Macam Macam Olahan Jahe yang Bermanfaat Bagi Tubuh

jahe permen

Sebelum kamu masuk ke pembahasan macam macam olahan jahe,sebenernya kamu tahu nggak sih apa itu jahe dan manfaatnya bagi tubuh kita?Disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu jahe dan manfaatnya bagi tubuh kita.

Pengertian Jahe

Zingiber officinale atau yang lebih kita kenal dengan nama jahe.Jahe adalah sebuah tumbuhan yang rimpang .Tumbuhan tersebut juga biasa digunakan sebagai rempah-rempah dan juga bahan baku untuk obat obat tradisional. Rasanya  yang cukup agak terasa pedas jika dibuat sebuah minuman memberi sensasi  sebagai pelega dan penyegar tenggorokan.

Tahu kah kamu,bahwa tanaman ini  menjadi salah satu jenis tanaman  rempah-rempah yang paling lama tumbuh di kawasan Indonesia?

Nama latin dari jahe adalah Zingiber yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu singibera. Artinya berbentuk tanduk,hal ini karena bentuk jahe yang seperti tanduk.Biasanya tanam ini tumbuh di pekarang ataupun dikebun.

Di setiapa daerah di Indonesia jahe memiliki beberapa nama yang berbeda beda contohnya di derah aceh jahe memiliki nama halia dan di daerah Gorontalo jahe memiliki nama melito .Itu tadi baru sedikit nama nama jahe,masih banayak nama nama jahe di Indonesia.

Adanya rasa pedas yang ditimbulkan oleh jahe cukup dominan.Nah rasa pedas ini  disebabkan oleh senyawa keton “zingeron”.

Jenis Jenis Jahe

Tumbuhan ini memiliki tiga klon atau jenis yang dapat diolah menjadi macam macam olahan jahe.yang dibedakan dari berbagai aspek mulai dari aroma, warna, bentuk, dan besar rimpangnya jahe itu sendiri. Berikut ini adalah jenis-jenis jahe:

Jahe Besar

Jahe besar sering disebut juga dengan jahe gajah, karena jahe ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jahe yang lainnya. Rimpangnya jahe ini berwarna sedikit putih dan juga agak sedikit kekuningan, selain itu rimpangnya yang besar dan sangat gemuk ini menyebabkan tumbuhan ini memiliki ruas yang menggembung.

Tumbuhan ini bisa dikonsumsi untuk umur muda maupun tua, baik sebagai jahe olahan maupun segar. memiliki rasa yang agak kurang pedas serta aroma yang dikeluarkan sedikit kurang tajam di bandingkan dengan beberapa jenis lainnya. Jahe besar/jahe gajah ini memiliki kandungan minyak asiri sekitar 0,18 persen hingga 1,66 persen dibandingkan  dari berat jahe yang sudah kering.

Emprit(Jahe Kecil)

tofficianale var. Amarum atau biasa  dikenal dengan jahe emprit. Warnanya putih, bentuknya agak sedikit pipih, berserat lembut, namun jahe ini memiliki aroma yang sidikit kurang tajam dibandingkan dengan jahe merah.

Jahe putih kecil ini memiliki ruas-ruas yang rimpang dan berukuran lebih kecil dan agak sedikit  rata sampai  menggembung. Rimpangnya lebih kecil dari pada jahe gajah, namun ukuran jahe ini lebih besar dari pada jahe merah.

Jahe emprit ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan jamu segar dan juga bisa dibuat sebagai jamu  kering,bisa juga digunakan sebagai bahan pembuatan minuman, penyedap makanan, rempah-rempah, serta sanagat cocok untuk pembuatan ramuan obat-obatan.

Sunti(Jahe Merah)

Jahe merah atau Zingiber officinale var.rubrum. Jahe ini juga disebut dengan jahe sunti. Jahe merah memiliki rasa yang sangat pedas dan aroma yang sangat tajam dibandingkan kedua jahe tadi.Sehingga jahe tersebut sering dimanfaatkan untuk pembuatan minyak jahe dan masih banyak lagi.

Jahe merah memiliki rimpang yang berwarna kemerahan dan lebih kecil dibandingkan dengan jahe gajah dan jahe emprit.Jahe ini memiliki serat yang cukup kasar dan memiliki kandungan minyak asiri sekitar 2,58 persen hingga 3,90 persen dari pada  berat saat kering.

Tahukah kamu, apa sih manfaat dari  jahe untuk tubuh kita?Nah untuk kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari jahe.

Menurut jurnal  US National Library of Medicine National Institutes of Health – tentang khasiat tumbuhan ini, ternyata tumbuhan ini memiliki potensi untuk mengobati berbagai macam penyakit contohnya penyakit gangguan degeneratif (radang sendi dan rematik).

Namun tak hanya itu saja, menurut  jurnal dari luar , jahe juga bisa mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit dan juga maag.

Dan juga bisa mengatasi gangguan kardiovaskuler (aterosklerosis dan hipertensi), muntah, serta diabetes mellitus.

Manfaat  Macam Macam Olahan Jahe

Berikut ini ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi macam macam olahan jahe yang baik untuk tubuh kita,seperti:

1.Mencegah Penuaan dan Kanker

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan juga anti-oksidatif yang dapat mengendalikan proses dalam penuaan dini. Manfaat dari jahe lainnya adalah tanamannya.Tanaman herbal ini juga memiliki berbagai potensi contohnya potensi antimikroba yang mamapu membantu dalam mengobati penyakit-penyakit seperti peyakit menular. Bahkan, manfaat jahe juga  disebut-sebut bisa mencegah berbagai macam kanker

Namau, ada satu hal yang mesti digaris bawahi. Menurut beberapa jurnal , meski potensi antikanker jahe telah terdokumentasi dengan sanagt baik,namaun manfaat jahe terhadap kanker masih membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut sebelum mengklaim kemanjuran dari tanaman jahe tersebut..

2.Meredakan Nyeri Haid

Untuk perempuan jahe sangat berguna saat sedang haid karena jahe dapat meredakan nyeri saat haid.Dengan rutin mengonsumsi air jahe dapat membantu mengurangi nyeri yang terjadi saat sedang haid. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat membantu meredakan nyeri pada saat haid. Bahkan, khasiat dari tanaman jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat resepan doketer ataupun obat yang ada di apotik.

Agar mendapatkan manfaat dari jahe kalaian dapat mencoba  untuk mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minum air tersebut selama dua hari masa awal haid. Efeknya jahe pada perut  mampu memberi efek menenangkan dari rasa nyeri.

3.Menurunkan Glukosa Darah sampai Kolesterol

Pada jurnal luar negri tentang khasiat jahe,Dengan rutin  mengkonsumsi jahe juga bisa menurunkan glukosa darah secara signifikan. Namun tidak hanya itu,dengan mengkonsumsi jahe secara rutin  dapat menurunkan kolesterol LDL , trigliserida, dan juga bisa meningkatkan HLD.

4.Memperkuat Sistem Imun

Apakah kamu ingin sistem imun tetap prima? Caranya mudah kok,kamu tiggal konsumsi saja macam macam olahan jahe secara rutin apa pun itu. Jahe juga memiliki banyak kandungan vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tahan daya tubuh  kuat dalam sistem imun. Selain kandungan zat tadi, jahe juga memiliki beberapa kandungan antaralain: gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita.

5.Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus

Manfaat jahe juga dapat membantu tubuh kita untuk melindungi dari infeksi bakteri dan virus tertentu. Kok bisa gitu ya?Itu karena jahe memiliki Kandungan gingerol dan dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri. seperti shigella, E.coli, dan masih banayak lagi.

Tak hanya itu saja, manfaat meminum jahe juga dapat meningkatan sistem kekebalan imun tubuh, sehingga mamapu mencegah kerusakan DNA dan stres. Bahkan, manfaat meminum air jahe secara rutin juga bisa membantu dalam mengatasi pilek dan juga flu.

6.Meredakan Sakit Otot

Manfaat meminum air jahe secara rutin juga bisa membantu  untuk meredakan sakit otot.  Studi dari University of Georgia yang berada di Amerika Serikat, menjelaskan tentang jahe yang memiliki efek untuk mencegah peradangan yang juga bisa berkhasiat untuk mengurangi sakit pada bagian otot. Namun, banyak sumber yang mengatakan bahwa pereda sakit otot adalah manfaat dari jahe merah.

Dalam penelitian tersebut, beberapa ahli melakukan riset kepada 74 orang untuk melakukan beberapa jenis latihan fisik. Penelitian tersebut dibagi menjadi dua kelompok,yitu kelompok pertama adalah kelompok yang diberi suplemen jahe dan kelompok yang kedua cuma diberi pil mengandung gula.Dan ternyata hasilnya? Ternyata, rasa sakit yang ditimbulkan karena nyeri t otot setelah berolahraga pada kelompok pertama, lebih ringan 25 persen ketimbang kelomok yang diberi pil mengandung gula.

7.Meredakan Morning Sickness

Dari studi lain contohnya  Royal College of Obstetricians and Gynaecologists,mengatakan bahwa jahe sangat bermanfaat untuk meredakan gejala morning sickness pada saat awal-awal kehamilan. Kandungan yang dimiliki oleh   jahe telah digunakan semenjak dua ribu tahun yang lalu untuk mengatasi gejala pada gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, sembelit,  kembung, dan juga bersendawa.

8.Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat lain dari jahe merah yang lainnya antaralain mampu mengatasi dan mencegah masalah pada pencernaan. Dipercaya bahwa ekstrak minyak yang dimiliki jahe dapat mengatasi masalah seperti sakit perut karena memiliki kandungan antibakteri. Gangguan yang terhadap pada pencernaan  umumnya terjadi dikarenkan  adanya bakteri jahat yang masuk kedalam tubuh kita, sehingga mengonsumsi jahe cocok untuk antitesis.

Dengan adanya sifat antibakteri itu, manfaat dari jahe  antara lain sebagai pengganti bahan pengawet pada makanan yang sangat mudah disusupi oleh  bakteri jahat. Di sisi lain, rasanya yang cukup hangat   saat mengonsumsi jahe juga dapat membuat system pada  pencernaan lebih rileks. Maka dari itu, pastikan kamu  untuk mengonsumsi jahe tersebut secara rutin.

Namun meski begitu,ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin mengonsumsi jahe secara rutin. Sebab, ada beberapa orang-orang yang sebaiknya menghindari konsumsi tanaman ini terlalu banyak.Sebaiknya kamu  bertanya terlebih dahulu pada ahli medis terkait hal ini agar bisa lebih pasti.

Seperti,pada ibu hamil dan yang sedang menyusui, pengidap penyakit jantung, diabetes, dan orang-orang yang memiliki gangguan pada peredaran darah. Dengan begitu, jahe termasuk kedalam tumbuhan herbal, hanya saja ada efek samping yang bisa ditimbulkan oleh jahe tersebut. Contohnya adalah, rasa tidak nyaman pada perut seperti diare, dan nyeri pada ulu hati.

Macam Macam Olahan  Jahe

Nah,sekarang kalian jadi tahu kan apa itu jahe,manfaat jahe,dan juga jenis jenis jahe.setelah mengetahui tentang jahe sekarang kita akan mengetahui apa saja sih macam macam  olahan  jahe.

Macam macam olahan jahe ini munkin dapat membut kamu mengetahui tentang olahan apa saja yang bisa dihasilkan oleh tumbuhan empon empon ini.Atau kalian malah ingi membaut macam macam olahan jahe sendiri di rumah.

Apa aja sih olahan yang dapat  dihasilkan dari bahan baku utamannya dari Jahe?

Berikut ini adalah olahan dari jahe:

Macam Macam olahan Jahe:Serbuk Jahe Instan

serbuk jahe

Serbuk jahe instan yang banyak dikenal dengan minuman jahe instan, adalah salah satu olahan jahe yang banyak diproduksi untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal alami.  Proses pengolahannya dengan mencampurkan sari perasan air jahe dengan gula kristal yang kemudian dimasak hingga air menguap.

Macam Macam olahan Jahe:Sirup Jahe

Sirup jahe adalah olahan warisan nenek moyang J, tentu saja produk ini bukan produk baru, melainkan produk turun temurun sejak zaman dahulu. Olahan yang satu ini dibuat dengan mencampurkan sari perasan jahe dengan gula dan dimasak hingga air menyusut  hingga sepertiga dari campuran air jahe dan gula.

Macam Macam olahan Jahe:Teh Jahe

Teh Jahe

Minuman yang terbuat dari jahe segar yang direbus bersama air dan gula. Teh jahe biasanya diminum saat cuaca dingin untuk membantu menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga dapat membantu meredakan batuk dan pilek.

Macam Macam olahan Jahe:Jahe Goreng

camilan yang terbuat dari potongan jahe segar yang digoreng dalam minyak panas hingga renyah. Jahe goreng biasanya disajikan sebagai pengiring teh atau kopi. Selain rasanya yang enak, jahe goreng juga dikenal memiliki manfaat untuk membantu mengurangi mual.

Apakah kamu mau agar cepat dalam mengupas jahe?kalau iya kamu dapat membeli alat berikut ini dengan cara klik link berikut

Macam Macam olahan Jahe:Kue Jahe

kue jahe

kue yang terbuat dari campuran tepung, jahe, gula, dan mentega.  iasanya memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis dan pedas. Selain itu, jahe pada kue jahe juga dapat membantu meningkatkan pencernaan..

Macam Macam olahan Jahe:Simplisia

jahe kering

Simplisia merupakan sediaan rajang kering jahe. Dibuat dengan cara merajang jahe segar yang kemudian dikeringkan. Cara mengeringkan simplisia jahe dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain dengna dijemur secara langsung, dikeringangin.kan ataupun dengan penggunaan teknologi aliran udara panas. Kadar air setelah proses pengeringan yang paling baik adalah 8-10%, dalam angka tersebut, dimungkinkan simplisia akan aman untuk disimpan, terhindar dari pembusukan, serta aman dari jamur ataupun serangga perusak. Simplisia banyak digunakan sebagai bahan baku obat dan kosmetik.

Sereh Jahe Lemonade

Selanjutnya adalah olahan sereh Jahe Lomonade,perlu kalian tahu manfaat jahe dan sereh itu sangat banyak oleh sebab itu banyak olahan sereh dan jahe.Contohnya olahan sereh jahe lemonade,berikut ini cara membuat olahan sereh jahe lemonade:

Bahan:

    • 2 batang sereh, memarkan
    • 2-3 cm jahe segar, dikupas dan diiris tipis
    • 4 gelas air
    • 2-3 buah lemon, peras airnya
    • 4 sendok makan madu atau gula (opsional)
    • Es batu secukupnya

Langkah-Langkah:

      1. Rebus air dalam panci dan tambahkan sereh yang telah dimemarkan serta irisan jahe.
      2. Biarkan mendidih selama sekitar 10-15 menit untuk mengeluarkan aroma dan rasa jahe dan sereh.
      3. Setelah direbus, dinginkan larutan jahe dan sereh.
      4. Tambahkan air perasan lemon ke dalam larutan tersebut.
      5. Jika diinginkan, tambahkan madu atau gula untuk memberikan rasa manis.
      6. Saring dan tuang ke dalam gelas dengan tambahan es batu

Masker Jahe 

masker jahe

Campurkan satu sendok makan jahe parut dengan satu sendok makan madu organik. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah yang telah dibersihkan, lalu biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Masker jahe dan madu membantu menghilangkan jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat pada wajah.

Eskrim Jahe

es krim jahe

Eskrim jahe adalah salah satu jenis eskrim yang tidak biasa tetapi menyegarkan, dimana rasa jahe yang pedas dan manis dicampur dengan lembut dan kreami dari es krim..

Permen Jahe

macam macam olahan jahe

Permen ini merupakan olahan yang tidak rentan zaman.. Sejak zaman penjajahan hingga sekarang, jahe juga diburu untuk kemudian diolah sebagai permen. Rasa manis dan pedas yang dimunculkan oleh permen jahe, mampu menghangatkan badan, selain itu jahe dalam bentuk permen juga disukai oleh anak-anak.

Cara Membuat Permen Jahe:

Nah itu tadi berbagai macam macam olahan   jahe.Olahan itu tadi sangat mudah di buat di rumah.Jika ingin membuat macam macam olahan jahe di rumah berikut salah satu cara membut olahan dari Jahe.

Bahan Bahan:

  • 250 gr jahe
  • 1 saset nuterijel plain
  • 1 biji pala
  • 5 butir cengkeh
  • 1 sendok garam
  • 2 batang kayu manis ukuran 10cm
  • 1 mil air

Cara membuat permen jahe:

  1. Parut atau blender jahe dengan cengkeh,dan biji pala dengan air setengah liter.Lalu saring dan masukkan airnya ke dalam panic.
  2. Tambahkan nutrijel dan gula pasir lalu masak dengan api kecil sambil terus di aduk sampai airnya rata.
  3. Setelah matang dan  menyusut angkat dan dinginkan.Taruhlah adodan didalam Loyang yang  di lapisi,diamkan adodan tadi sampi padat dan mengeras.Simpan di kulkas 2-3 jam.

Penutup

Setiap jenis olahan jahe memiliki proses pembuatan dan penggunaan yang berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Namun, jahe sendiri sudah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan sehingga banyak orang yang mencoba untuk mengkonsumsinya dalam bentuk yang berbeda-beda.