Kali ini saya akan membuat artikel cara membuat foam susu yang mudah dan praktis.Mari kita pelajari artikel berikut.

 

Cara membuat foam susu bisa dengan berbagai cara, menggunakan manual atau dengan mesin. Kamu bisa membuat foam susu dengan steam wand yang ada pada mesin espreso. Tekanan tinggi akan menghasilkan uap panas yang mengocok susu sehingga dapat menjadi foam.

Atau menggunakan milk frother, jika tidak memiliki kamu juga bisa mem froth menggunakan french press. Kamu juga bisa membuat foam/busa susu dengan cara dikocok secara manual dengan menggunakan balloon whisk.

membuat foam

Untuk lebih praktisnya kamu juga bisa membuat foam menggunakan french press.  Dengan alat tersebut kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga atau membuang-buang waktu untuk mengocok susu segar.

Foam susu bisa dipakai untuk membuat minuman kopi seperti cappuccino yaitu kopi espreso dengan susu dan juga ditambah dengan busa susu yang lembut dan tebal.

Cappuccino dengan gaya Italia tradisional asli terdiri dari komposisi yang sama dengan espreso, yaitu  susu dan busa susu. Minuman ini sangat cocok untuk kamu yang suka kopi berbusa dan krim.

Lalu kamu juga bisa membuat macchiato. Ini adalah espreso dengan sedikit foam susu yang membentuk noda putih. Dengan membuat foam susu sendiri kamu bisa merasakan aneka kreasi kopi seperti yang biasa ada di kafe kekinian.

Kamu bisa menikmatinya di meja makan, atau di teras rumah sambil bersantai, menikmati suasana seperti nongkrong di kafe.

Jenis susu yang baik untuk memebuat foam susu.

1.Susu Full Cream

Susu full cream banyak mengandung lemak, dan protein yang jika dibuat foam dapat menghasilkan foam creamy. Tak cuma itu, suhu temperatur susu juga harus diperhatikan, temperatur dari susu akan menentukan tampilan yang bagus dari busa susu.

Kamu bisa gunakan susu full cream dingin untuk dapat menghasilkan buih susu yang bergelembung kecil, dan ringan atau (microfoam).

2.Susu Mentah atau Raw Milk

Selain susu full cream, ada jenis susu mentah atau raw milk yang langsung datang dari perternakan sapi perah. Susu ini bagus untuk pembuatan foam/busa susu. Jika foam dari raw milk ini dicampurkan pada cappucino, kamu dapat merasakan tambahan rasa karamel.

3.Susu HTST

Susu ini cocok dibuat foam. Susu ini dapat menambahkan rasa yang lebih manis pada kopi dan menjadikan tekstur cappucino menjadi lebih kental, jika foam susu dicampurkan pada cappucino.

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu coba untuk cara membuat foam susu yang mudah dan praktis.

1.Cara Membuat Foam Menggunakan Kocokan Kawat

  • Tuang susu ke cangkir atau panci.

Tuang susu sebanyak yang diperlukan ke dalam cangkir tahan microwave atau panci logam, tergantung apakah kamu berniat memanaskan susu dengan menggunakan microwave atau kompor. kamu dapat membutuhkan sekitar setengah cangkir susu untuk setiap gelas/cup cappuccino.

  • Panaskan susu.
  1. Apabila kamu menggunakan microwave, masukkan setengah cangkir susu tadi ke dalam microwave dan panaskan susu tersebut dengan suhu tinggi selama sekitar 30 detik atau sampai muncul uap dari susu.
  2. Apabila kamu menggunakan kompor, letakkan panci di atas kompor yang telah menyala dan gunakan/setel ke api sedang. Panaskan sampai muncul uap dari susu, sama seperti yang di atas.
  • Gunakan kocokan kawat untuk membuat busa.

Setelah susu dipanaskan, masukkan kocokan kawat yang telah disiapkan ke dalam susu dan putar gagang kocokan kawat tersebut menggunakan kedua tangan kamu untuk membuat busa. Terus kocok sampai kamu menghasilkan/mendapatkan busa sebanyak yang kamu inginkan.

2.Cara Membuat Foam Menggunakan Stoples

  • Tuang susu ke dalam stoples kaca bertutup rapat.

