Mesin Pembersih Biji Bijian – Seed Cleaner Terbaru 2021

Mesin Pembersih Biji Bijian Kapasitas 1 Ton - 1,5 Ton / Proses

Mesin Pembersih Biji Bijian

Mesin Pembersih Biji Bijian merupakan sebuah alat atau mesin yang memiliki fungsi untuk membersihkan biji bijian dengan efektif dan efisien.

Dalam hal ini, Alat Pembersih Hasil Pertanian ini akan membersihkan biji gabah, biji jagung, biji kacang dan hasil pertanian lainnya dengan mudah, cepat, dan hemat.

Sehingga anda akan sangat terbantu dalam proses pembersihan hasil pertanian dengan Menggunakan Mesin Pembersih Hasil Pertanian ini.


Model Dan Spesifikasi Mesin Pembersih Biji Bijian

Mesin Pembersih Biji Bijian
Mesin Pembersih Biji Bijian

Spesifikasi Mesin Pembersih Biji Bijian :

Kapasitas Proses:1000 Kg – 1500 Kg / Jam
Dimensi Mesin:1200 mm X 600 mm X 1500 mm.
Bahan Material Body:Plat Besi.
Bahan Material Rangka:Besi.
Dilengkapi Dengan:Blower.
Energi Yang Digunakan:Listrik ( Untuk Blower ) Dan Bensin ( Motor Bensin ).
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Penggerak:Motor Bensin.
Daya ( Power ):5,5 HP.

Keunggulan Mesin Pembersih Biji Bijan Rumah Mesin

  • Mudah Dalam Penggunaan Serta Mudah Untuk Dibersihkan.
  • Terbuat Dari Bahan Yang Berkualitas Dan Berstandar SNI.
  • Lebih Hemat Waktu, Tenaga, Pikiran, Dan Biaya.
  • Proses Pembersihan Biji Bijian Lebih Cepat.
  • Hasil Pembersihan Lebih Baik.
  • Aman, Efektif, Dan Efisien.

Harga Mesin Pembersih Biji Bijian

Informasi dan harga Mesin Pembersih Biji Bijian bisa Anda dapatkan melalui kontak kami dibawah ini. Alat Pembersih Hasil Pertanian kami berkualitas dan telah melewati uji coba.

kontak rumah mesin


Apa Itu Proses Pembersihan Biji Bijian ?

Proses Pembersihan Biji Bijian bertujuan untuk membuang kotoran kotoran, komponen – komponen dari bahan yang tak penting dan menyingkirkan komoditas yang terikut. Padahal, meskipun sortasi merupakan pengerjaan pemisahan dan penggolongan tingkat kualitas.

Alat pembersih dan sortasi yanag lazim diaplikasikan antara lain ayakan berlubang, ayakan meja bergoyang dan tiupan udara ( Blower ).

Format, ukuran dan banyaknya lubang pada ayakan berbeda – beda tergantung pada jenis atau tipe biji serta ukuran komoditas yang di tangani.


Biji

Definisi biji adalah bakal biji (ovulum) dari tumbuhan berbunga yang telah masak. Untuk biji dapat terlindung oleh organ lain (buah, pada Angiospermae atau Magnoliophyta) atau tidak (pada Gymnospermae).
Dari sudut pandang evolusi, biji merupakan embrio atau tumbuhan kecil yang termodifikasi sehingga dapat bertahan lebih lama pada kondisi kurang sesuai untuk pertumbuhan. (Lihat pergiliran keturunan).
Dengan demikian biji telah memperlihatkan diri sebagai perkembangan penting dalam reproduksi dan pemencaran Spermatophyta (tumbuhan berbunga atau tumbuhan berbiji; bahasa Yunani: sperma biji, phyton tumbuhan); dibandingkan dengan tanaman yang lebih primitif seperti lumut, lumut hati dan pakis, yang tidak memiliki biji dan menggunakan cara lain untuk menyebarkan diri.
Ini tampak pada kenyataan bahwa tumbuhan berbiji mendominasi relung-relung biologi sejak dari padang rumput hingga ke hutan, baik di wilayah tropis maupun daerah beriklim dingin.
Kata “biji” adalah pinjaman dari bahasa Sanskerta, bija. Kata “biji” acap dipertukarkan penggunaannya dengan “benih” dan “bibit”. Dalam istilah teknis pertanian dan kehutanan, “benih” adalah biji yang dipersiapkan khusus untuk menghasilkan tanaman baru.
Sedangkan “bibit” (atau juga disebut “semai”) adalah tanaman (atau hewan) muda siap tanam (kalau hewan, siap dibesarkan) setelah ditumbuhkan atau dibesarkan sampai umur tertentu atau hasil perbanyakan tanaman dengan cara yang lain (misalnya cangkok, stek, okulasi dan lain-lain).
Di samping itu dalam bahasa awam kata “biji” juga kerap dilekatkan secara kurang tepat: ‘biji’ padi (gabah), ‘biji’ jagung, dan ‘biji’ bunga matahari—misalnya—yang secara botani sesungguhnya adalah buah kering tak memecah, sementara bijinya yang sejati terletak di dalamnya.
Juga ‘biji’ mangga dan ‘biji’ aneka buah batu lainnya, yang sebetulnya biji terlapis oleh endokarp; yakni bagian dalam buah yang mengeras atau liat untuk melindungi biji yang sesungguhnya.

Jenis Jenis Bijian Yang Baik Untuk Kesehatan

1. Biji Wijen

Ternayata biji wijen memiliki manfaat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, serangan jantung dan gagal ginjal. Kandungan yang dimiliki biji wijen ialah mengandung banyak antioksidan, dan zat ini bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan minyak yang tinggi dalam biji meningkatkan kondisi kulit, rambut dan kuku.

2. Biji labu

Ternyata biji labu memiliki kandungan arginin yang besar. Kandungan asam amino yang terkandung di dalamnya juga membantu melebarkan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah yang mampu mencegah hipertensi.
Walaupun biji labu memiliki kandungan kalori yang besar, namun memiliki banyak protein yang mudah diserap tubuh dan bisa membantu menormalkan kadar gula dalam darah.
Dalam biji labu ternyata memiliki kandungan tinggi vitamin A dan E, yang bisa menjaga elastisitas kulit, hal ini pula yang membuat biji labu sering digunakan dalam kosmetik.

3. Biji Almond

Almond memiliki manfaat menormalkan tingkat lipid dalam darah dan membantu  mengurangi resiko penyakit kardiovaskular pada penyakit diabetes.
Almond sering dikonsumsi sebagai camilan, atau sebelum makan ia bisa menurunkan kadar lemak tubuh. Karena almond sebagai pengganti protein hewani, yang mampu memberi rasa kenyang, sehingga keinginan makan berlebihan akan berkurang.

4. Biji Kenari

Biji kenari ternyata memiliki mineral yang berguna untuk tubuh. Salah satu manfaat biji kenari bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner. Kandungan tokoferol dalam kenari juga bisa melindungi pria dari kanker prostat.

4. Biji Pistachio

Ternyata biji pistachio mengandung sedikit lemak dan kalori, namun ternyata mereka tinggi kandungan asam, kalium, dan karotenoid. Biji pistachio yang dikonsumsi sebagai camilan memiliki manfaat mampu membantu kita untuk mengendalikan berat badan karena kita tidak merasa lapar.

5. Biji Kacang Mete

Kacang mete mengandung banyak zat besi, zat besi bermanfaat untuk mencegah anemia. Ia juga bermanfaat untuk menormalkan tingkat gula dalam darah bagi penderita diabetes.
Mete juga bermanfaat untuk para pekerja karena kacang ini mengandung fosfor dan tiamin yang membantu kita agar tidak cepat lelah. Efek anti-inflamasi kacang mete membantu melindungi tubuh dari flu dan membantu membangun sistem kekebalan yang lebih kuat.

6. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari memiliki kandungan protein yang kaya sulfur, kandungan ini sangat baik untuk otot dan jaringan tulang. Ternyata juga baik untuk efek antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi. Mereka juga digunakan untuk mencegah infeksi bronkus dan paru-paru.
Hazelnut
Biji Hazelnut memiliki kandungan vitamin B yang bisa membantu tulang dan otot menjadi lebih kuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam organik mencegah total peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan perkembangan penyakit kardiovaskular.

7. Kacang tanah

Hampir keseluruhan orang Indonesia mengetahui dan sering mengkonsumsi kacang ini sebagai bahan olahan mereka, camilan dan lain lain. Ternyata kacang tanah mengandung polifenol yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas berbahaya, yang membantu kita tetap awet muda.
Manfaat asam linoleat bisa menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan mencegah sklerosis. Namun ada batasan dalam konsumsi kacang dan biji-bijian ini, tidak boleh lebih dari 30 gr per hari.

Olahan Dari Biji Bijian

1. Pancake Biji Kacang Merah

Bahan Pancake:

  • 240 g tepung
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt baking soda
  • 2 buah telur (pisahkan kuning dan putihnya)
  • ¼ sdt garam
  • 250 ml air
  • 30 gr margarin

Isian:

  • 50 gr kacang merah (sudah direbus dan haluskan)
  • ½ cup heavy cream

Bahan Pelengkap:

  • Potongan buah strawberry atau kiwi atau pepaya

Cara Membuat Pancake Biji Kacang  Merah:

  1. Campurkan semua bahan pancake kecuali putih telur dan margarin
  2. Kocok putih telur hingga kaku, kemudian campurkan margarin yang sudah dilelehkan ke dalamnya.
  3. Campurkan adunan putih telur ke dalam campuran pancake. Aduk rata.
  4. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke dalam wajan anti lengket. Masak hingga kedua susu masak
  5. Kocok cream hingga kaku, kemudian masukan pasta kacang merah ke dalam adonan. Aduk hingga rata
  6. Oleskan isisan di atas pancake, lalu tumpuk dengan pancake lainnya. Taruh potongan buah di atas pancake dan sajikan

2. Burger Kacang Kedelai

Bahan – bahan :

  • Roti burger
  • Sayuran pelengkap (tomat, selada, bawang bombay potong-potong)
  • Mayonais dan saus sambal atau tomat secukupnya untuk bahan olesan

Bahan Patty :

  • 300 g kacang kedelai yang sudah direbus dan tumbuk halus
  • Bawang bombai 100 g
  • 10 g margarin
  • Telur (kocak lepas) 1 butir
  • ½ sdt garam
  • Lada secukupnya
  • 1 sdm tepung terigu
  • 100 g jamur tiram
  • 4 buah jamur campignon

Cara Membuat Burger Kacang Kedelai :

  1. Tumis bawang bombai menggunakan margarin hingga harum, lalu sisihkan
  2. Campur semua bahan patty, kecuali telur, tepung dan bawang bombai tumis.
  3. Tambahkan telur sedikit demi sedikit dan tepung bergantian hingga didapatkan teksstur yang diinginkan.
  4. Masukan bawang bombai tumis dan jamur. Kemudian bentuk menyerupai patty burger.
  5. Masak hingga matang, berwarna coklat keemasan
  6. Panggang roti burger dengan margarin sebentar, hingga kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  7. Susun patty burger dan bahan pelengkap lainnya sesuai dengan selera

3. Es Kacang Merah

Bahan – bahan :

  • 1 cup Kacang merah (rendam semalaman, hingga mengembang)
  • 500 ml air
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 buah gula merah
  • 3 ruas kayu manis
  • ¼ sdt garam

Bahan Saus Santan:

  • 250 ml santan
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt Tepung maizena (larutkan dengan sedikit air)
  • 2 lembah daun pandan

Bahan Pelengkap

  • Es batu serut
  • Susu kental manis atau sirup cocopandan (secukupnya)

Cara Membuat Es Kacang Merah:

  1. Masak kacang merah dengan kayu manis dan air hingga lunak
  2. Tambahkan gula merah, gula pasir dan garam. Aduk rata, masak hingga mengental
  3. Tambahkan larutan maizena, masak hingga mendidih. Lalu dinginkan
  4. Untuk saus, masak semua bahan saus santan dengan api kecil dan sambil diaduk, sisihkan
  5. Sajikan kacang merah di gelas dengan menambahkan es serut dan bahan pelengkap lainnya

Syarat Memilih Biji Untuk Benih

  1. Pilihlah benih yang murni, benih harus murni dan tidak tercampur kotoran dan biji tanaman lain.
  2. Biji harus kering, berkadar air 10%, yaitu ditandai dengan warnanya yang mengkilat.
  3. Benih harus berasal dari buah yang sudah tua serta tidak terserang hama dan penyakit. Karena ketika anda mengambil benih yang berasal dari tanaman muda ditandai dengan sosoknya yang keriput dan tidak bisa tumbuh bila ditanam.
  4. Benih berasal dari tanaman yang unggul. Jika menggunakan tanaman unggul maka akan berproduksi tinggi, rasa buahnya enak, dan tahan terhadap serangan hama penyakit.
  5. Sosok benih utuh, tidak cacat karena terserang hama atau penyakit.
  6. Bentuk biji normal dan berukuran besar (seragam).

Cara Menyemai Biji yang Baik

1. Siapkan Biji Yang Akan Di Tanam

sebelum melakukan penyemaian rendam biji pada larutan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) jenis Auksin selama kurang lebih 1 sampai 2 jam. Atau kita bisa memanfaatkan bawang merah karena bawang termasuk umbi yang mengandung senyawa Auksin. Caranya, iris tipis-tipis bawang merah atau di uleg. Lalu campurkan dengan air hangat kuku dalam wadah_kadang saya pakai gelas. Kemudian masukkan biji, seleksi biji yang mengambang, karena  biasanya biji yang mengambang nantinya akan tumbuh lambat atau tidak tumbuh sama sekali.

2. Benamkan Biji Yang Dianggap Baik

bisa menggunakan campuran tanah dengan kompos dan sekam metah/bakar. Jika sudah anda bisa menutup tipis-tipis. Jangan siram dulu benih yang anda tanam, karena pada fase ini biji tidak membutuhkan air yang berlebih, tapi jangan sampai kering. Cara yang benar dengan spray saja atau menggunakan semprotan burung.

3. Simpan di Tempat Teduh

Nantinya biji yang baru disemai akan kering._ yang di butuhkan tanaman pada fase ini lebih tepatnya adalah lembab, antara kering dan basah.

4. Saat Usia 4 – 7 Hari Biasanya Kecambah Mulai Tumbuh.

Belum mulai disiram, masih gunakan spray saja. Saat usia tanaman mulai dewasa dengan tumbuhnya daun empat helai mulai kenalkan pada simat antara 1-2 jam saja.

5. Ketika Daun Lebih Dari 4 Helai Bibit Sudah Bisa di Pindah

Langsung di tanah atau dengan sistem tabulapot (tanaman buah pada pot) jadi benih apa yang sudah kalian siapkan untuk ditanam? Dengan mengenal 5 cara diatas kita bisa dengan mudah menyemai biji dengan presentasi keberhasilan sampa 90%.

Informasi dan Pemesanan Mesin Pembersih Biji Bijian

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pembersih Biji Bijian untuk membantu anda dalam mebersihkan biji bijan hasil dari panen pertanian atau pun perkebunan anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain, dari mulai mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pembersih Biji Bijan ini.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami. Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa, sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda, karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri. Dan sudah melewati Quality Control, serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang.

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.