Tips Pembuatan Keripik Apel Agar Lebih Renyah

Tips Membuat Keripik Buah

Untuk menghasilkan kualitas kwripik buah yang baik, maka kita harus pintar dalam mengolah maupun packing. Berikut ini cara agar keripik buah berkualitas baik

A. Pilih Buah yang Paling Baik.

Kualitas buah akan mempengaruhi keripik buah dari segi kualitas maupun rasa. Sebaiknya anda memilih buah yang tidak terlalu lembek dan berasa menyengat.

Jika anda akan menggunakan buah dengan ciri tersebut, sebaiknya setelah diiris buah dikeringkan.

B. Metode Memasak

Metode memasak biasanya sangat mempengaruhi kualitas, karena jika menggunakan metode yang salah maka akan menurunkan kualitas dari kripik buah yang anda buat.

Seandaiya tidak ingin menggoreng ada cara lain, yaitu yaitu dengan cara memanggang atau dengan menggunakan microwave.

C. Dengan Kulit atau Tidak.

Jika anda menyukai keripik buah yang berkulit, anda harus mencuci terebih dahulu bahan utama agar mengurangi resiko penyakit dan bakteri yang menyerang anda.

Selain itu jika anda lebih menyukai keripik buah tanpa kulit, maka anda harus mengupas terlebih dahulu kulit nya baru mengirisnya.

D. Iris Tipis

Ketebalan dari bahan utama akan memengaruhi kualitas dari keripik buah. Jika anda mengiris terlalu tebal, maka keripik tidak akan krispi melainkan menjadi lunak.

Untuk itu bahan utama harus diiris tipis agar menjadi krispi seperti yang anda harapkan.

E. Penggunaan Air Garam

Penggunaan air garam pada pembuatan keripik buah sebelum digoreng akan mengurangi jumlah kadar air dalam bahan.

Cara menggunakan air garam adalah dengan melarutkan garam pada air lalu bahan utama yang telah diiris direndam dalam air garam selama kurang lebih 20-30 menit lalu ditiriskan dan dikeringkan.

F. Packing atau Finishing

Pada proses finishing yaitu harus memperhatikan cara penyimpanan dari keripik buah. Untuk mempertahankan kualitasnya, keripik disimpan pada toples yang rapat dan kedap udara agar keripik tetap krispi.


 

Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin kerupuk yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Jika kamu terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat kerupuk menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas itu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini akan mencegah mengalirnya udara dari luar ke dalam yang menyebabkan kerupuk dan keripik cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan kerupuk dalam lemari pendingin juga akan membuat kerupuk lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •