Penasaran Dengan Cara Membuat Keripik Sale Pisang? Resepnya Ada Disini!

cara membuat keripik sale pisang

Ada banyak olahan makanan dengan bahan baku pisang yang salah satunya adalah kripik sale pisang. Ingin tahu cara membuat keripik sale pisang ? Yuk simak cara pembuatannya berikut ini!

Pisang adalah jenis buah-buahan yang memiliki vitamin tinggi dan memiliki banyak manfaat, walaupun mengandung vitamin  tinggi, namun pisang memiliki kekurangan yaitu mudah busuk. Untuk memanfaatkan makanan ini dapat di lakukan pengolahan misalnya dalam bentuk keripik, bolu pisang, sale dan lain-lain.

Sale pisang merupakan salah satu olahan pisang yang di buat dengan proses pengeringan. Pengeringan dapat di lakukan dengan cara penjemuran atau pengasapan. Sale terkenal memiliki rasa dan aroma yang khas.

Kualitas sale pisang di tunjukan oleh beberapa indikator diantaranya adalah warna, aroma, kekenyalan, rasa dan waktu kelayakan untuk dikonsumsi. Hal tersebut banyak di pengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan dan proses penyimpanan produknya.

Sale yang di buat selama ini sering kali kualitasnya kurang baik terutama bila di buat pada waktu saat musim hujan karena kekurangan panas matahari. Jika di kerjakan saat musim hujan perlu di keringkan dengan pengeringan buatan dengan cara sistem pengasapan atau bantuan mesin pengering.

Macam Macam Cara Membuat Keripik Sale Pisang

Ada beberapa cara pembuatan sale pisang di antaranya adalah dengan cara di jemur menggunakan panas terik matahari berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Pertama siapkan terlebih dahulu pisang yang akan dibuat menjadi olahan makanan sale. Ada banyak jenis buah pisang yang dapat dibuat olahan sale diantaranya adalah pisang kepok, raja siam, koyut, tanduk, ambon serta jenis-jenis lainnya. Salah satu jenis pisang yang akan digunakan untuk membuat sale pisang disini adalah pisang ambon.

Kedua kupas terlebih dahulu buah pisang ambon yang telah disiapkan. Selanjutnya pisahkan cangkang dan isi pisang  terlebih dahulu lalu gunakan pisau untuk mengiris buah tersebut tipis-tipis. Pastikan jangan sampai terputus ketika sedang mengirisnya.

Selanjutnya pindahkan pisang yang telah di iris kedalam tampah dan alas lainnya untuk di gunakan sebagai tempat penyimpanan serta  pastikan juga tempat penjemuran bersih dari berbagai bakteri ataupun debu.

Langkah selanjutnya ialah pisang ambon yang telah berhasil diiris kemudian silahkan jemur di bawah terik matahari selama 4 sampai dengan 5 hari. Waktu penjemuran tergantung dari ketebalan buah pisang yang diiris dan keadaan cuaca panas terik matahari. Semakin tinggi ketebalan pisang maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menjemur sale.

Indikator keberhasilan penjemuran sale ini adalah perubahan warna dan kandungan air yang terdapat pada pisang.

Selain menggunakan teknik penjemuran cara membuat keripik sale pisang dapat juga dilakukan dengan cara pengasapan menggunakan belerang. Supaya warna pisang sale lebih cerah dan segar, pisang perlu diasapi dengan gas belerang. Pengasapan menggunakan lemari pengasap.

Pisang yang telah di iris di simpan pada rak bambu dimana pada bagian bawah lemari di bakar belerang, kemudian lemari di tutup rapat kembali kecuali saluran udara pembakaran. Setiap kg pisang memerlukan 2 sampai 4 gram belerang. Ketika proses pembakaran belerang telah usai dilakukan pisang tetap di biarkan di simpan dalam lemari pembakaran selama kurang lebih 10 menit

Teknik Basah

Ada juga cara membuat keripik sale pisang menggunakan teknik basah dengan menggunakan natrium bisulfit. Kupas kulit pisang yang
telah tua dan masak kemudian kerik sedikit bagian luarnya agar bersih. Rendam pisang yang telah di bersihkan menggunakan larutan natrium bisulfit dengan pengaturan setiap 15 gram Natrium bisulfit dalam satu liter air selama waktu 10 menit.

Upayakan seluruh pisang terendam, kemudian setelah itu tiriskan kembali simpan di atas tampah kemudian di jemur di atas rak penjemuran yang beralaskan jerami atau apapun yang bersih selama 5 sampai 7 hari. Sambil di jemur sesekali pisang di pipihkan  atau di press dengan kayu bundar atau bambu.

Simpan sale pisang yang telah selesai di jemur menggunakan daun pisang kering. Masukkan sale kering ke dalam plastik kemudian tutup rapat dengan stepless atau menggunakan pengikat yang kuat.

Setelah anda memiliki sale pisang yang telah kering anda dapat membuat beberapa olahan sale pisang di antaranya

Cara Membuat Keripik Sale Pisang di Rumah

Pisang Crispy

Bahan-bahan:

  • sale pisang kering
  • 10 sendok makan Tepung beras
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • Garam dapur secukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Langkah membuat sale pisang crispy:

  1. Kombinasikan tepung beras, garam dapur, vanili, dan air bersih untuk melapisi sale pisang serta buat adonan agak encer
  2. masukkan pisang ke dalam adonan.
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan sale pisang yang telah kering kedalam adonan satu per satu ke dalam wajan dan goreng hingga warna berubah kecoklatan.
  4. Angkat serta tiriskan sale pisang agar tidak banyak mengandung minyak
  5. Setelah dingin sale pisang siap jadi camilan anda dan keluarga
  6. untuk dapat menikmati lebih lama bisa menyimpan menggunakan toples yang kedap udara

Pisang Gulung

Bahan perekat:

  • 100 gram tepung terigu
  • secukupnya air

Bahan-bahan:

  • 1 kg tepung beras
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • 250 ml air atau jika masih kurang encer bisa menambahkan secukupnya
  • 1/2 sendok makan garam dapur
  • sale kering

Langkah membuat sale pisang Gulung:

  1. sale kering di gulung terlebih dahulu menyerupai bulatan kayu atau bentuk lainnya sesuai selera
  2. Untuk lem, dapat menggunakan bagian pucuk pisang agar membentuk bulatan. Setelah semua di gulung, biarkan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya membuat adonan untuk melumuri pisang gulung tersebut dengan cara mencampur tepung beras, gula, telur, garam dapur dan air secukupnya bahkan jika perlu menyaringnya supaya tidak ada yang menggumpal.
  4. panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian masukkan sale pisang gulung yang telah tercampur kedalam adonan satu per satu ke dalam wajan goreng sampai berubah kecoklatan.
  5. goreng sampai selesai.
  6. Sale Pisang Gulung siap jadi camilan anda dan keluarga

Manfaat Keripik Sale Pisang

Zat yang terdapat pada keripik sale pisang seperti karbohidrat, vitamin serta mineral ini ternyata cukup tinggi sehingga cocok menjadi makanan cemilan di saat membutuhkan energi. Anda tidak perlu cemas pada berat badan membengkak karena kandungan lemaknya relatif cukup sedikit.

Selain itu keripik pisang sare ini dapat bertahan lama hingga mencapai 6 bulan, karena sudah mengering dan terjadi proses pengurangan kadar airnya. Proses pengeringan menjadi faktor yang sangat penting sehingga mempengaruhi keawetan kripik sale pisang.

Itulah artikel tentang cara membuat keripik sale pisang. semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •