Cara Buat Sambal Bawang Yang Enak Dan Nikmat

Cara Buat Sambal Bawang

Sambal bawang merupakan lauk tambahan saat kita makan. Karena banyak orang beranggapan tidak pakai sambal makanan kurang nikmat. Kalian bisa kok membuatnya di rumah, Karena cara buat sambal bawang memang mudah.

Sambal Bawang

Cara Buat Sambal Bawang

Sambal bawang memiliki cita rasa pedas dan juga gurih sangat enak dinikmati bersama dengan nasi putih dan juga lauk goreng.

Beberapa orang juga ada yang menambahkan terasi agar aromanya semakin sedap. Untuk ide jualan, sebaiknya sambal dibuat matang, agar lebih tahan lama jika disimpan dalam botol. Supaya dapat dijadikan sekaligus sebagai lauk, kamu juga bisa mencampurkan beberapa bahan seperti cumi asin, teri ataupun udang rebon. Sambal bawang bisa di jadikan cocolan yang mantap untuk meningkatkan cita rasa makananmu!

Pengertian Bawang

Cara Buat Sambal Bawang

Bawang adalah sebuah istilah umum bagi sekelompok tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus Allium. Umbi, daun, atau bunga bawang dapat dimanfaatkan sebagai sayuran dan sebagai rempah-rempah, tergantung bagaimana anda memandangnya.

Manfaat Bawang Putih

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang pernah dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih juga bisa membantu melindungi para penderita diabetes dari kardiomiopati (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini didapat berdasarkan riset yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah Flu

Mengonsumsi rutin bawang putih dapat mengurangi frekuensi penyakit influenza sekaligus dapat mencegahnya.

4. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Khasiat bawang putih lainnya adalah mencegah osteoartritis . Sebuah studi mengenai hal ini sempat dilakukan di King’s College London dan University of East Anglia.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru

Mengonsumsi bawang putih mentah minimal dua kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kanker paru sebesar 44 persen.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih yaitu menurunkan berbagai risiko penyakit. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan di dalam bawang putih. Kandungan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas.

7. Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk dapat memberikan efek detoksifikasi diperoleh dari kandungan sulfur di dalam bawang putih. Jika dalam dosis tinggi, maka kandungan ini akan menunjukkan efek proteksi atau perlindungan pada organ tubuh dari racun metal yang kemungkinan ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian yang pernah menggunakan ekstrak bawang putih yang dikeringkan pada seorang wanita menopause. Hasilnya ditemukan adanya penurunan defisiensi estrogen yang dapat menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis.

9. Mencegah Kerusakan Hati

Kerusakan hati paling sering disebabkan oleh kebiasan buruk, seperti mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang. Namun, hal ini dapat dicegah jika memperoleh khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab seringnya kelahiran prematur adalah adanya infeksi pada masa kehamilan. Bawang putih memiliki efek antibikrobial untuk mencegah infeksi atau menurunkan risiko kelahiran prematur.

Manfaat Bawang Merah

1. Mengobati Maag

Mengonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, bisa dicampur dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

2. Menurunkan Demam

Manfaat bawang merah untuk bayi untuk menurunkan demam. Cukup campurkan parutan bawang merah dengan minyak kelapa atau sedikit asam dan balurkan ke tubuh secara merata, khususnya punggung dan perut sehingga bisa menghangatkan badan.

3. Melancarkan Pernapasan

Lendir yang terdapat pada tenggorokan bisa menghambat jalur pernapasan, hal ini bisa di atasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup memakan bawang merah mentah dan acar agar tubuh terasa hangat dan melancarkan pernapasan.

4. Mengatasi Masuk Angin

Bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong bawang merah dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian, gosokkan campuran ke area punggung hingga kulit berwarna kemerahan.

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tidak baik bagi tubuh manusia. Tetapi, dengan mengonsumsi bawang merah, kadar kolesterol dapat berkurang.

6. Mengobati Luka

Untuk mengatasi luka pada tubuh, bisa menggunakan bawang merah . Caranya cukup mengrajang – rajang bawang merah kemudian campur dengan minyak kelapa dan garam. Lalu panaskan semua bahan hingga mendidih. Setelah itu, dinginkan bahan yang sudah tercampur dan oleskan pada luka secara rutin, minimal tiga kali sehari. Dengan begitu, luka pada tubuh akan cepat kering dari luar dan dalam.

7. Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang Merah juga bisa untuk meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan turunnya kadar gula darah.

Manfaat Lainnya:

8. Mata Ikan

Bawang mentah dapat kita manfaatkan untuk mata ikan dengan meletakkan potongan bawang merah pada area mata ikan.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang bombay mengandung asam folat untuk membantu meningkatkan kesehatan otak. Bahan lain dalam bawang merah seperti zat besi dan pyrithione juga meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

10. Meningkatkan Stamina Pria

Manfaat bawang merah jantan dapat meningkatkan stamina. Pasalnya, kandungan fitokimia pada bawang merah dapat merangsang vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga penyakit dalam tubuh dapat dicegah.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan. Makan bawang merah bisa mengurangi risiko ini karena adanya quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah.

12. Meningkatkan Imunitas

Kekebalan tubuh dari mengonsumsi bawang merah dapat memperkuat atau mencegah berbagai penyakit seperti flu, demam, dan bronkitis.

13. Menumbuhkan Rambut

Khasiat bawang merah untuk rambut bisa menyebabkannya menjadi tebal.

14. Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah yang terakhir adalah pencegahan kanker. Zat quercetin dalam bawang bombay berfungsi menangkal efek radikal bebas dalam tubuh, termasuk kanker.

Jenis – jenis Bawang dan Manfaatnya

1. Bawang Putih

Manfaatnya optimal saat blovers memakannya mentah dan segar. Kandungan nutrisi bawang putih sangat tinggi dibandingkan bawang merah lainnya. Manfaatnya antara lain menambah nafsu makan, mencegah dan mengobati masuk angin, penawar racun, mengobati gangguan pencernaan, dan menghambat kemunduran otak.

2. Kucai

Kucai dengan daun panjang dan pipih tidak diketahui, tetapi biasanya digunakan sebagai pelengkap dan penyedap masakan. Seperti bawang bombay lainnya, daun bawang memiliki manfaat kesehatan antara lain mengatasi masalah kulit, menurunkan berat badan, mengobati tekanan darah tinggi, mencegah kerusakan rambut, dan mengobati sakit saraf.

3. Bawang Merah

Manfaat paling terkenal dari bawang ini adalah kemampuannya untuk melawan kanker. Selain itu bawang bombay bermanfaat sebagai sumber antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, mengatasi depresi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Daun Bawang

Bentuknya mirip batang,  akan tetapi teksturnya sangat lembut. Manfaat kesehatannya antara lain menjaga kekuatan tulang, sifat antibakteri dan anti inflamasi, mengatasi sembelit, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah anemia.

5. Bawang Bombay

Bawang yang sebenarnya berasal dari Asia Tengah disebut bawang merah karena diketahui dibawa dari kota Bombay oleh pedagang India. Keunggulannya adalah pencegahan diabetes, pemeliharaan kesehatan mulut, pengobatan alergi, pencegahan osteoporosis, dan digunakan sebagai obat tradisional asma di China.

Resep Sambal Bawang

Ini ada beberapa resep membuat bawang merah dan sambal. Karena resep ini juga mudah untuk dipraktekkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1. Resep Sambal Bawang Merah

Sambal bawang yang satu ini tidak dibuat dengan campuran bawang putih. Sehingga rasanya lebih ringan dengan sensasi rasa pedas yang menyegarkan, karena ditambahkan dengan jeruk limau.

Bahan – bahan:

  • 200 gr cabai rawit merah
  • 150 gr bawang merah
  • 1 buah jeruk limau
  • Garam, gula dan kaldu jamur secukupnya

Cara Buat Sambal Bawang Merah:

  1. Pertama cuci cabai dan bawang, tiriskan
  2. Kedua goreng bawang dan cabai hingga layu
  3. Setelah itu haluskan bawang dan cabai dengan tekstur yang tidak terlalu halus. Goreng kembali dan tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya.

Resep sambal bawang merah ini bisa anda simpan dalam wadah tertutup untuk dijual. Sambal ini bertahan lama jika anda simpan dalam lemari es.

2. Resep Sambal Bawang Putih

Jika kamu pecinta bawang putih, bisa lho mengganti bawang merah dengan bawang putih. Rasanya tetap nikmat dan pedasnya mantap.

Bahan – bahan:

  • 250 gr cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya

Cara Buat Sambal Bawang Putih:

  1. Pertama goreng cabai dan bawang putih sampai layu. Angkat dan ulek kasar.
  2. Kedua tambahkan dengan garam, gula dan kaldu jamur.
  3. Setelah itu tumis sambal dan simpan dalam stoples bersih.

3. Resep Sambal Bawang Tomat

Sambal bawang juga enak jika kita padukan dengan tomat dan sedikit terasi. Rasa pedasnya seimbang tidak terlalu menyengat. Sambal bawang tomat ini cocok untuk disajikan dengan ikan atau ayam goreng ataupun sayur bening.

Bahan – bahan:

  • 150 gr cabai rawit merah
  • 4 bh cabai besar merah, iris
  • 1 buah tomat
  • 10 siung bawang merah
  • 1 sdt terasi
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Buat Sambal Bawang Tomat:

  1. Pertama tumis cabai, tomat, bawang merah dan terasi.
  2. Kedua ulek sampai agak halus.
  3. Lalu goreng hingga tidak ada airnya dan bau langu hilang.
  4. Setelah itu simpan kedalam stoples kaca dan simpan dalam lemari es.

4. Resep Sambal Bawang Cumi

Resep sambal bawang yang satu ini bisa buat kamu menambah nasi. Gurih dan pedasnya sambal berpadu dengan cumi asin, rasanya lezat.

Bahan – bahan:

  • 100 gr cumi asin ukuran kecil
  • 200 gr bawang merah
  • 100 gr cabe rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm kaldu ayam/jamur
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Buat Sambal Bawang Cumi:

  1. Cuci cumi asin dengan air hangat. Kemudian rebus dalam air secukupnya hingga empuk. Angkat dan tiriskan.
  2. Tumiskan bawang merah dan cabe rawit sampai harum . Angkat, tiriskan.
  3. Blender atau gerus dengan kasar bawang merah dan cabe rawit yang sudah ditumis bersama bawang putih.
  4. Panaskan wajan lalu tumis kembali bumbu kasar tadi dan beri minyak goreng sampai bawang tenggelam
  5. Masukkan cumi bersama kaldu. Cicipi untuk koreksi rasa lalu panaskan sampai mendidih.
  6. Angkat sambal cumi bawang siap disajikan.
  7. Taruhlah dalam wadah makanan bertutup lalu simpan di lemari es untuk persediaan atau dijadikan sebagai ide jualan.

5. Resep Sambal Bawang Mentah

Sambal mentah yang satu ini sangat enak dan mudah untuk dibuat. Sayangnya, sambal ini tidak kuat bertahan lama sehingga hanya cocok dijadikan sebagai hidangan pendamping yang langsung habis.

Bahan – bahan:

  • 20 cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • Garam dan gula
  • Minyak panas secukupnya

Cara Buat Sambal Bawang Mentah:

  1. Haluskan cabai dan bawang.
  2. Tambahkan garam dan gula.
  3. Panaskan minyak goreng setelah itu tuang ke dalam sambal.
  4. Sajikan sambal bawang lalu nikmati dengan lauk hingga lalapan.

6. Resep Sambal Bawang Kecombrang

Bahan – bahan:

  • 2 batang kecombrang
  • 8 siung bawang putih
  • 12 siung bawang merah
  • 10 buah rawit merah
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Kaldu jamur

Cara Buat Sambal Bawang Kecombrang:

  1. Iris semua bahan.
  2. Goreng bawang merah dan bawang putih secara terpisah. Sisihkan.
  3. Tumis sedikit minyak, masukkan cabe rawit dan irisan kecombrang. Tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya, sesuai selera. Terakhir, masukkan bawang putih dan bawang merah yang sudah digoreng. Aduk rata. Matikan api.
  4. Siap disajikan.

7. Resep Sambal Bawang Jamur Tiram

Bahan-bahan:

  • 250 gr jamur tiram
  • secukupnya Minyak goreng
  • 10 cabe rawit merah/orens
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Secukupnya garam,kaldu jamur dan gula pasir

Cara Buat Sambal Bawang Jamur Tiram:

  1. Cuci bersih jamur,suwir suwir dan peras air nya.

  2. Panaskan minyak,Goreng jamur tiram sampe matang.

  3. Buat sambal.Goreng cabe bawang merah dan bawang putih cukup sampai layu.

  4. Uleg kasar dan bumbui garam gula pasir dan kaldu jamur secukupnya.Tambahkan jamur tiram campur dan penyet penyet.Koreksi rasa

8. Resep Sambal Bawang Terong

Bahan – bahan:

  • 8 biji terong putih ukuran kecil (saya 3 bh terong)
  • 15 biji cabe rawit (saya 9 biji)
  • 2 siung bawang putih
  • 5 sdm minyak goreng
  • Sesuai selera gula, garam

Cara Buat Sambal Bawang Terong:

  1. Iris terong sesuai selera. Goreng dengan sedikit minyak hingga layu.
  2. Goreng Bawang putih menggunakan bekas minyak untuk menggoreng terong. Saya goreng juga cabe rawitnya.
  3. Uleg kasar cabe, bawang, gula dan garam, lalu tambahkan 2 sdm minyak panas pada ulegan sambal. Aduk rata
  4. Tata terong diatas sambal, lalu penyet terong.

9. Resep Sambal Bawang Mentah Peda Asin

Bahan-bahan:

  • 2 buah ikan asin peda ukuran sedang
  • 13 buah cabe rawit orange
  • 1 siung bawang putih ukuran besar
  • 1/2 sdt gula
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • Minyak goreng panas sekali(bnyknya sesuai selera)
  • 1 batang daun bawang iris iris

Cara Buat Sambal Bawang Mentah Peda Asin:

  1. Cuci bersih ikan asin peda,lalu goreng,setelah matang,dingin,buang durinya,lalu suwir – suwir halus,sisihkan.
  2. Uleg cabe rawit,bawang putih,beri gula,kaldu bubuk, uleg,saya tidak menambahkan garam karena peda sudah asin
  3. Lalu siapkan minyak panas sekali(bnyknya sesuai selera),siram kedalam sambal dan aduk – aduk rata,setelahnya masukkan suwiran ikan asin peda aduk2 rata,setelahnya taburi dng irisan daun bawang mentah dan siapkan nasi anget siap kita nikmati

Itulah diatas tadi cara untuk membuat sambal bawang yang perlu Anda ketahui. Cara membuat olahan sambal bawang memang terbilang sangat mudah bukan? Mudahnya dalam mengolah sambal bawang memang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Pilihan untuk menjalani peluang usaha sambal bawang yaitu salah satu pilihan usaha yang tepat untuk dijalankan.baca juga cara membuat sambal goreng ati

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

 

Dengan demikian penjelasan dari saya mengenai cara buat sambal bawang dan resep dari saya, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •