Rahasia Lezatnya Bumbu Khas Medan

bumbu khas medan

Bumbu Khas Medan – Setiap kota di Indonesia pasti memiliki makanan tradisional yang khas dari kota tersebut, contohnya seperti kota Medan. Medan adalah salah satu kota dengan kuliner tradisionalnya yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Kota besar yang berada di bagian Sumatera Utara ini menjadi kota terbesar urutan nomor tiga setelah DKI Jakarta dan Surabaya dan menjadi kota terbesar di Sumatera. Dengan ramai serta padat penduduk, kota ini sudah pasti memiliki makanan atau kuliner yang khas dari kota tersebut.

Soto Medan termasuk makanan trasional khas kota Medan yang banyak digemari oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Dengan rasa yang sangat kuat dan aroma khas yang keluar dari Soto Medan ini membuat makanan ini digemari banyak orang.

Soto Medan juga ternyata menggunakan rempah-rempah Indonesia untuk dijadikan sebagai bahan dasar makanan ini. Selain Soto Medan, masih banyak makanan khas Medan yang ternyata digemari oleh masyarakat Indonesia.

5 Bumbu Khas Kuliner Khas Medan

bumbu khas medan

Untuk mendapatkan rasa yang kuat dan otentik serta menggugah selera, makanan yang kita buat memerlukan rempah. Dengan kita menambahkan rempah, makanan yang kita buat akan memiliki rasa yang kaya dan menggugah selera.

Di Medan sendiri, biasanya masyarakat membuat makanan dengan menggunakan rempah-rempah yang berasal dari Tanah Toba atau memiliki khas dari Tanah Toba. Ada 5 Rempah khas Tanah Toba yang biasanya menjadi rempah tambahan untuk membuat masakan seperti berikut ini:

1. Andaliman

Rempah satu ini mungkin tidak terdengar familiar di telinga kita, khususnya yang tinggal di luar Sumatera Utara. Tetapi bagi masyarakat yang tinggal di Medan atau daerah Sumatera Utara lainnya, ini adalah rempah yang biasanya mereka pakai untuk membuat masakan.

Andaliman ini mengeluarkan aroma khas yang sangat amat kuat. Dengan memiliki rasa yang pedas, itu bisa membuat maskaan lebih memberikan cita rasa serta aroma yang sangat otentik.

Di daerah Medan sana, Andaliman ini biasa disebut dengan sebutan “Merica Batak” karena Andaliman ini ternyata memiliki rasa seperti Jeruk Lemon, dengan rasa asam segar tetapi juga meninggalkan sensasi kuat dan pedas pada lidah.

2. Jeruk Jungga

Jeruk Jungga ini masuk ke dalam 5 rempah dengan khas Tanah Toba. Jeruk ini memiliki jenis yang mirip seperti jeruk purut yang biasanya kita kenal, tetapi Jeruk Jungga ini memiliki rasa yang lebih masam dari jeruk lainnya.

Warna buah di dalam Jeruk ini juga terlihat lebih pucat dibandingkan dengan warna jeruk pada umumnya, serta jeruk ini juga mengeluarkan aroma yang harum. Tidak hanya itu, bulir dari Jeruk ini juga lebih besar ketimbang Jeruk lainnya.

3. Asam Gelugur

Asam Gelugur ini termasuk ke dalam asam yang sering digunakan masyakat Indonesia untuk membuat hidangan masakan. Asam Gelugur ini juga seringkali di miripkan dengan asam Jawa karena rasanya yang masam.

Asam Gelugur ini memiliki rasa masam yang kuat dan tajam hingga rasa masamnya bisa mengalahkan asam Jawa. Dengan ukuran yang kecil serta berwarna merah dengan sedikit kecoklatan untuk Asam Gelugur yang masih segar.

Untuk menambahkan Asam Gelugur ini ke dalam masakan, biasanya asam ini di keringkan terlebih dahulu sebelum dijadikan bumbu untuk masakan yang dibuat.

4. Rias

Bumbu rempah satu ini menjadi salah satu yang populer, khususnya pada daerah Sumatera Utara. Pada daerah lain, Rias ini dikenal dengan nama Kecombrang dengan warna merah muda yang cantik.

Biji dari Rias sendiri biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap untuk masakan ataupun bahan sayuran masakan tradisional Batak seperti Sambal Rias, Ikan Arsik, dan makanan lainnya.

Saking populernya Rias ini, banyak masyarakat khusunya di daerah Medan dan Sumatera Utara lainnya yang menanam bunga ini di depan rumah atau kebun mereka sendiri. Tidak hanya karena populer, Rias ini juga tidak mudah untuk ditemukan.

5. Lokio

Lokio ini ternyata juga sering dijadikan masyarakat sebagai bumbu untuk sebuah hidangan masakan. Lokio biasa disebut dengan sebutan Bawang Batak, bukan tanpa alasan, disebut dengan sebutan Bawang Batak dikarenakan lokio ini sering digunakan pada hidangan Batak.

Dengan bentuk yang mirip dengan kucai serta daun bawang, rasa yang di miliki Lokio ini seperti perpaduan antara bawang bombay dan bawang putih, tetapi rasa dari Lokio ini lebih ringan dan tidak terlalu menyengat.

Cara untuk Mengolah Bumbu

bumbu khas medan

Untuk kita mengolah dan membuat bumbu dengan khas Medan, kita memerlukan keterampilan agar menghasilkan cita rasa yang otentik. Keterampilan tidak perlu jago, yang terpenting kita sudah paham akan bumbu dengan khas Medan yang akan kita buat. Berikut ini adalah cara untuk kita mengolah bumbu Khas Medan yang bisa kita coba praktikkan dirumah :

1. Mempersiapkan Bahan-bahan

Pada tahap yang sangat awal ini, kita hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat bumbu ini. Pilihlah bahan-bahan yang segar dan memiliki kualitas yang tinggi agar menghasilkan hasil yang maksimal.

2. Cuci Bersih Bahan-bahan

Tahap selanjutnya adalah dengan cara kita mencuci bersih bahan-bahan yang akan kita pakai atau gunakan untuk mengolah bumbu. Pastikan bahan dalam keadaan yang bersih.

Jika semua bahan sudah di cuci dengan bersih, jangan lupa untuk menglap atau mengeringkan bahan sampai benar-benar kering, kita bisa menggunakan tisu atau lap bersih untuk mengeringkannya.

3. Penghalusan Bumbu

Pada tahap ini, kita mulai untuk menghaluskan bahan-bahan yang telah di siapkan dan di bersihkan secara maksimal. Masukkan semua bahan ke dalam alat penghalus atau penggiling bumbu seperti blender. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal serta menghemat waktu, kita bisa menggunakan mesin penggiling yang dibuat khusus untuk menggiling olahan bumbu.

4. Sangrai Bumbu

Jika semua bahan sudah dihaluskan dan sudah menjadi bumbu yang sudah di inginkan, pada tahap ini kita memasukkan bumbu hasil olahan ke dalam wajan tanpa minyak sedikitpun dan sangrai semua.

Sangrai dan bolak balik tiap bagian bumbu dan aduk-aduk agar tidak terjadi gosong atau hangus. Setelah hasil sangrai sudah mengeluarkan aroma harum yang kuat dan hasil sangrai sudah kering, artinya bumbu sudah siap untuk digunakan.

5. Penyaringan Bumbu (Opsional)

Pada proses penyaringan ini, kita bisa tidak melakukannya jika hasil olahan tadi sudah cukup sesuai dengan apa yang kita inginkan. Proses penyaringan bisa kita lakukan dengan menuangkan olahan bumbu yang sudah tersangrai ke atas saringan, bisa sesuaikan ukuran saringan.

Saring hingga semua bumbu sudah bertekstur halus dan seperti bumbu bubuk pada umumnya atau juga bisa kita sesuaikan dengan ke inginan kita. Proses ini berguna agar hasil dari olahan bumbu ini lebih ber tekstur halus serta cantik.

Nah, jadi itu dia cara kita untuk membuat bumbu dengan mudah dan cepat. Agar bumbu lebih tahan lama, kita harus pastikan kemasan yang digunakan sudah sesuai dengan bumbu dan tutup rapat sehingga tidak ada celah untuk udara masuk ke dalam kemasan bumbu tersebut.

Mengenal Mesin Pengaduk Bumbu Kering

bumbu khas medan

Jika kalian perhatikan tadi pada proses pembuatan bumbu di bagian penghalusan bumbu, kita bisa menggunakan mesin penggiling supaya lebih mudah dan cepat.

Tidak hanya lebih mudah dan cepat, jika kita menggunakan mesin yang memang khusus dibuat untuk membuat bumbu kita akan mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak akan ada hasil yang rusak atau tidak sesuai.

Bisa kita bayangkan bukan, seberapa mudahnya membuat bumbu hanya dengan kita menggunakan mesin pengaduk bumbu kering tersebut. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang Mesin Pengaduk Bumbu Kering yang terdapat di Rumah Mesin:

Apa itu Mesin Pengaduk Bumbu Kering?

Mesin Pengaduk Bumbu Kering ini adalah sebuah alat atau mesin yang sengaja dirancang dengan fungsi untuk mengaduk bumbu yang akan digunakan untuk masakan yang memiliki tekstur kering secara merata.

Mesin Pengaduk Bumbu Kering dari RUmah Mesin ini juga sangat membantu khususnya untuk pengusaha kuliner maupun pengusaha bumbu dapur untuk masakan. Karena dengan menggunakan mesin ini, dapat meningkatkan efisiensi berupa dana, tenaga, dan waktu serta meningkatkan konsisten dari bumbu yang dihasilkan.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa membantu kita untuk mengetahui lebih jauh tentang Mesin Pengaduk Bumbu Kering ini:

Fungsi Utama Dari Mesin Pengaduk Bumbu Kering

Mesin Pengaduk Bumbu Kering buatan Rumah Mesin ini sudah pasti digunakan untuk membantu kita mencampur bumbu kering. Pada proses pengadukan, mesin juga sudah pastinya konsisten dan setiap bagian bumbu merata agar rasa bumbu tidak ada yang berbeda-beda.

Kelebihan Mesin Pengaduk Bumbu Kering Buatan Rumah Mesin

Bisa kita lihat dari Website milik Rumah Mesin yang sudah dengan jelas menjelaskan kelebihan dari alat atau Mesin Pengaduk Bumbu Kering yang mereka buat, diantaranya adalah:

  • Pencampuran Bumbu Kering Lebih Merata.
  • Bahan Kontak Produk Dari Stainless Steel Anti Karat.
  • Menghemat Tenaga, Waktu, Pikiran, Dan Uang.
  • Mesin Mudah Dipahami Dan Mudah Digunakan.
  • Dibuat Dari Bahan Material Berkualitas Terbaik.
  • Hasil Pengadukan Lebih Berkualitas Dan Maksimal.
  • Dukungan Teknisi Handal Dan Suku Cadang Terbaik.
  • Konsultasi Harga, Usaha, Dan Kebutuhan ( Budget ).
  • Mesin Bergaransi.
  • Training Gratis.
  • Efektif Dan Efisien.

Dengan kelebihan yang sudah tertera diatas, kita bisa lihat sebagus dan membantu apa Mesin Pengaduk Bumbu Kering buatan Rumah Mesin ini. Dengan ini kita bisa menghemat waktu dan tenaga, menjaga bumbu agar tetap konsisten baik dari segi rasa maupun kualitas, dan juga bisa membuat bumbu dengan kapasitas atau jumlah yang banyak sekaligus.

Cara Kerja Mesin Pengaduk Bumbu Kering

Fungsi utama Mesin Pengaduk Bumbu Kering ini adalah untuk memastikan bahwa bumbu yang di olah sudah tersebar merata dengan baik. Proses ini bisa dimulai dengan kita memasukkan bahan atau semacam snack ke dalam mesin dan mulai menyalakan mesin.

Dengan kita menyalakan mesin, bumbu akan mulai meratakan bahan atau semacam snak yang sudah ada di dalam mesin tersebut. Pengadukan akan terus berlangsung hingga semua bumbu sudah menempel dan merata satu sama lain.

Agar kita lebih mudah dan mengerti cara penggunaan atau cara kerja dari mesin pengaduk bumbu kering ini, kita bisa melihat saja cara kerja mesin pengaduk bumbu kering ini di channel Youtube Rumah Mesin.

Penutup

Pada artikel ini, menjelaskan tentang Bumbu Khas Medan serta bumbu yang populer di daerah Sumatera Utara. Ternyata sangat banyak rempah bumbu yang jarang diketahui orang, padahal dengan kita menambahkan rempah bumbu ke dalam masakan kita, itu akan membuat masakan kita lebih mengeluarkan cita rasa serta aroma yang otentik.

Bumbu khas Medan ini sedikit dibutuhkan skill untuk membuatnya. Tetapi jika tidak memiliki skill khusus tidak perlu khawatir, karena dengan berbagai macam cara atau tutorial yang ada, kita bisa dengan mudah membuat bumbu tersebut.

Membuat bumbu juga bisa dengan mudah dengan menggunakan alat atau mesin, dan juga untuk mengaduk bumbu-bumbu tersebut, contohnya Mesin Pengaduk Bumbu Kering yang dibuat Rumah Mesin. Mesin Pengaduk Bumbu Kering ini sangat membantu kita dalam mengaduk atau mengolah bumbu untuk masakan.

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :