Table of Contents

Kalian bingung ingin makan enak tapi gak ada lauk yang pas? ini bisa kalian coba di rumah cara bikin abon sapi gurih yang lezat dan nikmat tanpa pengawet.

 

Cara Bikin Abon Sapi Gurih

cara bikin abon sapi

Abon adalah lauk kering yang populer dimakan di Indonesia. Makanan olahan daging ini bisa dijadikan pendamping berbagai masakan. Seperti bubur gurih atau nasi kuning. Anda juga bisa memakannya bersama dengan nasi putih begitu saja. Cara bikin abon sapi yaitu di campurkan dengaan gula merah, sehingga warnanya terlihat coklat cerah dengan tekstur serat daging yang lembut seperti kapas.

Pembuatan abon sapi tidaklah mudah jika dibuat dalam jumlah banyak dan ingin diawetkan. Untuk hasil yang di sukai banyak orang cara bikin abon sapi harus dipastikan abonnya benar-benar bebas dari air agar lebih awet dan tetap lezat. Abon dapat di jumpai dengan mudah di pasar tradisional atau toko bahan makanan. Namun kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini cara bahan dan cara bikin abon sapi gurih yang lezat dan nikmat tanpa pengawet. Anda juga bisa mengubahnya menjadi abon sapi pedas dengan menambahkan cabai rawit giling pada bumbu halus.

 

Manfaat dan Kelebihan Yang Dimiliki Abon Sapi gurih

Abon sapi merupakan produk olahan daging yang tahan lama. Untuk mengawetkan mutunya selama penyimpananan, maka harus dikemas dengan kantong plastic dan ditutup dengan rapat. Dengan ini, maka abon sapi gurih bisa disimpan dan dinikmati dalam beberapa minggu. Abon yang tahan lama ini memang dapat dijadikan sebagai lauk makanan dalam jangka panjang.

Setelah Anda melihat manfaat dan kelebihan yang dimiliki abon sapi ini, tentunya akan semakin penasaran untuk membuatnya. Begitupun cara bikin abon sapi ini mudah sekali dilakukan. Jika kalian penasaran ingin mencoban membuat abon sapi dirumah, maka bisa mencoba cara bikin abon sapi gurih di bawah ini.

 

Bahan Bikin Abon Sapi :

  • 500 gram daging sapi has dalam

  • 1 batang serai, memarkan

  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

  • 1 lembar daun salam

  • 750 ml air

  • 1 sendok makan ketumbar, tumbuk kasar

  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

  • 1 sendok makan Kecap Manis Bango

  • 2/4 sendok teh garam

  • 1 sendok teh gula merah

  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu Halus :

  • 5 butir bawang merah

  • 3 siung bawang putih

  • 2 cm lengkuas

  • 3 cm serai bagian putihnya

   Pelangkap :

  • bawang merah dan bawang putih yang telah di goreng secukupnya

 

Cara Memasak :

  1. Buang lemak pada daging sapi, ke mudian cuci hingga bersih.

  2. Rebus daging sapi bersama serai, daun salam, dan lengkuas sampai empuk. Setelah itu angkat dan tiriskan daging.

  3. Biarkan daging sapi rebus hingga dingin, lalu suwir-suwir dan sisihkan.

  4. Panaskan minyak goreng secukupnya.

  5. Tumis bumbu yang telah halus bersamaan dengan daun jeruk hingga harum.

  6. Masukkan santan dan daging sapi yang telah di suwir, lalu aduk rata.

  7. Masukkan garam dan gula merah. Aduk sampai santan meresap dan daging kering.

  8. Cara mengaduknya harus dilakukan terus agar daging yang berada di bagian bawah tidak hangus.

  9. Tambahkan minyak goreng secukupnya.

  10. Kemudian masak hingga abon kering dan berwarna kecokelatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.

  11. Tunggu sampai abon dingin,

  12. kemudian di blender hingga kering untuk mendapatkan tekstur abon yang benar-benar halus.

  13. Campur abon halus dengan bawang merah goreng dan bawang putih goreng secukupnya.

  14. abon telah selesai di bikin.

 

Mesin Pembuat Abon 

Abon merupakan makanan lezat yang di buat dengan bahan dasar daging yang disuwir-suwir untuk mendapatkan seratnya. Makanan yang disebut abon ini sangat digemari oleh masyarakat baik tua maupun muda. Bisnis abon merupakan bisnis kuliner yang tidak pernah mati.

Teksturnya yang renyah, gurih dan lembut dari daging sapi membuat abon sering dicari untuk dijadikan teman sebuah hidangan kuliner. Sayangnya, pembuatan abon tidak mudah apabila dilakukan secara tradisional. kalian tidak begitu mudah menghasilkan abon-abon pilihan dalam jumlah besar apabila menggunakan cara tradisional atau manual.

Pembuatan abon manual dapat dengan cara menggunakan garpu. Garpu ini digunakan untuk mencabik cabik daging yang sudah matang dan sudah bercampur dengan bumbu menjadi serpihan-serpihan abon. Berapa banyak tenaga yang akan kalian butuhkan untuk membuat abon. Pembuatannya yang masih bersifat manual, maka dari itu jumlah produksi abon yang dihasilkan pun masih sangat sedikit.

Upaya yang begitu besar hanya akan menghasilkan abon yang biasa saja dan dalam jumlah yang tidak banyak. Rasanya yang tidak renyah dan tidak lembut, bahkan karena pembuatannya yang memakan waktu lama justru tidak akan membantu kalian untuk dapat mengembangkan usaha sama sekali.

Maka dari itu cara bikin abon sapi dengan kualitas yang besar dibutuhkan sebuah mesin pembuat abon yang dapat membantu Anda mewujudkannya. Mesin pembuat abon bekerja secara praktis untuk menghasilkan abon yang berkualitas terbaik. Proses pembuatan abon menggunakan mesin yang praktis juga dinilai dapat mempercepat waktu kerja kalian. Meski waktu pembuatan abon lebih cepat, namun abon dapat dihasilkan rasa yang berkualitas seperti kerenyahannya, kelembutannya yang tetap terjaga. Bahkan jumlah abon yang dihasilkan jauh lebih banyak di bandingkan dengann harus membuatnya secara manual atau secara tradisional.

Ada berapa jenis mesin pembuat abon yang harus Anda persiapkan. Mesin ini merupakan mesin yang mampu membantu kalian dari awal daging digiling dan dicabik hingga menjadi daging abon yang benar-benr empuk dan sangat lembut. Mesin pembuat abon ini sangatlah mempermudah dan mempercepat proses produksi abon kalian dan sangat disarankan bagi kalian yang membuka usaha abon sendiri.

Untuk kalian yang tertarik menjadi pengusaha sukses dalam bisnis kuliner abon, kami merekomendasikan alat pembuat abon yang terdiri dari mesin suwir daging, mesin pengering abon dan mesin suwir abon. Alat pembuat abon sapi ini merupakan investasi yang patut kalian miliki, karena secara otomatis mesin dapat memproduksi abon dalam jumlah banyak. Tak hanya itu, dengan menggunakan alat pembuat abon, kalian dapat mengefisiensi waktu kerja kalian. Penggunaan alat pembuat abon menjadikan kinerja Anda lebih cepat bahkan berkali-kali lipat dibandingkan pembuatan abon secara manual yakni menggunakan alat tradisional.

Alat pembuat abon yang kami rekomendasikan di atas dilengkapi dengan garansi resmi selama 1 tahun. Garansi ini tidak hanya berlaku untuk alat pembuat abon saja, melainkan Anda juga mendapatkan garansi sparepart serta pemanggilan teknisi langsung ke tempat kalian berada. Apakah kalian di ujung sumatera? Atau berada di ujung Papua? Tidak masalah karena kami bertekad untuk membuat usaha abon yang bermutu. Tak hanya mesin, kami juga menyiapkan teknisi yang dapat datang langsung ke tempat kalian di seluruh indonesia.

Cara Pengoperasian Mesin Pembuat Abon

Ada 4 langkah cara bikin abon sapi menggunakan mesin abon yang di rekomendasikan :

  1. Langkah pertama :

Buatlah daging sapi maupun daging ikan yang akan kalian gunakan nantinya menjadi empuk terlebih dahulu. Cara ini dapat di lakukan dengan menggunakan alat presto. Alat presto memiliki tekanan uap yang berfungsi untuk menekan daging dan tulang supaya menjadi lebih empuk. ketika ingin memasak dagingnya harus mengempukkan daging terlebih dahulu, ini akan membuat abon yang dihasilkan menjadi abon bermutu dan digemari banyak konsumen. Jadi, jangan meremehkan penggunaan presto untuk menghasilkan abon empuk yang berkualitas dan lezat.

2.Langkah kedua :

Setelah daging empuk dan berkualitas bagus, cabik-cabik menggunakan drawing machine. Mesin ini berfungsi untuk menggiling daging yang sudah dipresto menjadi serpihan-serpihan kecil. kalian tidak perlu lagi mencabik daging dan menghilangkan seratnya secara manual karena itu pasti sangat melelahkan. Kalian dapat menggunakan mesin suwir daging ini sehingga mampu memudahkan kinerja kalian dengan cepat. Caranya sangat mudah, nyalakan mesin terlebih dahulu. Selanjutnya siapkan daging-daging yang sudah dipresto. Daging ini biasanya masih mengandung sedikit air bekas uapan. Masukan daging-daging tersebut ke dalam corong mesin. Secara otomatis daging akan tercabik-cabik dan mengeluarkan serpihan-serpihan daging kecil yang siap untuk kalian keringkan.

       3.Langkah ketiga :

Keringkan daging yang sudah dicabik ke dalam mesin pengering abon. Mesin ini punya drum yang bekerja dengan cara berputar. Drum sama seperti wajan penggorengan yang akan membantu mengeringkan daging-daging abon dan membuatnya matang. Dengan menggunakan mesin pengering abon inilah, konsumen Anda dapat menikmati abon yang renyah dan lezat. Tapi sebelum di nikmati konsumen, daging kering harus melalui langkah yang terakhir.

        4. Langkah terakhir :

Setelah daging abon di goreng di atas drum untuk dikeringkan, daging abon harus melalui sebuah mesin yang disebut juga fluffy machine atau mesin suwir abon.Sama fungsi dengan mesin suwir daging, bedanya mesin bekerja setelah daging dicabik dan dikeringkan. Nantinya daging abon yang sudah dikeringkan dan dicabik kembali akan menghasilkan abon lembut sempurna yang renyah dan ringan. Cara pengoperasiannya, mula-mula nyalakan mesin terlebih dahulu. Selanjutnya siapkan daging abon yang sudah digoreng dan dikeringkan tadi dan masukan ke dalam corong mesin. Tutup kembali corong mesin agar daging abon tidak terlempar keluar. Secara otomatis, daging abon yang sudah kering akan tercabik-cabik menjadi butiran yang lembut dan renyah.

 

Manfaat Bikin Abon Sapi

Sebelum Anda memutuskan untuk menghasilkan banyak konsumen dari bisnis abon yang Anda miliki, Anda perlu tau beberapa informasi mengenai cara bikin abon sapi. Abon adalah makanan yang berwarna cokelat terang hingga kehitaman akibat campuran bumbu yang masuk ke dalam daging dan makanan ini terbuat dari serat daging seperti ikan, sapi, kuda, babi, kambing, dll. Anda dapat mengkreasikannya sendiri. Abon dibuat dengan cara mencabik-cabik dagingnya dan menggorengnya hingga matang. Abon yang sudah matang akan di tiriskan dari minyaknya sehingga dapat bertahan lebih lama. Karena tidak memiliki kadar air dan minyak yang sedikit, yang membuat abon biasanya awet jika di kemas dalam kemasan kedap udara. Ini yang membuat abon jmenjadi makanan yang memiliki nilai tambah yakni keawetannya dan ketahanannya. Abon dapat di campurkan dalam berbagai jenis makanan dan rasanya yang lezat dapat mengubah makanan menjadi lezat pula.

Apakah ada manfaat abon yang dikonsumsi bagi tubuh? Ya, tentu ada. Nilai gizi dari 100 gram abon sapi murni diantaranya :

  • Energi 212 Kkal

  • Protein 18 gram

  • Lemak 10,6 gram

  • Karbohidrat 59,3 gram

  • Fosfor 209 mg

  • Kalsium 150 mg

  • Besi 12,3 mg

  • Vitamin A 138 RE

  • Air 7,1

  • Vitamin B1 0,17 mg

Abon memiliki manfaat yaitu membantu pembentukan sel darah di dalam tubuh karena kandungan zat besi dalam abon. Dengan memakan abon, beberapa gejala kekurangan darah seperti anemia, kelelahan dan infeksi yang terjadi pada luka akan terhindar dari tubuh. Selain itu, kandungan fosfor, vitamin dan kalsium menjadikan abon baik untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi abon dapat membantu memperbaiki posisi tulang, menjaga struktur tulang, mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan fungsi tulang serta mencegah tulang yang keropos.

Beberapa peneliti mendeteksi bahwa mengkonsumsi abon dapat menjaga konsentrasi. Ini dikarenakan tubuh yang terasupi zat besi menjadikan peredaran darah menjadi lancar hingga ke organ tubuh seperti otak. Ini yang menjadikan konsentrasi dan fokus menjadi lebih kuat. Selain itu, mengkonsumsi abon baik untuk perkembangan dan pembentukan otot-otot, kesehatan jantung dan mampu mengatur produksi hormon. Abon juga dapat membantu suplai darah lebih lancar sehingga kesehatan jantung akan lebih terjaga. Beberapa manfaat seperti terhindar dari jantung coroner dan gagal jantung merupakan manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi abon.

Begitu banyak manfaat abon yang bisa didapatkan. Apabila kalian menghasilkan abon yang rendah kolestrol dan lebih sehat lagi, bisa jadi produk abon yang kaliann tawarkan pada konsumen akan lebih laris. Beberapa masyarakat saat ini memang membutuhkan makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mereka. Masyarakat kini beranggapan bahwa kesehatan jauh lebih penting dari pada mengkonsumsi makanan yang hanya sekedar lezat saja. Maka dari itu, abon yang memiliki manfaat kesehatan dan nutrisi bagus yang terkandung di dalamnya akan lebih menarik para konsumen untuk mencicipinya. Selain manfaat kesehatan, abon juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Tidak perlu membutuhkan pengawet, sehingga abon merupakan pilihan bagi beberapa orang yang ingin menyimpan makanan dalam waktu yang lama. Selain itu, abon memiliki kandungan lemak yang dapat membantu rasa kenyang lebih lama dalam tubuh serta baik untuk asupan energi tubuh. Ini sebabnya beberapa orang terkadang menjadikan abon sebagai sarapan pagi mereka.

Dilihat dari sisi kalian sebagai pengusaha abon, bisnis ini tidak membutuhkan bahan-bahan yang sulit. Yang Anda butuhkan yaitu bahan baku berupa daging dan bumbu-bumbu yang di racik sedemikian rupa sebagai makanan yang akan Anda tawarkan pada konsumen. Selain itu kerja dari mesin abon sendiri untuk menciptakan abon yang renyah dan lembut secara otomatis. Seperti yang sudah di jelaskan di atas abon memiliki ketahanan yang bagus. Dalam waktu yang cukup lama, abon masih tetap awet. Abon tidak akan berubah warna atau berubah rasa sehingga akan menjadi nilai tambahan. Beberapa makanan kadang lebih cepat membusuk dan sebagai orang pengusaha biasanya akan takut mengalami kerugian dan dibutuhkan teknik khusus untuk menghindari pembusukan pada makanan. Namun berbeda dengan abon, Anda tak perlu tips untuk mengawetkannya. Abon akan tetap terjaga dengan baik karena abon hampir tidak memiliki kadar air dan kadar minyak. Inilah yang menjadikannya peluang untuk bisnis yang terjamin.

Itulah manfaat yang bisa kallian dapatkan dari abon. Anda dapat menjadikannya makanan promosi untuk menarik banyak konsumen untuk mencicipi produk Anda. Dengan mengetahui produk ini lebih detail, Anda akan mudah menawarkan pada konsumen mengenai banyak kelebihan yang didapatkan dari mengkonsumsi abon.

 

Peluang Usaha Bikin Abon Sapi

Ada banyak olahan daging yang dapat diciptakan. Namun terkadang masyarakat sering merasa bosan karena olahan daging yang tidak berubah yaitu dikukus, digoreng, dipanggang maupun dibakar. Salah satu olahan dari sebuah daging adalah dengan menjadikan abon. Apalagi harga abon biasanya lebih murah dari pada harga daging yang utuh. Beberapa masyarakat yang kesulitan untuk membeli daging kiloan, abon merupakan jawaban yang pas buat mereka. Abon memiliki rasa daging dan bumbu yang sesuai serta kerenyahan dan kelembutan yang dapat membuat mereka senang menikmatinya. Abon juga memiliki ketahanan lebih lama ketimbang daging biasa. Ini dikarenakan abon biasanya memiliki sedikit minyak dan bahkan biasanya abon tidak memiliki sama sekali minyak dan air yang terkandung di dalamnya. Hal inilah yang membuat abon digemari karena bisa awet berhari-hari.

Karena manfaat yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjadikan usaha abon daging sebagai peluang usaha yang terjamin. Abon daging dapat diciptakan dari daging sapi maupun daging ikan. Sebenarnya Anda dapat memanfaatkan daging apa saja. Apabila tempat Anda dekat dengan laut, abon daging ikan merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk usaha abon. Rasanya pun sama-sama lezat seperti abon sapi namun harganya lebih terjangkau. Campuran bumbunya dapat Anda kreasikan sendiri. Karena daging digunakan untuk membuat abon cabik terlebih dahulu, sehingga membuat abon nampak lebih banyak bila dibandingkan dengan daging kiloan yang padat. Sebab beberapa masyarakat merasa bahwa abon memiliki harga lebih terjangkau ketimbang daging. Padahal nyatanya dapat mengambil keuntungan dari ukuran abon ini.

Untuk Anda ketahui, selain pemilihan daging yang baik dan penggunaan mesin abon sebagai penunjang efisiensi dan kualitas abon yang Anda buat ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan yakni target penjualan dan target masyarat dengan promosi. Gunakan promosi yang menarik mungkin untuk membuat banyak konsumen tertarik dengan produk abon Anda. Selain itu, target penjualan yang pas akan membantu Anda menghasilkan omset yang besar juga. Hal ini yang nantinya membawa peluang usaha abon daging kalian menjadi besar. Untuk membantu mengimbangi konsumen yang lebih banyak lagi, kami menyediakan mesin abon berkualitas yang dapat mempersingkat waktu pembuatan abon. Tak perlu waktu yang lama, hubungi kami sekarang juga dan dapatkan alat pembuat abon rekomendasi terbaik kami untuk produksi abon lebih cepat, banyak, berkembang dan sukses.

Tertarik mencoba alat pembuat abon yang di rekomendasikan di atas? Anda dapat langsung melakukan pemesanan dengan menghubungi customer service kami sekarang juga. Namun jika Anda masih ingin bertanya alat pembuat abon apa yang cocok dengan usaha abon yang Anda miliki, silahkan langsung berkonsultasi dengan customer service secara gratis. Customer service kami akan membantu Anda memilih mesin abon yang cocok dan sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan.

Demikian artikel tentang cara buat abon sapi gurih yang lezat dan nikmat tanpa pengawet ini. Bisa di coba dan di praktekkan di rumah. Semoga dengan kehadiran artikel yang saya buat di atas ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalian. Selamat mencoba cara buat abon sapi yang aku tuliskan di atas dan semoga bermanfaat.

WhatsApp chat