Tuang setengah cangkir susu ke dalam stoples kaca. Susu yang digunakan sebaiknya tidak lebih dari setengah stoples, karena kamu perlu menyisakan ruang yang cukup untuk menampung busanya mengembang.

  • Kocok stoples selama 30 detik.

Tutup stoples dengan rapat kemudian kocok stoples dengan kencang sampai susunya mengeluarkan foam/busa dan hampir menjadi dua kali lipat jumlah awal. Langkah ini akan memakan waktu sekitar 30 detik.

  • Buka tutup stoples dan panaskan susu dalam microwave.

Buka tutup stoples dan letakkan di dalam microwave. Panaskan susu dalam stoples dengan suhu tinggi kurang lebih selama 30 detik, atau sampai mulai muncul uap dari susu tersebut. Busanya akan mulai stabil saat di dalam microwave dan naik ke atas permukaan susu sampai sedikit melebihi stoples.

3.Membuat Cappuccino yang Sempurna Dengan Foam

  • Gunakan susu segar dingin.

Kesegaran dan dinginnya suhu susu yang digunakan, akan semakin baik. kamu dapat menghasilkan foam/busa yang lebih lembut dan cappuccino-nya akan terasa lebih enak.

  • Gunakan susu dengan kandungan lemak yang lebih tinggi.

Susu murni atau half-and-half cenderung membuat foam/busa lebih baik daripada menggunakan susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah, misalnya 2% atau susu skim.

Susu murni juga cenderung memproduksi busa yang lebih manis rasanya daripada susu yang memiliki kandungan lemak rendah. Namun bagaimanapun, jenis susu yang kamu gunakan merupakan pilihan kamu, dan kamu tetap dapat mendapatkan hasil yang baik dengan susu rendah lemak sekalipun.

  • Buat kopi kental berkualitas baik.

Tentu saja kualitas cappuccino yang akan kamu buat tidak hanya bergantung pada busanya saja, melainkan juga pada seberapa baik kualitas kopi kamu. Gunakan kopi kental yang mempunyai kualitas baik dan pastikan rasa kopinya enak dan panas. Sebaiknya kamu menyiapkan kopi sebelum menyiapkan susu.

  • Ketuk bagian bawah yang ada pada cangkir, panci, atau stoples untuk menghilangkan gelembung besar.

Setelah busa dipanaskan, putar-putar sebentar cangkir, panci, atau stoples lalu ketuk pelan di meja dapur. Gerakan inilah yang akan memecahkan gelembung besar pada cangkir, panci, atau stoples dan untuk memadatkan busa.

  • Gunakan sendok untuk menahan busa.

Ketika kamu menuangkan susu ke dalam kopi, sebaiknya kamu menggunakan sendok untuk menahan busa sampai 2/3 cangkir. Kemudian kamu dapat menggunakan sendok untuk menambahkan busa/foam di atas kopi susu.

  • Selesaikan dengan cokelat bubuk.

Untuk membuat cappuccino terlihat lebih sempurna, taburkan sedikit cokelat bubuk atau bisa juga parutan cokelat di atas busa susu. Panas cappuccino akan membuat cokelatnya agak meleleh.

4.Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

  1. Caranya adalah dengan mengisi toples itu dengan susu. Jangan isi susu terlalu penuh, dan sisakan ruang dalam toples itu untuk menampung busa yang nantinya akan muncul.
  2. Setelah itu, tutup toples tersebut kemudian kocok toples yang sudah diisi dengan susu tadi agak lama, sampai susu itu menjadi berbusa.
  3. Buka tutupnya, kemudian masukkan toples tersebut ke dalam microwave selama setengah menit. Busa atau foam-nya akan naik ke atas, dan panas dari microwave tersebut akan membuatnya stabil.
  4. Tuang susu ke dalam kopimu dengan menggunakan sendok.

membuat foam susu

Tapi kalau kamu mempunyai mesin pembuat kopi , tentunya akan menjadi lebih baik lagi, karena foam susu yang kamu buat akan lebih sempurna lagi.

Tips

  1. Waktu memasak dengan microwave bervariasi. Yang terpenting adalah untuk dapat mencapai titik persis sebelum susu itu mendidih, tepatnya ketika mulai muncul uap dari susu, tetapi belum terbentuk gelembung susunya.
  2. Susu segar jenis apapun baik itu susu skim, murni, bahkan half-and-half– tidak masalah, hanya saja akan menjadikan kualitas dan kekentalan busa yang berbeda. Susu murni memproduksi busa lebih banyak dan lebih halus, sedangkan susu skim cenderung memproduksi busa yang lebih kental atau kaku.
  3. Kamu bisa menggunakan panci untuk memanaskan susu. Perhatikan titik panas seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan di atas, lalu tuangkan susu ke dalam cangkir. (Kamu juga dapat membuat busa langsung di dalam panci, namun kemungkinan busa yang dihasilkan lebih sedikit.)
  4. Untuk mendapatkan busa atau foam terbaik, pastikan kamu menggunakan susu segar, ukuran cangkir yang tidak terlalu besar (idealnya sedikit lebih besar dari diameter kocokan kawat), dan putar kocokan kawat itu dengan sangat cepat.

Peringatan

  • Perhatikan dengan baik cangkir dalam microwave saat pertama kali kamu mencoba, untuk memastikan agar susunya tidak meluap. Pelajari waktu memanaskan yang ideal untuk microwave kamu.

Hal yang Anda Butuhkan

  1. Sebuah microwave (atau panci dan kompor)
  2. Dua cangkir kopi
  3. Sebuah kocokan kawat
  4. Sebuah stoples bertutup rapat
  5. Susu segar
  6. Kopi
  7. Cokelat bubuk

 

Selain dapat dibuat foam/busa susu, susu juga bisa dibuat berbagai macam olahan dan produk.Untuk mengetahui hal itu, mari kita simak macam-macam olahan dan produk susu berikut.

A.Macam-Macam Olahan Dan Produk Susu

1.Susu Pasteurisasi

Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan atau minuman dengan tujuan membunuh organisme merugikan yang dapat menyebarkan penyakit seperti bakteri, virus, protozoa, dan khamir.

Proses ini diberi nama oleh penemunya yakni Louis Pasteur seorang ilmuwan dari Perancis. Tes pasteurisasi pertama kali diselesaikan oleh dua ilmuwan bernama Pasteur dan Claude Bernard pada 20 April 1862.

Pasteurisasi mempunyai tujuan untuk mencapai pengurangan jumlah organisme, dengan mengurangi jumlah mereka sehingga tidak dapat lagi menyebabkan penyakit (dengan syarat produk yang telah atau sudah dipasteurisasi didinginkan dan digunakan sebelum mencapai tanggal kedaluwarsa).

2.Yoghurt

Youghurt adalah salah satu produk hasil olahan dari susu fermentasi dengan menfermentasi susu menggunakan bakteri baik Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles.

Bakteri ini memiliki kemampuan dalam memfermentasi susu menjadi asam susu (asam laktat) dan asam asetat.Dengan adanya kemampuan dari bakteri Lactobacillus dan Streptococusini ini dalam proses memfermentasi susu, dimanfaatkan oleh manusia sebagai dasar dalam proses pembuatan susu menjadi yoghurt.

Untuk memperoleh yoghurt yang memepunyai kualitas baik diperlukan susu yang berkualitas baik pula. Susu yang memiliki kualitas baik tersebut berasal dari hewan yang sehat, mempunyai bau susu yang normal, dan tidak terkontaminasi bakteri atau organisme lainya.

Susu yang digunakan dalam pembuatan yoghurt umumnya menggunakan jenis susu murni, susu bubuk atau susu kental.

3.Mentega

Mentega adalah produk tenusu terbuat dari hasil olahan krim atau susu, sama ada segar atau yang ditapai. Mentega boleh dipakai sebagai olesan dan sapuan, selain itu mentega juga bisa digunakan dalam hal memasak seperti membakar, membuat sosis dan menggoreng.

Mentega sendiri terdiri dari lemak mentega, air dan protein susu. Mentega pada umumnya mempunyai warna yang kuning pucat, tetapi bisa berubah antara menjadi kuning tua hingga hampir putih.

Warna mentega bergantung pada makanan hewannya dan yang lazimnya dimanipulasi dengan pewarna makanan dalam proses pengeluaran komersil, biasanya dengan anato atau karotena.

4.Dodol Susu

Dodol merupakan makanan semi-basah yang terbuat dari bahan seperti tepung beras ketan, santan kelapa, dengan gula. Ada pula yang ditambahkan dengan bahan tambahan makanan lain yang dapat di masukkan ke dalam dodol.

Adapun dodol susu ini, ia terbuat dari bahan dodol yang ada pada umumnya, tetapi untuk dodol susu ditambah dengan susu cair untuk menambah rasa.

Hal ini digunakan untuk memanfaatkan kelebihan produksi susu. Dodol susu merupakan makanan khas dari Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Di Bandung, diketahui dodol susu ini sudah dibuat disana sejak tahun 70-an.

Di sana, gula pada dodol ditambah dengan jumlah yang cukup banyak untuk dapat mengawetkan dodol susu ini supaya bertahan lama.

5.Es Cream

Es Cream merupakan sebuah makanan beku dingin yang terbuat dari produk susu seperti krim atau semacamnya, dicampurkan dengan perasa makanan dan pemanis buatan maupun alami.

Campuran ini didinginkan dengan sesekali diaduk untuk mengurangi suhunya, untuk mencegah terjadinya pembentukan kristal es besar. Jika dilihat es krim hampir mirip dengan membuat foam.

Dengan cara, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke dalam sebuah wadah yang sudah dimasukkan campuran es pecah dan garam. Garam dapat membuat air menjadi cair dan berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan yang merata dengan air dan es tersebut.

6.Kerupuk Susu

Kerupuk susu merupakan produk olahan semacam kerupuk udang yang terbuat dari bahan dasar sama, namun divariasikan dengan menggunakan susu.

Adapun, bahan-bahan yang diperlukan untuk memebuat kerupuk susu selain susu, adalah tepung terigu dan tapioka, penyedap rasa, dan rempah-rempah seperti bawang putih dan ketumbar, serta kuning telur.

Kerupuk susu dibuat dari dua cara:

  • Tepung terigu dimasukkan ke dalam susu sedikit demi sedikit, sampai menjadi larut dan disaring hingga mendapatkan larutan yang encer. Lalu, masukkan bumbu dan rempah-rempahnya sampai rata. Adonan tersebut dimasukkan ke dalam plastik, kemudian diikat. Lalu rebus dalam air bersih selama 1/2 jam dan angkat. Adonan yang sudah matang dipotong agak tipis-tipis dan dikeringkan, jadilah kerupuk susu.
  • Campur tepung terigu dan tapioka (dengan perbandingan takaran 1:2 atau 1:3). Kemudian dituangkan susu hingga adonannya menjadi mengental. Masukkan bumbu dan rempah-rempah yang sudah dihaluskan dan selanjutnya lakukan yang sama seperti prosedur nomor 1.
7.Keju
Keju merupakan makanan yang dibuat menggunakan bahan dasar berupa susu yang dipisahkan, yang kemudian diperoleh dengan cara pengumpulan bagian casein dari susu dan susu skim.
Pengumpulan ini terjadi karena adanya enzim rennet (terdapat enzim proteolytic (protease) yang bisa  memisahkan susu menjadi 2 bagian yang padat dan cair) atau dengan cara meningkatkan keasaman pada susu melalui proses fermentasi asam laktat, atau dengan cara menggunakan kombinasi kedua teknik ini.
8.Susu Bubuk

Susu bubuk merupakan susu yang didapatkan dengan cara susu cair dipanaskan sedemikian rupa menggunakan alat spray dryer atau roller dryer hingga menjadi kering, dan menghasilkan susu dengan bentuk bubuk. Susu bubuk juga bisa untuk membuat foam susu.

Jenis susu ini memiliki daya tahan makanan yang paling lama jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya, sehingga tidak perlu disimpan di dalam lemari pendingin karena susu bubuk memiliki kandungan uap air yang sangat rendah.

Susu bubuk yang banyak beredar di pasaran pada umumnya berupa susu skim, full cream, ataupun whole milk. Kandungan gizi yang terdapat pada susu bubuk umumnya sudah difortifikasi, sehingga susu bubuk jadi tidak alami.

 

Demikian artikel yang telah saya buat ini tentang Cara Membuat Foam Susu yang mudah dan cara membuat cappucino serta caffe latte dengan foam susu.Terakhir olahan dan produk yang dapat dibuat dari bahan susu.

Semoga Bermanfaat

&

   Terima Kasih

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •