Mesin Perontok Bulu Ayam Terbaru 2022

Mesin Perontok Bulu Ayam

Mesin Perontok Bulu Ayam adalah mesin untuk merontokkan bulu ayam atau mencabut bulu ayam dari dagingnya. Alat Bubut Bulu Ayam ini didesain mudah digunakan dan mudah dipindah-pindah.

 

Mesin Pencabut Bulu Ayam Rumah Mesin K 4

"<yoastmark

Spesifikasi Mesin Pencabut Bulu Ayam Rumah Mesin K4 :

Energi Yang Digunakan : Listrik / Bensin .
Penggerak : Elektro Motor / Motor Bensin.
Daya ( Power ) : 1/2 HP ( Elektro Motor ).
Tegangan Listrik : 220 V ( Elektro Motor ).
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz ( Elektro Motor ).
Bahan Material Tabung : Stainless Steel.
Tebal Material Tabung : 1 mm.
Rangka Mesin : Besi Siku.
Kapasitas : 4 Ekor – 5 Ekor / Proses.
Dimensi Mesin : 600 mm x 400 mm x 800 mm

Aplikasi / Penggunaan : Untuk menghilangkan bulu ayam yang telah direndam air panas sebelumnya dengan proses yang cepat dan tepat.

Keunggulan Mesin Perontok Bulu Ayam

  • Mutu biji dan keseragaman konsisten
  • Mudah dioperasikan
  • Mudah dibawa kemana-mana
  • Hemat energi dan bahan bakar

Cara Kerja Mesin Perontok Bulu Ayam

Masukkan ayam hasil rendaman air panas kedalam mesin, kemudian ayam akan diputar dalam tabung. Kemudian pencabut bulu ayam dalam tabung akan bekerja merontokkan bulu ayam. Hasil pengolahan bulu ayam tersebut bulu akan terkelupas dari kulitnya kemudian pisahkan dan bersihkan.

 

Perontok Bulu  Ayam Untuk Meningkatkan Kehigienisan

Yang semakin banyaknya rumah makan siap saji dengan bahan baku utama dari ayam yang merupakan salah satu dampak dari perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung menginginkan sesuatu yang serba praktis. Karena hal tersebut dapat menyebabkan permintaan ayam potong khususnya ayam broiler meningkat.

Dengan salah satu proses yang terdapat di rumah potong ayam adalah merendam ayam kedalam wajan berisi air panas supaya mempermudah perontokkan bulu ayam. Untuk prosesnya tersebut yang dilakukan secara terus menerus tanpa mengganti air perendaman sehingga dapat menyebabkan air perendaman menjadi berwarna merah kehitaman dan membuat ayam potong tidak higienis.

 

Cara Penggunaan Mesin Perontok Ayam

Mesin cabut bulu ayam merupakan salah satu mesin yang digunakan untuk mencabut bulu ayam atau bulu unggas lainnya yang telah dipotong. Dengan harga mesin cabut bulu ayam yang kisaran antara 3 juta sampai 3,5 juta (dapat berubah sewaktu-waktu) tergantung dari toko penjualnya.

Meski alat mesin cabut bulu ayam yang merupakan alat yang canggih yang memiliki desain sederhana. Yang menggunakan mesin ini mampu mencabut bulu ayam dan bulu unggas lainnya secara otomatis, sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan cara manual untuk mencabuti bulu ayam.

Dalam cara kerja mesin cabut bulu ayam yaitu dengan memanfaatkan gerakan karet yang berputar dengan menggunakan mesin penggerak. Dengan demikian, mesin penggerak tersebut dapat berupa mesin penggerak bensin atau elektromotor (dinamo), namun, yang sering digunakan adalah elektromotor karena lebih mudah dan praktis dalam mengoperasikannya.

Namun mesin cabut bulu ayam ini juga banyak yang digunakan oleh para pengusaha ayam potong, karena dengan menggunakan mesin cabut bulu ayam ini, proses pencabutan bulu ayam lebih cepat menghasilkan ayam potong yang lebih bersih dan berkualitas bagus.

Untuk cara pengoperasian mesin cabut bulu ayam tersebut cukum mudah, tinggal memasukkan ayam atau unggas yang sudah direndam aur hangat, dalam hitungan menit bulu unggas atau ayam sudah bersih tercabut dengan sempurna.

Cara Penggunaan Mesin Pencabut Bulu Ayam

Bahan dan peralatan yang disiapkan:

  • Mesin pencabut bulu ayam atau mesin perontok ayam
  • Ayam yang sudah disembelih
  • Wadah untuk ayam

Cara penggunaan mesin pencabut bulu ayam:

  1. Pertama sediakan mesin pencabut bulu ayam.
  2. Kemudian alat mesin pencabut ayam yang sudah tersedia dicolokan pada listrik.
  3. Selanjutnya tekan tombol ON pada alat mesin pencabut bulu ayam.
  4. Namun jika mesin sudah menyala masukan ayam yang sudah disembelih ke dalam mesin pencabut bulu ayam
    Pencabutan bulu ayam akan berjalan secara otomatis.
  5. Ketika ayam sudah bersih matikan mesin pencabut bulu ayam dengan menekan tombol OFF.
    Terakhir ambil ayam yang sudah dibersihkan dan masukan dalam wadah yang telah disediakan.

Keuntungan Menggunakan Mesin Pencabut Bulu Ungas :

  1. Bulu tercabut bersih sempurna dan menggunakan mesin cabut bulu unggas dapat menghasilkan cabutan bulu yang bersih sempurna.
  2. Waktu yang lebih cepat dan efisien, namun menggunakan pencabut bulu unggas akan menghemat banyak waktu karena seluruh pemrosesan pencabutan bulu dilakukan oleh mesin.
  3. Untuk material bahan terbuat dari stainless steel 0.8 mm sehingga dapat menjadikan mesin pencabut bulu ini lebih awet disbanding dengan mesin lain yang menggunakan bahan dari plat besi.
  4. Body mesin pencabut bulu ayam sangat kokoh. Tujuan didesain kokoh supaya dalam kerjanya lebih mantap. Ditunjang dengan material mesin lebih bagus dibanding dengan tipe mesin lainnya.
  5. Makan untuk menghemat waktu dan tenaga karena dalam waktu sekitar 1 menit mampu mencabut bulu unggas hingga bersih. Meskipun pencabutan secara konvensional (tanpa alat) akan memakan waktu lebih lama dan tenaga lebih banyak.
  6. Biaya menjadi lebih murah Lebih praktis dan efisien.
  7. Hasilnya lebih bersih dan daging muls (tidak lecet- lecet). Maka penanganan pencabutan bulu secara konvensional yang sering menyebabkan badan unggas lecet sehingga menimbulkan kesan kurang menarik.

Fitur Unggulan Pencabut Bulu Unggas Dari Kami :

  1. Namun yang terbuat dari stainless steel grade A 0.8mm yang merupakan bahan kualitas terbauk yang tahan karat dan juga tahan terhadap lemak hewani yang biasanya mengendap di kuli8t ayam atau unggas.
  2. Pada komponen yang presisi. Mesin kami diproduksi masal oleh pabrik sehingga memiliki bentuk presisi dari setiap komponen. Dalam bentuk presisi ini yang mampu mengurangi tingkat gesekan antar komponen terutama di bagian sambungan dan mekanik sehingga mesin bekerja lebih sunyi dan lebih awat dengan penggunaan yang lama.
  3. Mesin Pencabut Bulu Ayam (Unggas) : SX60-750W.
  4. Cara perawatan mesin pencabut bulu ayam (unggas) ini cukup mudah, hanya perlu dibersihkan setelah pemakaian. Selain itu, kami juga yang memiliki jaringan teknisi di seluruh kota besar di Indonesia sehingga anda tidak perlu khawatir tentang garansi, sparepart dan juga after sales kami.
  5. Demikian informasi lebih lanjut, konsultasi dan pembelian silahkan menghubungi customer service kami. Untuk anda yang masih tahap awal dalam penggunaan mesin ini ataupun akan memulai bisnis yang menggunakan mesin ini, Anda bisa berkonsultasi dengan kami terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimall. Jika ayam yang sudah bersih bisa juga dipadukan dengan mesin blender daging untuk menghaluskan daging ayam.

 

Peranan Mesin Pncabut Bulu Unggas Dalam Bidang Peternakan

Semenjak tahun ke tahun produksi peternakan unggas yang meliputi ayam, itik, burung dara, dan burung puyuh, selalu peningkatan jumlah penduduk mengalami peningkatan. kebutuhan akan protein hewani juga meningkat.

Dalam memenuhi kebutuhan ini juga pengembangan populasi unggas lebih mendapat prioritas, sebab unggas dapat menggantikan protein hewani yang berasal dari ternak besar dan ternak kecil yang lebih mahal harganya.

Selain itu juga, unggas memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dibanding hewan lainnya (ternak besar dan ternak kecil), sehingga mampu menutup kekurangan konsumsi protein hewani yang diperlukan masyarakat.

Demikian keadaan ini menuntut penanganan pascapanen yang lebih cepat, termasuk pada tahap pencabutan bulu, salah satu teknologi tepat guna yang mampu menangani dengan cepat pencabutan bulu unggas adalah “mesin pencabut bulu unggas”.

 Fungsi Sosial Ekonomi Dalam Masyarakat

Dalam mesin pencabut bulu unggas di tengah-tengah masyarakat akan membawa pengaruh sosial ekonomi yang positif. Namun dari segi ekonomi, mesin pencabut bulu unggas dapat memberikan sumber pendapatan pada setiap rantai kegiatannya, mulai dari pengadaan bahan, pembuatan, pemasaran, sampai pada penggunaannya. Selain itu, mesin pencabut bulu unggas juga dapat menambah pendapatan negara melalui pajak, dan cukai.
Dengan menyelesaikan satu mesin dengan ukuran diam- eter dandangtabung 45 cm diperlukan empat orang tenaga kerja, sedangkan untuk pengoperasiaannya memerlukan satu orang tenaga kerja.

 

Mengenal Mesin Pencabut Bulu Unggas

Dalam pengetahuan yang mendalam tentang komponen mesin pencabut bulu unggas memudahkan cara pembuatan pengoperasian, dan perawatannya. Untuk perakitan yang perlu diketahui tentang mesin pencabut bulu unggas adalah sebagai berikut.

Komponen – Komponen Mesin Pencabut Bulu Unggas Dan Fungsinya

1. Dandang

Untuk komponen ini yang berfungsi sebagai tempat mencabut bulu unggas. Dalam dinding dandang dipasang pada karet-karet lentur yang fungsinya untuk menyangkut bulu-bulu ayam. Namun demikian, bulu-bulu ayam akan tercabut saat mesin dihidupkan, yang mulai dari bagian atas dandang terdapat plat penutup, tetapi tidak menutup keseluruhan dandang, agar unggas yang dimasukkan ke dalam dandang pada saat mesin dihidupkan tidak terlempar ke luar. Selain itu, dandang ini juga yang dipasang bersama alas dandang di atas rangka yang dibaut. Hal ini karena bahan dandang ini yang terbuat dari pelat aluminium setebal 1 mm dan ukurannya 470 mm x 1.300 mm. Cara pembuatannya juga yang dikerjakan dengan kelengkapan kerja pelat, yaitu menggunting, mengerol, melipat, mengebor, dan mengeling.

2. Alas Dandang

Meski alas dandang ini berfungsi sebagai alas atau tempat kedudukan dandang pada saat dandang dipasang di atas rangka mesin. Namun dandang dan alas dandang dengan menggunakan dibaut. Darii bahan alas dandang ini merupakan pelat aluminium setebal 1 mm dan ukuran 500 mm x 500 mm.

3. Rangka Mesin

Dalam rangka mesin ini yang berfungsi sebagai kedudukan semua komponen mesin. Namun kerangka mesin ini yang setiap komponen dapat terpasang dengan baik dan kuat. Untuk bahan untuk kerangka mesin adalah besi strip siku st, 37 dengan ukuran 490 x 5 mm (14 buah). Cara pembuatannya menggunakan gunting tuas untuk memotong, mesin bor, dan mesin las untuk pengelasannya.

4. Tutup Rangka Mesin

Untuk komponen ini yang berfungsi menutup rangka mesin agar rangka mesin dan bagian-bagian di dalamnya. Selain itu, tutup Juga untuk menjaga agar motor tidak kemasukan air.

5. Poros

Untuk komponen ini yang berfungsi sebagai penerus putaran dari motor listrik melalui V-belt ke sarangan. Namun komponen ini juga sebagai kedudukan pulley driven. Untuk bahan untuk poros adalah besi st, 37 dengan ukuran 0 1,5″ x 460 mm. Pembuatannya dilakukan dengan mesin bubut.

6. Saringan

Pada komponen ini yang berfungsi mencabut bulu unggas pada saringan dipasang karet-karet. Namun jika dalam keadaan berputar, unggas yang berada di atasnya akan berputar.

7. Pulley Driver

Pada komponen ini yang berfungsi sebagai pulley penggerak Putaran pulley driver langsung dari motor listrik untuk diteruskan ke pulley driven. Untuk pulley driver yang dipasang pada poros motor listrik. Dengan bahan untuk membuat komponen ini adalah besi cor berukuran 0220 mm x 25 mm. Cara pembuatannya menggunakan mesin bor dan mesin bubut, dan me- sin stik untuk membuat alur pasak.

8. Pulley Driven

Pada komponen ini yang berfungsi sebagai penerus putaran dari pulley driver ke poros. Dalam diameter pulley driven dibuat de- ngan ukuran lebih besar. Yang demikian putaran yang terjadi lebih kecil daripada putaran motor listrik.

Untuk bahan yang digunakan untuk membuat komponen ini adalah besi cor dengan ukuran 0 53 mm x 25 mm. Cara pembuatannya juga dilakukan dengan mesin bor, mesin bubut, dan mesin stik untuk membuat alur pasak.

9. Motor Listrik

Pada komponen ini yang berfungsi sebagai penggerak mesin pencabut bulu unggas. Untuk motor listrik yang digunakan memiliki spesifikasi motor 1 fasa dengan putaran 1.400 rpm dan daya 1200watt, 380/220 V. Dalam ukuran ini cocok untuk ke- kuatan listrik pada rumah tangga. Selain begitu, motor listrik dapat juga digunakan mesin disel berkekuatan 2,5 PK atau 3,5 PK,

10.Dudukan Motor Listrik

Pada komponen ini yang berfungsi sebagai dudukan motor listrik. Dalam dudukan yang dibuat dengan model engsel pada salah satu tepinya, sementara pada tepi lainnya dipasang baut yang panjang. Selain itu, untuk menguncinya digunakan dua buah mur. Karena hal ini, dudukan diletakkan di samping rangka dengan posisi motor setelah terpasang menjadi vertikal. Dengan bahan yang di-gunakan untuk dudukan motor listrik.

11. Mur dan Baut Mur

Yang berfungsi sebagai pengikat dalam dua buah komponen yang dapat dilepas lagi. Untuk baut yang diperlukan adalah baut kepala payung dan kepala segi enam.

Namun baut kepala payung digunakan untuk mengikat dandang ke alas dandang, alas dandang dengan angka, dan sebagian tutup rangka dengan rangka. Selain itu, baut kepala segi enam digunakan untuk mengikat pillow kerangka dan dudukan motor listrik mesin disel. Mur baut yang diperlukan berukuran h”, 3/8″, dan 3/ 16

12. Paku Rivet

Namun paku rivet berfungsi sebagai pengikat dua buah komponen secara semi permanen, artinya dapat dilepas dengan cara merusaknya. Seain itu, paku rivet juga disebut paku keling. Paku rivet terbuat dari bahan aluminium.

13. Tali Kipas (V-Belt)

Pada komponen ini yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari pulley driver ke pulley driven. V-belt yang terbuat dari bahan karet.

 

Informasi dan Pemesanan Mesin Perontok Bulu Ayam

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Perontok Bulu Ayam bagi anda para pengusaha dibidang peternakan atau pemotongan ayam.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Perontok Bulu Ayam.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda.

Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda.

RumahMesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Mesin yang anda pesan juga bisa anda terlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan ).

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.