Grinder Kopi – Mesin Penggiling Kopi Terbaru 2024 – Melayani Transaksi E Katalog

Grinder Kopi

Grinder Kopi adalah alat atau mesin yang berfungsi untuk menggiling serta menghaluskan biji kopi menjadi bubuk kopi yang halus. Alat ini juga sering disebut alat pembubuk biji kopi, penggiling biji kopi atau pun penghalus biji kopi.

Secara umum, grinder kopi adalah alat maupun mesin untuk menggiling atau menghaluskan kopi dengan kadar tertentu. Lalu, bagaimana agar kopi yang  racik menghasilkan aroma dan rasa maksimal? perlu ketahui dulu berbagai jenis grinder kopi dan masing-masing fungsinya di bawah ini.

Jenis grinder kopi pertama yang perlu kamu ketahui adalah jenis manual. Grinder jenis ini biasa digunakan untuk orang-orang yang suka dengan aroma kopi yang khas dan tradisional.

Kalau biasanya dengan cara tradisional kopi ditumbuk sampai halus, dengan menggunakan grinder manual kamu bakalan bisa menghasilkan kopi bercita rasa khas secara mudah dan nggak mengeluarkan energi yang besar bila dibandingkan dengan menumbuk.

Meski begitu, grinder manual sedikit membutuhkan waktu lebih lama.

Sebenarnya grinder kopi manual memiliki fungsi agar kopi menjadi lebih halus. Nggak cuma itu, Urbaners, aroma kesegaran kopi pun bisa kamu rasakan selama proses penggilingan. Namun, perlu diingat kalau grinder manual ini nggak bisa kamu gunakan untuk jumlah kopi yang terlalu banyak.

Macam-Macam Grinder Kopi dan Spesifikasi Grinder Kopi

1. Grinder Kopi COG – 18 – 080

Grinder Kopi atau penggiling biji kopi COG – 18 – 080 ini mempunyai bentuk yang simpel dan praktis untuk dipindahkan.

Selain itu juga tidak memakan banyak tempat. Penggiling biji kopi ini bekerja menggunakan daya 90W, sangat hemat listrik jika digunakan.

Pemrosesan dari biji kopi menjadi bubuk dengan grinder kopi ini sangat mudah dan juga dapat diatur untuk intensitas kehalusan gilingannya.

Mempunyai kapasitas tangki untuk biji kopi 370 gram dan kapasitas untuk bubuk kopi 150 gram.

Grinder Kopi COG - 18 - 080

Mesin Giling Kopi COG – 18 – 080

Rp. CALL

Berikut adalah spesifikasi Grinder Kopi COG – 18 – 080 :

Tegangan : 220 Volt.
Daya : 90 Watt.
Jenis Grinder : Conical Burr.
Kapasitas Tangki Biji Kopi : 370 Gram.
Kapasitas Tangki Bubuk Kopi : 150 Gram.
Kemampuan Menggiling : 50 Gram – 100 Gram / Menit.
Kecepatan Penggerak : 13.000 rpm.
Berat Grinder Kopi : 1,75 Kg.
Dimensi Grinder Kopi : 230 mm x 165 mm x 288 mm.

 

2. Grinder Kopi COG – HS600

Grinder kopi model COG – HS600 ini mempunyai bentuk simpel dan hemat tempat. Menggunakan daya 100 W ketika dijalankan sangat hemat listrik dan untuk pengoperasiannya sangat mudah.

Grinder Kopi ini dilengkapi dengan switch otomatis. Pada saat proses penggilingan jika mesin melampaui batas panas akan berhenti dengan sendirinya.

Coffee Grinder ini menghasilkan kopi dengan rasa khasnya dan menggiling dengan sempurna. Hasil gilingan dapat disesuaikan dengan keinginan seberapa halus kopi yang dihasilkan.

Grinder Kopi COG - HS600

Mesin Giling Kopi COG – HS600

Rp. CALL

Berikut adalah spesifikasi grinder kopi COG – HS600 :

Tegangan : 220 V.
Frekuensi : 50 Hz / 60 Hz.
Daya : 100 Watt.
Kapasitas : 250 Gram.
Berat Grinder Kopi : 4 Kg.
Dimensi Grinder Kopi : 420 mm x 280 mm x 180 mm.

3. Grinder Kopi COG – HS 850

Penggiling Kopi COG – HS 850 ini cocok dipakai di rumah, cafe, kedai kopi dan lainnya. Mesin ini bekerja otomatis dengan hasil yang sempurna.

Mesin ini sangat mudah untuk dioperasikan. Selain itu juga dapat disesuaikan kehalusan gilingnya dengan keinginan anda.

Perbedaan dengan mesin grinder yang lain adalah kapasitas produksi dari mesin ini yang lebih banyak.

Grinder Kopi COH - HS 580

Mesin Giling Kopi COG – HS850

Rp.CALL

Berikut adalah spesifikasi Grinder Kopi COG – HS 850 :

Tegangan : 220 V.
Frekuensi : 50 Hz / 60 Hz.
Daya : 360 Watt.
Kapasitas : 900 Gram.
Berat Grinder Kopi : 16 Kg.
Dimensi Grinder Kopi : 485 mm x 260 mm x 400 mm.

Keunggulan Mesin Grinder Kopi

  • Mesin Ringan: Berat mesin grinder kopi cukup ringan yaitu 1,5Kg, 4Kg dan 16 Kg.
  • Mesin Minimalis: Dengan dimensi yang tergolong kecil tetapi mempunyai kapasitas yang cukup untuk produksi kopi anda serta memudahkan anda dalam membersihkan mesin setelah penggilingan biji kopi
  • Menggunakan Tenaga Listrik: Mesin ini menggunakan listrik untuk mengaktidkan blower mesin sebagai penyalur udara panas dari tungku kayu ke dalam box oven.
  • Hemat Listrik: Daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin ini adalah 100 watt untuk kapasitas 250 gram dan 360 watt untuk kapasitas 900 gram
  • Kapasitas Grinder Bervariasi: Mesin grinder yang kami  produksi memliki kapasitas beragam mulai dari 150, 250 sampai 900 gram dalam sekali proses..
  • Kopi yang Dihasilkan Berkualitas: Mesin rinder kopi bisa menghasilkan bubuk kopi yang berkualitas dan tentu akan membuat harga kopi menjadi lebih bersaing.
  • Hemat Biaya: Harga girnder kopi mungkin lebih mahal daripada alat giling manual, namun untuk jangka panjang mesin grinder kopi tentu lebih menghemat uang anda.
  • Penggilingan Lebih Cepat: Dengan menggunakan mesin grinder kopi tentu saja lebih cepat jika dibandingkan dengan penggilingan manual. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga jika anda menjalankan usaha cafe.
  • Mudah Dioperasikan: Mesin ini sangatlah mudah digunakan baik orang awam pun langsung paham dengan melihat video yang telah kami cantumkan dibawah.
  • Dukungan Dari Teknisi Handal dan Professional: Mesin yang kami produksi tentu dikerjakan oleh teknisi profesional yang telah kami pilih secara ketat.
  • Bergaransi: Semua mesin yang diproduksi rumah mesin memiliki garansi dengan syarat dan ketentuan yang sudah berlaku setelah transaksi.

Kegunaan dan Cara Menggunakan Mesin Grinder Kopi

Mesin Gerinda (Grinder) adalah power tool multifungsi yang cukup penting. Mesin gerinda adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah/memotong ataupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau kebutuhan tertentu.

Mesin giling kopi merupakan mesin penepung yang berfungsi untuk membuat bubuk kopi halus dari biji kopi yang sudah disangrai. Membuat kopi bubuk menjadi mudah dan cepat dengan menggunakan mesin giling kopi.

Secara umum, grinder kopi adalah alat maupun mesin untuk menggiling atau menghaluskan kopi dengan kadar tertentu.

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 

Info Pemesanan Mesin Grinder Kopi Rumah Mesin

Untuk mengetahui harga Grinder Kopi berkualitas dari kami anda dapat menghubungi kontak kami. Dapat melalui panggilan suara ataupun pesan.

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

CV. RUMAH MESIN menyediakan Grinder Kopi untuk membantu anda dalam membuat kopi untuk kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan usaha anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda dengan menyediakan alat atau mesin yang dapat menunjang kegiatan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Dari mulai mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Kopi.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami secara langsung di Workshop kami.

RumahMesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Anda dapat mencoba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami. Karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Kami Melayani Transaksi Grinder Kopi E Katalog

ekatalog

Kami dengan bangga menawarkan layanan transaksi penjualan grinder kopi e katalog yang mudah, praktis, dan aman. Hubungi whatsapp kami sekarang. Anda dapat memilih dan membeli mesin yang Anda butuhkan melalui e katalog.



Peluang Usaha Kopi

Para penikmat kopi telah beralih ke masa dimana mereka mudah dan bebas dalam memilih dan menilai bermacam-macam  jenis kopi.

Bahkan sekarang ini banyak sekali supermarket dan toko-toko swalayan telah menjajakan biji-biji kopi yang banyak jenis dan rasanya. Mereka juga menjual beberapa merek kopi yang sudah terkenal akan cita rasa kopinya.

Meskipun kebanyakan masyarakan lebih memilih untuk membeli kopi instan yang praktis, mudah disajikan, dan sudah sesuai takaran.

Namun dengan cita rasa kopi yang biasa-biasa saja, serta telah dicampur bahan-bahan lain. Dan telah melalui proses oksidasi yang  mengubah rasa keoriginalan kopi itu sendiri.

Untuk itu, bagi anda penikmat kopi sejati yang ingin merasakan kenikmatan kopi original serta bercita rasa tinggi dari kopi.

Ataupun anda para entrepeneur yang merintis usaha kopi, saya sarankan untuk memilih Grinder Kopi sebagai alat penggiling kopi berkualitas anda.

Dengan grinder kopi dari kami usaha anda dalam bidang kopi bubuk ini sangat terbantu dan lebih efisien. Mengingat peminat kopi sendiri semakin hari semakin signifikan.

Berikut ini adalah tata cara menggunakan mesin grinder kopi:

Langkah 1: Persiapkan Mesin Grinder Kopi

  • Pastikan bahwa mesin grinder kopi dalam keadaan baik dan bersih.
  • Lakukan pengaturan grind yang sesuai dengan metode brewing yang biasa Anda gunakan.

Langkah 2: Masukkan Biji Kopi Pilihan

  • Masukkan biji kopi yang berkualitas ke dalam hopper mesin grinder kopi Anda.
  • Pastikan bahwa jumlah biji kopi yang Anda masukkan tidak melebihi batas maksimal.

Langkah 3: Giling Kopi

  • Nyalakan mesin grinder kopi jika sudah terisi biji kopi.
  • Tunggu beberapa saat hingga biji kopi selesai digiling.

Langkah 4: Tampung Kopi Giling

  • Tampung kopi yang sudah digiling dalam wadah yang bersih dan kering.

Langkah 5: Bersihkan Mesin Grinder Kopi

  • Setelah selesai menggiling, matikan mesin grinder kopi.
  • Bersihkan mesin grinder dari bubuk kopi dengan lap atau kuas.

Tips:

  • Gunakan biji kopi yang segar dan sudah tersortir kualitasnya untuk mendapatkan cita rasa kopi yang terbaik.
  • Atur grind size pada mesin grinder sesuai dengan metode brewing yang biasa Anda gunakan.
  • Lakukan penggilingan kopi secukupnya sesuai takaran sekali minum atau untuk beberapa cangkir kopi.
  • Bersihkan mesin grinder kopi setelah pemakaian untuk menjaga kualitas kopi dan keawetan mesin anda.

Alat atau Mesin Pengolah Kopi

Selain itu dalam bisnis kopi yang baru mulai dan masih sederhana umumnya membutuhkan grinder kopi yang ukurannya tidak terlalu.

Karena alat-alat atau mesin kopi bukan cuma Grinder Kopi saja, namun masih ada mesin atau alat-alat lainnya.

Tergantung pada proses pengolahan kopi, misalnya untuk mencuci biji kopi basah ataupun biji kopi kering adalah Mesin Pencuci Kopi. Setelah itu ada Coffe Pulper Machine.

Coffe Pulper Machine berfungsi untuk memisahkan biji kopi dari kulitnya atau sering disebut Mesin Pengupas Kulit Kopi.

Kemudian ada Mesin Sangrai Kopi (Coffee Roaster). Selanjutnya ada Mesin Sortasi Biji Kopi atau Coffee Grader untuk memilih serta menyeleksi biji kopi.

Terakhir adalah Mesin Pengering Kopi atau Coffee Dryer untuk mengeringkan biji kopi yang basah menjadi biji kopi kering.

Tentu anda dapat memilih jenis dan seberapa jangkauan usaha kopi bubuk sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda.

Jenis Kopi

Tahukah Anda? Kualitas, jenis, metode pemrosean biji kopi merupakan faktor penentu dalam meracik resep olahan kopi yang akan anda sajikan.

Disini akan sedikit mengulas tentang 3 Spesies Kopi yang banyak beredar dipasar dunia.

3 Spesies Kopi Yang Banyak Beredar Dipasar Dunia :

  1. Kopi Arabika

    Siapa sih yang tidak tahu dengan salah satu spesies kopi ini?

    Spesies Kopi yang kandungan kafeinnya sebasar 0.8 hingga 1.4% ini awalnya berasal dari Benua Amerika. Namun ada yang berpendapat juga bahwa kopi arabika berasal dari Benua Asia.

    Kopi Arabika (Coffea Arabica) merupakan spesies kopi pertama didunia yang ditemukan dan ditanam oleh manusia.

    Hingga akhirnya seperti sekarang ini, yakni dibudidayakan dilebih dari 50 negara di dunia sekarang ini.

    Kopi Arabika akan tumbuh optimum dan berbuah baik pada ketinggian antara 700 m hingga 1700 m diatas permukaan laut. Serta dengan suhu antara 16-20 °C, beriklim kering selama tiga bulan secara berturut-turut.

    Rentan terhadap serangan penyakit karat daun, apalagi ditanam di daerah dengan ketinggian kurang dari 700 m dpl.

    Sehingga dari segi perawatan, kopi arabika memang butuh perhatian lebih serius dibandingkan dengan kopi robusta.

    Kopi Arabika merupakan Kopi yang paling banyak jenis dan jumlahnya didunia.

    Kopi Arabika adalah kopi nomor satu di dunia soal penguasaan pasar yaitu dengan jumlah sekitar +-70% pangsa pasar kopi dunia.

    Varietasnya sangat banyak, tergantung tempat kopi ini ditanam dan dikenal.

    Di Indonesia sendiri ada banyak varietasnya seperti, Kopi Toraja, Kopi Aceh, Kopi Sumatera, Kopi Mandailing, dan masih banyak lagi.

    Ciri-ciri umumnya adalah tumbuh di daerah sejuk, memiliki rasa asam, serta lebih kental dibanding kopi robusta.

  1. Kopi Robusta

    Kopi Robusta merupakan spesies keturunan beberapa spesies kopi. Sehingga bisa disebut Kopi Hibrida, atau hasil penyilangan beberapa spesies kopi, terutama Coffea Canephora.

    Jenis kopi robusta akan tumbuh dengan baik pada ketinggian 400 m sampai 700 m diatas permukaan laut.

    Dengan temperatur 21-24° C, serta dengan intensitas kemarau 3-4 bulan secara berturut-turut. Dan dengan 3-4 kali hujan kiriman.

    Kualitas buah kopi dari Kopi Robusta lebih rendah dari kopi arabika dan kopi liberika.

    Spesies kopi robusta memegang kurang lebih 30% pangsa pasar kopi dunia. Dibawah kopi arabika dengan pangsa pasar +-70 % pangsa pasar kopi dunia.

  1. Kopi Liberika

    Kopi ini adalah spesies kopi yang berasal dari Negara Liberia, Afrika Barat. Spesies Kopi ini dapat tumbuh dengan pohon yang tingginya mencapai 9 meter.

    Pada abad-19, jenis kopi ini didatangkan oleh Belanda ke bumi Indonesia. Bertujuan untuk menggantikan kopi arabika yang habis terserang oleh hama penyakit.

    Spesies kopi ini memiliki biji yang lebih besar daripada spesies kopi lainya.

Resep Minuman Berbahan Dasar Kopi

White coffee mile crepes

Bahan crepes:

  • 100 gr tepung terigu.
  • 200 ml susu UHT full cream.
  • 50gr gula pasir.
  • 1 sdm luwak white coffee.
  • 2 butir Telur.
  • 45 gr butter, lelehkan.

Cara membuat crepes:

  1. Campurkan semua bahan, aduk-aduk sampai tidak ada tepung yang bergerindil, kemudian saring.
  2. Dadar adonan menggunakan teflon ukuran 20 cm, lakukan sampai adonan habis.
  3. Dinginkan.

Bahan white coffee cream:

  • 100 gr whippy cream bubuk instan.
  • 1 sdm white coffee diseduh dengan sedikit air panas, dinginkan.
  • 200 ml air es.

Cara membuat white coffee cream:

  1. Campurkan semua bahan kemudian Mixer sampai mengembang dan kental.

Penyelesaian:

  1. Ambil selembar creeps,oles cream tipis-tipis ratakan ke seluruh permukaan,lalu tumpuk dengan crepes, oles cream lagi, lakukan berulang-ulang habis.
  2. Tabur permukaan dengan coklat bubuk, dan sauce coklat.
  3. Simpan kulkas sekitar 2 jam, potong dan sajikan.

Sejarah kopi telah dicatat sejak abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal.

Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Tanaman kopi dibawa masuk ke Indonesia pada masa kolonial Belanda, yang berhasil membuat Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi utama di dunia hingga kini.

Namun, akibat arus globalisasi dan kapitalisme Belanda yang diterima Indonesia, budaya kopi Indonesia hanya menjadi bagian dari keseharian dan tidak banyak diapresiasi masyarakat lokal.

Sungguh sangat disayangkan bila keunikan kopi Indonesia yang sudah mendunia ini tidak diketahui masyarakat Indonesia sendiri.

Salah satu temuan penting adalah budaya kopi yang ada di Indonesia mendapatkan banyak pengaruh dari Eropa (Italia), Cina, Melayu, dan budaya lokal (seperti Jawa, Sumatra, dll); baik dalam hal pengolahan maupun dalam penyajian.

Seperti sejarah pada umumnya, sejarah kopi di Indonesia juga dimulai karena pendudukan belanda pada tahun 1696.

Belanda awalnya membawa kopi jenis arabika dari Malabar, India, ke Pulau Jawa pada tahun itu. Budidaya kopi pertama dilakukan oleh kompeni di Kedawung, sebuah daerah agrikultur dekat Batavia.

Menurut mereka istilah kopi berasal dari bahasa tempat tanaman kopi berasal yakni Abyssinia. Diadaptasi dari kata “kaffa” nama sebuah kota di daerah Shoa, di Selatan Barat Daya Abissynia.

Demikian berdasarkan National Coffee Association of USA. Menurut legenda itu, seorang penggembala kambing bernama Kaldi menemukan potensi kopi pertama kali.

Setelah memakan biji kopi, kambing-kambing Kaldi menjadi sangat enerjik dan tidak tidur di malam hari. Kemudian ia melaporkan temuannya ke kepala biara setempat.

Inilah pengertian kopi menurut para ahli. Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan biji tanaman kopi. Defenisi kopi, Kopi digolongkan ke dalam famili Rubiaceae dengan genus Coffea. Kopi hanya memiliki dua spesies yaitu Coffea arabica dan Coffea robusta.

Oleh karena jumlah produksi yang besar inilah maka Brazil berada pada peringkat pertama negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Robusta memiliki kadar kafein lebih tinggi dibandingkan Arabika. Kadar gula pada kopi Arabika jauh lebih rendah dibandingkan kopi Arabika. Robusta memiliki acidity lebih rendah dibandingkan Arabika. Kopi Robusta harganya jauh lebih murah dibandingkan kopi Arabika, dikarenakan merawat tanamankopi ini cukup mudah.

Target Lokasi Peluang Usaha Kopi

Kopi dari Indonesia mempunyai kualitas dunia. Tentu semua tahu kopi luwak, kopi asli Indonesia dengan pemrosesan yang unik.

Kopi Luwak oleh para penikmat dunia dianggap kopi yang mempunyai cita rasa terbaik dibanding kopi lain.

Selain itu di Indonesia sendiri banyak daerah penghasil kopi dengan cita rasa yang sudah diakui.

Banyak sekali cafe-cafe dan restourant menghadirkan kopi dari daerah-daerah ini. Tentu ini sebuah peluang untuk dapat dimanfaatkan.

Daerah di Indonesia dengan perkebunan kopi yang dapat menciptakan kopi berkualitas sangat merata. Diantaranya : Wamena, Papua, Jawa Timur, Kintamani Bali, Mandailing, Gayo, Aceh, Toraja dan masih banyak daerah lainnya.

 

Target Pasar Usaha Kopi

Saat ini kopi tidak hanya dinikmati oleh orang tua saja. Remaja menjadi target yang sangat cocok.

Dimana dapat diketahui cafe-cafe penyedia kopi beragam lebih ramai dibandingkan dengan cafe-cafe yang hanya menyediakan kopi instan.

Selain itu, restaurant juga banyak dikunjungi para pecinta kopi yang pastinya akan menaikkan pengunjung jika sajian kopinya menarik dan enak.



Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :