Mesin Giling Jagung

Mesin Giling Jagung adalah mesin untuk mengecilkan / menghancurkan ukuran pipilan jagung kering memakai sistem crusher atau Hammer Mill.

Hasil gilingan jagung tersebut biasanya akan digunakan sebagai campuran pakan ternak ayam atau sapi. Sementara untuk pakan ikan biasanya menggunakan tepung jagung.

Mesin Giling Jagung Untuk Pakan Ternak

Model dan Spesifikasi Mesin Giling Jagung RUMAH MESIN:

 1. Mesin Giling Jagung Kapasitas 250 – 500 Kg / Jam

Mesin Giling Jagung Untuk Pakan Ternak 2

Energi Yang Digunakan: Solar.
Bahan Material Body: Pelat Besi Plattezer.
Dimensi Mesin: 1000 mm x 500 mm x 1200 mm.
Rangka Mesin: Besi UNP 60.
Penggerak: Motor Diesel.
Kapasitas Produksi:250 – 500 Kg / Jam.
Daya ( Power ): 8 PK RRT.
Material Pisau: Baja.

 

2. Mesin Giling Jagung Kapasitas 100 – 200 Kg / Jam

Mesin Giling Jagung Untuk Pakan Ternak

Energi Yang Digunakan: Bensin / Solar.
Bahan Material Body: Pelat Besi Plattezer.
Dimensi Mesin: 980 mm x 820 mm x 1040 mm.
Rangka Mesin: Besi UNP 50.
Penggerak: Motor Bensin / Motor Diesel.
Kapasitas Produksi:100 – 200 Kg / Jam.
Daya ( Power ): 5,5 PK ( Motor Bensin ).
Material Pisau: Baja.

 

Cara Kerja Mesin Giling Jagung Atau Hammer MilL

Proses Gilingan jagung pun hanya sederhana saja. Mesin ini menggunakan diesel, maka untuk menyalakannya cukup dengan mengengkolnya dan setelah mesin menyala, jagung dimasukkan ke dalam hopper pemasukan.

Ketika jagung masuk kedalam mesin, jagung akan dipecah oleh pisau-pisau hammer mill dan akan dihaluskan melalui mekanisme saringan pada mesin.

Sebelum mengoperasikan mesin giling jagung, ada baiknya anda melihat video dibawah ini agar tidak salah pengoperasian.

 

Keunggulan Mesin Giling Jagung Rumah Mesin

  • Hasil Penggilingan Lebih Halus Dan Cocok Sekali Untuk Bahan Pakan Ternak.
  • Dibuat Dari Bahan Material Yang Berkualitas Tinggi.
  • Proses Penggilingan Biji Jagung Cepat Dan Mudah.
  • Layanan Training Pengoperasian Mesin Gratis.
  • Prioritas Kepuasan Pelanggan Nomor Satu.
  • Mudah Untuk Digunakan Dan Dirawat.
  • Mesin Berkualitas Dan Bergaransi.
  • Harga Bersahabat Dan Bersaing.
  • Layanan Konsultasi Terbaik.
  • Keandalan Mesin Terjamin.
  • Hemat Energi Dan Tenaga.
  • Efektif Dan Efisien.

 

Kegunaan Mesin Giling Jagung

Mesin Giling Jagung Banyak digunakan oleh para pengusaha pakan ternak maupun para peternak yang membutuhkan pakan ternak itu sendiri.

Dengan menggunakan Mesin Penggiling Jagung, proses penggilingan atau penghalusan biji jagung anda akan lebih cepat dan mudah. Dengan hasil yang lebih lembut, banyak, dan nutrisi dari biji jagung tetap terjaga dengan baik.

Penggunaan Mesin Penghancur Jagung ini akan lebih meminimalkan biaya pakan ternak, sekaligus meminimalkan energi maupun tenaga yang terbuang. Sehingga keefektifan dan keefisienan dari penggunaan Mesin Pemecah Biji Jagung sangat baik dan terbukti.

 

Penawaran Dari RUMAH MESIN

Kami CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Giling Jagung yang dapat membantu mempermudah proses penggilingan biji jagung anda.

Mesin Penggiling Jagung RUMAH MESIN telah dilengkapi dengan pisau penggiling dari baja kuat. Sehingga hasil biji jagung akan tergiling dengan cepat dan lembut.

Mesin Hammer Mill Jagung RUMAH MESIN dibuat dari material Plattezer untuk body nya, dan menggunakan Besi UNP untuk rangkanya. Sehingga lebih kokoh dan tahan lama.

Mesin Penggiling Jagung RUMAH MESIN juga telah melalui serangkaian uji coba dan lolos Quality Control.

Alat Penggiling Jagung kami terjamin Kualitasnya, Keandalannya, Kehigienisannya, Keamanannya, serta Keunggulannya.

Tentunya kami menawarkan Mesin Penggiling Jagung kami dengan harga yang lebih murah daripada yang lain.

 

Harga Mesin Giling Jagung Rumah Mesin

Untuk info harga Mesin Giling Jagung atau pun info dari mesin kami lain nya. Anda dapat hubungi call center kami.

kontak rumah mesin

 

Info Pemesanan Mesin Giling Jagung Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

 

CV. RUMAH MESIN sedia Mesin Giling Jagung yang dapat membantu mempermudah anda dalam menggiling biji jagung untuk pakan ternak.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah CV penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Penggiling Jagung.

Layanan terbaik kami untuk anda adalah, anda akan kami beri latihan dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu anda akan kami beri konsultasi jika anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk investasi.

Anda hanya akan kami beri mesin – mesin yang kualitas dan mutunya tinggi. Karena mesin mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah lolos Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan layanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.


 

Jagung

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan terpenting di dunia, selain gandum dan beras. Sebagai sumber utama karbohidrat di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi sumber pangan alternatif di Amerika Serikat. Warga beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga memanfaatkan jagung sebagai makanan pokok.

Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan atau tongkol), diekstrak dari minyak (dari bulirnya), dibuat tepung (dari bulirnya, dikenal dengan tepung jagung atau tepung maizena), dan bahan baku industri. (dari tepung gandum dan tepung tongkol).

Tongkol jagung kaya akan pentosa yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung rekayasa genetika juga sekarang sedang ditanam sebagai produsen farmasi.

Jagung merupakan tanaman tahunan (tahunan). Satu siklus diharapkan dalam 80-150 hari. Paruh pertama siklus adalah tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua adalah tahap pertumbuhan generatif.

Tanaman jagung tinggi sangat bervariasi. Meskipun tanaman jagung umumnya tingginya antara 1m dan 3m, ada varietas yang tingginya bisa mencapai 6m.

Tinggi tanaman terlihat normal dari permukaan tanah sampai ruas atas sebelum bunga jantan. Meskipun beberapa varietas dapat menghasilkan anakan (seperti padi), jagung umumnya tidak memiliki kemampuan ini.

 

Jenis – Jenis Jagung

Jagung mempunyai banyak sekali jenis. Namun yang jenis jagung yang akan kita bahas kali ini, yaitu

Jagung Manis

Dalam bahasa latin disebut Zea mays. Salah satu jagung dari keluarga jagung yang paling banyak dikonsumsi, setelah jagung biasa.

Kelebihan dari jagung manis ialah kandungan gula yang tinggi setelah dipanen. Pemanenan jagung biasa dilakukan pada saat jagung masih muda (tahap “masak susu”, ialah pada jagung di usia18-22 hari setelah terjadinya penyerbukan).

Rasa manis muncul pada waktu panen terjadi karena adanya mutasi dalam jagung pada beberapa gen yang mengatur dalam terbentuknya rantai polisakarida.

Sehingga terjadinya kegagalan dalam pembentukan pati dalam bulir-bulir jagung. Akibat kegagalan yang terjadi ketika jagung mengering bulirnya akan mengeriput.

Karna harganya yang lebih mahal dan rasanya lebih enak, jagung manis tidak produksi sebagai pakan ternak, melainkan lebih sering di konsumsi manusia.

Biasanya jagung ini dikonsumsi dengan cara direbus, dibakar, atau diolah menjadi bubur. Berbeda dengan jagung ladang yang dikelompokan sebagai palawija.

Jagung manis justru masuk dalam kelompok sebagai sayur-sayuran dalam klafikasi perdagangan. Karna jagung manis lebih mudah rusak atau busuk dari jagung ladang.

Rasa manis tidak akan bertahan lama hanya satu sampai empat hari saja. Sehingga cara menyimpan dengan baik menjadi salah satu penentu kualitas jagung yang penting.

Jagung Berondong

Memiliki nama latin Zea mays var dalam kelompok everta. Jagung ini memiliki Jumlah pati keras lebih banyak dibandingkan pati lunak. Hasil yang didapatkan dari biji jagung berondong tidak lebih banyak daripada jenis jagung mutiara atau jagung jagung lainya.

Bila jagung dipanaskan Biji akan meletus dan mengembang. Jagung mengembang sampai 15-30 kali dari ukuran awal. Jenis jagung berondong sendiri memiliki banyak warna seperti kuning dan Merah.

Jagung berondong merah sering disebut jagung stroberi. Itu terjadi karena jagung ini memiliki warna yang merah dan tongkolnya berbentuk seperti buah stroberi.

Dibandingkan dari jagung stroberi Jagung berondong kuning bijinya sedikit lebih besar dan pastinya warnanya kuning bukan merah. Masih langka Studi genetik yang mengulas tentang jagung berondong.

RAPD digunakan dalam Sebuah Penelitian tentang karakterisasi morfologi dan molekuler pada jagung berondong. Untuk menentukan informasi dasar dalam kegiatan awal penanaman jagung berondong.

RAPD bertujuan untuk mendiskripsikan karakter morfologi dalam jenis jagung berondong stroberi dan kuning. Keragaman genetik dapat dihitung berdasarkan penanda RAPD.

Mengetahui persamaaan  berdasarkan karakter morfologi dan molekuler.Mencirikan jagung berondong stroberi dan kuning dapat dilakukan dengan mencari pita spesifik.

Jagung Ketan

Jagung ketan atau jagung pulut ialah jenis jagung yang memiliki kistimewaan karakter spesial yaitu pulut/ketan. Lengket dan pulen seperti ketan ketika di rebus dihasilkan dari banyaknya kandungan amilopektin tinggi.

Jagung ketan pertama kali ditemukan di Tiongkok pada kisaran tahu 1900 dengan karakter endosperm berwarna gelap waxy. Karakter waxy dihasilkan dari adanya gen tunggal waxy.

Jagung ketan berwarna kusam jika dilihat secara fenotif endosperm. Pada saat kadar air biji 16% atau kurang dari 16% dapat diketahui dengan jelas perbedaan jagung ketan dan jagung lainya.

Amilopektin hingga 100% dapat dihasilkan dari endosperm jagung ketan yang homozigot. Karakter unik lainya yang terdapat dalam kandungan jagung ketan warna merah-kecoklatan yang dihasilkan apabila endosperma biji yang mengandung amilopektin dilukai dan diberi larutan iodine.

Setelah dilakukan penelitian, jagung ketan juga dapat digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan baku kertas, tekstil dan industri perekat.

Di Indonesia jagung ketan diolah dengan cara di rebus atau dibakar, dimakan sebagai campuran nasi, juga bisa dibuat emping, marning dan glontor.

Dibandingkan dengan varietas jagung lain yang nonketan Daya cerna pati jagung ketan lebih rendah. Jagung ketan juga dapat membantu penderita diabetes yang membutuhkan karbohidrat. Karna jagung ketan memiliki glukosa yang rendah serta karbohidrat yang cukup.

Jagung ketan juga dapat dimanfaatkan untuk mpakan ternak sapi, dan domba ataupun babi.Tingginya kandungan amilopektin pada jagung ketan dapat menambah bobot binatang ternak sampai 20%.

Tidak jauh berbeda dari budidaya jagung jagung lainya. Budidaya jagung ketan sama.yang membedakan hanyalah dibutuhkannya isolasi jarak dan atau waktu.Karena jagung ketan dikendalikan oleh gen resesif (wx) yang terkadung dalam bijinya.

kurang lebih sekitar 200m yang dibutuhkan untuk isolasi jarak. Sedangkan isolasi waktu membutuhkan 3 minggu lebih awal dari tanaman jagung lainya yang ditanam lebih dekat dengan arah angin.

Jagung Hibrida

Jagung hibrida masih termasuk jagung unggul (F1) yang disilangkan dengan  2 atau lebih varietas jagung Unggul lainya. Keunggulan dari jagung hibrida yaitu bertongkol 2, ukuran biji lebih besar, ukuran tongkol lebih besar, masa panen juga lebih cepat.

Syarat Tumbuh Jagung Hibrida

Di daratan tinggi ataupun daratan rendah jagung hibrida tetap bisa tumbuh dengan baik. Dengan lahan yang terpapar cahaya matahari minimal 8 jam per hari. Dekat dengan sumber air irigasi untuk penyiraman serta memiliki tekstur tanah yang gembur.

Persiapan Lahan Tanam Jagung Hibrida

Dengan cara tradisional atau modern Tanah pada lahan digemburkan terlebih dahulu dengan dicangkul atau dibajak dengan adanya alur untuk pemberian pupuk dasar.

Pemupukan dasar lebih baik dengan menggunakan pupuk kandang. Pengapuran dengan menggunakan kapur dolomit juga perlu untuk kesuburan tanah.

Cara Menanam Jagung Hibrida

Pilih terlebih dahulu benih unggul yang berkualitas. Benih jagung hibrida banyak dijual di toko pertanian. Kemudian,mulai ditanam pada lubang yang telah dipersiapkan sebelumnya.Diisi 2 biji/lubang tanam dan kemudian ditutup kembali dengan tanah.

Bibit akan mulai tumbuh setelah berumur sekitar 4-7 hari. Biji jagung akan tumbuh sekitar 5 cm-10 cm, lakukan perawatan secara berkala, agar kualitas lebih baik.

Cara Merawat Jagung Hibrida

Dengan secara rutin setiap seminggu sekali lakukan penyiraman secara berkala atau sesuai kondisi lahan dan cuaca. Penyiangan pada gulma dilakukan secara rutin atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman jagung dibuang dengan interval setiap 2-3 minggu sekali.

Lakukan pemupukan susulan setelah jagung berumur 1 bulan.Dengan menggunakan pupuk NPK yang berkualitas yang dicampur dengan ZA dengan perbandingan 3:1. Bersamaan dengan pemupukan, lakukan pula penyiangan.

Masa Panen Jagung Hibrida

Jika ingin dijadikan jagung rebus, Dalam umur 65 hari jagung sudah dapat dipanen. Jika ingin dijual dalam bentuk jagung  kering maka tunggu hingga jagung tua yaitu sekitar 90 hari.

Janggel jagung yang tidak terpakai dapat digiling untuk diberikan kepada ternak anda menggunakan mesin penggiling janggel jagung. 

 

Kandungan Jagung yang Baik untuk Tubuh

 Jagung sebagai makanan serealia, Jagung memiliki  kandungan yang cukup mengesankan. mulai dari beragam gizi makro hingga mikro. Berikut ini kandungan yang terdapat dalam jagung;

1. Kandungan Karbohidrat pada Jagung

Sama halnya dengan  biji-bijian sereal lain, kandungan jagung tersusun atas karbohidrat.Karbohidrat yang terbentuk pada pada jagung adalah amilum atau sering dikenal sebagai pati, dengan kisaran  porsi sekitar 28-80% pada berat kering.

Kandungan gula yang terdapat pada jagung cenderung kecil, kisaran 1-3%. Namun berbeda halnya dengan  jagung manis, kadar gula yang terkandung bisa mencapai 18% pada berat kering.

Walaupun begitu gula yang terkandung dalam jagung manis tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik yang terbilang rendah. Sehingga tidak beresiko menimbulkan naiknya gula darah.

2. Kandungan Serat pada Jagung

Serat yang terkandung pada jagung cukup begitu banyak walaupun jagung tergolong dalam salah satu makanan berkarbohidrat. Namun kadar serat ini berbeda beda tergantung jenis jagung.

Pada umumnya serat yang bterkandung dalam jagung kering memiliki porsi sekitar 9-15%.Dalam jagung terkandung serat tak larut air, seperti selulosa, lignin, dan hemiselulosa.

3. Kandungan Protein pada Jagung

Jagung merupakan sumber protein yang baik. Berdasarkan jenisnya rentang porsi kandungan protein pada jagung adalah sekitar 10-15%.

Zein adalah Jenis protein yang paling banyak di dalam jagung.Karna rendahnya kadar Amino asam esensial. kualitas protein zein pada jagung cenderung rendah.Zein banyak dimanfatkan  dalam industri, seperti mulai dari produk tinta hingga permen.

4. Mineral dan Vitamin dalam Jagung Manis

Sweet corn atau Jagung manis termasuk varietas jagung, mengandung berbagai vitamin dan mineral sebagai nutrisi mikro, misalnya:

  • Asam pantotenat atau lebih dikenal sebagai vitamin B5.Vitamin B5 memang sering dijumpai dalam berbagai makanan.sehingga risiko defisiensi cenderung rendah.
  • Folat atau vitamin B9. adalah vitamin yang esensial yang sangat diperlukan untuk ibu hamil.
  • Vitamin B6 penting untuk fungsi tubuh.
  • Niasin atau vitamin B3. kandungan b3 pada jagung memang sulit diserap pada tubuh.Sebagai solusinya, kita mengkonsumsi jeruk nipis agar penyerapan lebih optimal.
  • Kalium, adalah jenis mineral yang begitu penting untuk pengendalian tekanan darah tubuh manusia. Pada kalium juga terdapat kandungan yang berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Kandungan Mineral pada Jagung Popcorn

Jenis jagung popcorn memiliki beberapa kandungan mineral yaitu:

  • Mangan adalah jenis mineral mikro yang esensial, dan banyak terkandung dalam biji serealia utuh, legum, buah, dan sayuran.
  • Fosfor. ialah Mineral yengb terkandung dalam jagung manis dan jagung jenis popcorn. Mineral yang berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.
  • Zinc, ialah salah satu jenis mineral mikro yang berarti penting untuk tubuh.
  • Tembaga. termasuk dalam mineral mikro yang memiliki efek antioksidan. Kekurangan asupan tembaga dapat menyebabkan lemahnya fungsi jantung.
  • Magnesium. mineral magnesium meminimalisirkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

6. Kandungan Senyawa pada Jagung

Jagung termasuk dalam jenis nabati, senyawa bioaktif banyak terdapat dalam kandungan jagung. Dibandingkan dengan biji sereal lainya, jagung memiliki kandungan molekul antioksidan yang lebih tinggi. Adapun beberapa senyawa tumbuhan pada jagung, yaitu:

  • Asam ferulat, ialah senyawa polifenol utama.Dalam jagung senyawa asam ferulat kadarnya  lebih tinggi dibandingkan serealia lain seperti nasi dan gandum.
  • Antosianin, pigmen antioksidan pemberi pigmen warna merah dalam jagung.
  • Zeaxanthin, senyawa Zeanxanthin  penting untuk kesehatan mata.
  • Lutein, jenis karotenoid juga berfungsi untuk kesehatan organ mata.