Mesin Penghancur Kayu Terbaru Rumah Mesin

Gambar Mesin Penghancur Kayu Rumah Mesin

Mesin Penghancur Kayu adalah alat untuk membuat rontokan kayu sering disebut dengan wood fiber untuk keperluan media tanam. Alat penghancur kayu ini didesain agar mudah penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.

Dimana media tanam yang dibuat dari serbuk atau gilingan kayu akan sangat bermanfaat bagi kesuburan sebuah tanaman. Sehingga pertumbuhan dari tanaman tersebut akan lebih optimal, lebih sehat, dan lebih baik.

Spesifikasi Mesin Penghancur Kayu Rumah Mesin

Gambar Mesin Penghancur Kayu Rumah Mesin
Gambar Mesin Penghancur Kayu Rumah Mesin

Spesifikasi Mesin Penghancur Kayu

Kapasitas : 50-100 kg/jam (Tergantung jenis kayu).
Dimesnsi : 860mm x 600mm x 800mm.
Material Rangka : Besi Siku.
Naterial Tabung : Plat Eser.
Pisau Pencacah : Besi Baja.
Jumlah Pisau : 4 Biji.
Penggerak : Diesel.
Daya (Power) : 8PK.
Energi yang digunakan : Solar.
Kapasitas Mesin : 100 Kg / Jam
Fungsi : Untuk menghancurkan kayu untuk media tanam maupun merontokkan kayu untuk campuran media tanam.

Keunggulan Mesin Crusher Kayu

  1. Memudahkan proses penghancuran, perontokkan, pencacahan kayu untuk keperluan membuat media tanam.
  2. Menggunakan diesel sehingga sangat memudahkan untuk digunakan dimanapun, tanpa tergantung listrik
  3. Berkapasitas besar, sehingga mampu menghancurkan kayu dengan cepat yaitu mencaai 100 Kg.
  4. Menggunakan material pisau yang kuat (Baja) yang siap menghancurkan semua kayu.
  5. Dilengkapi dengan roda, sehingga mobilitas mesin menjadi sangat mudah.

Video Mesin Penghancur Kayu

 

Fungsi Mesin Penghancur Kayu

Fungsi mesin penghancur kayu ini adalah menghancurkan kayu dan ranting menjadi ukuran kecil-kecil. Di dalam mesin terdapat pisau-pisau yang tajam yang mampu menghancurkan kayu yang di masukkan ke dalamnya

Aplikasi Mesin

Mesin ini dan Hasil dari cacahan kayu dengan mesin ini bisa digunaka untuk : bahan bakar / arang industri kuliner, media tanam (misal jamur), industri yang berhubungan dengan perkayuan, dan sebagainya

Bahan yang bisa dihancurkan

Bahan-bahan yang bisa dirajang dengan mesin ini antara lain :

  • Kayu diameter maksimum 15 cm
  • Ranting dan cabang pohon
  • Limbah kayu

 

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 

 

Informasi Pemesanan Mesin Penghancur Kayu Rumah Mesin

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

CV. Rumah Mesin menyediakan Mesin Penghancur Kayu untuk membantu mempermudah anda dalam menghancurkan atau melembutkan kayu kayu yang ingin anda giling.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya, seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain.

Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Penggiling Kayu.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami .

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Dikarenakan mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Anda juga dapat menguji atau mencoba mesin kami sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Mesin Penghancur Kayu

Budidaya jamur merupakan salah satu potensi bisnis yang sangat menjanjikan jika dikembangkan di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Investasi atau modal yang diperlukan dalam menjalankan bisnis budidaya jamur cukup murah sehingga Anda tidak perlu menyiapkan modal yang besar dalam mengembangkan bisnis tersebut. Dalam menjalankan budidaya jamur ada beberapa bagian sulit yang perlu Anda lakukan yaitu pembuatan baglog. Baglog merupakan media tanam yang sebelumnya telah diinokulaikan dengan bibit jamur pilihan yang berkualitas. Jenis jamur yang kebanyakan sering dibudidayakan oleh masyarakat secara luas adalah jamur tiram. Jamur tiram merupakan jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Aneka olahan makanan yang dibuat dengan jamur tiram juga cukup banyak dan semuanya memiliki cita rasa yang nikmat. Kebutuhan para pembisnis makanan akan jamur tiram yang semakin meningkat membuat potensi bisnis jamur tiram sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Peluang usaha bisnis jamur tiram bisa dijalankan oleh siapa saja bahkan sebagai pembisnis yang masih pemula. Dalam menjalankan usaha budidaya jamur diperlukan beberapa tahapan atau kegiatan yang perlu Anda ketahui sebelumnya supaya usaha yang Anda jalankan dapat berkembang dengan usaha. Tahapan apa saja yang perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis budidaya jamur diantaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

  1. Menyiapkan Kumbung

Apa yang Anda ketahui tentang kumbung? Kumbung merupakan rumah jamur yang akan digunakan sebagai tempat baglog. Jamur akan tumbuh di dalam kumbung yang terbuat dari bambu. Kumbung biasanya dibuat dengan beberapa rak ke atas yang digunakan untuk meletakkan baglog. Bagunan kumbung yang dibuat harus bisa menjaga suhu dan kelembaban di bagian dalamnnya supaya proses petumbuhan jamur tidak terkendala. Dalam pembuatan kumbung usahakan untuk tidak menggunakan atap dari bahan seng dan asbes karena mudah mendatangkan panas. Bagian lantai hendaknya tidak diplester supaya air yang digunakan untuk menyiram jamur dapat meresap dengan mudah. Setelah pembuatan kumbung sudah jadi sebaiknya baglog tidak langsung dimasukan ke dalam kumbung. Anda perlu melakukan beberapa langkah atau kegiatan seperti membersihkan kumbung dan menyemprot kumbung dengan pestisida. Setelah bau obat hilang maka Anda bisa memasukan baglog di dalam kumbung dengan penataan yang rapi.

  1. Menyiapkan Baglog

Baglog adalah media tanam jamur yang terbuat dari serbuk gergaji. Jamur tiram merupakan jamur kayu sehingga baglog harus dibungkus dengan menggunakan plastik. Salah satu ujung plastik diberi lubang yang akan akan membuat jamur tumbuh keluar. Agar menghemat biaya yang Anda kelurakan maka Anda bisa membuat baglog sendiri.

  1. Perawatan Jamur Tiram

Cara perawatan jamur tiram dapat dilakukan dengan beberapa tahapan. Sebelum baglog disusun pada kumbung Anda harus membuka cincin dan kertas penutup baglog. Diamkan selama 5 hari setelah itu potong ujung baglog untuk memberi ruang untuk pertumbuhan lebih lebar. Proses ini dibiarkan selama 3 hari dan jangan disiram. Proses penyiraman sebaiknya dilakukan dengan menggunakan sprayer. Frekuensi penyiraman sebaiknya dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari, tergantung suhu dan kelembaban kumbung. Usahakan suhu kumbung pada kisaran 16-24oC.

  1. Pemanenan

Proses panen dilakukan untuk jamur yang telah mekar dan telah membesar. Proses penan tidak boleh terlambat meskipun hanya satu harai saja. Hal ini akan membuat warna menjadi berubah kuning kecoklatan dan tudungnya menjadi pecah.

Tahapan dalam proses budidaya jamur dapat Anda perhatikan di atas. Dengan melihat tahapan di atas Anda bisa semakin mudah dalam menjalankan peluang bisnis budidaya jamur tiram. Menjalankan sebuah bisnis memerlukan perhitungan yang jelas dan detail untuk itu Anda harus mengetahui hitungan analisa usaha budidaya jamur tiram.

Beberapa Jenis Jamur

Jika Anda menyukai jamur olahan tumbuhan ini, ketahuilah jenis-jenis jamur yang bisa dimakan berikut ini.

1. Jamur Tiram

Jamur tiram atau mutiara merupakan salah satu jamur yang bisa dimakan di Indonesia, sehingga banyak dijadikan olahan yang lezat, mulai dari ditumis maupun digoreng kriuk. Jamur satu ini sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau, jadi tak heran jika sangat disukai oleh banyak orang.

Jamur ini memiliki bentuk yang melebar dan besar dengan warna putih agak kusam. Dinamakan tiram karena bentuknya menyerupai cangkang tiram mutiara. Bagian bawahnya berserat halus, teksturnya jika sudah mirip menyerupai daging ayam.

Dapatkan jamur tiram segar berkualitas di LOTTE Mart terdekat. Selain dapat digunakan untuk memasak macam-macam hidangan yang enak, khasiatnya untuk kesehatan juga sangat bagus.

2. Jamur Champignon/Kancing

Champignon atau biasa dikenal dengan sebutan jamur kancing juga bisa dimakan dan cukup populer di Indonesia. Jamur champignon ini dapat dimasak menjadi berbagai hidangan lezat, antara lain sup krim, saus steak, tumisan, dan lain sebagainya sesuai selera masing-masing.

Bentuknya bulat dengan warna putih dengan noda cokelat, serta memiliki ukuran tidak terlalu besar. Champignon dijual dalam bentuk segar maupun awetan, sangat mudah ditemui di pasaran khususnya supermarket.

Salah satu tempat Anda bisa mendapatkan jamur kancing berkualitas baik sekaligus awet dan siap masak di LOTTE Mart. Isinya cukup banyak, bobotnya kurang lebih 900 gram.

Adapun champignon segar juga bisa Anda temukan di LOTTE Mart. Dengan harga terjangkau, bisa didapatkan kurang lebih kilogram champignon segar di sana.

3. Jamur Portabella

Portabel merupakan jenis jamur yang boleh dimakan dan cukup banyak dikenal di Indonesia. Portabella sangat cocok dinikmati dengan cara dipanggang, ditumis, maupun sebagai tambahan saus pada hamburger dan steak.

Fungi satu ini memiliki ukuran besar dan lebar, bagian kepalanya berbentuk payung bulat. Kemudian pada bagian bawah payungnya berserat warna coklat kehitaman. Sebelum melihat baunya sedikit terlebih dahulu, sebelum jadi harus bersih bersih setelah mengkonsumsinya.

Anda bisa mendapatkan produk portabella segar di LOTTE Mart. Kesegarannya selalu terjamin setiap hari, serta kualitasnya pun sangat baik.

4. Jamur Kuping

Jamur yang boleh dimakan lainnya adalah jamur kuping. Biasanya jamur yang bisa dimakan maupun yang mudah ditemukan di berbagai masakan, khususnya chinese food, capcay, tumisan, sup. Banyak orang mencarinya karena memiliki tekstur serta rasa unik ketika sudah masuk ke mulut.

Jamur kuping memiliki bentuk melebar dan kecil, tidak berbentuk tudung atau payung seperti jamur lainnya. Jika sudah dimasak teksturnya kenyal dan renyah. Warnanya hitam kecoklatan, mudah ditemukan di pepohonan. Khasiatnya sangat bagus untuk membantu mencegah gangguan pada pembuluh darah serta mengurangi tekanan darah tinggi.

Dapatkan produk ini di LOTTE Mart terdekat. dijamin kualitasnya selalu segar setiap hari. Selain itu Anda juga dapat membaca inspirasi resep jamur yang lezat pada artikel berikut ini.

5. Jamur Shiitake

Anda mungkin cukup populer dengan shiitake, jamur jepang yang biasanya ada pada berbagai masakan, misalnya shabu-shabu, ramen, dan udon. Tak hanya itu, shiitake dinilai termasuk jamur yang paling lezat di dunia karena memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih saat disantap.

Shiitake memiliki bagian payungnya berbentuk melebar dan bulat. Selain itu juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain membantu peredaran darah, mengontrol kolesterol, meningkatkan imunitas tubuh, serta sebagai antioksidan. Mengkonsumsinya secara rutin juga dapat membantu mencegah kanker karena sifatnya antikarsinogenik sekaligus anti mikroba.

6. Jamur Shimeji/Hokto

Shimeji atau hokto merupakan jenis-jenis jamur yang bisa dimakan dan banyak dijual di berbagai negara, termasuk Asia dan Eropa. Bentuknya memanjang berwarna coklat dan sebagian lainnya berwarna putih dengan tekstur lembut dan dagingnya empuk.

Shiitake/hokto harus dimasak sampai matang sehingga rasanya tidak pahit. Shimeji ini dapat disajikan dengan cara ditumis, membuat sup atau makanan berkuah lainnya, maupun sebagai saus steak.

Produk Jamur Hokto Twin segar dan berkualitas ini dapat ditemukan di LOTTE Mart maupun aplikasi/website LOTTEMartmall. Tertarik untuk berperan sebagai santapan lezat?

7. Jamur Enoki

Enoki akhir-akhir ini menjadi sangat populer dan mudah ditemukan di pasaran Indonesia. Biasanya dijadikan sebagai tambahan pada olahan masakan berkuah, masakan korea, maupun di goreng krispi. Aromanya cenderung seperti buah, cita rasanya manis, serta teksturnya kenyal sekaligus lembut di lidah.

Enoki berwarna putih, bentuknya memanjang dengan batang tipis, serta memiliki bentuk kepala yang kecil. Enoki tumbuh bergerombol dan mirip dengan shimeji/hokto. Menariknya lagi, Anda dapat dengan mudah menemukan harga yang sangat terjangkau di pasaran.

8. Jamur Barat

Pada saat musim penghujan, di beberapa wilayah Indonesia mudah ditemui jamur barat. Jamur yang satu ini biasanya tumbuh liar di hutan pada suhu dingin ketika musim hujan. Mungkin kedengarannya kurang populer dan tidak semua daerah menjualnya, tetapi rasanya tak kalah lezat dari jamur lainnya.

Jamur barat bisa dimakan dan rasanya cenderung gurih. Bentuknya menyerupai caping tetapi melebar pada bagian ujungnya dengan warna coklat, tumbuh liar di pepohonan serta rerumputan hutan. Disebut barat karena tumbuhnya hanya ketika banyak angin (orang Jawa disebut sebagai musim barat).

9. Jamur Truffle

Siapa yang tidak kenal truffle? Truffle merupakan jamur yang boleh dimakan karena memiliki cita rasa sekaligus aroma unik, sangat enak dijadikan sebagai tambahan pada masakan. Harganya termasuk sangat mahal, tak semua orang pernah terkenal.

Harga truffle mahal karena proses mendapatkannya tidak mudah, karena budidayanya pun cukup sulit dan hanya bisa tumbuh alami pada batang pohon ek. Manfaat truffle sangat baik bagi kesehatan, antara lain sebagai antioksidan, mengontrol kolesterol, sampai mencegah penyakit jantung. Jika tertarik, Anda dapat mencoba mengunjungi restoran berbintang lima maupun secara online.

10. Jamur Matsutake

Selain truffle, matsutake juga termasuk salah satu jamur termahal di dunia. Harganya yang mahal ini karena proses budidaya serta pengambilan matsutake hanya dapat dilakukan ketika musim gugur saja.

Matsutake memiliki bentuk panjang, batang besar, serta tudung menguncup bulat yang terlihat padat. Biasanya matsutake dapat diolah dengan cara dipanggang, di mana nantinya akan mengeluarkan aroma yang sedap. Rasanya pun seperti daging, ketika masuk mulut rasanya sangat segar.

Analisa Usaha Budidaya Jamur Tiram

Asumsi

  • Masa penggunaan mesin perajang kayu selama waktu 10 tahun.
  • Masa penggunaan alat penyemprot hama selama waktu 10 tahun.
  • Masa penggunaan kumbung selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan baglog selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan pisau selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan gunting selama waktu 4 tahun.
  • Masa penggunaan wadah untuk panen selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan peralatan tambahan selama waktu 3 tahun.

Investasi

Peralatan Harga 
 Mesin perajang kayu  Rp. 10,000,000
 Alat penyemprot hama  Rp. 500,000
 Kumbung  Rp. 1,500,000
 Baglog  Rp. 1,000,000
 Pisau  Rp. 50,000
 Gunting  Rp. 50,000
 Wadah untuk panen  Rp. 100,000
 Peralatan tambahan  Rp. 200,000
 Jumlah Investasi  Rp. 13,400,000

 

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap
 Penyusutan mesin perajang kayu 1/30 x Rp. 6.000.000  Rp. 333,333
 Penyusutan alat penyemprot hama 1/30 x Rp. 500.000  Rp. 16,667
 Penyusutan kumbung 1/30 x Rp. 1.500.000  Rp. 50,000
 Penyusutan baglog 1/30 x Rp. 1.000.000  Rp. 33,333
 Penyusutan pisau 1/30 x Rp. 50.000  Rp. 1,667
 Penyusutan telenan 1/30 x Rp. 50.000  Rp. 1,667
 Penyusutan wadah untuk panen 1/30 x Rp. 100.000  Rp.   3,333
 Penyusutan alat tambahan 1/30 x Rp. 200.000  Rp. 6,667
 Total Biaya Tetap  Rp. 446,667

 

Biaya Variabel
 Bibit jamur  Rp. 100,000  x  30  =  Rp. 3,000,000
Serbuk gergaji  Rp. 50,000  x  30  =  Rp. 1,500,000
 Karet  Rp. 15,000  x  30  =  Rp. 450,000
 Kantong plastik  Rp. 30,000  x  30  =  Rp. 900,000
 Koran  Rp. 25,000  x  30  =  Rp. 750,000
 Obat hama  Rp. 50,000  x  30  =  Rp. 1,500,000
 Biaya Variabel  Rp. 8,100,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 8,546,667

 

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
500 kg  x  Rp. 2,000  =  Rp. 1,000,000
 Rp. 1,000,000  x 30  hr  =  Rp. 30,000,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    30,000,000  – 8,546,667  =  Rp. 21,453,333

 

Lama Balik Modal
 Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 13,400,000  : 21,453,333  =    1  bln

Dari analisa usaha yang disediakan di atas Anda dapat mengetahui jika bduidaya jamur tiram sangat menguntungkan dan bisa menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah.

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :