Ingin Tahu Cara Membuat Keripik Nangka? Ini Langkahnya

Ingin Tahu Cara Membuat Keripik Nangka? Ini Langkahnya

Cara Membuat Keripik Nangka – Kalian tahu Keripik buah nangka? Keripik nangka adalah makanan ringan atau camilan yang terbuat dari bahan dasar buah nangka.

Buah nangka sangat banyak ditemukan diberbagai wilayah di indonesia. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis membuat buah ini disukai oleh semua orang.

Buah nangka bisa diolah menjadi Keripik untuk camilan buah sehat sehari – hari. Cara membuat keripik buah nangka pun terilang mudah.

Kalian bisa membuat nya sendiri, cara membuat keripik nangka sederhana. Kalian bisa mengolahnya dirumah tanpa harus membeli di toko oleh – oleh.

Kelezatan dari buah nangka yang diolah menjadi Keripik nangka menjadikannya semakin digemari oleh semua kalangan sebagai cemilan buah sehat sehari – hari.

Apalagi kalau kalian cara membuat keripik nangka sendiri dan memasarkannya ke berbagai tempat, pasti keuntungan yang didapat pun cukup banyak. Bahan dasar kalian tinggal petik dilingkungan kalian, jadi tak perlu mengeluarkan modal cukup ratusan juta.

Baca Juga Cara Membuat Keripik Buah Apel Yang Renyah dan Enak.

Tapi apakah kalian sudah tau belum cara pengolahan keripik nangka itu sendiri? Membuat Keripik buah Nangka

Bahan :

  • Buah Nangka Segar, Tidak Terlalu Matang 1 Kg
  • Air 1½ Liter
  • Kapur Sirih 100 Gram
  • Garam 75 Gram
  • Gula Pasir 150 Gram
  • Minyak Goreng 2 Liter

Langkah Dan Cara Membuat Keripik Nangka :

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan. Dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar tidak mudah tengik.
  7. Simpan ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

 

Video Cara Membuat Keripik Nangka Dengan Mesin Vacuum Frying

 

 

Mudah kan? Keripik nangka sudah siap disajikan, keripik ini cocok untuk camilan keluarga sehari – hari dan teman santai.

Apalagi camilan ini sangat cocok sekali disajikan saat hari besar atau perayaan agama seperti idul fitri, dll. Jadi sudah tau kan cara mengolah buah nangka yang sebelumnya hanya di konsumsi gitu – gitu saja.

Selain kelezatan nya, makanan ini bisa tahan lama tanpa menggunakan bahan kimia atau pengawet.

Jika Anda sudah membaca cara membuat keripik nangka dan gagal, silahkan Anda coba terus di rumah dan jangan pernah takut gagal. Karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani gagal dulu.

Selamat mencoba dan siapa tahu dari resep diatas bisa mengawali Anda dalam berusaha. Dan ketika Anda mencobanya dirumah sebaiknya pada saat musim-musim panas.

Hal ini disebabkan karena pengeringan dengan menggunakan sinar matahari langsung hasilnya akan lebih bagus ketika digoreng nanti. Sebaliknya keripik nangka akan keras ketika belum kering namun sudah digoreng.

Tips Agar Keripik Renyah

1. Perkuat dalam Wadah atau Toples

Jika Anda menginginkan keripik yang masih renyah setelah digoreng, maka Anda membutuhkannya dalam wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih stoples dengan kualitas bagus pada tutupnya, semakin rapat semakin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Jika terlalu sering membuka dan menutup wadah, angin akan masuk. Hal ini tentunya dapat membuat keripik menjadi lamban dengan cepat.

3. Akali dengan Tissue atau Kertas Makanan

Letakkan kertas di tutup toples, lalu tutup toples. Ini akan mencegah aliran udara dari luar yang menyebabkan keripik memudar dengan cepat.

4. Simpan di Lemari Es

Menyimpan keripik di lemari es juga akan membuat keripik lebih awet dan tahan lama lebih dari seminggu.

Sekian Informasi cara membuat keripik nangka dan selamat mencoba dan semoga berhasil…..

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •