Box Dryer

Box Dryer adalah sebuah alat atau mesin yang memiliki fungsi untuk mengeringkan atau mengurangi kadar air pada biji bijian.

Mesin ini memanfaakan sistem Siklon Blower, sehingga proses pengeringan biji bijian atau penguapan air akan lebih merata. Yang mana disebabkan oleh udara panas yang disebarkan secara merata oleh Sistem Blower tadi.

Alat ini biasanya digunakan untuk mengeringkan bahan pangan maupun biji bijian seperti, Jagung, Padi, Kacang, Kedelai, dan masih banyak lagi.

box dryer

 

a. Spesifikasi Box Dryer Kapasitas 1 Ton / Proses :

Dimensi:4000 mm X 2400 mm X 2000 mm.
Kapasitas Proses:1 Ton / Proses.
Bahan Bakar Pemanas:Bio Massa.
Bahan Material Bodi:Platezer.
Tebal Bahan Material Bodi:1 mm.
Bahan Material Rangka:Siku 5/5.
Lama Proses Pengeringan:6 Jam ‚Äď 8 Jam.
Penggerak:Elektrik Motor ( Motor Listrik ).
Energi Yang Digunakan:Listrik.
Daya:2 HP (Motor Listrik) atau 5,5 HP (Motor Bensin)
Tegangan Listrik:220 V 1 Phase.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Sistem:Siklon Blower.
Fungsi:Mengeringkan Biji ‚Äď Bijian

b. Spesifikasi Box Dryer Kapasitas 750kg / Batch ( 1 Batch = 50 Jam ):

Dimensi:4300 mm X 1185 mm X 1060 mm
PenggerakMotor Bensin.
Daya ( Power )5,5 PK.
Energi Yang DigunakanBensin.
Kapasitas750 Kg / Batch ( 1 Batch = 50 Jam ).
Sumber PanasTungku Kayu Dengan Satu Kipas Axial.
Bahan Material Lantai PengeringAyakan Aluminium.
SistemTidak Langsung Lewat Pipa Pindah.

c. Spesifikasi Box Dryer Kapasitas 500kg / Batch ( 1 Batch = 50 Jam ):

Dimensi:3600 mm X 800 mm X 1500 mm.
Penggerak:Motor Bensin.
Daya ( Power ):5,5 HP.
Energi Yang Digunakan:Bensin.
Kapasitas:500 Kg / Batch ( 1 Batch : 50 jam ).
Sumber Panas:Tungku Kayu Dengan Satu Kipas Axial.
Bahan:Material Lantai.
Pengering:Ayakan Aluminium / Stainless Steel.
Sistem:Tidak Langsung Lewat Pipa Pindah.

d. Spesifikasi Box Dryer Kapasitas 200kg / Batch ( 1 Batch = 50 Jam ):

Dimensi:2400 mm X 1050 mm X 1200 mm.
Penggerak:Motor Bensin.
Daya ( Power ):5,5 HP.
Energi Yang Digunakan:Bensin.
Kapasitas:200 Kg / Batch ( 1 Batch : 50 jam ).
Sumber Panas:Tungku Kayu Dengan Satu Kipas Axial.
Bahan:Material Lantai.
Pengering:Ayakan Aluminium / Stainless Steel.
Sistem:Tidak Langsung Lewat Pipa Pindah.

Apa Itu Pengeringan

Pengeringan adalah salah sebuah metode atau cara untuk mengurangi kadar air pada suatu barang (dalam kasus ini adalah bahan pangan).

Caranya adalah dengan menguapkan air yang dikandungnya dengan menggunakan energi panas sampai kadar air yang diinginkan tercapai.

Biasanya kandungan kadar air pada barang (bahan pangan) dikurangi hingga mikroba tidak dapat tumbuh maupun hidup lagi di dalamnya.

Pengeringan dapat juga diartikan sebagai sebuah metode penerapan panas dalam kondisi terkendali. Yang mana berfungsi untuk mengeluarkan kandungan air yang ada pada bahan pangan melalui evaporasi (pengeringan umum) dan sublimasi (pengeringan beku).

Kadar air tinggi merupakan sebuah masalah pada barang (bahan pangan), yang mana berpengaruh sekali terhadap pertumbuhan Mikroba di dalamnya.

Untuk itu, salah satu cara untuk mencegah pertumbuhan mikroba adalah dengan menggangu lingkungan hidup mikroba. Dan menurunkan kadar air adalah salah satu prosesnya.

Kandungan kadar air substrat pada bahan pangan mempunyai pengaruh penting dalam proses penghambatan atau pencegahan pertumbuhan mikroba pada bahan pangan.

Karena mikroba membutuhkan air untuk pertumbuhan dan kehidupanya, untuk itu pertumbuhan mikroba akan bagus jika kadar air pada level 80%,

Maka untuk manghambat atau mencegah pertumbuhan mikroba pada bahan pangan bisa dilakukan pengurangan kadar air dengan metode Pengeringan.

Biji Bijian Yang Paling Banyak Dikonsumsi

1. Jagung

Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang menjadi karbohidrat paling penting di dunia, selain gandum dan padi tentunya.

Sekarang jagung merupakan komponen yang sangat penting bagi pakan ternak. Pemanfaatan jagung lainnya meliputi sebagai sumber minyak pangan, bahan dasar tepung maizena, dan masih banyak lagi pemanfaatan biji Jagung.

Berbagai produk turunan Jagung banyak dijadikan bahan baku di berbagai industri, mulai dari industri farmasi, kosmetika, maupun industri industri lainnya.

Jagung adalah jenis tanaman yang menarik, khususnya di bidang biologi dan pertanian. Sehingga sejak awal abad ke-20, jagung menjadi salah satu objek riset genetika yang cukup intensif, serta menghasilkan temuan yang revolusioner.

2. Gandum

Gandum

Gandum atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Wheat merupakan sekelompok tanaman biji-bijian dari suku padi-padian yang kaya akan kandungan karbohidratnya.

Biasanya, biji gandum memiliki bentuk oval dengan panjang antara 6 mm ‚Äď 8¬†mm, serta berdiameter antara 2 mm ‚Äď 3¬†mm.

Seperti halnya jenis biji bijian yang lain, biji gandum memiliki tekstur yang cukup keras. Biji gandum sendiri memiliki tiga bagian, yakni bagian kulit disebut bran, kemudian bagian endosperma, dan terakhir bagian lembaga disebut germ.

Gandum umumnya diproses untuk menghasilkan atau memproduksi tepung terigu atau pun pakan Ternak. Akan tetapi tidak jarang juga gandum difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

3. Padi

Padi

Padi atau dalam bahasa latin disebut Oryza Sativa L. merupakan salah satu jenis tanaman budidaya yang berpengaruh dalam peradaban manusia.

Padi merupakan tanaman yang berasal dari India, namun belum ada yang meberikan kepastian akan hal itu. Sedangkan padi sendiri dibawa dan ditanam pertama kali di Indonesia yang bermigrasi pada masa sekitar 1500 SM.

Meskipun padi merupakan salah satu jenis tanaman budidaya, namun ada juga jenis padi yang juga biasa disebut sebagai padi liar.

Produksi padi atau gabah seluruh dunia menempati urutan ketiga dari semua jenis biji bijian, tentunya setelah jagung dan gandum.

Akan tetapi, padi yang hasil olahannya berupa beras dan kemudian nasi, merupakan sumber pangan utama bagi mayoritas penduduk dunia.

 

4. Jelai

Jelai

 

Jelai atau dalam Bahasa Inggris disebut barley merupakan salah satu jenis biji-bijian penghasil malt, bahan pakan ternak, dan makanan kesehatan.

Jelai adalah Klasifikasi Ilmiah merupakan salah satu anggota dari suku padi-padian atau sering disebut dengan Famili Poaceae.

Tanaman ini merupakan tanaman pangan yang jumlah produksinya di seluruh dunia menempati urutan ke-4 setelah Jagung, Gandum, dan Padi.

5. Sorgum

Sorgum

 

Sorgum merupakan salah satu tanaman budidaya serbaguna yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri lainnya.

Tanaman ini merupakan tanaman pangan terbanyak ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai dalam sekala produksinya di seluruh dunia.

Informasi Dan Pemesanan Box Dryer

Rumah Mesin ‚Äď Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383
Email:rumahmesin@gmail.com
Fax:0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin ‚Äď Jumat : Pukul 08.00 ‚Äď 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 ‚Äď 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan Box Dryer bagi anda yang membutuhkan sebuah alat atau mesin yang dapat mengeringkan biji bijian dengan cepat dan bermutu.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Box Dryer.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda.

Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Mesin yang anda pesan juga bisa anda terlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan ).

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.

WhatsApp chat