Manfaat Arang Bagi Tanaman Salah Satunya Bisa Menyerap Racun?

manfaat arang bagi tanaman

Halo Semuanyaa!!! Kembali lagi ke artikel saya yang selanjutnya. Pada kali ini kita akan belajar tentang manfaat arang bagi tanaman dan juga pertanian.

Nah, sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang manfaatnya, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu arang dan jenisnya. Yuk simak penjelasannya!!!

Setelah diabaikan selama beberapa tahun terakhir, kini arang mulai menarik perhatian banyak orang. Ternyata banyak sekali manfaat arang untuk tanaman rumah. Apakah kamu sudah tahu?

Meskipun masyarakat dunia sudah menggunakan arang kayu sejak ribuan tahun, nyatanya banyak yang belum tahu jika arang kayu bermanfaat untuk dunia pertanian.

Hasil penelitian di Jepang juga membuktikan jika, komoditi arang yang mengandung karbon itu dapat diolah menjadi berbagai produk rumah tangga.

Khasiatnya tak tanggung-tanggung yaitu, untuk kesehatan tubuh manusia. Ada beberapa jenis arang yaitu arang kayu, arang sekam padi, arang tempurung kelapa, arang gergaji dan lain sebagainya.

 

Jenis Arang

arang

Banyak jenis arang yang ada di dunia ini. Untuk jenis arang menurut bahan bakunya diantaranya :

1. Arang Kayu

Jenis arang yang pertama yaitu terbuat dari kayu dan sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti, memasak.Manfaat lain dari arang kayu untuk tanaman yang bisa menjadi media tanam, sebagai media menjernihkan air dan yang lainnya.

2. Arang Serbuk Gergaji

Arang jenis ini terbuat dari bahan serbuk gergaji yang dihasilkan dengan cara dibakar. Serbuk gergaji merupakan bahan sisa produksi yang sebagian besar sangat jarang dimanfaatkan lagi karena biasanya menjadi sampah produksi kayu.

Di pasaran, harga arang serbuk gergaji terbilang cukup murah. Arang serbuk gergaji biasanya berguna untuk bahan bakar maupun juga bisa dapat dimanfaatkan sebagai campuran pupuk atau diolah kembali menjadi briket arang.

3. Arang Sekam Padi

Jenis arang ini digunakan untuk bahan pupuk dan juga bahan baku dalam pembuatan arang briket. Arang ini terbuat dari sekam yang ada di tempat-tempat penggilingan padi. Selain digunakan sebagai arang dan juga dibakar, sekam padi juga biasanya sebagai bekatul untuk bahan pakan ternak.

Tak hanya itu, di wilayah pesemaian arang sekam juga berfungsi sebagai campuran media tanaman. Hal ini di lakukan karena sekam padi di sinyalir memiliki kemampuan daya serap dan dapat digunakan sebagai media penyimpanan air cadangan makanan tanaman.

4. Arang Batok Kelapa

Yang selanjutnya adalah arang abtok kelapa. Arang jenis ini berasal dari tempurung kelapa yang memiliki bentuk tipis seperti lempengan.

Arang jenis batok kelapa adalah salah satu arang yang sangat ditemukan di pasaran, dengan harga terjangkau. Kelebihan arang jenis ini yaitu abunya yang sedikit dan juga nyala api bisa bertahan cukup lama.

Asapnya juga tak banyak. Dan yang terpenting adalah arang batok tidak mudah membuat makanan jadi gosong ataupun hangus. Namun, kelemahan dari arang ini yaitu harga jualnya yang cukup mahal.

5. Arang Serasah

Arang serasah adalah salah satu jenis arang yang terbuat dari bahan dasar serasah atau terkenal dengan sebutan sampah dari dedaunan. Mendapatkan jenis arang yang satu ini pun termasuk mudah serta gampang untuk dihancurkan.

6. Arang Kulit Buah Mahoni

Arang ini adalah jenis yang berasal dari bahan baku kulit buah mahoni. Membakar kulit dari buah tersebut dapat menghasilkan arang.

Arang ini dibuat dan diproses dengan menggunakan tungku api pada drum, sama halnya dengan pembuatan arang kayu. Arang ini sudah terbukti memiliki kualitas yang bagus dan cukup baik. Bahkan jika dibakar, arang kulit mahoni hanya mengeluarkan sedikit asap.

Oleh karena itu, nilai kalor yang dihasilkan dari arang jenis ini saat dibakar menjadi sangat tinggi dan bara dari arang tersebut tahan lebih lama dibandingkan jenis lainnya.

7. Arang Briket/ Arang Batu Bara

Untuk penggunaan rumah tangga, arang briket biasanya tersedia dalam ukuran yang relatif kecil.

Arang briket biasanya terbuat dari campuran arang kayu, arang batok kelapa, arang serbuk gergaji, arang sekam dan juga jenis arang yang lainnya. Kita dapat mencetak dengan mudah arang ini karena terdapat tepung kanji yang telah tercampur didalamnya.

Keunggulan dari arang briket yaitu terletak pada nyala api yang relatif lama dan stabil.

Asapnya pun tak banyak namun, harganya cukup tinggi serta masih agak sulit kita temui di pasaran.Tampilannya pun lebih resik, tidak akan ada remah/kotoran abu yang akan mengotori area pembakaran.

Baca Juga : Inilah Manfaat Air Kelapa Muda Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

 

Manfaat Arang Bagi Tanaman

1. Meningkatkan PH Tanah

PH tanah adalah tingkat keasaman atau kebasaan suatu benda yang diukur dengan skala pH antara 0 hingga 14. Jika angka skala pH kurang dari 7 benda dikatakan bersifat asam dan jika skala pH lebih dari 7 disebut basa.

Jika skala pH adalah 7 maka benda tersebut bersifat netral, tidak asam maupun basa. Kondisi tanah yang paling ideal untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman adalah tanah yang bersifat netral.

PH arang sekam cukup tinggi, yaitu antara 8,5 sampai 9.0 sehingga sangat baik digunakan untuk meningkatkan pH pada tanah asam.

2. Menjaga Kondisi Tanah Tetap Gembur

Arang sekam jika digunakan sebagai campuran media tanam bisa bermanfaat untuk menjaga
kondisi tanah tetap gembur, karena memiliki porositas tinggi dan ringan.

3. Mengisolasi Penyakit dan Menyerap Racun di Dalam Tanah

Di dalam tanah terdapat racun dan penyakit yang merugikan tanaman, akan tetapi sebelum racun dan penyakit tersebut menyerang tanaman sudah diikat dan diserap oleh arang sekam, atau dengan kata lain arang sekam bermanfaat sebagai absorban untuk menekan jumlah mikroba patogen.

4. Mengikat Unsur Hara

Arang memiliki pori-pori yang banyak, oleh karena itu meskipun bentuknya besar arang tetap ringan, tak terkecuali arang sekam.

Pori-pori tersebut berfungsi untuk mengikat dengan cara menyerap unsur hara, dan jika unsur hara sudah diserap maka saat disiram, unsur hara tidak larut terbawa air.

Pori-pori tersebut juga menjadi tempat hidup dan berkembang biak mikroba/ mikroorganisme yang berguna bagi tanaman. Sehingga memacu pertumbuhan mikroorganisme yang berguna bagi tanaman, yang mana mikroba tersebut sebagai pengurai bahan-bahan organik menjadi nutrisi dan unsur hara yang bermanfaat untuk tanaman.

5. Menjaga Sirkulasi Udara pada Media Tanam

Akar menjadi salah satu bagian penting dalam pertukaran gas oksigen dan karbondioksida yang dibutuhkan tumbuhan. Walaupun letaknya di dalam tanah, bukan berarti udara tidak dapat menembus akar. Tumbuhan akan membutuhkan O2(oksigen) dan mengeluarkan CO2.

Begitu jg dengan manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan O2 dan mengeluarkan CO2. Nah, dengan menambahkan arang sekam pada media tanam maka kegemburan tanah akan terjaga sehingga sirkulasi udara akan lancar.

Menurut sebuah penelitian bahwa arang tidak mudah lapuk dan bisa bertahan dalam waktu yang lama bahkan ratusan tahun. Dengan demikian kegemburan tanah akan tetap terjaga sehingga tanaman akan tumbuh optimal

6. Meningkatkan Daya Serap dan Daya Ikat Tanah dengan Air

Menambahkan Arang pada media tanam dapat meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air, sehingga kebutuhan air bagi tanaman tetap terjaga.

7. Memperbaiki Tanah yang Terkontaminasi

Caranya yaitu masukkan atau campurkan arang sebanyak-banyaknya pada tanah yang rusak karena terkontaminasi bahan kimia.

8. Mampu Menyerap Gas atau Zat Beracun

Fungsi arang untuk tanaman ternyata bagus untuk mengatur kelembapan udara. Arang dapat menyerap bau, termasuk gas, dan zat beracun yang ada di udara. Tetapi kamu memerlukan 8 kg arang untuk ruangan yang luasnya sekitar 10-13 m2.

 

Manfaat Arang Bagi Tanaman Saat di Pembibitan

manfaat arang bagi tanaman

Arang di pembibitan untuk menyemaikan benih (pembibitan) di berbagai lokasi, hampir selalu berhasil membuat bibit dengan baik, dengan catatan benihnyapun harus baik dan tidak telat menyiramnya.

Sebab pertumbuhan akar dari tanaman yang masih kecil/pendek akan menjadi mudah menjangkau unsur hara yang di butuhkan dan dalam kondisi layak makan (tidak beracun, pH netral dan tidak berpenyakit).

Namun jika tidak menggunakan arang, maka pupuk yang diberikan akan cenderung tercuci saat tanaman tersebut tersiram oleh air (minimal hara akan turun ke bagian bawah polibag).

Bibit muda yang baru masih mempunyai akar yang pendek, sehingga akar tidak akan dapat menjangkau makanan (unsur hara) yang telah turun ke bawah. Hal ini berakibat pada bibit menjadi tumbuh kerdil dan tidak jarang mati karena kekurangan makan.

“Arang adalah hasil dari proses pembakaran kayu yang tidak sempurna, dalam arti proses peng-arangan adalah pembakaran dengan pemakaian oksigen yang sangat terbatas (pirolisis).  Sedangkan pembakaran sempurna (oksidasi) adalah berada pada kondisi pemakaian oksigen yang cukup.

Kelebihan lain arang daripada kayu adalah arang tidak akan lekang kena panas dan lapuk kena hujan dalam waktu puluhan bahkan ratusan tahun, sehingga karena sifat fisiknya tak berubah maka fungsinyapun dapat bertahan pada kurun waktu yang lama pula,” demikian penjelasan Dr. Pri.

Dari penuturan mereka kuketahui bahwa kalau tidak dicampur arang, maka padi membutuhkan pupuk dalam jumlah banyak.

Dan dari pengalaman pemakaian pupuk buatan dalam kurun waktu yang lama, pupuk buatan lambat laun justru merusak sifat fisik, kimia dan biologis tanah sehingga menurunkan kondisi kesuburan tanah. Sehingga untuk penanaman periode berikutnya selalu akan di butuhkan jumlah pupuk yang lebih banyak dari periode sebelumnya.

 

Manfaat Arang Bagi Kulit

manfaat arang bagi tanaman

Sekilas banyak orang yang menganggap jika arang termasuk bahan yang kotor karena warna dan penampilannya. Namun, di balik tampilan tersebut, ada activated charcoal atau arang aktif yang mampu memberikan manfaat kecantikan untuk kulit.

Arang aktif memiliki kekuatan adsorpsi atau proses penyerapan seperti busa dan sifatnya yang tidak aktif bereaksi. Namun, arang yang dimaksud di sini bukanlah arang yang biasa digunakan untuk memanggang makanan atau arang bara api, melainkan karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami.

1. Menutup Pori-Pori Besar

Kulit yang memiliki pori-pori besar bisa menyebabkan kotoran, polusi, dan zat kimia dari kosmetik menumpuk di kulit sehingga komedo mudah sekali muncul.

Nah, manfaat arang untuk wajah bisa membantu memperkecil pori-pori besar ini. Gunakan saja masker wajah alami dari arang yang dapat mengangkat semua kotoran dalam pori-pori sekaligus mengecilkan pori-pori Anda.

2. Melembutkan Kulit

Penggunaan riasan dan paparan kotoran dari polusi dan debu akan menimbulkan efek negatif pada kulit. Salah satunya, kulit menjadi kasar. Anda bisa menggunakan arang untuk memperbaiki tekstur kulit, membuatnya lebih lembut serta lebih lentur.

3. Mengatasi Kulit Kusam

Polusi udara seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, debu jalanan, dan radiasi sinar ultraviolet bisa mengakibatkan kulit wajah terlihat kusam. Bentengi kesehatan kulit Anda dengan mengoleskan masker arang. Di dalam arang terdapat karbon aktif yang bias mengangkat seluruh polutan tersebut.

4. Exfoliator Alami

Kulit yang kering bisa membuat kulit wajah terlihat kusam dan tampak tidak terawat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan masker arang.

Tekstur arang merupakan exfoliator yang alami karena bisa membantu menghilangkan sebum dan sel kulit mati dari wajah. Di dalam arang juga terdapat sifat antimikroba yang membantu mencegah infeksi kulit.

5. Menghilangkat Whitehead

Whitehead merupakan jenis jerawat yang terbentuk ketika bakteri, minyak, dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Adanya whitehead bisa membuat kulit tampak bergelombang dan tidak sehat. Anda bisa menggunakan arang untuk membantu menghilangkan whitehead.

6. Mengurangi Keriput

Manfaat arang untuk wajah selanjutnya adalah bisa mengurangi kulit yang keriput, terutama jika Anda rajin memijat kulit wajah Anda dengan masker wajah alami dari arang.

Pijatlah wajah secara melingkar untuk melepaskan ketegangan antara garis penuaan. Cara ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tanda keriput.

7. Menyeimbangkan Minyak di Kulit Wajah

Manfaat arang untuk wajah lainnya adalah mampu menyeimbangkan produksi minyak di wajah, terutama Anda yang memiliki jenis kulit yang berminyak. Masker arang terutama akan membantu membuat wajah tidak kering dan menyeimbangkan produksi minyak hingga setelah penggunaan.

8. Menghilangkan Komedo

Biasanya komedo muncul pada area T-zone (dahi, hidung, dagu) pada wajah. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan masker arang di area yang terdapat komedo. Gunakanlah masker arang ini setiap minggu untuk mendapatkan kulit bebas komedo.

9. Menyamarkan Noda Jerawat

Manfaat arang untuk wajah yang tak kalah penting adalah dipercaya dapat membantu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Hal ini berasal dari sifat anti radang yang terkandung pada arang sehingga membuatnya bermanfaat untuk melawan jerawat.

Ternyata ada banyak juga, ya, manfaat arang untuk wajah? Hebatnya lagi, satu produk berbahan dasar arang ternyata juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask dari The Body Shop.

Masker wajah yang bertekstur clay ini diperkaya dengan bamboo charcoal, tea tree oil, dan green tea leaves. Masing-masing memiliki manfaat yang baik untuk kulit.

Bamboo charcoal mampu membersihkan kulit dari kotoran, mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, serta menyamarkan tampilan pori-pori.

Tea tree oil sebagai antibakteri yang membersihkan kulit secara menyeluruh. Tak ketinggakan butiran green tea leaves yang bertindak seperti scrub yang halus, sehingga membuat kulit terasa halus dan segar.

 

Efek Samping Penggunaan Arang Aktif

manfaat

Meski manfaat arang aktif sangat banyak, namun ternyata ada beberapa efek samping yang dapat muncul dari penggunaan arang aktif itu sendiri, seperti:

  • Rasa mual dan muntah
  • Sembelit
  • Warna feses menjadi hitam
  • Arang aktif berisiko masuk ke paru-paru
  • Dehidrasi
  • Terhambatnya saluran pencernaan
  • Dan lain sebagainya.

Namun, semua efek samping tersebut tidak terjadi secara bersamaan dalam satu waktu. Semua tergantung dengan kondisi tubuh.

Apabila tubuh berada dalam keadaan sehat, maka efek samping yang ditimbulkan tidak langsung.

Tetapi, apabila tubuh berada dalam keadaan kurang sehat, maka bisa saja kamu langsung merasakan efek sampingnya. Dan tidak menutup kemungkinan, efek samping yang kamu dapatkan lebih parah dan membahayakan kesehatanmu.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan arang aktif, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kondisi tubuhmu dengan baik.

Pasalnya, jika sudah terkena efek samping yang membahayakan kesehatan, kamu tentu harus mengobatinya ke dokter dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Tetapi, besarnya biaya tidak menjadi masalah apabila kamu memiliki asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan semua jaminan tersebut, kamu harus memiliki asuransi kesehatan terlebih dahulu.

Untuk mempermudah dalam pembuatan arang maka gunakanlah alat mesin briket arang kelapa atau alat pembuat briket. Di jamin terpercaya!!!

Untuk membuat briket dengan bahan yang berbeda, gunakanlah mesin briket arang yang akan membantu anda membuat briket unggul.

Demikian penjelasan tentang artikel manfaat arang bagi tanaman dan pertanian. Terimakaih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini. Saya mohon maaf apabila di dalam artikel yang saya buat terdapat kesalahan tulisan ataupun kata-kata yang kurang berkenan di hati anda.

Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya!!!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •