Home » Artikel » Artikel Proses » 14 Macam Olahan Mie Populer Yang Bikin Anda Ketagihan

14 Macam Olahan Mie Populer Yang Bikin Anda Ketagihan

14 Macam Olahan Mie Populer Yang Bikin Anda Ketagihan

 

Olahan mie, siapa yang suka? Di Indonesia, mie merupakan salah satu makanan favorit karena murah, mudah, dan cepat dalam penyajiannya. Mie merupakan salah satu karbohidrat pengganti nasi yang bisa dikonsumsi dan menjadi favorit banyak masyarakat. Tapi, tahukah anda. Ternyata Makanan juga mempunyai banyak olahan mie, jenis olahan mie juga berbeda – beda di tiap negara, tergantung cara pengolahannya.

Mie terbuat campuran tepung tapioka, tepung terigu, dan bahan lainnya yang dimasukkan kedalam mesin pembuat mie, kemudian menjadi adonan yang sudah tercampur, lalu adonan dipipihkan menggunakan mesin pemipih mie kapasitas kecil, tujannya agar memipihkan mie dengan hasil sempurna. Setelah dipipihkan langkah selanjutnya yaitu masukkan kedalam mesin perajang mie hingga menjadi mie yang panjang. Bahan – bahan yang sudah dibuat tadi kemudian jadilah mie mentah, yang kemudian diolah lagi untuk berbagai macam jenis masakan mie.

Ingin tahu apa saja jenis olahan yang terbuat dari mie? Berikut ini kami akan mengulas beberapa jenis mie sangat populer di masyarakat, yaitu :

1. Mie telur

 

MIe telur olahan mie populer

Mie telur merupakan makanan yang populer di China. Di sana makanan ini biasa disebut I-Fu Mie. Ada beragam jenis mie telur, yakni mie telur tebal, tipis, pipih, bulat, basah dan kering. Berbahan dasar telur dan gandum, mie telur diolah dengan cara dimasak dalam air mendidih hingga melunak.

 

2. Mie ramen

Olahan Mie Popupler

Mie ramen berasal dari Jepang, namun kini mulai mendunia. Jenis mie ini terbuat dari telur dan gandum yang dikeringkan membentuk ‘batu bata’. Ramen harus langsung dikonsumsi setelah direbus agar tidak mengembang. Di Jepang, ramen banyak digunakan untuk isi sup serta hidangan utama lain.

 

3. Mie Udon

Mie Udon Olahan Mie Populer

Mie ini dikenal sebagai mie putih Jepang. Mie udon memiliki peran sangat penting dari masakan Jepang Selatan. Udon memiliki beragam bentuk dan ketebalan. Sebelum digunakan untuk hidangan tertentu, mie udon harus terlebih dahulu dimasak dalam air mendidih. Mie udon umumnya digunakan sebagai isi sup.

 

4. Mie soba

 

Mie Soba Olahan Mie Populer

Mie soba merupakan makanan khas Jepang Utara. Mie soba berwarna cokelat dan terbuat dari gandum. Sebelum digunakan untuk berbagai jenis masakan, mie soba harus terlebih dahulu dididihkan. Soba dapat digunakan untuk beragam jenis hidangan, baik panas maupun dingin.

 

5. Mie beras

Mie Beras Olahan Mie Populer

Mie ini memiliki bentuk pipih dan transparan. Mie beras tidak sulit didapatkan karena nyaris semua toko makanan atau supermarket menjual mie ini. Umumnya mie beras dijual dalam bundel. Mie jenis ini biasanya diolah dengan cara digoreng atau menjadi campuran sup dan salad.

 

6. Mie hokkien

Mie hokkien Olahan Mie Populer

Mie hokkien bertekstur tebal dan berwarna kuning. Mie jenis ini banyak digunakan dalam hidangan-hidangan khas Asia. Mie hokkien biasanya dipakai untuk campuran hidangan tumis, mie kari atau sup.

 

7. Mie shirataki

 

Berasal dari Jepang, mie ini terbuat dari tanaman bernama konjak. Mie ini berbentuk tipis dan transparan. Mie shirataki banyak disukai masyarakat Jepang karena memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang rendah. Mie ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang berdiet.

 

8. Kwetiau

Kwetiauw atau biasa disebut dengan rice stick noodles merupakan mie yang terbuat dari tepung beras dan air. Di pasaran, kamu bisa menemukan mie jenis ini dalam kondisi basah maupun kering. Bentuknya yang pipih dan berwarna sedikit bening menjadikannya mie yang khas dan mudah dikenali banyak orang.

 

9. Bihun

Bihun Olahan Mie Populer

Bihun terbuat dari tepung beras, warnanya putih bersih, dan teksturnya sangat lembut. Mie ini sangat mudah matang, jadi nggak perlu direbus, direndam dalam air panas sudah cukup. Biasanya dijual dalam bentuk kering dalam kemasan plastik. Cocok digunakan sebagai isi sup dan bihun goreng.

 

10. Soun

Mie Soun Olahan Mie Populer

Mie yang satu ini dibuat dari tepung kentang dan tepung kacang hijau. Mie ini sering dijual dalam bentuk kering sehingga penggunaannya memerlukan rendaman dalam air panas terlebih dahulu. Tekstur mie ini sangat lunak sehingga cocok untuk sup dan bahan isian pastel. Banyak yang salah menganggap Soun sama dengan Bihun. Padahal beda banget. Soun, apabila telah direndam dalam air hangat, akan bertekstur licin. Nama lain soun adalah cellophane noodles.

 

11. Misoa

Misoa Olahan Mie Populer

Mie shoa adalah mie asal Cina. Mie shoa terbuat dari tepung beras, berwarna putih terang, sangat mudah matang, dan dapat digunakan langsung di dalam masakan seperti sup atau sebagai snack seperti misoa goreng.

 

12. La Mian Mie

La Mian Mie Olahan Mie Populer

Mie tertua yang pernah ditemukan menyerupai Mie La Mian modern di China. La Mian secara harfiah berarti “mie tarik.” Mie ini dibuat dengan tangan dan terbuat dari gandum. Caranya, adonan mie dipelintir dan ditarik sampai panjang yang kemudian dipotong tipis-tipis. Mie jenis ini digunakan dalam sup dan kentang goreng. La Mian Mie mirip dengan Mie Lo Mein Kanton, tapi jauh lebih tipis daripada kebanyakan Mie Lo Mein yang disajikan di Amerika.

 

13. Mee Pok

Mee Pok Olahan Mie Populer

Mee Pok berbentuk datar, mie gandum kuning berasal dari Cina ini, dimakan dengan saus atau disajikan dalam sup jamur dan daging cincang di atasnya.
Sajian ini juga disebut Bak Mee Chor di Singapura, Thailand, dan Malaysia. Secara tradisional, Mee Pok dibuat dengan cara dikeringkan dan dicampur dengan saus atau kaldu. Sajian lain yang sama, tapi dengan campuran ikan atau kue bola ikan, adalah Yu Wan Mee.

 

14. Idiyappam

 

Mie tipis terbuat dari beras atau gandum ini populer di India dan Sri Lanka dan dikenal dengan nama Idiyappam. Mie ini seperti Ramen atau nasi bihun dan sering disajikan bersama dengan kari dan acar.

 

Bagaimana, cukup lezat untuk disantap kan. Sebenarnya, mie yang ada di luar Indonesia tidak jauh berbeda dengan yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Perbedaannya hanya ada pada tebal tipisnya, bahan, dan media pembuatnya. Sehingga kita juga bisa membuat mie yang biasa dikonsumsi Jepang atau Korea di rumah. Sekian informasi tentang 14 macam olahan mie populer yang bikin anda ketagihan, Selamat Mencoba.

 

By |2017-10-26T13:44:58+00:00April 4th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 14 Macam Olahan Mie Populer Yang Bikin Anda Ketagihan

About the Author:

WhatsApp chat