Kali Ini saya akan membagikan resep yaitu Cara Membuat Es Semangka yang Segernya Bikin ngak Tahan. Es buah adalah salah satu minuman nikmat yang bahannya terbuat dari bahan buah-buahan yang memiliki banyak kandungan vitamin jangan lupa baca artikel lainnya ya yaitu cara membuat jus buah.

Minuman dingin yang satu ini sudah jadi salah satu minuman yang umum khususnya di Indonesia karena populer dan mempunyai cita rasa minuman segar. Sangat pas disantap waktu lagi santai kala berkumpul bersama kerabat, keluarga atau teman Anda.

Minuman es buah yang enak ini sangat cocok bila disantap disaat udara panas, ditemani dengan makanan ringan yang pasti akan membuat hari-hari Anda jadi lebih cerah. Minuman dingin nan segar pelepas dahaga ini juga banyak ditemukan ketika musim ramadhan, utamanya di kala sore menjelang waktu berbuka puasa (karena disunnahkan berbuka dengan yang manis-manis).

Selain itu sering menjadi hidangan kala lebaran di rumah-rumah, baik itu di rumah sendiri atau di rumah tetangga. Dikarenakan kepopuleran minuman es buah ini maka gampang sekali dijumpai di banyak lokasi seperti pada acara-acara pesta, pun banyak dijual di kafe-kafe, di tempat-tempat ramai seperti pasar atau tempat wisata bahkan di pinggir-pinggir jalan.

Sejarah Buah Semangka

Tanaman semangka berasal dari Afrika dan saat ini telah menyebar ke seluruh dunia, baik di daerah subtropis maupun tropis. Tanaman semangka bersifat semusim, tergolong cepat berproduksi karena umurnya hanya enam bulan. Di Indonesia, tanaman semangka banyak dikembangkan secara komersial di antaranya Indramayu dan Cirebon (sehabis panen padi), Madiun, Klaten, Madura, Malang, serta Lombok.-

Es buah adalah minuman campuran beberapa buah-buahan yang diramu sedemikian rupa hingga menghasilkan minuman yang segar. Minuman segar ini sudah tidak asing lagi untuk anda orang Indonesia, utamanya yang berdomisili di daerah perkotaan. Bahkan minuman yang satu ini juga mudah didapati di hampir semua kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja, Medan, Denpasar, Makassar dan kota besar lainnya.

Cara membuat es buah ini banyak memakai aneka jenis buah yang kaya kandungan vitamin yang punya segudang manfaat untuk tubuh. Buah-buahan yang digunakan antara lain melon, mangga, semangka, pepaya, alpukat, apel, stroberi dan buah-buahan yang lainnya.

Oleh sebab itu minuman ini sangat cocok dinikmati bagi siapa saja termasuk Anda, tanpa harus khawatir tentang dampak buruk untuk kesehatan. Minuman ini boleh dinikmati oleh semua orang, baik itu anak kecil atau orang dewasa.

Dibawah ini akan kami bahas tentang cara membuat es buah semangka yang kaya akan vitamin dan tentunya enak untuk disantap. Pertama-tama yakni terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan ketika proses membuat es buah sehingga nantinya bisa memudahkan dalam membuat minuman es buah sendiri di rumah.

Alat-alat yang Dibutuhkan

  •  Wadah
  •  Mangkok
  •  Pisau
  •  Sendok
  •  Gelas dan alat-alat lainnya yang diperlukan

Bahan-bahan untuk Membuat Es Buah Semangka

  • Es batu
  • Gula pasir
  • Sirup
  • Cincau hitam
  • Biji selasih
  • Nata de Coco
  • Susu sesuai selera

Buah-buahan yang dibutuhkan dalam pembuatan es buah:

  • Buah melon
  • Buah mangga
  • Buah alpukat
  • Buah semangka
  • Buah anggur
  • Buah pepaya
  • Buah nanas
  • Buah stroberi
  • Buah kelapa yang masih muda apel

Catatan: bahan ini hanya sebagai sampel saja, Anda bisa juga memakai buah-buahan segar lainnya sesuai selera Anda.

Cara Membuat Es Buah Semangka

  •  buat air gula dahulu. Siapkan panci dengan 1 liter air dan taruh di atas kompor dan nyalakan apinya. Ambil gula pasir lalu masukkan dalam panci berisi air tadi. Aduk pelan-pelan sampai airnya mendidih. Setelah itu sisihkan air gula tersebut lalu biarkan hingga dingin.
  • membuat isi bahan es buah. Potong kecil berbentuk kotak dadu buah-buahan seperti buah utama semangka, buah melon, buah apel, buah stroberi, buah melon, buah nanas dan aneka buah yang lainnya. Lalu tempatkan irisan buah-buahan tadi ke dalam sebuah wadah.
  •  sinyiapkan es buah. Siapkan es batu ke dalam sebuah baskom yang di dalamnya potongan buah-buahan tadi, lalu tambahkan air es secukupnya. Setelah itu tambahkan bahan pelengkap seperti air gula, nata de coco, biji selasih, cincau hitam, sirup, dan susu sesuai selera.
  • Terakhir, ambil mangkok atau gelas sebagai tempat es buah yang akan dihidangkan. Dengan menggunakan sendok besar ambil es buah yang berada di wadah tadi lalu tuangkan ke dalam mangkok atau gelas. Es buah siap untuk dinikmati.

Manfaat Buah Semangka

Buah semangka kerap kamu temukan sebagai menu pencuci mulut. Selain karena banyak digemari orang, ada banyak manfaat untuk kesehatan yang dapat kamu rasakan.

Semangka memiliki rasa manis dan menyegarkan saat disantap ketika cuaca panas. Selain itu, dengan kandungan yang dimilikinya, semangka juga memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Berikut ini berbagai manfaat semangka untuk tubuh:

  • Mencegah Impoten

Manfaat buah semangka secara alami dapat dirasakan untuk pria. Semangka dapat digunakan untuk obat kuat pria yang dapat menjaga kesuburan. Dengan mengonsumsi semangka, maka dapat mengobati dan mencegah impoten. Impoten adalah kondisi ketika penis tidak mampu ereksi atau mempertahankan ereksi walaupun adanya rangsangan seksual.

  • Mengatasi Lemak yang Menumpuk

Kandungan asam amino citruline yang dimiliki semangka dapat secara efektif mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Semangka mampu melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan melarutkannya dalam saluran pencernaan. Dengan manfaatnya ini, maka semangka dapat kamu gunakan jika sedang menjalani diet.

  • Menyehatkan Jantung

Semangka sangat kaya likopen yang dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Hal ini yang membuat semangka dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian

Semangka merah termasuk buah yang rendah kalori. Ada banyak kandungan gizi yang dimiliki semangka. Kandungan yang dimilikinya sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat semangka selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini memiliki efek yang sangat baik mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah. Hal ini yang membuat semangka sangat bermanfaat untuk mencegah hipertensi.

  • Mencegah Dehidrasi

Semangka memiliki 92% kandungan air di dalamya. Kandungan air yang tinggi ini dapat membantu mencegah dehidrasi.

  • Menjaga Kelembapan Kulit

Kandungan tinggi air yang dimiliki semangka ini juga dapat memberikan kelembapan pada kulit. Jika kamu memiliki masalah kulit kering, kamu dapat mengonsumsi semangka untuk membantu mengobatinya. Kulit yang kering dapat disebabkan oleh kurangnya kandungan air di dalam tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa menggunakan semangka sebagai masker untuk wajah.

  • Melindungi Fungsi Saraf

Manfaat semangka selanjutnya juga dapat membantu melindungi fungsi saraf. Semangka memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengatur fungsi saraf.

  • Mengatasi Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar disebabkan oleh berbagai hal salah satunya kurangnya serat di dalam tubuh. Buah semangka yang tinggi kandungan air, dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi ini.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan potasiun di dalam semangka dapat membantu membersihkan endapan beracun di ginjal. Semangka juga bermanfaat untuk mengurangi konsentrasi asam urat sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal. Kandungan airnya yang tinggi juga mampu mendorong untuk buang air kecil yang dapat membantu membersihkan ginjal.

  •  Menjaga Kesehatan Rambut

Semangka juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin A yang terdapat di dalamnya dapat membantu batang rambut tetap lembap.

  •  Mengatasi Nyeri Otot

Senyawa asam amino citruline yang terdapat dalam semangka dapat membantu meredakan nyeri otot. Senyawa ini membuat otot menjadi lebih santai dan meredakan ketegangan. Banyak orang yang mengonsumsi semangka setelah melakukan pertandingan.

  • Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi pada semangka sangat berperan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu yang menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, semangka juga memiliki senyawa antioksidan yang berperan pula untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker berkembang.

Nutrisi Buah Semangka

Kandungan Gizi
Semangka
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 30
Jumlah Lemak 0,2 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 112 mg
Jumlah Karbohidrat 8 g
Serat pangan 0,4 g
Gula 6 g
Protein 0,6 g
Vitamin A 569 IU Vitamin C 8,1 mg
Kalsium 7 mg Zat besi 0,2 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 10 mg

Cara Membuat Es Durian

Kali ini saya akan membagikan resep yaitu cara membuat es durian. Durian merupakan buah yang memiliki kulit tebal, keras serta berduri. Namun memiliki daging yang sangat enak, lembut, manis serta harum. Buah durian memiliki kandungan vitamin C, karbohidrat, kalsium, lemak serta protein yang baik untuk tubuh.

Tetapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karena apapun yang berlebihan itu semuanya tidak baik. Walaupun buah tersebut memiliki harga yang relatif mahal, namun tidak mempengaruhi untuk para penikmatnya. Buah durian yang sudah matang bisa dimakan secara langsung, dan juga bisa dibuat sajian minuman yang segar dan enak yaitu dibuat jus dengan nama jus durian.

Sajian jus durian ini biasanya tersedia dicafe-cafe yang menyediakan segala macam minuman jus.Namun sebenarnya andapun tidak perlu membeli jus durian diluaran sana, dirumah andapun dengan sangat mudah untuk membuatnya.

Apalagi untuk bahan-bahan yang digunakan sangat simpel, terpenting anda menggunakan daging durian yang sudah matang dan kondisinya masih segar. Baiklah kita langsung saja dengan cara membuat jus durian lezat dan nikmat, berikut ini adalah ulasan resepnya.

Berikut Bahan – Bahan Membuat Es Buah Durian:

  • 200 gr daging durian
  • 60 ml susu kental manis putih
  • Es batu secukupnya, diserut

Berikut Cara Membuat Es Buah Durian :

  1. Pertama pisahkan daging durian dari bijinya, kemudian masukkan kedalam blender.
  2. Serta masukkan juga es serut, susu kental manis serta air kedalam blender.
  3. Blenderlah semua bahan sampai kental dan halus.
  4. Siapkan gelas saji lalu tuangkan jus durian kedalam gelas dan siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba dirumah ya borrr semoga hasilnya memuaskan ya.

Manfaat Buah Durian

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Durian memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 55. Semakin rendah indeks glikemik makanan, maka tubuh akan semakin lambat menyerap karbohidrat sehingga gula darah tidak cepat melonjak.

Nutrisi dalam durian juga dapat mencegah penyerapan glukosa berlebih dan merangsang pelepasan insulin. Dengan demikian, kadar gula darah Anda akan tetap dalam batas aman setelah makan durian. Namun ingat, manfaat durian ini bisa didapatkan selama dikonsumsi dalam batas wajar, ya.

2. Melawan Infeksi

Baik kulit maupun daging durian mengandung sifat antibakteri yang bisa membantu melawan infeksi. Dengan makan durian saja, daya tahan tubuh Anda akan tetap terjaga sehingga Anda pun tidak mudah sakit.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Siapa sangka bahwa makan durian ternyata juga baik untuk kesehatan jantung. Sebab, kandungan vitamin dan mineral pada durian dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh jadi tetap lancar.

Selain itu, dinding pembuluh darah Anda pun juga tetap sehat tanpa adanya timbunan plak maupun kolesterol. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kabar baiknya, manfaat durian juga dapat menurunkan risiko kanker, lho! Pasalnya, durian memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas. Bahkan menurut sebuah studi, ekstrak durian dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara.

Kandungan Gizi Buah Durian

  • 357 kalori
  • 13 gram lemak
  • 66 gram karbohidrat
  • 9 gram serat
  • 4 gram protein
  • 80% nilai asupan vitamin C harian yang dianjurkan
  • 39% nilai asupan vitamin B6 harian harian yang dianjurkan
  • 30% nilai asupan kalium harian harian yang dianjurkan
  • 22% nilai asupan folat harian harian yang dianjurkan
  • 18% nilai asupan kalium magnesium harian yang dianjurkan

Peluang Usaha Jualan Es Buah

Peluang usaha ini juga tidak terlalu merepotkan, mudah mengolahnya dan membutuhkan modal yang besar. Kalau diperhatikan sih, bahan dasar utamanya harus segar dan lebih dari satu jenis.
Membuat bisnis minuman tidak akan ada hentinya, bahkan akan selalu muncul inovasi-inovasi terbaru. Es buah terdiri dari berbagai isian buah-buahan yang segar, minuman ini sangat nikmat diminum kapanpun. Iya, walaupun lebih cocok dinikmati saat cuaca sedang terik.
Berikut adalah cara membuka usaha berjualan es buah dimula dari persiapan, pelaksanaan, promosi & pemasaran, hambatan dan Analisis Usaha :

Persiapan

  • Menyiapkan alat-alat pendukung bisnis, misalnya lemari es, membuat es batu atau jika tidak mencari penyedia es batu.
  • Mempersiapkan persediaan buah segar (mencari toko buah yang bisa memberi harga lebih murah)

Pelaksanaan

  • Mencari tempat-tempat yang menyediakan buah segar. Cohtoh di pasar rakyat, depan sekolah, depan kampus depan pabrik dll
  • Memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau banyak orang
  • Melakukan promosi kepada sasaran konsumen

Promosi dan Pemasaran

  • Untuk promosi dan pemasaran dapat dilakukan dari mulut ke mulut dimana cara ini masih lebih cepat. Kemudian disusul menyebarkan berupa brosur pada orang-orang yang lewat disekitar tempat anda berjualan

Hambatan

  • Jika kualitas dan rasa es buah sama dengan yang sudah ada mungkin akan kurang laku.
  • Saingan banyak, sehingga anda harus mempunyai rasa khas sendiri yag tidak dimiliki pesaing
  • Buah tidak laku akan membusuk, jadi harus punya lemari es agar kesegaran tetap terjaga

Analisis Usaha

Modal Awal
Peralatan
Sewa Kios          Rp 2.000.000
Blender 3 Buah     Rp 1.500.000
Kulkas             Rp 2.000.000
Gelas              Rp   200.000
Jumlah                          Rp 5.700.000

Perlengkapan

Kantong Kemasan    Rp 50.000
Kantong Plastik    Rp 25.000
Sedotan            Rp 25.000
Jumlah                          Rp 100.000

Perhitungan Laba/(rugi) per bulan

30 hari x Rp 3.000 x 50 bungkus  Rp 4.500.000

Biaya-Biaya

Persediaan Buah               Rp 1.500.000
Susu + Gula                       Rp   300.000
Listrik + Air                         Rp   300.000
Transportasi                       Rp   200.000
Biay Perlengkapan             Rp   100.000
Biaya Tak Terduga             Rp   300.000
Jumlah Biaya                     Rp 2.700.000

Laba/ (rugi) bersih

Pendapatan (Rp 4.500.000) – Biaya2 (Rp 2.700.000) = Rp 1.800.000

Perhitungan diatas tidak selamanya sama, anda bisa mengurangi biaya-biaya modal usahanya dan mungkin menaikkan sedikit harganya. Yaaaak itulah resep cara membuat es buah dan peluang usahanya semoga bermanfaat ya bor jangan lupa dicoba jangan lupa baca artikel lain yaitu cara membuat cheese tea yya.