajinan Tangan

Indonesia dikenal dengan budaya dan keunikan dari tiap-tiap masyarakat di daerahnya. Bahkan di Indonesia, manfaat akar pohon kelapa telah lama dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Contoh dari kerajinan tersebut seperti, dibuat gelang dan kalung yang tentunya memiliki nilai ekonomis.

5. Mencegah Abrasi

Seperti yang telah dijelaskan dari beberapa poin diatas, manfaat akar pohon kelapa memang sudah terbukti cukup banyak. Terutama pada bagian akarnya yang sangat kuat mencengkeram tanah. Karena kekuatannya tersebut kelapa banyak di tanam di sekitar pantai.

Manfaat akar pohon kelapa yang bisa didapatkan jika menanam pohon kelapa berakar kuat tersebut di pinggir pantai. Hal itu dapat mencegah abrasi pada daratan yang disebabkan oleh gelombang air laut. itulah fungsi dari pohon kelapa yang di sebut juga sebagai pohon berjuta manfaat

Ciri Khusus Pohon Kelapa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ciri khusus pohon kelapa bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Berbagai komponennya seperti buah, batang, hingga daunnya menunjukkan ciri khusus pohon kelapa.Dengan berbagai ciri khusus pohon kelapa ini pulalah kamu bisa mengenalinya dengan baik. berikut beberapa ciri khusus pohon kelapa:

  1. Pohon terdiri dari batang tunggal, akar berbentuk serabut dengan struktur yang tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol.
  2. Berbiji tertutup: biji kelapa tertutup lapisan yang tersusun dari 3 lapisan: eksokarp, mesokarp dan endokarp. Eksokarp atau lapisan terluar adalah kulit buat kelapa. Mesokarp atau lapisan tengah adalah serabut buah kelapa. Dan endokarp atau lapisan terdalam adalah batok kelapa.
  3. Berbiji tunggal: sebagai monokotil biji kelapa tidak berbelah.
  4. Batang pohon beruas dan apabila pohon sudah tua, ruas-ruas tersebut akan berkurang, batang kelapa merupakan jensi kayu yang terbilang cukup kuat, namun sayangnya kurang baik untuk dapat menjadi bangunan.
  5. Pada daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip.
  6. Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip.
  7. Bunga majemuk: bunga yang dihasilkan kelapa bersifat majemuk, yaitu kelapa menghasilkan bunga jantan dan betina dalam satu pohon. Jumlah bunga yang dihasilkan satu pohon dapat berjumlah sangat banyak. Bunga ini setelah dibuahi akan membentuh buah kelapa.
  8. Buah kelapa umumnya besar, dengan memiliki diameter sekitar 10 cm hingga 20 cm bahkan bisa lebih. Warna buah kelapa tergantung dari jenis pohonya (dapat berwarna kuning atau hijau), untuk buah yang sudah tua akan berubah warna menjadi coklat.

Produk Yang Dihasilkan Dari Buah Kelapa

Produk yang Dihasilkan dari Buah Kelapa

1.Kopra

Kopra dibuat melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pengupasan sabut, lalu dilanjutkan dengan pembelahan kelapa butiran dan pengeringan. Kelapa-kelapa yang akan dijadikan kopra harus disimpan terlebih dahulu selama beberapa hari. Selanjutnya, kelapa baru dikupas sabutnya menggunakan alat yang terbuat dari besi linggis.

Kelapa yang sudah terkupas akan dibelah menjadi dua bagian dan airnya ditampung untuk menghasilkan produk lain. Daging buah kelapa harus dikeringkan agar kualitas kopra tetap terjaga karena daging buah tidak mengalami kerusakan. Kopra digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa dengan cara kering

2.Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis komoditas ekspor terbesar yang dihasilkan dari produk turunan buah kelapa. Ada tiga metode pengolahan minyak kelapa, yaitu metode basah, ekspresi, dan ekstrasi minyak dengan solvent.

3.Kelapa parut kering

Kepala parut kering didapatkan dari daging buah kelapa yang dihasilkan dengan cara higienis. Kelapa parut kering sering dimanfatkan untuk berbagai jenis produk makanan, seperti tepung kelapa, krim kelapa, toasted coconut, manisan kelapa, dan coconut chips.

4.Arang tempurung kelapa

Arang tempurung kelapa adalah salah satu produk olahan kelapa yang sangat berpotensi diolah menjadi bahan yang mengandung karbon aktif. Kini, penggunaan karbon aktif sedang tren sehingga penggunaannya dapat Anda jumpai pada berbagai bidang industri, mulai dari industri kecantikan, makanan, obat, hingga sabun.

5.Serat sabut kelapa

Biasanya serat sabut kelapa diolah secara tradisonal untuk membuat keset, sapu, dan tali. Namun, kini pengolahan serat sabut kelapa sudah dikerjakan oleh mesin modern.

6.Gula kelapa

Gula kelapa merupakan hasil diversifikasi dari buah kelapa.dibuat dari nira kelapa. Sayangnya, penggunaan nira sebagai bahan baku pembuatan gula kelapa masih sedikit. Padahal, nilai ekspor dari gula kelapa cukup menjanjikan.kelapa merupakan hasil dari proses penguapan air nira.

nah disini saya akan memberikan makanan dari olahan kelapa yang bisa di nikmati langsung aja.

Makanan Dari Olahan Kelapa yang Bisa Dinikmati

Parutan kelapanya dapat dibuat santan dan disulap menjadi masakan yang nikmat. Banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan bahan dasar kelapa. Selain menjadi makanan berat, dapat juga dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kue. Rasanya nikmat dan tidak kalah dengan kue-kue lezat dari negara-negara lain.

Oleh karena itu, makanan olahan kelapa saat ini sangat banyak dan mudah dijumpai di pasaran. Bahkan, dari sektor industri makanan dan biskuit juga tak ingin ketinggalan mencicipi lezatnya bisnis makanan dari bahan kelapa yang gurih ini.

Apa saja makanan olahan kelapa yang dapat menjadi pilihan Anda untuk menjadi hidangan di rumah? Simak pembahasan berikut ya.

1. Pie Custard Kelapa Muda

Pie dikenal sebagai camilan lezat dengan isian daging atau apel. Namun, pie curstard ini ada yang menggunakan kelapa sebagai bahan bakunya. Camilan populer di Indonesia ini dapat disajikan di berbagai acara seperti hajatan, pesta, atau lebaran. Bentuknya sama seperti pie pada lazimnya yaitu bundar dan tipis.

Pie custard dari bahan degan atau kelapa muda dahulunya dibawa para istri penjajah ke Indonesia untuk diajarkan kepada pembantu rumah tangga mereka. Hingga kini ternyata, pie custard masih menjadi resep warisan turun temurun yang sangat digemari.

2. Kue Pancong

Siapa yang tidak tau kue pancong? Kue yang satu ini merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan juga kelapa parut kasar. Kue ini berbentuk setengah lingkaran sesuai dengan bentuk cetakannya. Cara membuatnya cukup mudah karena dimasak dengan cara dibakar di atas api hingga matang.

Kue ini disajikan dengan taburan gula pasir yang membuat rasanya menjadi semakin manis. Di era modern, kue pancong juga hadir dengan beberapa variasi topping, seperti cokelat, meses, susu kental manis dan keju

3. Klappeartaart

Kue yang berasal dari Manado ini merupakan camilan yang terbuat dari buah kelapa dan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Biasanya kue ini dibuat dengan dua cara yaitu dipanggang atau tidak dipanggang. Teksturnya cenderung lembut di dalam. Kue ini terbuat dari tepung, gula, susu, mentega, dan parutan kelapa.

Klappertaart sendiri berasal dari kata “klappe” yang berarti kelapa dan “taart” yang berarti kue. Maka dari itu, kue yang berbahan baku kelapa ini mudah dijumpai di kalangan ekspatriat ataupun keluarga yang masih memiliki darah Belanda di Indonesia.

4. Kue Rangi

Selain kue pancong, kue rangi juga berasal dari Betawi dan menggunakan kelapa parut dalam adonannya. Kenapa dinamakan kue rangi? Itu karena kue rangi memiliki aroma yang wangi ketika dibakar. Kue ini terbuat dari adonan tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut kasar dan disajikan dengan gula merah.

yang direbus bersama dengan nangka dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu. Saat ini kue rangi sudah sangat langka dan jarang ditemukan, meskipun ada beberapa penjual keliling atau kue rangi kaki lima yang bisa dijumpai di ibukota atau daerah-daerah lain di Indonesia.

Kue rangi biasanya dijadikan jajanan atau panganan camilan yang murah meriah dengan harga satu baris atau satu deret berisi 6 rangi seharga Rp 500-Rp 1.000.

5. Cake Tape Kelapa Muda

Olahan kelapa yang satu ini terbuat dari buah kelapa dan tape alias peuyeum khas Jawa Barat. Ternyata dalam pembuatannya, kue ini memiliki waktu yang singkat yaitu satu setengah jam mulai dari awal hingga selesai pembuatan.

Tape kelapa muda memanfaatkan bahan tape yang mudah dijumpai di daerah Bandung, Jawa Barat ataupun Bondowoso, Jawa Timur. Tape tidak hanya dimakan langsung atau dijadikan pelengkap es campur, namun jika ditambah dengan adonan bahan kepala muda.

rasanya berubah menjadi lebih gurih dan beraroma harum yang membangkitkan selera makan.

6. Geplak

Berpindah ke Yogyakarta, kue khas Yogya ini terbuat dari bahan kelapa parut, tepung beras, dan gula pasir atau gula jawa. Biasanya kue ini memiliki 3 warna yaitu merah muda, hijau dan juga putih. Warnanya yang beragam dan rasanya yang manis gurih membuat kue ini menjadi oleh-oleh favorit wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Tak hanya itu, geplak juga menjadi oleh-oleh yang ideal untuk dibawa bepergian karena cukup praktis dan sangat awet hingga berbulan-bulan asalkan ditempatkan dalam wadah rapat dan tertutup untuk menjaga kualitasnya.

7. Gemblong

Siapa yang belum pernah mencoba kue yang satu ini? jajanan ini termasuk dalam deretan jajanan pasar favorit. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan putih, santan, margarin dan kelapa parut setengah tua. Adonan diuleni hingga kalis lalu dibentuk seperti bola kemudian digoreng dan dilapisi dengan gula merah atau gula are.

yang telah dilarutkan. Jajanan ini memiliki tekstur yang keras di luar namun lembut di dalam

8. Wingko Babat

Kue ini berasal dari Lamongan dan menjadi kue khas kota tersebut. Wingko babat terbuat dari kelapa parut, tepung beras ketan, dan gula pasir. Adonan dicampur rata lalu dibentuk bulat pipih dan dipanggang atau dibakar hingga matang.

Kelapa parut yang digunakan haruslah kelapa muda. Ini bertujuan agar tekstur wingko babat tetap empuk meski suhunya sudah dingin.

9. Sagon

Kue sagon sering hadir sebagai kue khas di acara-acara tertentu. Kue sagon juga termasuk kue khas lebaran yang terbuat dari tepung beras ketan, campuran kelapa parut tua, margarin, gula pasir, dan vanili. Rasanya manis dan gurih serta teksturnya sangat lembut meskipun luar teksturnya terlihat padat dan keras.

Ketika baru matang, kue ini sangat menggugah selera karena aromanya yang sangat wangi.

10. Kue Putu

Dikenal dengan cara pembuatannya yang sangat unik dengan cara dikukus dalam wadah bamboo sehingga mengeluarkan bunyi seperti peluit. Kue putu terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan garam.

Semua bahan dicampur lalu dituang setengahnya dalam cetakan bamboo kemudian isi dengan gula merah. Sisa adonan ditutup lalu dikukus hingga matang. Kue putu dihidangkan dengan kelapa parut. Kue ini memiliki 2 warna yaitu putih dan hijau yang menggunakan pewarna alami dari daun suji.

Menikmati aneka makanan olahan kelapa yang beraroma harum dan gurih, akan semakin lengkap ditemani secangkir teh hangat ataupun kopi. Selamat menikmati aneka makanan dari kelapa

sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi kalian semua,sampai ketemu di artikel selanjutnya ya.

WhatsApp Chat Whatsapp!