Alat Pemeras Santan Kelapa Manual 2021

Alat Pemeras Santan

Alat Pemeras Santan Kelapa Manual

Alat Pemeras Santan Kelapa Manual dengan sistem manual, solusi cocok untuk industri rumah tangga dengan harga yang murah dan terjangkau.

 

Model Dan Spesifikasi Alat Pemeras Santan Kelapa Manual

alat pemeras santan
Gambar Alat Pemeras Santan Manual Kapasitas 10 Kg / Proses

1. Spesifikasi Alat Pemeras Santan Manual Kapasitas 10 Kg / Proses :

Tipe:MPM-K10.
Sistem:Manual.
Energi Yang Digunakan:Tenaga Manusia ( Manual ).
Dimensi Mesin:350 mm x 250 mm x 500 mm.
Penggerak:Press Hidrolik Manual.
Bahan Kontak Produk:Stainless Steel Anti Karat.
Saringan:Berlubang-lubang.
Kapasitas:10 Kg / Proses.
Aplikasi / Penggunaan:Untuk memeras santan kelapa secara manual menggunakan bantuan tenaga hidrolik.

 

2. Spesifikasi Alat Pemeras Santan Manual Kapasitas 5 Kg / Proses :

Rp 4.500.000

Tipe:MPM-K5.
Sistem:Manual.
Energi Yang Digunakan:Tenaga Manusia ( Manual ).
Dimensi Mesin:300 mm x 200 mm x 400 mm.
Penggerak:Press Hidrolik Manual.
Bahan Kontak Produk:Stainless Steel Anti Karat.
Saringan:Berlubang-lubang.
Kapasitas:5 Kg / Proses.
Aplikasi / Penggunaan:Untuk memeras santan kelapa secara manual menggunakan bantuan tenaga hidrolik.

 

Video Cara Kerja Alat Pemeras Santan

 

Informasi Pemesanan Alat Pemeras Santan Kelapa Manual

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

Jam Buka :
Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan Alat Pemeras Santan Kelapa Manual bagi anda yang membutuhkan sebuah alat untuk memeras kelapa manjadi santan secara manual namun efektif dan efisien.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Alat Pengupas Mete.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.


 

Pembuatan Santan Kelapa

Di daerah-daerah tropis seperti India, Thailand, serta Indonesia, santan kelapa sangat umum ditemui sebagai bahan masakan. Meskipun santan dalam bentuk kemasan sangat mudah anda temui, namun membuat santan kelapa sendiri adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan dan siapapun bisa membuatnya.

Apalagi di Indonesia, yang notabene adalah negara dengan jumlah pesisir yang tak terhitung, dimana pohon kelapa biasa tumbuh. Di Indonesia, anda bisa menemukan kelapa dimanapun dan kapanpun. Nah, di bawah ini saya akan menjabarkan 4 cara mudah untuk membuat santan kelapa sendiri.

1) Santan Dari Kelapa Parut Kemasan

  1. Beli satu kemasan kelapa parut. Beli yang tidak mengandung pemanis di supermarket atau minimarket di lingkungan Anda. Kelapa parut harusnya ditemukan di area bahan kue.
  2. Masukkan kelapa parut ke blender. Tiap setengah buah kelapa bisa dibuat menjadi dua gelas santan. Timbang atau ukur jumlah atau banyak kelapa yang Anda masukkan sesuai dengan keperluan Anda.
  3. Didihkan air. Anda perlu dua gelas air panas untuk tiap gelas santan. Jadi, didihkan air sesuai dengan jumlah santan yang akan Anda buat.
  4. Tuangkan air panas ke dalam blender. Jika blender Anda kecil, lakukan satu per satu. Gunakan sendok untuk mengaduk campurannya sebelum diblender.
  5. Blender kelapa parut tersebut dengan air. Tutup blender Anda dan nyalakan blendernya, tunggu sampai campuran air dan kelapa parutnya menjadi halus. Tahan tutupnya dengan rapat, karena ketika Anda memblender sesuatu yang panas, tutupnya bisa saja lepas begitu saja.
  6. Saring hasilnya. Pastikan saringan yang Anda gunakan mempunyai lubang yang kecil atau rapat. Atau, Anda bisa menggunakan kain yang tipis sebagai pengganti. Cairan yang keluar dari saringan itulah yang menjadi santan Anda. Jangan lupa untuk meremas sisa parutan kelapa yang tertinggal di saringan untuk mendapatkan sisa-sisa santan yang masih tertinggal di sana. Untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan mesin pemeras santan.
  7. Simpan santan Anda. Tuangkan santan ke dalam botol atau tempat apapun yang memiliki tutup, lalu simpan di kulkas. Lemak yang terkandung pada susu ini akan langsung naik ke bagian atas. Jadi, jika Anda ingin menggunakannya nanti, kocok terlebih dahulu tempatnya agar lemaknya kembali menyebar.

 

2) Santan dari Tepung Kelapa

  1. Campur tepung kelapa dengan air atau susu dalam jumlah yang sama ke dalam panci.
  2. Panaskan dengan api kecil selama dua sampai empat menit. Jangan lupa untuk mengaduknya, dan jangan memanaskannya terlalu lama (apalagi sampai mendidih).
  3. Saring dengan saringan atau kain tipis. Remas sisa kelapanya agar mendapat sebanyak mungkin santan dari sisa tersebut.
  4. Selesai. Simpan atau gunakan santan Anda sesuai keinginan.

 

3) Santan Dari Kelapa Segar

  1. Buka atau belah buah kelapanya. Siapkan buah kelapa yang sabutnya sudah dibuang. Pegang buah kelapanya dengan satu tangan, lalu belah menggunakan pisau besar atau parang. Biasanya Anda perlu mengayunkan pisau Anda di tempat yang sama beberapa kali sampai bagian tersebut betul-betul terpotong, lalu pindah, seterusnya sampai kelapanya terbelah.
  2. Pastikan kelapa yang Anda pakai masih segar. Anda bisa memeriksanya dari daging dan baunya. Jika dagingnya masih lembab dan putih serta baunya masih enak, maka kelapa itu masih segar. Tapi jika baunya sudah tidak enak dan dagingnya sudah kering dan berubah warna, sebaiknya dibuang saja.
  3. Tuang air kelapanya ke blender. Ketika Anda membelah kelapa, air kelapanya pasti keluar dari potongan yang Anda buat. Tampung air kelapa tersebut ke dalam blender. Tergantung cara Anda memotong, Anda mungkin harus langsung menampungnya begitu Anda membuat potongan pertama ketika membelah kelapa Anda.
  4. Ambil daging buahnya. Gunakan sendok atau alat lainnya untuk mengambil daging kelapa. Ambil sebanyak mungkin yang Anda bisa. Jika buah Anda memang segar, harusnya Anda bisa mengambil dagingnya dengan mudah. Masukkan dagingnya ke dalam blender.
  5. Haluskan daging dan air kelapa dengan blender. Tutup blendernya dan nyalakan dengan tenaga tinggi sampai santannya menjadi halus. Setelah itu Anda bisa langsung menuangkannya atau menyaringnya terlebih dahulu.
  6. Simpan santannya.

 

4) Santan Dari Kelapa Parut Segar

  1. Parut kelapa Anda dengan mesin parut kelapa atau alat parut.
  2. Masukkan parutannya ke dalam blender.
  3. Tambahkan 1 1/4 gelas air panas.
  4. Mulai memblender. Tutup blendernya dan mulailah memblender. Hati-hati jangan sampai tutupnya lepas.
  5. Saring hasil blendernya.
  6. Simpan santannya.

 

Jenis-jenis Santan Kelapa yang ada di Pasaran

Santan yang di jual di pasaran tidak hanya satu macam, melainkan ada beberapa macam jenis. Di antaranya:

Santan Instan.

Santan ini mempunyai tekstur sangat kental daripada santan biasa. Jika ingin menggunakan perlu di larutkan dengan air sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Tetapi sayangnya santan ini kurang tepat untuk jenis masakan karena santan instan ini jika di masak/di dalam masakan tidak dapat mengental dan tidak mengeluarkan minyak. Dan tepatnya jika di gunakan dalam pembuatan aneka kue agar kue terasa lezat.

Santan Murni.

Santan murni ialah santan yang di hasilkan dari parutan kelapa asli yang sudah tua. Kelapa masih muda atau menjelang tua juga menghasilkan santan namun hanya sedikit dan kurang kental dan semakin tua kelapa semakin banyak santannya.

Santan murni bisa di pakai untuk semua jenis masakan dan semua jenis kue. Tetapi sayangnya santan ini langsung di gunakan karena tidak bisa tahan lama.

Santan Bubuk.

Santan ini termasuk jenis santan instan hanya saja bentuknya bubuk. Bahan makanan satu ini terbuat dari campuran kelapa dan tepung kanji yang sudah melalui proses pengeringan. Santan bubuk ini perlu di seduh jika mau di gunakan.

 

Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan Anda

Kualitas Santan Kelapa

Berikut manfaat-manfaat yang terkandung dalam santan kelapa antara lain:

  1. Kaya Antioksidan

Santan kelapa kaya akan antioksidan yang mampu menambah energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga berfungsi membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas.

Radikal bebas biasanya menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker, penyakit jantung, demensia dan penyakit-penyakit lainnya.

  1. Mencegah Penuaan

Santan kelapa memiliki beragam kandungan seperti serat, lemak, nutrisi serta antioksidan. Berbagai kandungan tersebut mampu  membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Mengkonsumsi santan kelapa secara teratur dapat membuat kita awet muda. Namun, pengkonsumsian santan kelapa tentu harus dalam batas yang wajar, alias tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan, tubuh kita akan mudah terserang berbagai macam penyakit, jika kita tidak cerdas menetapkan takaran santan kelapa yang harus dikonsumsi.

  1. Kaya Akan Zat Besi

Santan kelapa memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi berfungsi mencegah kekurangan darah atau anemia.

Santan kelapa merupakan alternatif lain jika Anda kurang suka atau menghindari konsumsi obat penambah darah. Dengan asupan zat besi yang cukup bagi tubuh, maka Anda tidak mudah lesu, lelah dan produktifitas tubuh akan semakin meningkat.

  1. Mengandung Asam Laurat

Santan kelapa mengandung asam lemak rantai atau asam laurat. Asam laurat ini juga ada di dalam kandungan air susu ibu. Asam laurat bermanfaat sebagai antibiotik, anti virus dan anti jamur yang mampu membersihkan tubuh dari bakteri, virus, dan berbagai ancaman penyakit lainnya.

Mengkonsumsi santan kelapa juga akan mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke karena kandungan asam laurat tersebut yang mampu mengurasi trigliserida dan kolesterol.

  1. Manfaat Santan Kelapa dalam Menguatkan Tulang

Manula atau manusia dengan usia lanjut biasanya rentan terserang menopause. Penyakit yang menyerang tulang ini, tentu menghambat olah gerak tubuh, sehingga ada beberapa gerakan yang tidak dapat kita lakukan dengan leluasa.

Hal ini tentu membuat tubuh kita terbatas, belum lagi rasa sakit yang menyerang serta rasa tidak nyaman.

Beragam cara biasanya dilakukan untuk mencegah atau mengurangi efek menopause pada tulang. Salah satunya adalah dengan olahraga dan mengkonsumsi susu tertentu yang diperuntukkan untuk mencegah menopause.

Mulai saat ini, Anda dapat memasukkan santan kelapa sebagai salah satu pilihan untuk menguatkan serta menyehatkan tulang.

Jika susu memenuhi asupan kalsium, maka santan kelapa memiliki kandungan fosfor yang baik bagi kesehatan tulang. Tidak mengherankan jika mengkonsumsi santan kelapa dengan batas yang wajar bisa membantu menyehatkan dan menguatkan tulang.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah-buahan sudah terkenal sejak dulu dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Bahkan, dalam dunia kesehatan, buah-buahan berada dalam daftar teratas yang dianjurkan jika kita ingin memperoleh asupan vitamin C yang baik. Akan tetapi, ternyata tidak hanya buah yang bisa kita andalkan.

Pasalnya, santan kelapa juga mengandung vitamin C yang tdak kalah dengan manfaat buah-buahan dalam  memperkuat sistem kekebalan tubuh. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan kelapa, maka kita akan terhindar dari flu serta infeksi.

  1. Manfaat Santan Kelapa Sebagai Penyubur Rambut

Santan kelapa mengandung minyak yang cukup tinggi. Perasan santan kelapa yang berupa ampas mengandung minyak yang bisa digunakan untuk masker rambut.

Selain berkhasiat menyuburkan dan menguatkan akar rambut, minyak dari kelapa juga bisa menghitamkan rambut. Pemakaian minyak kelapa ini secara rutin akan memberi hasil yang maksimal.

Akan tetapi, Anda harus teliti membersihkan rambut dengan cara membilasnya dengan air dan shampoo, karena ampas dan minyak kelapa bisa menimbulkan bau yang kurang sedap di rambut jika tidak dibersihkan dengan baik.

  1. Santan Kelapa sebagai Pengganti Susu dan Menyembuhkan Penyakit

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk susu hewani, cobalah santan sebagai penggantinya. Santan kelapa tidak hanya warnanya yang menyerupai susu, tetapi santan kelapa juga bebas kedelai, bebas gluten, dan bebas kacang. Aman dikonsumsi bagi Anda yang alergi terhadap kacang.

Santan kelapa juga dapat menyembuhkan penyakit radang tenggorokan atau sakit bisul, cobalah untuk mengkonsumsi santan kelapa yang dipercaya mampu meredakan gejala kedua penyakit tersebut.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Santan kelapa tidak hanya diproduksi dalam bentuk olahan makanan, tetapi juga bisa diaplikasikan sebagai masker atau sabun pencuci untuk wajah.

Manfaatnya dapat mengencangkan kulit wajah sehingga mencegah timbulnya keriput. Ini merupakan bahan alami bagi wanita untuk menjaga kekencangan kulit wajahnya. Gunakan santan kelapa sebagai masker secara rutin, maka Anda akan merasakaan kulit wajah yang semakin kencang.

  1. Mengandung Lemak Jenuh

Meski santan kelapa terkenal memiliki kandungan lemak yang tinggi, akan tetapi lemak tersebut sebagian besar adalah lemak jenuh yang terdiri dari asam lemak rantai pendek dan menengah.

Lemak jenuh tersebut lebih mudah dan lebih cepat diubah tubuh menjadi energi, bukan diolah sebagai lemak tubuh yang jahat. Itulah sebabnya, santan kelapa justru membantu menurunkan berat badan karena kandungan lemak jenuhnya yang cukup tinggi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat santan kelapa satu ini sangat penting bagi penderita hipertensi. Konsumsilah santan kelapa dengan takaran yang wajar dan pas, artinya tidak terlalu banyak, tetapi juga tidak terlalu sedikit.

Dengan batas yang normal, kandungan potassium yang tinggi pada santan kelapa mampu mengatur tekanan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Sehingga, santan kelapa baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki tekanan darah melebihi ambang batas normal.  Akan tetapi, Anda juga juga tidak dianjurkan mengkonsumsi santan kelapa secara berlebihan karena santan memiliki kandungan koleterol yang tinggi.

Bagaimana, cukup banyak kan manfaat yang terkandung dalam santan kelapa, selain sebagai bahan penyedap rasa dari makanan ternyata santan kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Selain manfaat santan kelapa yang sudah disebutkan tadi, ternyata santan kelapa juga bermanfaat untuk peluang usaha atau bisnis anda, apalagi sekarang telah banyak produksi santan kelapa instan yang sudah dijual ditoko – toko dan supermarket – supermarket.

Mungkin ini bisa juga menjadi peluang usaha untuk anda, dan peluang usahanya terbuka sangat lebar.

Baca Juga : Wajah Cerah Berseri dengan 5 Manfaat Santan Kelapa untuk Wajah

Untuk memproduksi santan kelapa kapasitas besar anda bisa menggunakan mesin pencungkil kelapa. Fungsinya untuk mempermudah tahap awal pengambilan daging kelapa.

Selanjutnya anda juga bisa memarut buah kelapa dengan menggunakan mesin pemarut kelapa agar proses pemarutan kelapa dapat menghasilkan parutan yang banyak dengan cepat.

Anda tidak perlu memeras santan dengan tangan anda bisa memeras santan dengan cepat menggunakan mesin screw press dan menghasilkan air santan perasan lebih banyak.