Cara membuat bunga dari plastik sangat mudah, bahan-bahannya juga sederhana. Ajaklah saudara dan teman-temanmu membuat kreasi ini bersama-sama. Pasti seru deh.

Sampah limbah plastik kini menjadi masalah yang cukup serius di berbagai negara. Tentu saja karena sampah plastik sendiri tidak bisa terurai dalam waku yang singkat. Butuh berpuluh-puluh tahun untuk menguraikan sampah plastik di alam.

Karena permasalah inilah, saat ini banyak warga masyarakat yang mendaur ulang limbah plastik menjadi sebuah kerajinan yang berguna. Namun yang sering dibuat oleh masyarakat terutama kaum ibu-ibu ialah membuat bunga dari bahan dasar plastik.

Mengembangan kreativitas dan juga lebih peduli untuk menjaga lingkungan mungkin manjadi salah satu manfaat jika kamu mengetahu cara membuat bunga dari plastik. Cara membuat bunga dari plastik ini pun terbilang mudah. Apalagi bahan yang kamu butuhkan pun bisa kamu dapatkan dan tentunya ada dirumah.

Cara Membuat Bunga dari Plastik Sedotan

cara membuat bunga dari sedotan

Sedotan Plastik adalah sebuah tabung plastik tipis, lurus atau dengan engsel seperti akordeon, itu digunakan oleh salah satu ujung di mulut dan lain di akhir minum. Sedotan plastik pertama dibuat oleh Sumeria, dan digunakan untuk minum bir (untuk menghindari produk sampingan padat fermentasi).

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Sedotan (untuk warna sesuai dengan selera masing-masing)
  • Siapkan kelopak serta putik bunga
  • Korek api serta lilin
  • Lidi atau kawat yang memiliki ukuran diameter 2 mm
  • Lem
  • Vas bekas atau botol plastik bekas
  • Gunting
  • Jarum
  • Kertas pita
  • Tang
  • Cutter atau silet
  • Kunci bekas

Cara Membuat Bunga dari Plastik Sedotan :

  1. Untuk satu tangkai bunga mawar diperlukan minimal 4-5 batang sedotan plastik.
  2. Kemudian bagi atau potong sedotan jadi tiga sisi yang sama panjang.
  3. Lipat sedotan jadi dua sisi serta gunting di bagian atau segi kanan serta kiri bawah sedotan untuk membuat lubang.
  4. Gunting membulat di bagian segi atas sedotan ke arah kiri atas.
  5. Kemudian gunting sisi dari tepi sedotan yang menghadap ke arah lubang serta sisakan ½ cm dari lubang sedotan.
  6. Tahan sedotan yang sudah digunting dari dalam, pada bagian lubang pegang dengan tangan kiri, lalu jari telunjuk mendorong ke atas supaya sedotan yang sudah digunting terbuka serta membalik.
  7. Berikutnya lakukan juga pada ujung segi sedotan yang lain.
  8. Sediakan kelopak serta putik bunga mawar.
  9. Masukkan 3 putik bunga untuk satu bunga mawar.
  10. Kemudian gunting kelopak bunga yang lainnya keempat segi serta sisakan kurang lebih 0,2 mm dari sudut siku-sikunya.
  11. Masukkan kelopak bunga serta susun secara berselingan, lantas tutup sisi bawahnya dengan kelopak bunga.
  12. Gunakanlah kawat atau sapu lidi sebagai bahan tangkainya serta bungkus dengan memakai kertas pita.
  13. Hubungkan dengan bunga mawar yang sudah di buat. Selesai sudah, dan selamat mencoba.

Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek

cara membuat bunga dari plastik

Plastik Kresek adalah alat pengemas yang paling banyak dipergunakan karena murah, praktis dan mudah didapat. Tetapi plastik kresek ternyata tidak selalu aman, bahkan berbahaya bagi kesehatan. Plastik kresek terbuat dari poliolefin atau polivinil klorida.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Plastik kresek bekas warna merah dan ungu (Jika tidak ada Anda bisa menggunakan kresek yang ada saja)
  • Kawat kecil dan besar
  • Gunting dan lem tembak
  • Selotip warna hijau
  • Setrika dan kertas untuk alas setrika kresek
  • Lilin

Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat bunga dari plastik kresek. adalah menyetrika plastik kresek warna merah dan ungu. Setrikalah kresek warna merah dengan cara dilapisi kertas pada bagian bawah dan atasnya. Disini saya menggunakan 4 lapis kresek.
  2. Step berikutnya dalam mendaur ulang sampah plastik kersek jadi bunga yaitu memotong kresek. Anda bisa memotong kresek warna merah dengan ukuran (25 x 12) cm dan kresek warna ungu (25 x 9) cm.
  3. Langkah ketiga dalam membuat kerajinan tangan bunga dari kantong kresek bekas yaitu membuat pola daun bunga. Usahakan kresek ungu lebih kecil dari kresek merah.
  4. Setelah membuat pola daun bunga. Anda bisa menyatukan pola daun bunga yang sudah Anda buat tadi dari plastik kresek warna merah dan ungu dengan cara menyetrikanya. Untuk cara menyetrikanya sama dengan langkah pertama ya. Dan ingat, setrikalah hingga kedua plastik kresek tersebut menempel sempurna.
  5. Buatlah tulang daun. Nah disinilah cara yang paling unik untuk membuat bunga dari plastik kresek. Karena pada daun bunga tidak menggunakan kawat. Cara membuat bunga dari plastik tanpa kawat ini bisa kalian bakar. Lipatlah daun kemudian bakar sedikit-sedikit lipatannya dengan menggunakan lilin. Begitu juga pada bagian sisi-sisinya.
  6. Cara selanjutnya untuk mengolah plastik kresek jadi bunga yaitu melilitkan kawat pada daun yang sudah Anda bakar menggunakan lilin tadi. Tempelkan kawat pada bagian belakang daun bunga, lalu rekatkan dengan lem tembak. Anda bisa membuatnya daun bunga yang banyak.
  7. Rangkailah daun-daun bunga tersebut yang sudah dibentuk dengan menggunakan kawat batang dan floraltape atau solasi warna hijau. Setelah semua daun terangkai, tata rangkaian daun dengan cara melengkung daun sesuai selera Anda.
  8. Setelah itu Anda bisa meletakkan bunga ini dipot atau vas dan siap dipamerkan diruang tamu sebagai hiasan rumah.

Cara Membuat Bunga dari Plastik Deterjen

cara membuat bunga dari plastik

Kemasan deterjen juga bisa diolah menjadi hiasan bunga plastik. Apalagi kemasan deterjen umumnya memiliki warna-warna yang cerah seperti ungu, hijau, dan pink sehingga cocok banget dijadikan hiasan berbentuk bunga.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Kemasan deterjen dari berbagai warna
  • Kertas karton
  • Kawat ukuran sedang untuk tangkai
  • Spidol untuk membuat pola
  • Gunting
  • Lilin
  • Korek api

Cara Membuat Bunga dari Plastik Deterjen :

  1. Buat pola di kertas karton terlebih dahulu. Mulailah membuat pola lingkaran dengan diameter 14 cm.
  2. Potong pola lingkaran pada kertas karton, lalu siapkan kemasan deterjen berwarna ungu atau pink di atas pola tersebut. Potong bagian yang berwarna ungu atau pink dengan bentuk dan ukuran sesuai pola.
  3. Lipat kemasan deterjen yang sudah dipotong sesuai pola menjadi 4 bagian. Kemudian, potong bagian pinggir kemasan untuk membentuk mahkota bunga.
  4. Buka lipatan kemasan deterjen, maka akan terlihat 8 lekukan yang nampak seperti bunga dahlia. Lipat kembali sesuai lekukan tadi, lalu panaskan dengan lilin sampai membentuk sedikit gumpalan. Panaskan kemasan hingga membentuk mahkota.
  5. Buat putik bunga dengan memotong kemasan deterjen berbentuk persegi berukuran 7 x 8 cm. Lipat sesuai lebar yang diinginkan dan potong sisinya sebanyak 3 cm.
  6. Tusuk bunga dengan kawat sepanjang 15-20 cm. Kemudian, bungkus kawat dengan kemasan deterjen bubuk berwarna hijau.

Apa Saja Dampak Plastik Bagi Lingkungan?

  • Plastik baru bisa diuraikan oleh tanah setelah tertimbun selama 200 hingga 400 tahun. Plastik akan menimbulkan zat kimia yang dapat mencemari air tanah dan tanah sehingga tingkat kesuburannya menurun.
  • Limbah plastik sudah membunuh hingga 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan juga ikan yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya dalam setiap tahunnya. Banyak penyu di kepulauan Seribu yang mati hanya karena memakan plastik yang dikiranya sebuah ubur-ubur, salah satu makanan kesukaan penyu.
  • Membuang limbah plastik sembarangan di sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sehingga dapat menyebabkan bencana banjir.
  • Limbah plastik yang dibakar akan membuat polusi udara karena ketika plastik dibakar bahan kimia yang menjadi racun akan menyebar ke udara dan atmosfer menjadi terkontaminasi.
  • Limbah plastik yang dibakar akan mencemari lingkungan karena dalam asap tersebut terkandung zat dioksin dan zat karsinogenik yang apabila dihirup oleh manusia dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan sistem pernapasan, kanker, dan gangguan sistem syaraf.
  • Kemasan plastik yang dipakai untuk membungkus makanan atau minuman panas juga dapat menimbulkan pembengkakan hati.
  • Bahan kimia tambahan yang ada dalam plastik juga dapat menyebabkan gangguan reproduksi.

Kenapa Sampah Plastik Harus Didaur Ulang?

Selain karena alasan bisnis, setidaknya ada tiga alasan penting kenapa limbah plastik harus didaur ulang. Alasan tersebut termasuk kepentingan untuk melindungi kesehatan dan lingkungan dari bahaya yang ditimbulkan limbah plastik. Berikut alasan kenapa sampah plastik harus didaur ulang :

  • Meminimalisir Sistem Landfill dan Pembakaran

Plastik adalah jenis bahan yang sangat sulit terurai secara alami dengan tanah, oleh karena itu membutuhkan cara lain untuk memusnahkannya. Di antara cara yang biasa digunakan untuk memusnahkan limbah plastik adalah dengan sistem landfill dan pembakaran. Pada metode landfill, limbah plastik ditimbun dengan tanah dan kemudian dibiarkan begitu saja. Sementara dengan metode pembakaran malah menimbulkan pencemaran limbah plastik melalui asap pembakaran yang dihasilkan. Kedua metode ini sangat tidak efektif karena bahaya limbah plastik yang ditimbulkan malah jauh lebih besar.

  • Melindungi Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Masih berhubungan dengan alasan pertama, pengendalian limbah plastik memiliki tujuan utama untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan. Dengan daur ulang limbah plastik, potensi bahaya yang ditimbulkan bagi manusia dan lingkungan tentu akan jauh berkurang.

  • Menghemat Sumber Daya Alam

Alasan yang terakhir adalah untuk menghemat sumber daya alam. Limbah plastik yang didaur ulang kembali berarti tidak perlu ada lagi plastik baru dan cukup mengolah sampah plastik lama menjadi material baru.

Dampak Positif dari Daur Ulang Plastik

  • Dengan mengolah plastik jadi bunga berarti anda ikut serta dalam mengurangi limbah plastik dan membuat lingkungan sekitar menjadi bersih.
  • Kerajinan tangan dari plastik juga dapat dijadikan bunga yang cantik sebagi hiasan rumah dan bahkan bisa dijadikan usaha yang nantinya dapat dijual.
  • Membuat kerajinan bunga dari plastik juga dapat menambah wawasan masyarakan tentang cara yang mudah untuk mengolah limbah plastik.

Tips Memulai Usaha Daur Ulang Limbah Plastik

Sama seperti model bisnis lainnya, bisnis ini tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika Anda berminat menjalankan bisnis ini, sebaiknya pahami dulu segalanya dengan baik agar terhindar dari kegagalan. Sebagai tambahan, beberapa tips berikut ini juga bisa anda simak sebelum memulai usaha daur ulang limbah plastik.

  1. Pertama-tama, siapkan sebuah lahan yang cukup luas untuk dijadikan gudang penyimpanan plastik bekas serta hasil biji plastiknya. Adanya lahan sangatlah penting untuk proses penyortiran berbagai jenis plastik dan cara mengolahnya.
  2. Siapkan modal awal yang cukup untuk membeli bahan baku limbah plastik dari pemulung.
  3. Siapkan juga mesin pencacah plastik dan timbangan untuk memudahkan proses pengolahan.
  4. Pahami berbagai macam metode pengolahan plastik dan sistem pengelolaan modal agar arus kas tetap lancar.
  5. Rekrutlah beberapa karyawan yang bertugas untuk membersihkan, menyortir, dan menggiling plastik bekas.
  6. Cari koneksi pengepul limbah plastik sebanyak mungkin untuk diajak bekerja sama.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, sayangi bumi kita dengan mendaur ulang limbah plastik.