Cara Membuat Dadar Jagung dengan Jagung Giling

Dadar Jagung

Dadar Jagung merupakan salah satu gorengan populer di Indonesia.Cara membuat dadar Jagung juga tidak sulit, yuk simak dibawah ini cara nya!

Table of Contents

Dadar Jagung

Cara membuat Dadar Jagung merupakan salah satu resep olahan jagung turun temurun asli Indonesia yang dipengaruhi oleh bangsa Spanyol dan Portugis. Dadar Jagung atau Bakwan Jagung sangat sering kita temui, baik di gorengan pinggir jalan, maupun sebagai makanan penutup di beberapa rumah makan. Banyak resep Bakwan Jagung yang telah dikreasikan, seperti Bakwan Jagung Pedas, Bakwan Jagung Asin, Bakwan Jagung Manis, dan lain sebagainya. Beberapa resep Bakwan Jagung menggunakan jagung kalengan. Bukan tanpa alasan, Jagung Kalengan sangat mudah didapat di toko-toko dan hasilnya pun sangat enak. Tapi, tau gak sih, kita juga bisa membuat Bakwan Jagung dengan Jagung giling? Berikut ini adalah salah satu cara membuat Dadar Jagung menggunakan jagung giling.

Cara Membuat Dadar Jagung Menggunakan Jagung Giling

Ada dua metode dalam membuat Dadar Jagung ini, yaitu dengan Panci Datar atau Pan-fried (jika porsi yang dibuat sebanyak 4 porsi atau 24 Dadar Jagung) dan dengan minyak banyak atau Deep-fried (jika porsi yang dibuat sebanyak 6 porsi atau 36 Dadar Jagung).

Cara Membuat Jagung Giling

Bahan-bahan:

  • Jagung
  • Air secukupnya

Cara Membuat Jagung Giling :

  1. Jemur Jagung sampai kering di bawah sinar matahari, atau dikeringkan dengan alat pengering.
  2. Pipil jagung, sisihkan biji jagung ke dalam wadah sedang.
  3. Giling Jagung yang telah dipipil menggunakan mesin giling jagung sampai menjadi butiran kasar.
  4. Jagung yang telah digiling harus direndam dengan air bersih hingga jagung cukup lembut untuk diolah.
  5. Tiriska jika Jagung sudah cukup lembut, lalu sisihkan.

1. Cara Membuat Dadar Jagung dengan Pan-fried

Bahan-bahan:

  • 90 g tepung jagung
  • 60 g tepung terigu serbaguna
  • ¼ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh ketumbar tumbuk
  • ½ sendok teh jinten tumbuk
  • 1 butir telur
  • Tetesan air jeruk lemon
  • 350 g biji jagung yang telah digiling
  • 4 helai daun bawang
  • 3 sendok makan seledri cincang
  • 1 mangkuk kecil sambal manis
  • 100 ml minyak untuk menggoreng
  • 120 ml air

Cara Membuat Dadar Jagung dengan Pan-fried :

1. Ayak Tepung Jagung, Tepung Terigu, Baking Powder, Garam, Ketumbar dan Jinten Tumbuk ke Dalam Mangkuk Besar atau Baskom

Untuk melakukannya, tempatkan bahan dalam saringan di atas mangkuk, kemudian dengan perlahan jalankan sendok pada dasar saringan, atau gerakkan saringan dengan perlahan ke arah depan-belakang atau kanan-kiri untuk menyaring bahan ke mangkuk.

2. Tambahkan Telur

Pecahkan telur ke dalam campuran bahan kering dan kocok bersama-sama agar tercampur.

3. Tambahkan Beberapa Tetes Air Perasan Lemon dan Air

Cukup peras seiris lemon ke dalam campuran kemudian tuangkan air. Jika campuran masih terlalu kental, Anda bisa menambahkan lebih banyak air untuk mengencerkan-nya.

4. Tambahkan Jagung yang Sudah Digiling, Daun Bawang dan Seledri Cincang ke Dalam Adonan

Ini adalah bahan terakhir yang Anda butuhkan untuk membuat adonan dadar jagung.

5. Aduk Rata

Gunakan whisker untuk mencampur bahan secara merata. Hasilnya tidak boleh terlalu kental, tetapi harus sedikit agak encer. Anda bisa menambahkan sedikit lebih banyak air jika adonan tampak terlalu tebal dan menggumpal.

6. Panaskan Minyak

Masukkan minyak kedalam wajan. Panaskan minyak di atas api sedang dengan panas tinggi. Biarkan setidaknya satu menit agar panas sempurna.

7. Goreng Adonan

Ketika minyak sudah panas, masukkan 2 sendok makan adonan untuk membuat satu dadar jagung dan ratakan dengan punggung sendok. Hal ini akan menghasilkan dadar jagung dengan bentuk seperti pancake. Hati-hati dengan cipratan minyak saat Anda sedang memasukkan adonan ke wajan.

8. Goreng Dadar Jagung Selama Sekitar 2-3 Menit pada Satu Sisinya Sebelum Dibalik

Goreng sampai kedua sisinya berwarna cokelat keemasan.

9. Tiriskan Dadar Jagung

Setelah dadar jagung matang, gunakan sendok berlubang untuk mengangkatnya dari wajan, dan tiriskan minyak berlebih dengan menempatkan dadar jagung di atas tisu makan.

10. Sajikan

Sajikan dadar jagung pan-fried dengan saus sambal dan hiasi dengan daun seledri atau peterseli.

2. Cara Membuat Dadar Jagung dengan Deep-fried

Bahan-bahan:

  • 3/4 cup tepung serbaguna
  • 1 sendok makan gula
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 butir telur
  • ½ – ¾ cup (120–180 ml) susu
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh cabe rawit
  • 4 cup biji jagung yang sudah digiling (ukur dengan gelas ukur 1 cup = 240 ml)
  • 3 sendok teh bawang kucai cincang
  • Minyak Canola

Cara Membuat Dadar Jagung dengan Deep-fried :

1. Campur Tepung, Gula, dan Baking Powder Bersama-sama

Tempatkan bahan-bahan ini dalam mangkuk besar dan aduk sampai tercampur merata. Lebih baik mengaduknya menggunakan whisker.

2. Tambahkan Telur, Susu, Garam, dan Cabai Rawit

Setelah Anda menggabungkan campuran bahan pertama, Anda kemudian harus mengaduk campuran berikutnya, yaitu telur, susu, garam, dan cabai rawit. Aduk sampai Anda benar-benar mencampurkannya secara merata.

3. Tambahkan Jagung yang Telah Digiling dan Daun Bawang ke Adonan

Sekarang, gunakan sendok pengaduk mencampur jagung dan adonan sehingga keduanya tercampur merata. Adonan tidak harus benar-benar kental dan menyatu. Gunakan susu agar campuran bisa sedikit encer. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit lebih banyak susu untuk mengencerkannya.

4. Panaskan Minyak Canola dengan Ketinggian Minyak 3-4 Inci (7,6 – 10 cm) dalam Wajan Dalam atau Cekung Sampai 185 Derajat Celcius (365 Derajat Fahrenheit)

Gunakan termometer deep fry untuk memastikan minyak tidak lebih panas dari suhu tersebut. Kalau suhu menjadi lebih panas, dadar jagung akan cepat gosong. Anda bisa mulai memanaskan minyak terlebih dahulu selagi Anda membuat adonan untuk menghemat waktu karena perlu waktu untuk memanaskan minyak.

5. Ambil Satu Sendok Penuh Adonan Dadar Jagung, Lalu Jatuhkan ke Dalam Minyak

Anda bisa menggunakan sendok kue atau sendok biasa untuk menyendok sesendok penuh adonan dadar jagung. Adonan tidak boleh lebih besar dari ukuran bola pingpong, karena nanti adonan akan mengembang dan melebar. Setelah Anda menyendok adonan, jatuhkan adonan ke minyak. Anda bisa menggoreng sejumlah dadar jagung sekaligus secukupnya sesuai kapasitas wajan.

6. Goreng Dadar Jagung Sampai Kedua Sisinya Berwarna Cokelat Keemasan

Goreng masing-masing Dadar Jagung sekitar 2-3 menit per sisi sebelum membaliknya agar warnanya coklat merata. Tetap awasi Dadar Jagung selama menggoreng untuk memastikan Dadar Jagung tidak gosong.

7. Tiriskan Dadar Jagung di Atas Tisu Makan

Gunakan sendok berlubang untuk mengambil Dadar Jagung dari minyak, kibaskan kelebihan minyak, lalu tempatkan di atas tisu di atas piring.

8. Sajikan Dadar Jagung

Anda bisa menikmati Dadar Jagung lezat ini sendiri begitu saja, atau menaburinya dengan sesendok gula bubuk atau siram dengan sedikit sirup maple.

Cara membuat Dadar Jagung hampir mirip dengan cara membuat gorengan lainnya, mulai dari bahan utama, seperti tepung, telur, dan air, maupun teknik penggorengan-nya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat Dadar Jagung Anda lebih nikmat. Beberapa tips berikut juga bisa digunakan untuk menggoreng jenis gorengan lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Jagung Bakar !! Resep Simple Tahun Baruan

Tips – tips Membuat Dadar Jagung yang Gurih dan Tidak Bantat

1. Gunakan Campuran Tepung

Tips pertama untuk membuat Dadar Jagung anda tidak bantat adalah menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras. Perbandingannya yaitu 250 gram tepung terigu dengan 1 sendok makan tepung beras atau 4 : 1. Tepung beras inilah yang akan menghasilkan Dadar Jagung yang renyah.

Selain tepung beras, ada beberapa orang yang menggunakan tepung tapioka atau kanji sebagai campurannya. Namun tepung tapioka bersifat lengket sehingga Dadar Jagung akan lebih cepat mengeras/bantat dan kurang empuk.

Pembuatannya bisa jadi bantat karena kandungan protein gluten yang ada dalam tepung terigu. Maka pilihlah tepung protein rendah atau sedang yang punya kandungan gluten lebih sedikit. Selain itu, tepung terigu serbaguna juga bisa anda pilih untuk membuat Dadar Jagung.

2. Gunakan Air Dingin Untuk Adonan

Air dingin memiliki fungsi sebagai pemberi tekstur agar memiliki tekstur keras dan krispi. Penggunaan air panas malah membuat protein adonan rusak. Sebaliknya, air dingin akan menjaga protein dalam tepung terigu.

3. Jika Menggunakan Jenis Sayuran Lain, Campurkan Sayuran Tersebut ke Dalam Adonan Secara Bertahap dan Aduk Secukupnya

Siapkan tepung, bumbu-bumbu, dan isian sayuran yang diinginkan atau bahan lainnya. Campurkan tepung dengan bumbu dan air, lalu aduk hingga rata. Pengadukan ini tidak perlu terlalu kuat, yang penting adonan tercampur rata. Pengadukan yang terlalu kuat dan cepat akan membuat gluten dalam terigu jadi terbentuk. Inilah penyebab utama bantat.

Campurkan sayuran hanya saat Bakwan Jagung akan digoreng saja sebab sayuran mengandung air yang akan membuat adonan lebih encer, apalagi kalau sering diaduk. Adonan Bakwan Jagung yang terlalu encer ini nantinya akan menyerap banyak minyak saat digoreng.

4. Penggunaan Telur dan Soda Kue

Ada beberapa resep yang sering menambahkan telur di campuran adonan Bakwan Jagung. Memang, telur bisa membuat Bakwan lebih lembut dan gurih, namun Bakwan Jagung akan lebih mudah lembek setelah dingin. Agar lebih gurih tanpa telur, anda bisa menambahkan ebi yang dihaluskan dalam adonan Bakwan Jagung.

Soda kue ditambahkan untuk membuat Bakwan Jagung jadi lebih renyah dan mengembang, sehingga bentuknya akan jadi lebih bagus. Tapi Anda harus memperhatikan takarannya. Sebab, jika terlalu banyak, soda kue bisa memberi rasa pahit pada Bakwan Jagung.

5. Gunakan Minyak Baru

Agar Bakwan Jagung terlihat ‘cantik’ setelah dimasak, gunakan minyak baru yang masih bening untuk menggorengnya. Penggunaan minyak sisa atau jelantah biasanya akan membuat warna Bakwan lebih gelap dan meninggalkan remah-remah yang melekat pada Bakwan. Jika tidak ada minyak baru, pakailah minyak bekas penggorengan bahan yang tidak terlalu tajam citaranya, seperti kerupuk dan kacang, lalu saring minyak agar lebih bersih.

6. Goreng dengan Metode yang Tepat Tanpa ‘Pelit’ Minyak

Seperti yang telah dibahas di atas, penggunaan metode dalam penggorengan Bakwan Jagung dipengaruhi oleh banyaknya porsi yang ingin dibuat. Begitu pula jika semakin sedikit porsi yang dibuat, semakin sedikit minyak yang dipakai. Namun, bukan berarti kita boleh ‘pelit’ minyak.

Pelit minyak merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan, baik disengaja maupun tidak sengaja. Ingin berhemat menjadi alasan umum untuk menggunakan minyak yang sangat sedikit. Baik Pan-fried maupun deep-fried, kedua metode ini tidak boleh pelit minyak.

Jika Anda menggunakan metode deep-fried, anda bisa menggunakan minyak yang banyak agar adonan terendam saat digoreng, sehingga tidak perlu dibolak-balik selama menggoreng.

7. Jangan Memasukkan Adonan saat Minyak Belum Cukup Panas

Tips ini berlaku untuk semua jenis gorengan. Memasukkan adonan saat minyak belum cukup panas merupakan salah kesalahan paling fatal saat menggoreng. Adonan akan tergoreng lebih lama, sehingga gorengan akan menyerap lebih banyak minyak. Masukkan adonan hanya saat minyak sudah cukup panas, agar gorengan lebih cepat matang dan menyerap lebih sedikit minyak.

Demikian pembahasan kita tentang cara membuat Dadar Jagung dengan Jagung giling beserta tips-tipsnya. Semoga, artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan mudah diaplikasikan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •