Kelebihan Paving Block, Kira-Kira Apa Saja Ya?

kelebihan paving block

Kelebihan Paving Block – Lagi bingung mencari material untuk menutup tanah depan rumah? Material yang biasa digunakan untuk jalur jalan di halaman atau taman rumah adalah paving block. Material ini tak hanya biasa digunakan di rumah, tapi di proyek jalan raya, area parkir, dan trotoar pejalan kaki. Salah satu kelebihan paving block yang unik adalah kemampuannya dalam mendukung sarana prasarana yang hijau.

Misalnya, paving block tembus air memungkinkan air hujan meresap ke dalam tanah, mengurangi aliran permukaan dan membantu menjaga keseimbangan air tanah. Paving block memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi musibah banjir dan kekurangan air tanah di daerah perkotaan. Selain itu, paving block dapat diproduksi dari bahan daur ulang, seperti limbah plastik, yang tidak hanya mengurangi polusi tetapi juga mengurangi untuk masalah limbah.

Apa itu Paving Block?

keunggulan paving block

Paving block, juga dikenal sebagai bata beton, adalah material konstruksi yang digunakan untuk menciptakan permukaan yang kuat. Material ini terbuat dari campuran semen, pasir, tanah liat, air, agregat, dan bahan lainnya. Conblock atau paving block ini memiliki tampilan yang tebal dan tersedia dalam berbagai warna serta bentuk. Mereka disusun di atas tanah agar terlihat padat, keras, dan rapi.

Keuntungan dan Kekurangan Paving Block

Paving block memiliki banyak keuntungan yang menjadikannya pilihan tepat untuk berbagai proyek konstruksi atupun pembangunan. Selain tampilan yang menarik, daya tahan yang kokoh, dan kemudahan perawatan, paving block juga memiliki beberapa keunggulan lain yang jarang dibahas tetapi sangat penting bagi para pelaku usaha konstruksi.

1. Keuntungan Investasi Jangka Panjang
Meskipun biaya awal paving block mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan material lain seperti aspal atau beton, investasi ini sering kali terbayar dalam jangka panjang, penting untuk memastikan bahwa paving block dipasang oleh tenaga kerja yang berpengalaman dan dengan perencanaan yang matang, sehingga dapat menghasilkan jangka umur panjang dan meminimalkan biaya perawatan.

Selain itu, kemampuannya untuk diperbaiki secara mudah tanpa harus mengganti seluruh permukaan dan tanpa menggunakan alat berat menjadikannya pilihan yang ekonomis. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, arsitek, kontraktor, dan tukang bangunan dapat membuat keputusan yang lebih bijak dan tepat dalam memilih paving block untuk proyek mereka.

2. Ketahanan yang Luar Biasa
Salah satu kelebihan utama paving block adalah kekuatannya yang luar biasa kuatnya. Dibuat dari campuran beton berkualitas tinggi dan diproses dengan tekanan tinggi, paving block mampu menahan beban berat dan kondisi cuaca ekstrem dengan baik. Ini menjadikannya pilihan tepat untuk pemakaian yang membutuhkan kekuatan yang besar dan tinggi, seperti jalan raya dan area parkir.
3. Variasi Desain
Variasi desain dari paving block sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan berbagai referensi yang diinginkan. Paving block tersedia dalam berbagai warna, seperti abu-abu, merah bata, kuning, hijau, dan lain-lain, serta pola-pola yang bervariasi seperti kotak-kotak, zigzag, segitiga, dan paving block dengan tepian curam. Selain itu, bentuk paving block tidak terbatas pada persegi panjang standar paving block juga dapat ditemukan dalam bentuk bulat, hexagonal, atau variasi lainnya, dengan ukuran yang dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan.
4. Ramah Lingkungan
Paving block lebih ramah lingkungan daripada material pelapis tanah lainnya karena kemampuannya dalam menyerap air dengan efisien. Pori-pori pada paving block dapat menyerap air hujan dan memungkinkannya kembali meresap ke dalam tanah melewat celah – celah yang ada pada satu dengan lainnya Hal ini membantu meningkatkan penyerapan air pada halaman dan mengurangi risiko banjir.
5. Pemasangan Mudah 
Pemasangan paving block ini mirip dengan memasang puzzle dan tidak memerlukan banyak alat atau peralatan berat. Setelah dipasang, paving block dapat segera digunakan untuk berjalan atau dilewati kendaraan. Selain itu, jika salah satu blok rusak, paving block ini dapat dengan mudah diganti atau dilepas tanpa harus membongkar seluruh paving block yang ada.
Permukaan paving block pun memiliki variasi tekstur yang beragam, mulai dari halus, kasar, hingga tekstur alami yang menyerupai batu alam. Beberapa paving block bahkan dirancang dengan pola atau gambar kompleks seperti simbol-simbol, motif geometris, atau lukisan yang diukir. Selain itu, terdapat paving block khusus yang dirancang untuk tujuan tertentu seperti memperlancar aliran air (pervious paving block), mengurangi kebisingan (acoustic paving block), atau bahkan menghasilkan energi dari langkah kaki (kinetic paving block).
Dengan beragam pilihan ini, pengguna paving block memiliki daya minat yang tinggi untuk menciptakan desain yang unik dan sesuai dengan karakteristik lingkungan serta keinginan proyek konstruksi yang sedang di kerjakan.

Kekurangan Paving Block

Setelah membahas mengenai keunggulan atau kelebihan paving block, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya dalam proyek pembangunan maupun konstruksi. Memahami menegenai kekurangan dari paving block ini akan sangat membantu arsitek, kontraktor, dan tukang bangunan membuat keputusan yang lebih tepat dan mampu menghadapi masalah yang mungkin terjadi selama penggunaan paving block.

1. Biaya Awal Lebih Tinggi
Salah satu kekurangan utama paving block adalah biaya awalnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan material lain seperti aspal atau beton. Menggunakan paving block memerlukan pengeluaran atau investasi awal yang cukup besar untuk bahan dan pemasangan. Meskipun demikian, biaya ini bisa menjadi hambatan bagi proyek-proyek dengan anggaran terbatas. Namun, biaya awal yang lebih tinggi ini akan sangat sebanding dengan jangka umur pakai yang panjang dan biaya perawatan yang lebih rendah dalam jangka panjang.

2. Terjadi Pergeseran dan Ketidakrataan
Jika tidak dipasang dengan benar, paving block bisa mengalami pergeseran atau ketidakrataan seiring berjalannya waktu. Tanah dasar yang tidak stabil atau pemasangan yang tidak tepat bisa membuat paving block bergeser atau menjadi tidak rata, menciptakan permukaan yang tidak aman dan kurang menarik untuk dipandang. Oleh karena itu, penggunaan paving block memerlukan pemasangan yang dilakukan oleh tenaga kerja berpengalaman dan dengan perencanaan yang terkoordinasi dengan baik.

3. Butuh Perawatan Rutin
Meskipun paving block mudah dirawat, paving block ini memerlukan perawatan rutin untuk memastikan kualitas dan penampilan yang terbaik. Ini mencakup membersihkan secara teratur, mengisi kembali pasir di antara paving block, dan memperbaiki atau mengganti paving block yang rusak. Tanpa perawatan yang rutin, paving block bisa longgar atau bergeser, yang berpotensi mengurangi umur pakai dan meningkatkan biaya perawatan.

Berapa Harga Paving Block per Meter?

paving block

Saat bicara mengenai harga paving block per meter, ada beberapa faktor penting yang sering diabaikan oleh banyak ahli industri namun sangat penting bagi arsitek, kontraktor, tukang bangunan maupun pengembang bangunan. Harga paving block tidak hanya dipengaruhi oleh bahan baku, tetapi juga oleh saat pembuatan atau produksi, kualitas, dan biaya distribusi. Dibawah ini merupakan pembahasan mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga dari paving block.

1. Jenis Material : Jenis material paving block sangat bervariasi, termasuk beton, tanah liat, atau bahkan bahan daur ulang. Setiap bahan memiliki bahan yang berbeda dengan harga yang pastinya berbeda-beda. Paving block dari beton umumnya lebih hemat biaya dibandingkan yang terbuat dari tanah liat, namun masing-masing memiliki keunggulan dan kualitas yang berbeda sesuai untuk berbagai pemakaian.

2. Ketebalan dan Ukuran : Ketebalan dan ukuran paving block sangat mempengaruhi harga. Paving block yang lebih tebal biasanya dipilih untuk area yang memerlukan daya tahan ekstra, seperti parkir atau jalan raya yang sering dilalui kendaraan berat. Karena mampu menahan beban yang lebih besar, paving block tebal biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Di sisi lain, paving block yang lebih tipis sering digunakan untuk trotoar, taman, atau area yang tidak memerlukan ketahanan yang sama terhadap beban berat. Meskipun lebih hemat dalam hal biaya pembelian dan pemasangan, paving block tipis mungkin memerlukan perawatan lebih sering atau memiliki jangka umur pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan paving block yang lebih tebal.

3. Proses Pembuatan : Teknologi atau mesin yang digunakan dalam pembuatan paving block sangat berpengaruh pada harga. Paving block yang diproduksi dengan teknologi tekanan tinggi atau vibro-press jelas akan memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih bagus dibanding yang diproduksi secara manual, tetapi biayanya juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan yang diproduksi secara manual.

4. Tekstur dan Desain : Paving block dengan desain atau tekstur khusus, seperti motif herringbone atau permukaan bertekstur, biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh proses saat pembuatan menggunakan cetakan khusus dan proses pembuatan tambahan yang diperlukan untuk menciptakan detail desain yang lebih rumit. Meskipun biaya awalnya lebih tinggi, paving block dengan desain khusus ini sering diminati karena memberikan nilai daya tarik visual yang lebih tinggi. Selain itu, paving block ini juga menawarkan sifat-sifat tambahan seperti daya tahan yang tinggi maupun awet atau kemampuan menyerap air yang lebih baik, tergantung pada permintaan saat proyek pembangunan.

5. Kuantitas dan Biaya Distribusi : Pembelian dalam jumlah besar atau banyak biasanya akan mendapat potongan harga. Selain itu, biaya pengiriman juga berpengaruh pada harga akhir, terutama untuk proyek yang jauh dari pabrik paving block.

Itulah artikel yang berisi beberapa pembahasan mengenai apa itu paving block, keuntungan atau kelebihan dan kekurangan dari paving block, serta faktor – faktor yang mempengaruhi harga paving block. Untuk menghasilkan paving block yang memiliki kualitas tinggi dan memenuhi standar anda bisa menggunakan mesin press paving block dari Rumah Mesin untuk mempermudah dalam pembuatan paving block dan memperindah rumah maupun lingkungan. Untuk info detail mesin press paving block ini anda dapat mengeklik tautan Berikut!

Mesin Press Paving Block 

Pemakaian paving block akan sangat mempermudah kontraktor maupun tukang bangunan karena pemasangannya yang mudah tanpa harus menggunakan alat berat, jika salah satu paving block mengalami keretakan dapat dengan sangat mudah di ganti dengan yang baru dengan cara ambil saja bagian yang retak tanpa harus mengambil seluruh paving block. Paving block ini juga sangat ramah lingkungan karena bagian sela – sela dari paving block ini bisa untuk mengalirkan atau menyerap air kembali ke tanah disekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :