Artikel pemanfaatan Kerajinan limbah plastik kali ini akan membahas tentang bagaimana sebuah cara yang tepat dan mudah untuk memanfaatkan  sampah plastik yang ada di sekitar kita. Artikel limbah plastik ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu bagaimana cara mengelola sampah .

Tetapi juga mengenal sebuah pengertian plastic lebih dalam sehingga tidak membuat Anda bingung. Pertama mari kita kenali lebih dekat lagi pengertian sampah plastik. Sampah plastik sendiri sudah menjadi suatu bahan yang tidak tergantikan di kehidupan masyarakat modern.

Modernitas dan plastic seperti satu kesatuan yang saling sangat  terkait.Di dalam kehidupan sehari-hari selalu memanfaatkan suatu plastic, entah untuk membungkus sebuah makanan, berbelanja, dan lainnya. Sebuah pemanfaatan limbah plastik.

Pemanfaatan limbah plastik Tetapi tanpa disadari, plastik merupakan jenis sampah yang paling sulit untuk diurai bakteri sekaligus yang paling banyak mencemari lingkungan. Untuk mengurai sampah plastik bekas botol air mineral, setidaknya dibutuhkan waktu sampai sekitar 500 tahun.

Tidak hanya di darat juga, pencemaran limbah plastic ini yang ada di laut juga bisa mengganggu keseimbangan sebuah ekosistem, yaitu membuat laut tercemar dan banyak hewan laut yang mati tertelan sampah plastic sehingga menyebabkan kematian.

Artikel limbah plastik kali ini tidak hanya akan memberikan contoh tas belanja plastic tetapi juga contoh lain yang bisa Anda buat sendiri. Misalnya sebuah tempat pensil, kotak tisu, gantungan baju, celengan, tirai, lukisan kolase plastik , dan lain lainnya.

Setiap suatu produk yang Anda hasilkan bisa Anda buat dengan nilai seni yang cukup tinggi. Menggunakan suatu perpaduan bahan daur ulang dengan aksesoris lain sebagai pendukung. Sehingga selain berdaya guna juga menghasilkan suatu keuntungan yang tidak sedikit.

Mengenal Suatu Sampah Plastik Serta Pengolahannya

kerajinan limbah plastik

Hampir setiap orang pasti tidak akan terlepas dari yang namanya sebuah bahan plastik dalam aktivitasnya sehari-hari. Ya benar, memang plastik telah menjadi komponen penting dalam kehidupan modern saat ini dan peranannya telah menggantikan suatu kayu dan logam .

Mengingat kelebihan yang dimilikinya antara lain seperti ringan dan kuat, tahan lama terhadap korosi, transparan dan mudah untuk diwarnai, serta sifat dari insulasinya yang cukup baik. Itulah pemanfaatan limbah plastik yang harus diterapkan.

Sifat-sifat dari bahan plastik inilah yang membuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya. Untuk berbagai jenis aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari suatu kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik.

Peningkatan suatu penggunaan bahan plastik ini mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai suatu gambaran konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita pertahun, sehingga ini dapat diprediksikan sebesar itulah sampah plastik.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa sebuah plastik sangat sulit terurai dalam tanah. Membutuhkan waktu yang bertahun-tahun dan ini akan menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya.Itu harus dianjurkan pemanfaatan kerajinan limbah plastik.

Pembuangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) suatu sampah bukanlah solusi yang cukup bijak dalam pengelolaan sampah plastik ini. Peranan para pemulung ini dalam mengurangi timbunan sampah plastik patut mendapat  sebuah apresiasi dari kita.

Perlu adanya suatu manajemen sampah plastik mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga hingga skala besar. Meliputi sebuah kawasan kota yang dikelola oleh pemerintah kota atau daerah setempat. Maka inilah pemanfaatan limbah plastik.

Kerajinan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Alternatif

Plastik merupkan salah satu jenis zat makromolekul yang terbentuk melalui proses polimerasi. Polimerasi merupakan suatu proses penggabungan antara beberapa molekul sederhana melalui proses kimia untuk menjadi molekul yang lebih besar.

Unsur yang terkandung di dalam sebuah plastik antara lain adalah karbon dan hidrogen. Pada saat ini limbah sampah plastik sudah banyak ditemukan di berbagai daerah dan tentunya banyak yang tidak di daur ulang.

Pada umumnya suatu daur ulang plastik dibagi menjadi 4 cara, yaitu daur ulang primer, daur ulang sekunder, daur ulang tersier dan daur ulang quarter. Daur ulang primer adalah sebuah daur ulang plastik menjadi produk yang memiliki kualitas hampir sama dengan produk aslinya.

Sistem sebuah daur ulang primer ini dapat dilakukan pada sampah plastik yang bersih dalam arti tidak terkontaminasi oleh material lain. Serta plastik tersebut telah melalui proses pencucian dari kotoran yang menempel.

Daur ulang sekunder adalah sebuah daur ulang plastik yang menghasilkan produk yang sejenis dengan produk asli, akan tetapi kualitasnya dibawah sebuah produk asli. Daur ulang tersier adalah daur ulang plastik menjadi sebuah produk bahan kimia ataupun bahan bakar.

Sedangkan daur ulang quarter merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan energi yang terkadnung dalam plastik tersebut. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah daur ulang plastik di industri dan juga daur ulang plastik menjadi bahan bakar.

Daur Ulang Plastik di Industri

kerajinan limbah plastik

Umumnya setiap hari kita menggunakan sebuah plastik untuk kebutuhan membawa barang-barang agar tidak repot. Akan tetapi penggunaan suatu plastik yang terlalu sering juga tidak baik. Selain dapat menimbulkan pencemaran lingkungan akibat sebuah sampah plastik.

Tapi juga tidak baik apabila plastik tersebut digunakan untuk membungkus sebuah makanan panas mengenal bahwa  plastik  mengandung unsur karbon dan hidrogen. Karna dalam pengolahan sampah plastik itu tidaklah mudah.

Untuk itu perlu dilakukannya suatu daur ulang sampah plastik, adapun proses daur ulang limbah sampah plastik di industri adalah sebagai berikut :

  • Sortir – Tahap pertama dalam sebuah pengolahan sampah plastik adalah dengan memilih sampah plastik terlebih dahulu, yaitu dengan memisahkannya berdasarkan jenis ketebalan, bentuk dan ukurannya.
  • Pemotongan – Tahap kedua adalah suatu pemotongan. Limbah pengolahan sampah plastik yang telah dipilih akan dipotong menjadi bagian yang lebih kecil untuk mempermudah dalam suatu pengolahannya nanti dan juga agar prosesnya tidak lama.
  • Pencucian – Tahap ketiga adalah proses pencucian. Sampah plastik yang tadi dipotong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil kemudian akan dicuci sampai bersih untuk diolah menjadi produk.
  • Pengeringan – Tahap keempat adalah tahap pengeringan. Setelah melewati beberapa proses pencucian, maka limbah sampah plastik akan dikeringkan terlebih dahulu pada standar suhu tertentu yang telah ditetapkan guna tetap mempertahankan kualitas produk.
  • Pemanasan – Tahap selanjutnya adalah pemanasan. Sampah plastik yang sudah begitu kering akan dipanaskan pada suhu 200 derajat Celcius hingga meleleh.
  • Penyaringan – Setelah limbah dipanaskan dan sudah meleleh, maka lelehan plastik tadi akan membentuk bentuk silinder panjang yang kemudian dipotong dengan sebuah mesin.
  • Pendinginan – Tahap selanjutnya adalah sebuah pendinginan. Setelah melalui proses penyaringan dan pemotongan maka limbah plastik tersebut akan dialirkan melalui pipa pendingin untuk dibekukan agar memudahkan dalam proses selanjutnya.
  • Pencetakan – Setelah di dinginkan, maka limbah plastik tersebut diap dicetak menjadi bentuk seperti mie dengan diameter 4 mm untuk dibuat kerajinan.

Cara Pengolahan Kerajinan Limbah Plastik Yang Ramah Lingkungan

Cara pengolahan sebuah sampah plastik masih menjadi pembahasan hangat dalam setiap pertemuan tentang lingkungan hidup. Dimana limbah plastik ini merupakan suatu sampah yang tidak bisa diurai oleh tanah.

Sehingga akan selalu memiliki sebuah ancaman terhadap pencemaran lingkungan. Banyak seminar-seminar yang sudah membahasa tentang betapa seriusnya kekhawatiran tentang limbah plastik ini. Semoga generasi yang sekarang dan besuk memahami soal pengolahan limbah ini.

Teknik Pengolahan Kerajinan Limbah Plastik Modern

Ada beberapa ide untuk menangani sebuah limbah plastik, yaitu diantaranya :

  1. Melakukan sebuah daur ulang sampah plastik dengan cara memisahkan partikel-partikel plastik hingga terciptanya produk baru. Limbah plastik daur ulang biasanya akan dirubah bentuk menjadi biji plastik, botol minuman, dan produk baru dengan bentuk baru yang lainnya.
  2. Dengan menggunakan sebuah mesin incinerators untuk mendaur ulang limbah plastik. Sebagian negara juga menggunakan mesin ini untuk mengolah sampah plastik yang tidak terurai. Semua limbah plastik dibakar menggunakan sebuah mesin incinerators.
  3. Untuk mengurangi suatu dampak dari limbah plastik, sebagian besar negara di dunia telah melarang penggunaan sebuah produk plastik tertentu. Hal ini untuk mengurangi rasa ketergantungan terhadap produk suatu plastik. Serta diganti dengan suatu produk yang ramah.
  4. Menggunakan sebuah tas dari bahan kertas atau dari bahan lainnya untuk berbelanja. Sehingga dapat mengurangi dalam pemakaian plastik di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian pengolahan sampah plastik dapat dilakukan.
  5. Untuk mengurangi dampak dari  limbah plastik, dari pihak pemerintah dan diri pribadi perorangan harus saling bisa menyadari. Pemerintah harus membuat tempat sampah di setiap sisi kota besar.
  6. Meningkatkan kegiatan sebuah seminar atau pertemuan yang membahas tentang daur ulang sampah plastik. Tentang metode cara untuk pengolahan sampah plastik yang terbaru. Dan harapan kami, pemerintah ikut terlibat dalam sosialisasi daur ulang limbah plastik tersebut.

Limbah Plastik Sebagai Sumber Energi

kerajinan limbah plastik

Mengingat kandungan energi yang sangat tinggi dari bahan plastik, maka potensi pemanfaatannya yang sebagai salah satu sumber energi memiliki prospek yang cukup bagus di masa mendatang. Dari sini bisa didapatkan dua suatu keuntungan sekaligus.

Serta juga untuk menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional. Beberapa suatu teknologi bisa digunakan untuk mengkonversi limbah sampah plastik menjadi bahan bakar diantaranya yaitu berikut :

1.Konversi Pada Bahan Bakar Padat

Dilakukan dengan mencacah limbah sampah plastik dan kemudian membriketnya untuk nantinya menjadi sebuah bahan bakar briket. Bahan bakar ini kemudian bisa digunakan untuk pembakaran yang di tungku-tungku industri. Sebuah pemanfaatan limbah plastik.

2.Mengubah Sebuah Bahan Bakar Cair

Dengan menggunakan suatu prinsip pirolisis dimana sampah plastik dipanaskan pada suhu sekitar 500oC. Sehingga fasenya akan berubah menjadi suatu gas dan kemudian akan terjadi proses suatu perengkahan (cracking).

Setelah itu didinginkan kembali dan bisa mendapatkan suatu bahan bakar cair setara dengan bensin dan solar. Itulah salah satu pemanfaatan limbah plastik bagi kehidupan. Maka dari itu kita harus pandai dalam mengolah limbah plastik.

Bonsai Sebuah Kerajinan Limbah Plastik

Bonsai adalah suatu pohon yang ditanam dalam sebuah pot untuk dikerdilkan sebagai tanaman hias. Teknik berkebun ini dengan mengerdilkan tanaman pertama kali dikembangkan di Jepang, tujuannya adalah untuk mensiasati terbatasnya suatu lahan bercocok tanam.

Pertumbuhan tanaman yang dibonsai ini sengaja dihambat dengan
berbagai cara antara lain dengan membatasi suatu nutrisi (pupuk) pada media tanam ini, pemotongan daun dan ranting secara berkala juga agar tidak lebat.

Arah suatu pertumbuhan dahan dan rantingnya pun dapat diarahkan dengan melilitkan kawat yang kemudian dibengkokkan sesuai selera si penanam. Pada umumnya pohon yang akan dapat dibonsai adalah tumbuhan yang berbiji belah (dikotil).

Bonsai saat ini tak hanya sekadar sebagai suatu sarana penyalur hobi berkebun tetapi telah menjadi komoditas yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Para seorang penggemar dan kolektor bonsai tak segan untuk membelanjakan uangnya mendapatkan tanaman kerdil ini.

Bagi yang punya berkantong tipis tapi ingin menikmati keindahan dan keunikan bonsai apa yang mesti harus dilakukan?Kantong plastik ini atau yang lebih dikenal dengan istilah suatu tas kresek adalah benda sederhana yang sangat dekat di dalam kehidupan sehari-hari kita.

Benda tersebut juga digunakan setiap saat untuk berbagai keperluan, fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk membawa/menenteng sesuatu barang konsumsi. Selain berfungsi suatu sebagai alat untuk membawa/memuat sebuah barang.

Pada umumnya kantong plastic ini digunakan untuk sekali pakai kemudian dibuang sebagai sampah .Sehingga berpotensi akan mencemari lingkungan karena terbuat dari bahan polyolefin atau polivinil klorida yang sangat sulit diurai secara alami oleh mikroorganisme.

Memanfaatkan dari kembali kantong plastic bekas dalam bentuk dan fungsi yang berbeda. Misalnya untuk membuat suatu bonsai imitasi, adalah salah satu tindakan yang sangat bijaksana guna mengurangi pencemaran lingkungan.

Alasan Usaha Kerajinan Limbah Plastik Bernilai Tinggi

Sayangnya sekarang ini masih ada banyak orang yang tidak mau ribet dengan membawa tas apalagi jika hanya membeli beberapa kebutuhan di swalayan. Sebenarnya banyak cara  yang bisa dilakukan untuk pengolahan sampah plastik seperti dengan daur ulang menjadi biji plastik.

Atau masih bisa untuk dimanfaatkan sehingga bisa terbentuk sebuah kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomis. Untuk menyulap sebuah sampah plastik menjadi suatu kerajinan tangan yang unik diperlukan kreatifitas dan ketekunan yang tinggi.

Misalnya seperti sebuah botol plastik, kita bisa membentuk sebuah bunga dari limbah botol plastik tersebut. Tak hanya bunga saja anda juga bisa mengolah menjadi sebuah biji besi yang memiliki harga jual sangat tinggi di Luar negeri.

Selain limbah botol plastik ada pula kantong plastik bekas yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Seperti yang kita ketahui, tak hanya menggunakan sebuah kertas, sampul layang-layang banyak yang menggunakan plastik.Selain layang-layang masih banyak lagi kerajinan yang lain terbuat dari kantong plastik, seperti tatakan gelas, tas, bunga.

Seperti cara yang sedehana diatas tersebut, kita juga bisa memanfaatkan sebuah limbah sampah plastik sebagai bahan bakar minyak (BBM). Serta bisa mengurangi jumlah limbah sampah menumpuk juga bisa mengurangi pemakaian minyak bumi.

Beberapa orang sudah banyak yang mencoba mengkonversi limbah sampah plastik menjadi sebuah BBM setara dengan solar dan premium. Untuk mengkonversikan limbah sampah plastik menjadi BBM tentu membutuhkan biaya yang cukup banyak serta waktu.

Apalagi jika kita menggunakan sebuah mesin yang canggih seperti yang telah digunakan di Jepang. Tapi ada juga orang kreatif yang mampu menggunakan sebuah alat sederhana seperti kaleng bekas dan pipa untuk mengolah plastic menjadi BBM.

Itulah ulasan mengenai pemanfaatan limbah plastik bagi kehidupan kita sehari hari. Serta kita dapat memanfaatkan untuk dijadikan bahan kerajinan tangan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua. Sekian dan Terima Kasih.