Kali ini saya akan membagikan resep cara membuat es bubble yang segernya bikin nagih ya borrr. Bubble ice bisa kita buat sendiri di rumah dengan mudah dari bahan-bahan sederhana. Prosesnya kurang lebih seperti membuat cilok ya, tetapi ini rasanya manis dan ukurannya lebih kecil, oooh iya jangan lupa ya baca artikel lain yaitu cara membuat es krim yang enak dan lembut rasanya.

Resep Cara Es Bubble Aneka Rasa Biasanya, bubble ice berwarna dan beraroma coklat. Tetapi jika mau, kita juga bisa menggunakan rasa dan aroma lainnya. Bubble ice terbuat dari campuran tepung tapioka dan tepung terigu, bisa juga cuma menggunakan tepung tapioka saja.Bagi yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, silahkan coba resep berikut ini.

Bahan Es Bubble

  1. 1 gelas tepung tapioka
  2. 1 gelas tepung terigu
  3. 2 sdm gula pasir
  4. pewarna makanan aneka rasa, secukupnya
  5. air mendidih, secukupnya
  6. air untuk merebus, secukupnya
  7. Pop Ice aneka rasa
  8. susu kental manis putih atau coklat, secukupnya
  9. es batu yang dihancurkan, secukupnya

Cara Membuat Es Bubble Aneka Rasa

  1. Satukan tepung tapioka, tepung terigu dan gula pasir, aduk merata.
  2. Siram campuran tepung tersebut dengan air panas, siram sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan saptula kayu hingga didapat tekstur yang lunak dan gampang dibentuk atau dipulung. Jika airnya terlanjur kabanyakan, silahkan tambahkan lagi tepung tapioka atau tepung terigu secukupnya.
  3. Jika ingin membuat beberapa warna, silahkan bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai jumlah warna yang diinginkan. Misalnya ingin membuat bubble rasa melon, stroberi dan coklat.
  4. Teteskan beberapa tetes pasta pewarna makanan pada setiap bagian adonan, kemudian uleni menggunakan tangan hingga warna adonan merata. Jika lengket, taburkan sedikit tepung tepioka pada adonan dan pada telapak tangan.
  5. Bentuklah adonan menjadi bulatan-bulatan kecil, taruh di baki yang sudah ditaburi dengan tepung tapioka agar tidak lengket.
  6. Didihkan air dalam panci. Masukkan bulatan-bulatan bubble kedalam air mendidih hingga matang dan mengapung. Jika membuat bubble dengan beberapa warna, rebus mulai warna yang paling terang terlebih dahulu.
  7. Angkat bubble yang sudah mengapung, siram dengan air dingin dan tiriskan.
  8. Simpan bubble dalam rendaman air gula agar tidak saling menyatu satu sama lain.
  9. Untuk menyajikannya, blenderlah Pop Ice bersama dengan es batu yang sudah dihancurkan. Tuangkan kedalam gelas plastik yang sudah diberi sesendok bubble. Siramkan susu kental manis di bagian atasnya.

Jangan lupa di coba dirumah ya bor cara membuat es bubble bersama keluargamu supaya asik ketika membuatnya nanti semoga hasilnya memuaskan ya borr.

Manfaat Tepung Terigu

Mengatasi Peradangan Kronis

Peradangan kronis dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak stabil karena efek peradangan terkadang dapat menyebabkan kesehatan terganggu. Tidak hanya bagian tubuh yang terkena peradangan saja yang terganggu, akan tetapi juga akan mempengaruhi kinerja anggota tubuh lainnya.

Salah satu cara untuk mengatasi peradangan kronis yakni dapat dengan memanfaatkan tepung gandum dan manfaat roti gandum untuk diet. Kandungan betaine di dalam tepung gandum dapat membantu mengatasi peradangan kronis.

Mencegah Diabetes Tipe 2

Tepung gandum sangat kaya akan magnesium di dalamnya. Dimana magneisum dapat bekerja sevbagau co faktor enzim. Enzim-enzim ini yang kemudian dapat membantu sekresi sukrosa sehingga dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, enzim ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi pankreas untuk memproduksi empedu.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tubuh yang mengalami proses metabolisme yang baik akan mendapatkan tubuh yang sehat. Terganggunya metabolisme dalam tubuh dapat mengakibatkan beragam penyakit menyerang tubuh.

Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti tepung gandum dan manfaat tepung terigu, menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh dan menjadikan tubuh mengalami proses metabolisme dengan baik. sehingga tubuh dapat menjadi lebih sehat.

Meringankan Penyakit Asma

Mengalami masalah pernapasan seperti asma akan sangat mengganggu ketika tubuh mengalami kelelahan, berada pada ruangan yang berdebu maupun sedang kedinginan. Selain menggunakan oksigen ketika kambuh, mengkonsumsi tepung gandum juga dapat membantu meringankan penyakit asma yan diderita.

Bukan dengan dimakan pada saat kambuh, akan tetapi dikonsumsi secara rutin. Mengkonsumsi tepung gandum dapat membantu meringankan masalah asma.

Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Sekresi asam empedu yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya batu empedu. Untuk mencegah hal tersebut tejadi, konsumsi tepung gandum. Tepung gandum kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan sekresi asam empedu.

Serat pada tepung gandum merupakan serat larut yang dapat dengan efektif menurunkan sekresi asam empedu. Manfaat roti gandum adalah salah satu produk dari tepung gandum.

Melawan Kanker

Tidak hanya kandungan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker. Akan tetapi kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu mencegah adanya sel penyebab kanker untuk masuk ke dalam tubuh.

Tidak hanya mencegah masuknya sel kanker, akan tetapi mengkonsumsi makanan kaya serat seperti tepung gandum dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tepung gandum juga dapat dijadikan bahan untuk membuat sereal atau yang lebih dikenal dengan oatmeal. Makanan dari tepung gandum ini banyak digunakan sebagai makanan sehat yang juga baik untuk jantung.

Oatmeal banyak dikonsumsi oleh penderita jantung karena memang sangat baik untuk mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung.

Mencegah Terjadinya Alzheimer

Alzheimer atau lebih dikenal dengan penyakit pikun, banyak dialami oleh manusia pada umumnya seiring dengan bertambahnya usia. Terjadinya kepikukan juga dapat dipengarhi oleh faktor nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Seperti halnya dengan mengkonsumsi tepung gandum, kandungan nutrisi di dalam tepung gandum dapat mencegah, atau mengurangi risiko terjadinya alzheimer.

Mencegah Anemia

Kekurangan produksi sel darah merah, dapat menyebabkan penyakit anemia, dimana penderita akan mudah merasa lemah. Mengkonsumsi makanan dengan zat besi tinggi seperti tepung gandum akan membantu mengembalikan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Bukan hanya bayam saja yang memiliki kandungan zat besi di dalamnya, akan tetapi tepung gandum juga memiliki kandungan zat besi yang banyak.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Terbawa emosi, maupun kelelahan dapat menyebabkan naiknya tekanan tinggi. menurunkan tekanan darah tinggi tidak melulu dengan mengkonsumsi buah semangka, melon dan sejenisnya saja. Mengkonsumsi makanan yang bersasal dari tepung gandum daat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Kandungan Gizi Tepung Terigu

Kandungan Gizi
Tepung Terigu
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 364
Jumlah Lemak 1 g
Lemak jenuh 0,2 g
Lemak tak jenuh ganda 0,4 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 107 mg
Jumlah Karbohidrat 76 g
Serat pangan 2,7 g
Gula 0,3 g
Protein 10 g
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0 mg
Kalsium 15 mg Zat besi 1,2 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 22 mg

Peluang Kerja Cara Membuat Es Bubble

Prospek dalam menjalankan bisnis minuman bubble

Prospek dalam bisnis minuman cara membuat es bubble dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui bisnis minuman bubble dapat mendatangkan keuntungan bombastis.

Bisnis yang bergelut dengan olahan minuman bubble memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depan. Bisnis minuman bubble yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.

Memulai bisnis minuman bubble

Ketika menjalankan bisnis minuman bubble memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis minuman bubble bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. Yangmana berkecinampungan bisnis minuman bubble bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar

Pelaku bisnis minuman bubble

Bisnis minuman bubble ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan bisnis minuman dari bahan bubble menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan bisnis minuman bubble sangat mudah, proses produksi minuman bubble mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen bisnis minuman bubble

Konsumen minuman bubble memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan minuman bubble mampu memikat banyak orang. Konsumen minuman bubble cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan baku bisnis minuman bubble

Dalam menjalankan bisnis minuman bubble memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Untuk membuat minuman bubble yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni tepung tapioka, es batu, gula pasir, rasa minuman, susu, teh, coklat, bahan lainnya, cup gelas, sedotan dan lainnya. Untuk mencari bahan baku minuman bubble bisa dijumpai di toko, pasar atau supermarket terdekat.

Peralatan bisnis minuman bubble

Dalam bisnis minuman bubble membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya Booth, kompor dan tabung gas, panci besar, saringan, penyerut es batu, baskom, pisau, meja, kursi, mesin blender, gelas, sendok, pengaduk minuman, toples, serbet, timba, nampan, spanduk, mesin penyegel minuman serta peralatan lainnya.

Lokasi strategis dalam berjualan minuman bubble

Dalam berjualan minuman bubble, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Bisnis minuman bubble dapat membuka gerai, stand juga kios di pinggiran jalan raya, taman kota, sekitar kampus, pusat perbelanjaan, tengah kota, dekat sekolah, pasar, dekat rumah sakit,  dan lainnya.

Karyawan bisnis minuman bubble

Karyawan dalam menjalankan bisnis minuman cara membua es bubble bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga jual minuman bubble

Patokan harga untuk minuman bubble dapat Anda buat dalam hitungan per gelas dimana harga mulai Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Strategi promosi bisnis minuman bubble

Pemasaran bisnis minuman bubble bisa dilakukan dengan membuat minuman bubble yang enak dan berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi minuman dari bahan bubble melalui media sosial baik bbm, instagram, faceboook, path, whats upp, we chat,  juga situs jual beli online dan lainnya.

Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran minuman bubble lewat menyebarkan berbagai brosur.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis minuman bubble

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang usaha minuman bubble ini yakni merupakan minuman dari bahan bubble yang digandrungi banyak orang.

Kekurangan bisnis minuman bubble

Segi kekurangan bisnis minuman bubble ialah minuman bubble memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Sehingga dalam berjualan minuman bubble dapat diminimalisir dengan membuat minuman bubble berbeda dan unik dalam memenangkan persaingan.

Investasi

Peralatan

 Harga 
 booth  Rp.        1,781,500
 kompor dan tabung gas  Rp.          242,500
panci besar  Rp.          232,500
saringan  Rp.            22,000
penyerut es batu  Rp.          165,050
 baskom  Rp.            24,000
 pisau  Rp.            11,500
 meja  Rp.          382,550
 kursi  Rp.          521,500
 mesin blender  Rp.          139,500
 gelas  Rp.            78,800
 sendok  Rp.            26,500
 pengaduk minuman  Rp.              6,500
 toples  Rp.              8,500
 serbet  Rp.              7,500
 timba  Rp.              8,500
 nampan  Rp.            18,000
 spanduk  Rp.            42,500
 mesin penyegel minuman  Rp.      1,258,000
 Peralatan tambahan yang lainnya  Rp.            23,000
 Jumlah Investasi  Rp. 5,000,400

 

Biaya Tetap

 Nilai
 Penyusutan booth 1/62 x Rp. 1.781.500  Rp.            28,734
 Penyusutan kompor dan tabung gas 1/62 x Rp. 242.500  Rp.              3,911
 Penyusutan panci besar 1/62 x Rp. 232.500  Rp.              3,750
 Penyusutan saringan 1/44 x Rp. 22.000  Rp.                500
 Penyusutan penyerut es batu 1/44 x Rp. 165.050  Rp.              3,751
 Penyusutan baskom 1/44 x Rp. 24.000  Rp.                387
 Penyusutan pisau 1/44 x Rp. 11.500  Rp.                261
 Penyusutan meja  1/62 x Rp. 382.550  Rp.              6,170
 Penyusutan kursi  1/62 x Rp. 521.500  Rp.              8,411
 Penyusutan mesin blender 1/62 x Rp. 139.500  Rp.              2,250
 Penyusutan gelas 1/44 x Rp. 78.800  Rp.              1,791
 Penyusutan sendok 1/44 x Rp. 26.500  Rp.                602
 Penyusutan pengaduk minuman 1/44 x Rp. 6.500  Rp.                148
 Penyusutan toples 1/44 x Rp. 8.500  Rp.                193
 Penyusutan serbet 1/44 x Rp. 7.500  Rp.                170
 Penyusutan timba 1/44 x Rp. 8.500  Rp.                193
 Penyusutan nampan 1/44 x Rp. 18.000  Rp.                409
 Penyusutan spanduk 1/44 x Rp. 42.500  Rp.                966
 Penyusutan mesin penyegel minuman 1/62 x Rp. 1.258.000  Rp.            20,290
 Penyusutan peralatan lainnnya  1/44 x Rp. 23.000  Rp.                523
 gaji karyawan  Rp.         800,000
 Total Biaya Tetap  Rp.       883,412

Biaya Variabel

tepung tapioka  Rp.     45,000  x   30  =  Rp.     1,350,000
es batu  Rp.     11,000  x   30  =  Rp.         330,000
gula pasir  Rp.     38,500  x   30  =  Rp.       1,155,000
rasa minuman  Rp.     21,000  x   30  =  Rp.         630,000
susu  Rp.     26,500  x   30  =  Rp.         795,000
teh  Rp.      8,000  x   30  =  Rp.       240,000
coklat  Rp.     18,000  x   30  =  Rp.         540,000
bahan lainnya  Rp.     11,000  x   30  =  Rp.         330,000
cup gelas + sedotan  Rp.    22,000  x   30  =  Rp.       660,000
pengemas  Rp.       7,000  x   30  =  Rp.         210,000
promosi  Rp.       4,000  x   30  =  Rp.         120,000
gas LPG  Rp.     17,500  x   30  =  Rp.         525,000
 sewa tempat  Rp.    17,000  x   30  =  Rp.         510,000
 air dan listrik  Rp.     17,000  x   30  =  Rp.         510,000
 Total Biaya Variabel  Rp.  7,905,000

Total Biaya Operasional

 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp.           8,788,412

Pendapatan per Bulan

     75  gelas  x  Rp.   5,000  =  Rp.      375,000
Rp.    375,000  x    30  hr  =  Rp. 11,250,000
Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    11,250,000  – 8,788,412  =  Rp.      2,461,588
Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 5,000,400  :  2,461,588  =            2  bln

Dari analisa di atas dapat disimpulkan apabila bisnis minuman bubble sangat menguntungkan dimana modal Rp 5,000,400 dengan kentungan per bulan Rp 2,461,588 dan balik modal dalam 2 bulan. Gimana Borrrr mau coba bisnis cara membuat es bubble? dan jangan lipa baca artikel lainya ya yaitu cara membuat es cincau.