Cara Membuat Manisan Mangga – Pada hari yang panas, salah satu makanan yang paling banyak diburu adalah manisan mangga. Dengan tekstur yang kenyal dan asam asam, rasa asam bercampur manis, manisan mangga muda yang sangat menggoda.

Sebelum cara membuat manisan mangga muda yang segar dan sehat, mari kita bahas terlebih dahulu karakteristik mangga. Anda tahu jika mangga adalah buah yang berasal dari India, yang dikenal dengan nama ilmiah, Mangifera indica.

Di Indonesia sendiri, mangga dapat tumbuh di beberapa daerah dan telah menyebar ke seluruh nusantara. Karena distribusinya ke beberapa daerah, pembuatan penamaan mangga juga dikenal dengan beragam nama seperti pelem, mempelam, dan poh.

Selain itu, mangga kini telah mengalami berbagai variasi yang biasa kita temukan, termasuk Mangga Arumanis, Gedong, Golek, dan Manalagi. Meski serupa, semuanya memiliki karakteristik sendiri yang dianggap unik. Mangga matang dapat dimakan langsung, dibuat salad, puding buah, atau jus.

Sementara itu, ketika Anda memiliki mangga muda atau mangga mengkal, Anda juga dapat memanfaatkan buah mangga untuk mengolah makanan ringan yang baik seperti rujak petis dan manisan.

Pada artikel Cara Membuat Manisan Mangga ini Akan saya bagikan Cara Membuat Manisan Mangga Mudah hingga Cara Membuat Manisan Mangga lainnya. Penasaran bagaimana Cara Membuat Manisan Mangga ? Simak Cara Membuat Manisan Mangga berikut ini

Cara Membuat Manisan Mangga

Cara Membuat Manisan Mangga Mudah

Tidak terlalu jauh dari kandungan mangga asli, kandungan yang ada di manisan mangga memang kaya akan nutrisi. Mangga juga mengandung senyawa antioksidan yang sangat efektif dalam mencegah kanker. Serat dan vitamin C yang terkandung dalam mangga juga akan mengurangi kolesterol jahat.

Selain itu, mangga juga mengandung Vitamin A yang dapat mengobati kesehatan mata dan mencegah penyakit mata. Zat besi adalah nutrisi lain yang dimiliki oleh mangga sehingga dapat mencegah dan mengobati anemia.

Untuk menikmati manisan mangga, biasanya Anda akan membelinya di beberapa toko makanan atau ada juga di pinggir jalan. Tetapi akan lebih baik jika ada mangga muda di rumah, bagaimana dengan membuat manisan sendiri.

Bahan untuk Cara Membuat Manisan Mangga

  • 500 gram Mangga muda, Potong sesuai selera.
  • Kapur Sirih yang cukup, larutkan menggunakan air.

Bahan A

  • 125 gram gula.
  • 75 ml air.
  • Garam secukupnya

Bahan B

  • 150 gram gula.
  • 300 ml air.

Langkah dan Cara Membuat Manisan Mangga

  1. Rendam mangga yang telah dipotong menjadi larutan kapur sirih selama sekitar 30 menit.
  2. Cuci mangga yang sudah direndam sampai benar-benar bersih. Jika tidak bersih, dikhawatirkan kapur sirih akan tetap ada.
  3. Setelah dibersihkan, masukkan mangga ke dalam stoples kaca dan tutup rapat, sisihkan.
  4. Campur bahan A, lalu rebus hingga mendidih, dinginkan.
  5. Jika dingin, tuangkan larutan gula ke dalam stoples yang berisi mangga, biarkan semalaman.
  6. Setelah satu malam, ambil mangga di toples dan tiriskan.
  7. Campur bahan B dan didihkan, dinginkan.
  8. Siapkan tabung baru, masukkan mangga dan larutan B dingin.
  9. Masukkan ke dalam kulkas, tunggu sampai dingin.
  10. Mangga Manisan Mangga yang akan disajikan.

Tips Membuat Manisan Mangga

Anda dapat membentuk potongan mangga menjadi bentuk yang unik dan lucu. Selain lebih manis bentuknya lebih bervariasi, itu juga akan membuat anak senang memakannya.

  • Saat merebus larutan gula, jangan mengubahnya menjadi karame karena akan mempengaruhi rasa manisan. Jadi, jika Anda merebus larutan gula, jangan biarkan.
  • Jika Anda menggunakan air sirih kapus, saat Anda mencucinya, usahakan benar-benar bersih karena akan memengaruhi rasa manisan.

Manisan Buah

Manisan Buah

Buah manisan adalah buah yang direndam dalam larutan gula untuk beberapa waktu. Makanan manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan adalah salah satu cara melestarikan makanan yang telah diterapkan sejak jaman dahulu.

Manisan yang menenangkan akan meningkatkan kandungan gula dalam buah dan mengurangi kadar air. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba yang merusak sehingga buah akan bertahan lebih lama. Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam dalam larutan gula hanya untuk mengawetkan.

Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim tertentu. Selama musim itu, buah akan meluap dan kelebihannya akan segera membusuk jika tidak segera dikonsumsi. Untuk alasan ini, manusia mulai berpikir tentang melestarikan buah dengan membuat manisan.

Manisan juga dibuat dengan alasan meningkatkan rasa buah yang telah menjadi asam. Setelah berkembang menjadi komoditas, manisan diproses dengan berbagai bahan tambahan, seperti pemutih, pengenyal, pengering, atau gula buatan.

Jenis – Jenis Manisan

Ada 3 macam jenis manisan, yaitu manisan basah, manisan kering, dan acar. Satu macam buah bisa dibuat menjadi manisan basah, atau manisan kering, atau keduanya.

Manisan Basah

Manisan basah adalah manisan yang diperoleh setelah mengiris buah dari larutan gula. Manisan basah memiliki kandungan air lebih banyak dan penampilan yang lebih menarik karena mirip dengan buah asli. Manisan basah biasanya terbuat dari buah yang keras.

Contoh buah untuk manisan basah antara lain : Kolang kaling, Mangga, Kedondong, Salak, Pepaya, Ceremai, Belimbing, Jambu biji, Nangka.

Manisan Kering

Manisan kering adalah Manisan yang diperoleh setelah buah dikeringkan dan kemudian dijemur hingga kering. Manisan kering memiliki umur simpan lebih lama, kadar air lebih rendah, dan kadar gula lebih tinggi. Manisan kering biasanya terbuat dari buah dengan tekstur lembut.

Contoh buah untuk manisan kering adalah: Buah kundur, Kedondong, Asam jawa, Bengkuang, Pala, Kacang mete, Terong, Semangka.

Acar

Acar adalah manisan yang seleranya sangat terasa.

Contoh acar dari buah adalah: Mentimun, Wortel, Kedondong.

Tahap Dasar Pembuatan Manisan

Untuk membuat Manisanyang berkualitas, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti bahan yang digunakan, bumbu, peralatan, dan wadah yang digunakan. Selain itu, perlu diperhatikan juga metode yang dilakukan seperti pengeringan, pengeringan, dan penyimpanan. Dengan pembuatan yang benar, Manisanyang didapat akan menjadi renyah, tidak pahit atau kencang, dan memberikan sensasi kenikmatan bagi mereka yang makan.

Bahan dan Bumbu

Bahan dan bumbu Bahan yang digunakan dipilih untuk kualitas yang baik, sehingga hasil manisan tidak kusut. Buah yang digunakan tidak terlalu muda atau terlalu tua, tidak mengandung banyak serat dan tidak cacing dan tidak memiliki cacat.

Buah yang digunakan dicuci terlebih dahulu dari tanah. Garam yang digunakan adalah garam dapur, garam batu bata, atau garam beryodium, dan tidak mengandung seng karena akan menghambat proses pengawetan. Gula yang digunakan harus berwarna putih sehingga manisan tidak berubah warna menjadi lebih gelap.

Saat menggunakan cuka, gunakan hanya keasaman 5% sehingga tidak terlalu asam. Air kapur sirih dipakai untuk memberi tekstur renyah pada manisan. Sebelum direndam pada air gula, buah direndam dalam air kapur sirih dahulu. Setelah dibilas bersih agar sisa kapur sirih tidak menempel.

Bumbu tambahan yang digunakan, seperti cabai merah, cengkeh, atau kayu manis, harus baru agar tidak mengganggu rasa manisan. Dalam pembuatannya, rempah-rempah dibungkus dengan selembar kain agar tidak mencemari air rendaman dan tidak mengganggu warna manisan akhir. Pengawet tidak perlu digunakan jika manisan disimpan di tempat yang bersih dan cocok.

Alat

Peralatan yang dipakai untuk membuat manisan antara lain panci, pengaduk, toples. Panci dan sendok yang terbuat dari stainless steel, email, atau kayu.

Peralatan yang terbuat dari besi atau logam dapat meracuni dan mengubah warna manisan karena akan bereaksi dengan menambahkan cuka atau asam dalam buah. Wadah yang dipakai tertutup, sudah dibersihkan dari lemak dan sudah disterilkan. Pastikan tidak ada celah dan bisa ditutup rapat.

Langkah dan Cara Membuat Manisan

Sebelum direndam, manisan dipilih terlebih dahulu dan dicuci. Pada beberapa buah pengupasan dan pemotongan dilakukan terlebih dahulu. Dalam buah-buahan yang memiliki daging tebal juga bisa dilubangi untuk membantu menyerap larutan gula.

Dalam cara modern, pendahuluan dilakukan dalam lebih dari satu tahap. Imitasi dilakukan dengan menggunakan saringan yang terbuat dari bambu atau aluminium.  Setelah dikeringkan, buah dibiarkan beberapa saat untuk memastikan sisa air tidak tertinggal dalam buah.

Untuk manisan kering, air gula terakhir yang digunakan juga dikeringkan, sementara tidak untuk manisan basah. Metode pengeringan dilakukan untuk beberapa manisan kering. Pengeringan bagus untuk dilakukan dengan sinar matahari, sambil memutarnya untuk mengeringkannya secara merata.

Setara dengan manisan itu juga bisa dipanggang dalam oven sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Penyimpanan manisan secara umum ada di lemari es. Manisan ditempatkan dalam wadah kedap udara dan tertutup rapat, atau dikemas dalam plastik kedap udara.

Cara Membuat Kreasi Manisan Mangga

Cara Membuat Manisan Mangga Pedas

Cara Membuat Manisan Mangga Pedas

Bahan untuk Membuat Manisan Mangga Pedas

  • 500 gram mangga muda.
  • 175 gram gula.
  • 250 ml air.
  • Garam secukupnya.
  • 4 cabai merah keriting

Langkah dan Cara Membuat Manisan Mangga Pedas

  1. Kupas mangga, dan potong sesuai selera.
  2. Rebus air, gula, garam dan cabai merah keriting hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan dinginkan.
  3. Tambahkan larutan mangga dan gula ke tabung gelas, lalu tutup rapat.
  4. Simpan di kulkas selama satu malam.
  5. Setelah semalam, manisan suap mangga siap disajikan.

Cara Membuat Manisan Mangga Kering

Cara Membuat Manisan Mangga Kering

Bahan untuk Membuat Manisan Mangga Kering

  • 1 Mangga kuning muda.
  • 1 Sendok makan garam.
  • 5 Sendok makan gula.

Langkah dan Cara Membuat Manisan Mangga Kering

  1. Kulit Mangga. Iris tipis sesuai selera.
  2. Taburkan dengan garam. Peras dan biarkan selama 1 jam.
  3. Cuci bersih. Kemudian rendam dalam larutan gula selama 1 hari. Taruh di kulkas.
  4. Atur di atas baki. Kemudian dijemur di bawah terik matahari langsung hingga kering, sekitar 3-4 hari.
  5. Masukkan ke dalam toples. Tambahkan gula. Kocok sampai gula menempel pada mangga.
  6. Mangga kering siap untuk dimakan sebagai camilan.

Cara Membuat Manisan Mangga Praktis

Cara Membuat Manisan Mangga Praktis

Bahan untuk Membuat Manisan Mangga Praktis

  • 1 kg Mangga indramayu. kupas, iris tipis.
  • 350 gram gula.
  • 200 ml air – 1/2 sdt garam.
  • 8 Buah cabai rawit, irisan kecil

Langkah dan Cara Membuat Manisan Mangga Praktis

  1. Rebus gula, air, garam, cabai hingga mendidih dan gula larut, angkat.
  2. Biarkan air gula sampai hangat. Tambahkan mangga dan dinginkan.
  3. Simpan di lemari es.

Cara Membuat Manisan Mangga Muda

Cara Membuat Manisan Mangga Muda

Bahan untuk Membuat Manisan Mangga Muda

  • 500 gram Mangga muda, potong sesuai selera.
  • Kapur Sirih yang cukup, larut dengan air.

Bahan A

  • 125 gram gula.
  • 75 ml air.
  • Garam secukupnya.

Bahan B

  • 300 ml Air.
  • 150 gram Gula.

Langkah dan Cara Membuat Manisan Mangga Muda

  1. Rendam mangga dalam larutan kapur sirih selama 30 menit.
  2. Cuci mangga yang sudah direndam sampai benar-benar bersih.
  3. Setelah dibersihkan, masukkan mangga ke dalam botol kaca dan tutup rapat.
  4. Campur semua bahan A, rebus, rebus.
  5. Saat dingin, tuangkan larutan gula ke dalam stoples yang berisi mangga. Biarkan semalaman.
  6. Setelah semalam, ambil mangga di dalam toples dan tiriskan.
  7. Siapkan tabung baru, masukkan mangga dan larutan B dingin.
  8. Masukkan ke dalam kulkas, tunggu hingga dingin.
  9. Manisan mangga siap disajikan.

Cara Membuat Manisan Mangga Khas Cianjur

Cara Membuat Manisan Mangga Khas Cianjur

Bahan untuk Membuat Manisan Mangga Khas Cianjur

  • 350 gram gula.
  • 150 ml air matang.
  • 1 kg mangga muda, potong kecil-kecil.
  • 1 sendok makan garam.
  • Kapur sirih yang cukup.
  • Cabai rawit yang cukup.

Langkah dan Cara Membuat Manisan Mangga Khas Cianjur

  1. Masukkan mangga ke dalam toples.
  2. Rendam dalam air dingin dan kapur sirih selama satu malam, kencing besok.
  3. Siapkan air, gula, dan garam. Rebus dengan baik dan dinginkan.
  4. Tambahkan campuran air, gula dan garam ke dalam toples yang berisi mangga, dinginkan. Diamkan semalaman, buang cairan keesokan harinya.
  5. Masak air dan gula sampai matang, lalu dinginkan.
  6. Tuang air matang dan gula ke dalam toples mangga, simpan di kulkas agar manisan lebih lama.
  7. Tambahkan cabai rawit ke dalam adonan jika Anda suka pedas Manisan mangga khas Cianjur siap disajikan.

Cara Membuat Manisan Mangga Manis

Cara Membuat Manisan Mangga Manis

Bahan untuk Membuat Manisan Mangga Manis

  • 300 gram gula.
  • 5 Buah mangga muda, potong-potong.
  • 2 Sendok makan cuka / jus jeruk nipis.
  • 2 Sendok makan air jeruk nipis.
  • 1 Batang kayu manis.
  • 1 Tetes pewarna makanan kuning.
  • ¼ sdt garam.
  • Cukup air.

Langkah dan Cara Membuat Manisan Mangga Manis

  1. Rendam mangga dalam air jeruk nipis selama 30 menit, lalu cuci sampai bersih.
  2. Rebus air dan tambahkan semua bahan (kecuali mangga).
  3. Setelah gula larut, tambahkan mangga dan masak sampai gula meresap.
  4. Setelah cukup menyerap, dinginkan dan kemudian masukkan ke dalam toples.
  5. Agar lebih awet dan segar, masukkan dulu ke dalam kulkas.
  6. Manisan mangga siap dinikmati.

Cara Membuat Manisan Mangga Khas Cirebon

Cara Membuat Manisan Mangga Khas Cirebon

Bahan untuk Membuat Manisan Mangga Khas Cirebon

  • 2 kg mangga muda, diiris tipis-tipis sesuai selera.
  • ¼ kg gula Kapur sirih yang cukup.
  • Garam secukupnya.

Langkah dan Cara Membuat Manisan Mangga Khas Cirebon

  1. Cuci irisan mangga muda, rendam dalam kapur sirih selama 30 menit.
  2. Buang kapur sirih dan tiriskan air.
  3. Beri sedikit garam pada irisan mangga muda agar mangga tidak berubah warna.
  4. Keringkan irisan mangga muda di bawah sinar matahari langsung hingga kering.
  5. Kering manisan akan lebih mengawetkan.
  6. Taburkan gula di atas mangga kering muda.
  7. Manisan mangga siap disajikan.

Memang, membeli manisan mangga bisa menjadi pilihan tercepat jika ingin mencicipi camilan tradisional yang satu ini.

Namun Anda harus ingat bahwa itu bisa jadi camilan yang Anda makan yang mengandung bahan-bahan yang tidak baik jika dikonsumsi terus menerus. Jadi jalan keluarnya adalah Anda lebih baik membuat manisan mangga yang sehat dan dari bahan-bahan berkualitas.

Mungkin sekian dahulu artikel cara membuat manisan mangga dari saya. Bagaimana mudah bukan? Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar. Mari Belajar Bersama, Terima Kasih.