Mesin Pencacah Rumput Gajah / Rumput Kolonjono Terbaru 2022

Mesin Pencacah Rumput Kolonjono

Mesin Pencacah Rumput Gajah / Rumput Kolonjono

Mesin Pencacah Rumput Gajah / Kolonjono adalah alat untuk mencacah rumput jenis kolonjono atau rumput-rumput yang lebih lunak.

Type mesin pencacah ini sedikit berbeda dengan mesin pencacah rumput multifungsi, seperti yang ada DISINI.

Mesin pencacah rumput multifungsi bisa untuk berbagai macam rumput seperti rumput batang jagung, jerami atau kolonjono juga.

Untuk Type jenis mesin pencacah rumput ini karena desain lebih sederhana, maka harga pun sedikit lebih ekonomis dibanding mesin pencacah rumput multifungsi. Tetapi penggunaan hanya untuk rumput yang lunak saja.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Pencacah Rumput Gajah

Mesin Pencacah Rumput Gajah
Gambar Mesin Pencacah Rumput Gajah

1. Spesifikasi Mesin Pencacah Rumput Gajah Kapasitas 100 Kg – 200 Kg / Jam :

Dimensi Mesin:800 mm x 900 mm x 800 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material:Rangka Besi Siku.
Penggerak:Motor Bensin.
Daya ( Power ):5,5 Hp.
Energi Yang Digunakan:Bensin.
Bahan Material Pisau:Baja.
Kapasitas:100 Kg – 200 Kg / Jam.
Fungsi:Untuk Merajang Rumput – Rumput Jenis Kolonjono.

2. Spesifikasi Mesin Pencacah Rumput Gajah Kapasitas 250 Kg – 500 Kg / Jam :

 

Dimensi Mesin:900 mm x 600 mm x 1080 mm.
Kapasitas:250 Kg – 500 Kg Per Jam
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):8 PK.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Bahan Material Body: Plat Besi 3 mm
Bahan Material Rangka: UNP 6.5.
Jumlah Unit Pisau: 2 Buah.
Jumlah Roll Feeding: 2 Buah

Cara Kerja Mesin Pencacah Rumput Gajah

  • Siapkan material rumput kolonjono
  • Pastikan tangki bahan bakar motor bensi terisi dan bagian-bagian mesin tidak ada yang terlepas
  • Tarik tali tuas mesin pada mesin motor bensin atau motor disel
  • Pastikan mesin dalam kondisi nyala dan tidak bergoyang kanan kiri
  • Masukkan rumput kolonjono melalui lubang feeder
  • Atur kecepatan motor sesuai keinginan
  • Cacahan rumput akan keluar melalui lubang pengeluaran dan tampung.
  • Setelah proses pencacahan selesai, matikan mesin dan bersihkan seperti kondisi semula

 

Video Proses Mesin Pencacah Rumput Gajah

Berikut video proses Mesin Pencacah Rumput Gajah:

 

Info Pemesanan Mesin Pencacah Rumput Gajah Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

 

RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pencacah Rumput Gajah bagi anda yang membutuhkan sebuah alat yang sangat membantu dalam proses pencacahan rumput gajah.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pencacah Rumput Gajah.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Manfaat Mesin Pencacah Rumput Gajah

Tentu saja sebelum Anda menggunakan Mesin pencacah rumput gajah ini Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai manfaat dari mesin pencacah rumput gajah ini supaya Anda dapat menggunakan nya sesuai dengan manfaat dari mesin tersebut. Dengan Anda mengetahui manfaat dari mesin pencacah rumput ini Anda akan lebih leluasa dan akan lebih bijak dalam memanfaatkan mesin pencacah rumput gajah ini dan ada baiknya jika Anda juga belajar cara merawat mesin pencacah rumput ini.

Dengan hadirnya mesin pencacah rumput gajah ini, Anda dapat mengubah atau Menyulap rumput yang tadinya berukuran besar menjadi cacahan rumput kecil-kecil yang bisa memudahkan ternak untuk memakan semua pakannya. Media ini jelas lebih efisien. Ternak mendapatkan semua porsi makannya tanpa ada sisa, para peternak juga tidak perlu membuang sisa makanan.

Cara Kerja Mesin Pencacah Rumput

Langkah pertama yang perlu diketahui oleh Anda sebelum Anda mulai menggunakan mesin pencacah ini yaitu dengan mengetahui cara kerja mesinya. Dengan Anda mengetahui cara kerja mesin nya dan jika Anda sudah paham bagaimana proses rumputnya dari yang masih berukuran besar-besar hingga menjadi kecil-kecil maka Anda dinyatakan sudah bisa menggunakan mesin tersebut.

Mesin Pencacah Rumput gajah ini secara operasional sangatlah sederhana. Mesin ini bisa digerakkan dengan menggunakan motor diesel. Jika penggerak mesin telah dihidupkan, pisau penggerak akan berputar dengan cepat. Pisau ini bisa terbuat dari pisau baja atau planer stenlis yang telah didesain dengan baik sesuai kebutuhan.

Setelah itu rumput tersebut dimasukkan ke dalam mesin melalui corong pemasukan. Maka ketika input rumput terkena pisau, rumput akan tercacah dari ukuran yang tadinya besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan hasil cacahan akan keluar melalui corong output. Hasil cacahan bisa berupa cacahan sekitar 0,5 – 1,0 cm. Ukuran hasil cacahan rumput diatur dengan ukuran saringan yang ada didalam mesin pencacah rumput tersebut.

Jenis – Jenis Mesin Pencacah Rumput Gajah

Jika Anda ingin muai berbisnis menggunakan rumput gajah. Maka barang atau peralatan yang Anda butuhkan yaitu mesin pencacah rumput gajah, dengan menggunkan mesin ini Anda dapat mencacah rumput gajah dngan cepat dan efisien serta aman digunakan jika sesuai dengan kapasitas mesin nya.

a. Mesin Pencacah Rumput dengan Jenis TK CH 2000

Kemampuan Untuk Mencacah :

1148 kg per jam
Dimensi yang dipunyai : 1508 x 1060 x 1100 mm

b. Mesin Pencacah Rumput dengan  Jenis BEJE/UT03A

Kemampuan Untuk Mencacah :

Rumput Gajah : 1886,4 kg per jam
Batang Jagung : 3103,2 kg per jam
Berat yang dimiliki : 240 kg
Dimensi yang dipunyai : 1850 x 1150 x 1300 mm

c. Mesin Pencacah Rumput dengan  Jenis CS 1000 ATT

Kemampuan Untuk Mencacah :

2216 kg per jam
Berat yang dimiliki : 212 kg
Dimensi yang dipunyai : 1610 x 680 x 1160 mm

d. Mesin Pencacah Rumput dengan Jenis C 2000 ATT

Kemampuan Untuk Mencacah :

1245 kg per jam
Berat yang dimiliki : 221 kg
Dimensi yang dipunyai : 1140 x 950 x 1440 mm

e. Mesin Pencacah Rumput dengan  Jenis MCP-O2

Kemampuan Untuk Mencacah :

Mencacah Rumput Gajah : 2150 kg per jam
Mencacah Batang Jagung : 1100 kg per jam
Berat yang dimiliki : 265 kg
Dimensi yang dipunyai : 1120 x 1540 x 1080 mm

f. Mesin Pencacah Rumput dengan Jenis TK CH 4000

Kemampuan Untuk Mencacah :

Dimensi yang dipunyai: 1550 x 1120 x 1150 mm
2142 kg per jam

g. Mesin Pencacah Rumput dengan Jenis CJ 4000 ATT

Kemampuan Untuk Mencacah :

4260 kg per jam
Berat yang dimiliki :374 kg
Dimensi yang dipunyai : 1168 x 1470 x 1230 mm

h. Mesin Pencacah Rumput dengan Jenis CS 1000 ATT 85

Kemampuan Untuk Mencacah :

1240.2 kg per jam
Berat yang dimiliki : 234 kg
Dimensi yang dipunyai : 1610 x 680 x 1160 mm

Kemudian jika Anda sudah membulatkan tekat untuk membuka usaha tersebut Anda dapat membeli Mesin pencacah rumput gajah ini di CV Rumah Mesin, tentusaja Anda kan menemukan mesin pencacah rumput di CV Rumah Mesin dikarenakan di CV tersebut sudah lengkap dengan berbagai esin yang Anda butuhkan dan banyak mesin lainya yang mungkin bisa berguna bagi usaha-usaha lain yang ingin Anda bangun.

Mengenal Rumput Gajah

Ada baiknya jika Anda mengenal atau memahami bahan olahan Anda untuk Anda proses menggunakan mesin pencacah yang tidak lain yaitu rumput gajah. Dengan Anda mengenal rumput gajah ini Anda dapat mengetahui cara memanfaatkan nya dengan baik dan apa saja kelebihan dan cara mengolah rumput gajah yang baik dan benar.

Hal ini dilakukan karena jika Anda mengolah bahan dengan menggunakan mesin tanpa mengetahui atau mengenal bahan yag dimasukan, dikhawatirkan akan terjadi kesalahan dalam proses pemecahan dan hasil yang diperoleh tidak akan sesuai dengan ekspetasi Anda.

Rumput Gajah adalah tanaman rumput-rumputan yang memiliki peran dalam pengawetan tanah dan air, rumput gajah ini dapat berfungsi ganda yaitu memiliki kemampuan untuk membantu mencegah berlangsungnya erosi dan dapat juga bermanfaat bagi hijauan makanan ternak.

Mengapa dikatakan geitu..? berikut adalah penjelasanya :

  • Tanaman rumput-rumputan bisa tumbuh dengan cepat sampai-sampai dalam jangka waktu yang singkat tanah sudah bisa tertutupi oleh tanaman tersebut secara rapat dan menyeluruh serta tebal.
  • Bagian atas dari tanaman daun-daunan bisa melindungi permukaan tanah dari percikan air hujan dan menghabat aliran permukaan.
  • Bagian bawah tanaman perakaran bisa memperkuat resistensi tanah dan membantu melancarkan infiltrasi air kedalam tanah.

Penanaman rumput gajah bisa dilakukan degan cara monokultur ataupun interkultur dengan tanaman tahunan sehingga bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Pertumbuhan rumput gajah yang relatif cepat dalam jangka waktu yang pendek serta peranan daun-daun dan perakarannya terhadap erosi, maka membudidayakan rumput gajah dapat menjadi pilihan yang tepat dan menguntungkan.

Rumput Gajah atau dapat disebut juga sebagai rumput napier, adalah salah satu jenis hijauan pakan ternak yang berkualitas dan disukai oleh para hewan ternak. Rumput gajah ini dapat hidup diberbagai tempat, memiliki respon terhadap pemupukan, serta menghendaki tingkat kesuburan tanah yang relatif tinggi. Rumput gajah tumbuh merumpun bersamaan dengan perakaran serabut yang kompak, dan akan terus menghasilkan anakan apabila dipangkas dengan benar dan secara teratur.

Di  lahan tumpang sari, rumput gajah bisa ditanam pada guludan-guludan untuk  pencegah longsor akibat erosi. Morfologi rumput gajah yang rimbun, bisa mencapai tinggi lebih dari 2 meter sampai-sampai bisa berperan sebagai penangkal angin atau wind break terhadap tanaman utama.

Tanaman ini dibudidayakan dengan media potongan batang (stek) atau sobekan rumpun (pous) sebagai bibit. Bahan stek terbuat dari batang yang sehat dan sudah tua, dengan panjang stek sekitar 20 – 25 cm. Pemotongan dilakukan pada waktu penanaman ruas mata ini bisa untuk bibit yang berasal dari sobekan rumpun/ anakan (pous) langkah baiknya jika berasal dari rumpun yang sehat dan banyak mengandung akar serta calon anakan baru.

Sebelum penanaman bagian vegetatif dari sobekan rumpun perlu dipangkas terlebih dahulu supaya untuk menghindari penguapan yang tinggi sebelum sistem perakaran bisa aktif menghisap air.

Cara Merawat Mesin Pencacah Rumput Gajah

Menggunakan mesin pencacah rumput ini tidak boleh digunakan oleh sembarang orang dan jika Anda ingin menjalankan nya maka lebih baik nya supaya lebih aman Anda perlu membawa mesin pencacah rumput gajah ini ke orang yang paham dengan mesin atau berpengalaman dengan mesin. Dan jika Anda ingin melakukan nya sendiri tanpa melibatkan orang lain Anda bisa belajar tentang cara kerja atau cara memproses rumput gajah melalui mesin pencacah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan fatal dalam menjalankan mesin, walau menggunakan mesin pencacah rumput gajah ini bisa dibilang mudah akan tetapi untuk kebaikan dan kesehatan mesin lebih baik Anda mempunyai orang yang ahli dalam bida tersebut atau paling tidak Anda bisa belajar terlebih dahulu dengan menonton youtube atau melihat tutorial google supaya lebih aman.

Tentunya sebelum Anda menggunakan Mesin pencacah rumput gajah terlebih dahulu Anca harus mengetahui cara merawat mesin pencacah rumput gajah ini supaya tetap terjaga dan awet hingga anak cucu Anda. Langkah Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan mesin sesuai dengan kebutuhan, jangan memberikan atau menggunakan mesin diluar kapasitas mesin tersebut.

Dikarenakan ini dapat membuat mesin nya terlalu over dalam bekerja dan dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Selanjutnya Anda dapat mengecek keadaan mesin setiap kali hendak memakai nya cobalah cek pada bagian corong keluar nya atau pada bagian input masuk rumputnya, jika ada sesuatu yang tersumbat maka akan segera diketahui.

Pentingnya Mesin Pencacah Rumput Gajah

Telah menjadi rahasia umum jika salah satu hal yang paling penting dalam operasional usaha peternakan yaitu suplai pakan yang cukup. Jika hewan ternaknya adalah sapi atau kambing, berarti Anda harus mempunyai suplai rumput yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan ternak, Karena itulah, keberadaan mesin pencacah rumput sudah menjadi faktor pendukung utama kesuksesan Anda dalam mengatasi problem peternakan pakan.

Dan pasti sudah Anda ketahui bahwa kedua jenis hewan ternak tersebut membutuhkan suplai pakan berupa rumput gajah, daun tebu dan daun jagung. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa semua jenis pakan tadi mepunyai manfaat yang besar bagi ternak. Tidak hanya itu pakan tersebut juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi hewan ternak.

Tidak hanya itu, para ahli peternakan juga meyakini bahwa dicampurnya pakan buatan dengan pakan alami ini akan jauh lebih baik darpada jika ternak hanya mendapatkan suplai pakan non alami saja.

Hanya saja yang menjadi masalah yaitu ketiga jenis pakan tadi itu memiliki bentung yang cukup besar-besar untuk dikonsumsi oleh hewan ternak. Bagi Anda yang mempunyai pakan ternak ukuran yang besar, pasti Anda akan kerepotan. Masalah ini sangat simpel, pakan tersebut akan sering berantakan dan tersisa di wadah pakan ternak. Hal itulah yang membuat Anda boros terhadap pakan bahkan bisa sampai membuat manajemen usaha Anda jadi buruk.

Maka dengan hadirnya mesin pencacah rumput gajah, Anda bisa mengubah rumput yang tadinya beruuran besar-besar menjadi cacahan rumput yang berukuran kecil-kecil yang akan mempermudah ternak untuk memakan dan menghabiskan semua pakannya.

Cara iniakan lebih efisien dikarenakan tidak memboroskan pakan dan hewan ternak akan selalu menghabiskan pakan nya jadi tidak ada lagi sisa pakan yang tersisa di wadah. Hewan ternak bisa mendapatkan seluruh porsi makannya tanpa ada sisa. Apalagikeanyak peternak sekarang lebih memilih untuk membeli pakan ketimbang mencarinya sendiri dan mengolahnya sendiri.