Mesin Pencabut Bulu Ayam Terbaru 2021

Mesin Pencabut Bulu Ayam

Mesin Pencabut Bulu Ayam

adalah mesin untuk mencabut bulu ayam dari kulitnya. Mesin yang kami buat didesain mudah dan nyaman untuk dipindah-pindah.

Alat ini sangat cocok digunakan oleh para pengusaha ayam potong, tempat penyewaan pencabut ayam dan lain sebagainya.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Pencabut Bulu Ayam

Berikut kami sampaikan beberapa kapasitas mesin pencabut bulu ayam yang bisa kami produksi.

 

"<yoastmark

1. Spesifikasi Mesin Pencabut Bulu Ayam Rumah Mesin K 4 :

Energi Yang Digunakan:Listrik / Bensin .
Penggerak:Elektro Motor / Motor Bensin.
Daya ( Power ):1/2 HP ( Elektro Motor ).
Tegangan Listrik:220 V ( Elektro Motor ).
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz ( Elektro Motor ).
Bahan Material Tabung:Stainless Steel.
Tebal Material Tabung:1 mm.
Rangka Mesin:Besi Siku.
Kapasitas:4 Ekor – 5 Ekor / Proses.
Dimensi Mesin:600 mm x 400 mm x 800 mm
  • Aplikasi / Penggunaan : Untuk menghilangkan bulu ayam yang telah direndam air panas sebelumnya dengan proses yang cepat dan tepat.

 

2. Spesifikasi Mesin Pencabut Bulu Ayam Rumah Mesin K 8 :

Energi Yang Digunakan:Listrik / Bensin.
Penggerak:Elektro Motor / Motor Bensin.
Daya ( Power ):1/2 HP ( Elektro Motor ).
Tegangan Listrik:220 V ( Elektro Motor ).
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz ( Elektro Motor ).
Bahan Material Tabung:Stainless Steel.
Tebal Material Tabung:1 mm.
Rangka Mesin:Besi Siku.
Kapasitas:8 Ekor / Proses.
Dimensi Mesin:800 mm x 500 mm x 1000 mm.
  • Aplikasi / Penggunaan : Untuk menghilangkan bulu ayam yang telah direndam air panas sebelumnya dengan proses yang cepat dan tepat.

 

3. Spesifikasi Mesin Pencabut Bulu Ayam FDL – T 12 FOMAC

"<yoastmark

Spesifikasi Mesin Pencabut Bulu Ayam FDL – T 12 FOMAC :

Energi Yang Digunakan:Listrik.
Penggerak:Elektro Motor.
Daya ( Power ):1100 Watt.
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Bahan Material Tabung:Stainless Steel.
Kapasitas:12 Kg / Proses.
Berat Mesin:42 Kg.
Dimensi Mesin:600 mm x 600 mm x 950 mm.
  • Aplikasi / Penggunaan : Untuk menghilangkan bulu ayam yang telah direndam air panas sebelumnya dengan proses yang cepat dan tepat.

 

 Keunggulan Mesin Pencabut Bulu Ayam Kami :

  • Bahan Material Kontak Produk Terbuat Dari Stainless Steel Anti Karat Yang Aman Untuk Makanan Dan Awet.
  • Mesin Dapat Dengan Mudah Dioperasikan Serta Mudah Untuk Dibersihkan.
  • Mesin Didesain Dapat Dengan Mudah Dibawa Kemana-mana ( Moblie ).
  • Hemat Energi Listrik Dan Bahan Bakar.
  • Aman Dan Higiensi
  • Tepatguna
  • Cepat
  • Efektif
  • Efisien

 

Harga Mesin Pencabut Bulu Ayam Rumah Mesin

Untuk mengetahui harga dan informasi Mesin Pencabut Bulu Ayam kami, Anda dapat menghubungi call center kami.

kontak rumah mesin

 

 

Cara Kerja  :

Untuk mempermudah pencabutan bulu ayam, pada awal proses setelah dipotong, maka masukkan ayam ke dalam rendaman air panas. Kemudian tunggu beberapa saat, baru kemudian masukkan kedalam Mesin.

Setelah ayam berada dalam mesin, sebanyak 3 – 4 ekor ayam, kemudian ayam akan diputar dalam tabung pencabut. Kemudian karet pada Mesin Pencabut Bulu Ayam dalam tabung akan bekerja merontokkan bulu ayam.

Hasil pengolahan bulu ayam tersebut bulu akan terkelupas dari kulitnya kemudian pisahkan dan bersihkan dari sisa kotoran.

 

Fungsi Mesin Pencabut Bulu Ayam

  • Untuk merontokkan bulu ayam dari kulitnya
  • Untuk mencabut secara mesin bulu ayam dari kulitnya

 

Tentang Ayam

Ayam adalah

adalah burung yang biasa dipelihara oleh manusia untuk hidup untuk kebutuhan pemeliharanya. Unggas domestik (selanjutnya disingkat “ayam”) adalah keturunan langsung dari subspesies unggas hutan yang dikenal sebagai unggas hutan merah (Gallus gallus) atau unggas Bangkiwa (Bankiva fowl).
Semua ayam adalah theropoda seperti tyrannosaurus. Persilangan antar ras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan berbagai fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya).Ayam biasa juga dapat disilangkan dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, menghasilkan hibrida steril yang jantannya dikenal sebagai bekisare.
Dengan populasi lebih dari 24 miliar pada tahun 2003, ada lebih banyak ayam di dunia daripada burung lainnya, menurut Ensiklopedia Burung Fireflys. Ayam menyediakan dua sumber protein dalam makanan: ayam dan telur.
Pandangan tradisional tentang peternakan ayam tentang domestikasi spesies ini diwujudkan dalam Encyclopædia Britannica (2007): “Orang-orang pertama kali menjinakkan ayam dari India untuk tujuan sabung ayam di Asia, Afrika dan Eropa. Tidak ada perhatian khusus yang diberikan pada produksi telur atau daging.

Pada proses pengolahan daging ayam, setelah Ayam potong atau ayam yang dipotong baik dari jenis ayam kampung atau ayam broiler.

Sesaat setelah dipotong, maka kemudian dilanjutkan proses pencabutan bulu ayamnya. Prosesnya ada yg dicabut manual dan juga menggunakan Mesin Pencabut Bulu Ayam.

 

Bulu Ayam sebagai Pakan Ternak

Hasil samping dari pengolahan pencabutan bulu ayam, maka menghasilkan limbah berupa bulu ayam. Namun tahukah anda, bahwa bulu ayam dapat dijadikan sebagai bahan pakan ternak.

Bulu ayam dapat dijadikan bahan pakan ternak alternatif dalam bentuk ransum pakan ternak pendamping tepung ikan. Bentuk pakan ternaknya adalah dengan dibuat tepung bulu ayam.

Mengapa bulu ayam potensial dijadikan sebagai sumber protein pakan ternak? Dikarenakan kandungan protein kasarnya tinggi yaitu 85-95%.

Bulu ayam dapat dimanfaatkan untuk campuran pakan tambahan untuk pakan ternak unggas. Bulu ayam juga dapat digunakan sebagai bahan campuran dalam membuat pakan ternak ruminansia bahkan dijadikan pelet untuk pakan ikan.

 

1. Tepung Bulu Untuk Pakan Ternak Ruminansia

Hewan ruminansia adalah hewan memamah biak yang memakan atau mencerna makanananya dalam dua langkah. Pertama dengan menelan bahan mentah, kemudian mengeluarkan makanan yang sudah setengah dicerna dari perutnya dan mengunyahnya lagi.

Pemanfaatan bulu ayam sebagai sumber protein pada ransum ternak ruminansia belum banyak dilakukan. Hal ini disebabkan karena protein yang terkandung didalamnya sulit dicerna.

Protein kasar bulu ayam termasuk dalam jenis protein serat. Yakni keratin yang sulit dicerna baik oleh mikroorganisme rumen maupun oleh enzim-enzim pencernaan pascarumen. Maka pemanfaat bulu ayam adalah dengan menepungnya menjadi tepung bulu ayam. 

2. Tepung Bulu Ayam Untuk Pakan Ternak Unggas

Penggunaan tepung bulu ayam untuk bahan campuran ransum unggas bisa menjadi pengganti sumber protein pakan konvensional (bungkil kedelai).

Penggunaan sampai dengan taraf 4 % dari total protein ransum memberikan respons sebaik ransum kontrol.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung bulu ayam dapat digunakan tidak lebih dari 4 % dari total formula ransum. Dengan penggunaan tidak lebih dari 4 % tidak akan membuat produktivitas unggas merosot.

Semakin baik pengolahannya, semakin baik pula hasilnya. Semakin banyak digunakan tepung ini justru akan menekan prestasi unggas, produksi telur berkurang dan pertambahan berat badan juga merosot.

Tepung bulu tidak disukai (kurang palatable) oleh ternak, sehingga penggunaannya dalam ransum harus dibatasi.

Pemakaian yang berlebihan akan mengurangi konsumsi ransum dan mengakibatkan kandungan asam amino yang tidak berubah.

Pemakaian dalam ransum unggas dan babi disarankan maksimum 5-7 %. Sedangkan untuk broiler (ayam potong ) disarankan < 5%, untuk ayam petelur 7%.

Di lapangan, pabrik pakan hanya menggunakan tepung bulu sekitar 1- 2 % saja dalam ransum pakan komplit.

3. Pelet Bulu Ayam

Pelet bulu ayam merupakan salah satu inovasi makanan ikan yang bahan dasarnya terbuat dari bulu ayam.

Bulu ayam yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pelet adalah bulu ayam kering yang telah digiling sehingga teksturnya lebih lembut.

Keunggulan produk pelet bulu ayam ialah ramah lingkungan, karena produk pelet ini sama sekali tidak menggunakan campuran bahan kimia. Bahan dasar yang digunakan yakni limbah bulu ayam.

Selain untuk mengurangi pencemaran lingkungan, pengolahan limbah bulu ayam dapat lebih dioptimalkan. Tidak hanya sebagai bahan dasar kemoceng, isian bantal dan boneka saja.

Disamping itu pelet bulu ayam mudah dalam proses produksi. Karena dengan menggunakan mesin-mesin yang mudah ditemukan seperti mesin penggiling bulu ayam, mesin pencetak pelet, dan mesin oven.

Selain itu bahan-bahan campuran lain untuk membuat pelet bulu ayam cukup mudah ditemukan di pasaran.

Pelet bulu ayam dijual dengan harga yang murah, yaitu Rp 7.000,00 sudah mendapatkan satu kemasan pelet bulu ayam.

Selain dengan harga yang cukup murah isi pelet bulu ayam ini jauh lebih banyak daripada pelet biasanya.  Sumber: kompasiana.com.

Manfaat Bulu Ayam Yang Jarang Diketahui

Tentunya kita sering memperhatikan bulu ayam yang berwarna warni dengan motif yang unik dan cantik. Namun bukan hanya agar ayam terlihat cantik dan menarik, bulu ayam tidak hanya dijadikan hiasan saja. Bulu-bulu pada ayam memiliki banyak manfaat bagi ayam itu sendiri. Bulu ayam juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Mulai dari telur hingga ayam memiliki banyak zat penting bagi manusia. Selain itu, bulu ayam juga digunakan untuk kerajinan dan memiliki nilai eceran mulai dari yang rendah hingga yang tinggi.

Anda bisa makan hampir semua bagian dari ayam ini, dan bulunya juga berguna. Ayam dewasa akan mengalami proses downshifting saat ayam masih kecil. Ayam yang memasuki tahap dewasa akan rontok dan membuat ayam botak. Bulu ayam juga populer untuk kerajinan tangan. Tergantung kreativitas dalam mengolahnya, tentunya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari bulu ayam ini. Pada kesempatan kali ini kami di Buanabet ingin mengulas berbagai kerajinan yang bisa dibuat dari bulu ayam ini.

1.Isi Bantal

Bulu ayam juga berfungsi sebagai isian bantal. Seperti yang kita ketahui bahwa bantal yang kita gunakan untuk tidur berasal dari bulu ayam, itik atau unggas lainnya.

2.Bahan Pakan Ayam

Pakan ayam dapat dihasilkan dari ayam, berupa tepung bulu ayam yang biasa digunakan peternak sebagai bahan pangan ayam.

3.Membuat Kok

Kok yang dipakai pada pertandingan bulu tangkis atau badminton terbuat dari bulu ayam. Untuk pembuatannya sendiri tentu tidak mudah karena kok yang digunakan harus bulu yang kaku sehingga saat digunakan untuk bermain bulu tangkis lebih nyaman.

4.Hiasan Dinding

Selain dijadikan kemoceng, bulu ayam juga dimanfaatkan sebagai hiasan dinding, seperti background dan sejenisnya. Hasil dan harga hiasan ini tergantung dari kreatifitas dari orang tersebut.

5.Hiasan Gelang

Selain sebagai hiasan dinding, ada juga yang digunakan sebagai hiasan gelang, pada kalung atau bandol kalung.

6.Aksesoris Anting

Bulu ayam juga digunakan sebagai aksesoris anting untuk bandol antingnya. Dengan beberapa polesan akan membuat bulu ayam terlihat indah dan elegan digunakan untuk hiasan anting.

7.Dijadikan tepung bulu ayam

Tepung bulu ayam ini bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan pangan ternak, cara untuk mengolah tepung bulu ayam inipun akan di jelaskan pada penjelasan dibawah ini nantinya.

Dari ketujuh manfaat bulu ayam, mungkin yang masih terlihat aneh adalah tepung bulu ayam. Jika shuttlecock, dekorasi, gelang, bantal, kemoceng, akan terlihat jelas dan biasa ditemukan dan dilihat dengan jelas. Namun untuk digunakan sebagai tepung bulu ayam bagi yang belum tahu banyak tentang manfaat bulu ayam mungkin belum mengetahui manfaatnya. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit tentang cara membuat tepung bulu ayam dari bulu ayam ini sebagai pakan ternak.

Cara membuat tepung bulu ayam

Ada 3 cara membuat tepung bulu ayam agar bisa digunakan untuk pakan ternak. Keunggulan bulu ayam ini juga terdiri dari perlakuan dengan perlakuan fisik, pengolahan dengan perlakuan kimia, dan perlakuan dengan kedua macam perlakuan. Setiap jenis dan metode manajemen juga dibahas pada poin ini.

1.Pengelolaan dengan perlakuan fisik

Carilah bulu ayam yang berkualitas baik sesering mungkin. Mengolah bulu ayam melalui perawatan fisik. Perlakuan fisik bulu ayam dapat dilakukan dengan memberikan suhu dan tekanan 3,2 atmosfer. Sebelum memberikan tekanan hingga 3,2 atmosfer, Anda harus memasak bulu ayam terlebih dahulu di wajan tertutup. Masak selama 45 menit agar bulu ayam mudah digiling. Kemudian keringkan pada suhu 600 °C. Setelah kering, giling bulu ayam ini hingga benar-benar halus.

2.Pengelolaan dengan perlakuan Kimiawi

Cara pertama sama dengan cara pertama yaitu dengan mengumpulkan banyak bulu ayam untuk diolah, kemudian pengelolaan secara kimiawi membutuhkan NaOH 6% dan tekanan hingga 64,6%. Panaskan secukupnya karena pemanasan terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pakan pada hewan ternak atau tepung bulu ayam dengan reaksi kecoklatan yang nyata. Jadi warna tepung bulu ayamnya kurang bagus. Sehingga dapat dikatakan hasil atau kualitasnya kurang baik. Untuk melakukan ini, Anda harus benar-benar berhati-hati dan teliti saat menangani perawatan kimia ini.

3.Pengelolaan dengan fisik dan kimiawi (kombinasi)

Manajemen kombinasi berarti bahwa kedua metode digabungkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik dan lebih optimal. Oleh karena itu, sangat diharapkan adanya perlakuan enzimatis tepung bulu ayam dengan fermentasi. Mengingat, tentu saja, berbagai sumber enzim proteolic yang digunakan untuk membuat tepung bulu ayam
Cara mengolah bulu ayam menjadi tepung bulu ayam. Dengan cara ini, Anda pasti bisa mendapatkan penghasilan dari kreativitas yang Anda lakukan.

Informasi Pemesanan Mesin Pencabut Bulu Ayam

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pencabut Bulu Ayam yang akan mempermudah sekaligus mempercepat proses pencabutan bulu ayam anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat-alat / mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda.Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.