Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat es cappucino cincau, siapa sih yang gak tau minuman ini, escappuccino cincau sangat mudah dijumpai di pedagang pedagang pinggir jalan, selain rasanya yang enak, modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini juga tidak banyak.

Selain membahas tentang cara membuat kopi cappuccino kali ini saya membuat tentang cara membuat es cappucino cincau

Cara Membuat Es Cappucino Cincau

Cara Membuat Es Cappucino Cincau

 

Es Cappucino Cincau adalah salah satu minuman yang menarik minat para konsumen di Indonesia sejak tahun 2013 lalu. Bahkan ketika awal munculnya minuman ini, banyak orang yang rela antri berjam-jam untuk mendapatkannya. Kesegaran dan kekhasan rasa cappuccino ditambah dengan cincau seolah menjadi perpaduan yang menarik dan banyak membuat orang penasaran.

Minuman dingin ini menjadi pilihan dari kalangan remaja dan orang dewasa. Pada cappuccino terdapat kandungan kafein ringan yang menyegarkan dan cincau yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah yang kemudian menjadikan es ini sangat digemari dan menjadi pilihan masyarakat.

Keuntungan Es Cappucino Cincau

Manfaat cappuccino dari es cappuccino cincau yaitu dapat memberikan efek rilek dan menyegarkan saat diminum. Selain itu pada cincau mengandung banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Terdapat antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kulit, cocok untuk diet karena dapat melancarkan proses pencernaan. Selain itu juga sangat baik jika diguanakan oleh penderita darah tinggi, sebab fungsi cincau sendiri dapat sebagai penurun tekanan darah yang baik dan pencegah penyakit jantung, diabetes dan masih banyak lainnya.

selain itu, jika digunakan untuk usaha es ini sangat mudah dalam proses pembuatannya sehingga sangat menguntungkan. Hanya dengan menyiapkan bahan sederhana seperti bubuk cappuccino, cincau hitam , gula dan susu anda sudah bisa membuatnya.

Proses pembuatannya dengan memblender bubuk cappuccino tersebut dengan air kemudian tambahkan cincau didalamnya. Dengan ini anda sudah bisa menyajikan perpaduan cappuccino dan cincau yang lezat ini.

Kemudahan yang ditawarkan menjadikan es ini menjadi pilihan para pelaku bisnis, selain itu juga hasil yang diberikan sangat fantastis dikarenakan peminatnya yang banyak.

Cara Membuat Es Cappucino Cincau

Bahan-Bahan

  • 1 sct agar” cincau
  • 1 sct agar” kelapa muda
  • 2 bungkus tora cafe
  • 1 klg SKM
  • 50 gram gula
  • secukupnya Garam
  • Air untuk memasak agar”
  • secukupnya Es batu

Langkah-Langkah Cara Membuat Es Cappucino Cincau

  1. Masak agar” dg takaran yg tertera di kemasan. Kasih 1 sdm gula dan sejumput garam. Lalu dinginkan sampai mengeras.
  2. Potong agar2 sesuai selera. Masukkan dalam 1 wadah. Masukkan susu secukupnya dan sisa gula.
  3. Masak air panas sedikit lalu aduk tora cafe. Masukkan di wadah agar2. Aduk dan cicipi. Terakhir masukkan es batu atau masukkan di freezer. Siap di hidangkan saat cuaca panas.

Kandungan Nutrisi Cappuccino

Cappuccino adalah minuman kopi tradisional asli Italia biasanya minuman ini dinikmati waktu pagi hari. Ramuan Cappuccino Ini terdiri dari espresso, susu dikukus serta busa susu dikukus. Cappuccino asli Italia Tradisional memiliki 5 sampai dengan 6 ons, terutama terdiri dari espresso.

Sedangkan cappuccino Amerika setidaknya memiliki 6-8 ons dan sebanyak 20 ons untuk ukuran Starbucks. Informasi nilai gizi dan Nutrisi cappuccino 6-ons akan dijelaskan di sini.

Kandungan Lemak yang Terdapat Pada Cappuccino

Ukuran cappuccino 6-ons memiliki sekitar 3 gram lemak, Lemak ini sendiri berasal dari isi campuran minuman yaitu Susu. Dua pertiga dari lemak dalam susu adalah lemak jenuh, dan tidak ada lemak trans. Kandungan lemak cappuccino dapat dikurangi dengan menggunakan susu skim atau mengurangi jumlah ukuran total susu.

Protein yang Terdapat Pada Cappuccino

Kandungan protein cappuccino juga dari susu. Ada sekitar 3 gram protein yang ada di dalam cappuccino 6-ons dengan susu. Mungkin ada banyak protein kurang dalam versi dalam bubuk atau instan dari minuman. Perubahan yang mengubah jumlah lemak susu dan protein. cappuccino Tradisional Italia mungkin jauh lebih rendah lemak dan protein dibandingkan yang dijual di Starbucks.

Kandungan Karbohidrat yang Terdapat Pada Cappuccino

Isi karbohidrat cappuccino datang hampir seluruhnya dari gula yang digunakan untuk mempermanis minuman, karena praktis tidak ada karbohidrat dan dinyatakan dalam beberapa dalam susu. Jumlah gula yang digunakan dapat bervariasi.

Menurut Departemen Pertanian yang ada di Amerika Serikat , cappuccino 6-ons disiapkan dengan campuran bubuk yang mengandung sekitar 6 gram gula. Ukuran cappuccino 12 – ons pada Starbucks mengandung 10 gram gula

Kandungan Air dan Kafein

Cappuccino adalah Mengandung sekitar 90 persen air. Baik kopi dan susu yang yang sudah di satukan. Isi kafein pada minuman Cappuccino, yang tentu saja dari kopi, sekitar 75 miligram cappuccino Pada 12 – ons di Starbucks .

Namun cappuccino tradisional Italia sedikit kurang kafein, karena cappuccino tradisional hanya menggunakan 6-ons/ minuman, tetapi rasio kopi dan susu jauh lebih tinggi.

Cincau Menghalau Sakit Maag

Penyakit mag atau tukak kambung kelihatannya remeh, namun sering merepotkan. Cepat sembuh tapi juga gampang kambuh. Kemunculan gejalanya ditandai dengan rasa nyeri pada perut gara-gara meningkatnya tingkat asam lambung. Cincau ternyata mampu menuntaskannya

Mag yang kambuh akan menimbulkan rasa sakit pada epigastrum (perut bagian atas) disertai berkurangnya nafsu makan, bahkan anoreksia (hilangnya selera makan). Kalau sudah begitu, muncul rasa mual disertai demam sehingga mendadak muntah-muntah.

Beberapa tanaman biasa digunakan masyarakat untuk meredam mag ini. Di antaranya tanaman cincau. Berdasarkan penelitian, cincau berkhasiat mencegah radang serta menurunkan produksi asam lambung.

Dikatakan Dr. Florence C. Amato dalam Fundamentals of Medical Science for Medical Record Personel (1985), penyakit mag biasanya berawal dari makanan yang dikonsumsi tercemar bakteri atau kuman sehingga menimbulkan infeksi.

Dalam kondisi serangan ringan, diagnosis penyebabnya sering tidak jelas. Tapi bisa juga ditandai dengan muntah darah (hematemensis) berwarna hitam karena pengaruh asam lambung.

Daun Cincau

L.B. Cardenas, Lemmens, dan Horsten dalam Medicinal and Poisonous Plants 1 (1999) Daun menyebutkan, sejumlah senyawa flavonoid bersifat mencegah radang (anti-inflamatori) dan menurunkan kadar asam lambung. Senyawa flavonoid terdapat pada beberapa tumbuhan obat, seperti cincau (Premna serratifolia), camcau (Cyclea barbata), dan juga para kerabatnya dari famili Menispermaceae.

Beragam bangsa ternyata sudah akrab dan memanfaatkan tanaman obat itu. Masyarakat Sunda, misalnya, mengenalnya sebagai cincau. Tumbuhan dari famili Verbenaceae (jati-jatian) ini termasuk tanaman semak atau pohon kecil yang tingginya mencapai 10 m.

Di Indocina, daun dan akarnya sebagai obat tradisional untuk melancarkan air kencing (diuretik), gangguan lambung, dan penyakit demam. Masyarakat di India memanfaatkan daunnya untuk pengobatan radang rematik, sakit perut atau mulas (kolik), serta gas dalam perut (flatulence).

Rebusan akar dan daun digunakan untuk obat demam di Semenanjung Malaysia. Di Papua Nugini sari daunnya dipakai sebagai obat batuk, sakit kepala, dan demam. Sementara masyarakat di Guam memanfaatkan teh rebusan dari kulit kayunya untuk pengobatan sakit saraf (neuralgia).

Kandungan Daun Cincau

Daun cincau mengandung bahan kimia berupa senyawa aktif Premnazole dan Phenyl butazone.Premnazole (alkaloid isoxazol) dari hasil isolasi daun cincau sebagai senyawa antiradang yang bisa menurunkan pembentukan tumor pada jaringan granulasi yang menyerang butir-butir dalam protoplasma (granuloma).

Phenyl butazone merupakan senyawa yang memiliki aktivitas sama dengan Premnazole dengan menurunkan kadar kelenjar adrenal dan asam askorbat (vitamin C).

Dalam penelitian yang sama, kedua senyawa itu juga mampu menurunkan aktivitas enzim sehingga secara tidak langsung asam lambung yang terbentuk pada cardia dalam dinding lambung juga menurun.

Camcau merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering kali dipergunakan untuk pengganti cincau. Di daerah Jawa, daunnya untuk bahan jeli yang biasa disebut camcau ijo. Jeli ini sebagai minuman dan makanan pengusir sakit perut serta demam.

Cara Membuat Es Cappucino Cincau

Heemmmm….Siapa yang tak kenal dengan minuman yang berbentuk seperti dawet ini dan berwarna hitam. Yaapp inilah cappucino cincau bentuknya yang hitam memanjang dan memiliki rasa cincau yang dibalut dengan rasa kopi.

Cappuccino adalah minuman khas Italia yang terbuatt dari espresso serta susu, namun referensi lain juga ada yang menyebutkan bahwa Cappuccino berawal dari biji biji kopi tentara Turki yang tertinggal setelah peperangan yang di pimpin oleh Kara Mustapha Pasha di Wina, Austria melawan tentara gabungan Polandia-Germania.

Cappuccino biasanya didefinisikan dengan 1/3 espresso, 1/3 susu panas (dipanaskan) dan 1/3 susu yang dikocok hingga mengeluarkan busa. Definisi lainnya menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam.

Cappucino cincau ini sekaran sudah menjamur alias dapat ditemukan di sekitar. Minuman yang memiliki rasa kopi ini memiliki beberapa manfaat.

Manfaat dan kekurangan Minuman Es Cappuccino Cincau

Manfaat Meminum Minuman Cappucino Cincau

Berikut manfaat meminum cappucino cincau :

  1. Cincau hiitam bermanfaat sebagai penurun panas, tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Antioksidannya tinggi, mampu menyembuhkan batuk dan gangguan pencernaan.
  2. Cincau hitam cukup tinggi kandungan serat pangannya. Dalam usus halus serat pangan akan menyerap dan mengikat asam-asam empedu dan selanjutnya akan dikeluarkan dari tubuh bersama-sama dengan tinja.
  3. Berkurangnya asam empedu tersebut akan menyebabkan hati mensintesis asam empedu lagi, sehingga kolesterol yang merupakan bahan dasar sintesis asam empedu tersebut, jumlahnya akan berkurang, baik kolesterol dalam plasma darah maupun dalam jaringan. (Prof. DR. Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan dan Gizi)
  4. Kafein yang erdapat dalam kopi dalam dosis rendah dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

Sedangkan Kekurangannya:

  1. Kafein dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang serta cepat marah.
  2. Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Peluang Usaha Untuk Cappucino Cincau

Cara Membuat Es Cappucino Cincau

Cappucino cincau sendiri merupakan minuman gabungan cappucino dan cincau yang telah melalui serangkaian proses pengolahan. Cara menyajikan cappucino cincau memang sangat praktis dan mudah. Sehingga tak heran banyak yang menjalankan usaha cappucino cincau ini.

Peluang untuk usaha cappucino cincau terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Usaha cappucino cincau menjadi suatu pilihan usaha minuman yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni usaha tersebut.

Peluang untuk usaha olahan cappucino cincau masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja. Anda berminat menjalankan usaha cappucino cincau ini?

Prospek Dalam Menjalankan Usaha Cappucino Cincau

Prospek dalam usaha cappucino cincau dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui usaha cappucino cincau dapat mendatangkan keuntungan bombastis.

Usaha yang bergelut dengan minuman cappucino cincau memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depannya. Usaha cappucino cincau yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.

Memulai Usaha Cappucino Cincau

Ketika menjalankan usaha cappucino cincau memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan usaha cappucino cincau bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. Yangmana berkecinampungan usaha cappucino cincau bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar.

Pelaku Usaha Cappucino Cincau

Usaha cappucino cincau ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan usaha olahan cappucino cincau menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan usaha cappucino cincau sangat mudah, proses pembuatan cappucino cincau mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen Usaha Cappucino Cincau

Konsumen cappucino cincau memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan cappucino cincau mampu memikat banyak orang.

Konsumen cappucino cincau cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Meminum cappucino cincau yang kini menjadi trend membuat pembeli dari usaha cappucino cincau semakin besar.

Bahan Baku Usaha Cappucino Cincau

Dalam menjalankan usaha cappucino cincau memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Untuk membuat cappucino cincau yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni cappucino, gula, susu dan cincau. Untuk mencari bahan baku cappucino cincau bisa dijumpai di pasar ataupun toko secara langsung.

Peralatan Usaha Cappucino Cincau

Dalam usaha cappucino cincau membutuhkan peralatan peralatan penting diantaranya booth, panci, mesin es serut, timba, baskom, kompor gas, pisau, nampan, gelas, sendok, serbet, dan peralatan peralatan lain yang mendukung.

Lokasi Strategis Dalam Berjualan Cappucino Cincau

Dalam berjualan minuman, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Usaha cappucino cincau dapat dijalankan dengan membuka kios atau booth di pinggiran jalan, pusat perbelanjaan, dekat pasar, sekolah, pusat kota, kantor juga tempat wisata.

Karyawan Usaha Cappucino Cincau

Karyawan dalam menjalankan usaha cappucino cincau bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga Jual Cappucino Cincau

Patokan harga untuk cappucino cincau dapat Anda buat dalam hitungan per gelas dimana harga mulai Rp 4.000 hingga Rp 6.000.

Strategi Promosi Usaha Cappucino Cincau

Pemasaran usaha cappucino cincau bisa dilakukan dengan membuat racikan cappucino cincau yang enak dan nikmat. Selain itu dapat memanfaatkan promosi kedai cappucino cincau dari media sosial baik faceboook, path, instagram, whats upp, bbm, dan lainnya. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran kedai cappucino cincau lewat menyebarkan berbagai brosur.

Keuntungan Dalam Menjalankan Usaha Cappucino Cincau

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang usaha cappucino cincau ini yakni merupakan minuman nikmat yang mulai digandrungi oleh kalangan.

Kekurangan Usaha Cappucino Cincau

Segi kekurangan usaha cappucino cincau ialah cappucino cincau memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Sehingga dalam berjualan cappucino cincau dapat diminimalisir dengan membuat cappucino cincau dengan tampilan berbeda dan unik untuk memenangkan persaingan.

Mungkin cukup sekian untuk artikel ini, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk mengetahui apa itu cappucino cincau dan juga resep resep yang dapat difariasikan sendiri, saya minta maaf apabila ada kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.