Kali ini saya akan membagikan resep yaitu cara membuat matcha latte yang enaknya bikin ketagihan. Simak baik-baik yah Borrrrr. Akhir tahun identik dengan hujan dan udara dingin. Saat seperti ini tentu paling nikmat bila sering menyajikan minuman hangat seperti susu, teh, cokelat atau kopi jangan lupa juga baca cara membuat Bubble Tea.

Jika bosan kamu bisa berkreasi dengan menu lain atau mengombinasikan beberapa minuman favorit. Contoh teh susu hangat yang bisa dinikmati di kafe atau buat sendiri di rumah.Bicara tentang teh susu, saat ini di Indonesia sedang populer yang namanya matcha latte.

Yakni perpaduan antara susu dan matcha yang lebih sering disajikan hangat. Secangkir matcha latte sekarang mudah dijumpai di kafe-kafe. Bahkan sebagian sudah jadi produk minuman botol siap minum.Variasi lainnya, milk lovers bisa berkreasi membuat matcha latte di rumah.

Keunggulannya tentu bisa menyesuaikan rasa dan komposisi matcha latte sesuai selera. Soal bahan, tak perlu khawatir karena bubuk matcha bisa dicari di supermarket Jepang atau supermarket besar di kotamu.Nah, buat kamu yang ingin coba membuat minuman lezat satu ini simak resepnya berikut. Tapi sebelum itu, yuk kita sedikit mengupas tentang matcha dan matcha latte itu sendiri.

Sejarah Matcha Latte

Kebiasaan minum teh dimulai di Tiongkok pada zaman Dinasti Tang, namun baru menjadi populer pada zaman Dinasti Song. Pada zaman Heian, orang Jepang hanya mengenal Dancha (teh dalam bentuk bulatan seperti bola). Matcha diperkirakan pertama kali dibuat di Tiongkok pada abad ke-10.

Seperti namanya yang ala-ala Jepang, Matcha adalah teh hijau pilihan dengan kualitas terbaik. Minuman tradisional ini adalah jenis teh hijau yang ditumbuk hingga jadi bubuk. Bubuk inilah kemudian yang kemudian diseduh menjadi minuman atau kue. Ya, bubuk matcha kerap dipakai untuk membuat puding, es krim, latte dan sebagainya.

Dari kualitas bahan dan olahan, cita rasa matcha tentu lebih nikmat daripada teh hijau biasa. Secara harga pun, matcha lebih mahal ketimbang teh hijau. Matcha yang ada di pasaran memiliki banyak jenis dengan perbedaan harga. Bubuk matcha untuk memasak umumnya lebih terjangkau dari jenis matcha untuk upacara khusus.

Resep Mudah dan Lezat Membuat Matcha Latte di Rumah

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Matcha Latte:

  • 1 sachet atau 1/2 sendok teh bubuk matcha
  • 1 cangkir susu putih cair
  • 1 sendok makan air panas
  • gula/ sirup vanila/ madu sesuai selera

Cara Membuat Matcha Latte:

  1. Tuangkan bubuk matcha ke wadah gelas dan masukkan air panas. Aduk rata hingga semua bubuk larut dengan sempurna (tidak ada gumpalan dan sedikit berbusa). Jika ada milk lovers bisa mengaduk dengan frother.
  2. Lalu masukkan susu cair dan pemanis (gula/ sirup/ madu) ke dalam panci. Panaskan dengan api sedang hingga muncul gelembung kecil di tepi panci (tidak sampai mendidih). Kemudian aduk susu memakai frother.
  3. Terakhir, tuangkan susu tersebut ke gelas matcha dan aduk sebentar. Untuk mempercantik penampilan a la kafe, tambahkan sedikit bubuk matcha di atas gelas matcha hangat yang berbusa. Secangkir matcha latte homemade siap dinikmati. Selamat mencoba ya borrrrrr.

Manfaat Matcha Latte

  • Memberikan Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan merupakan zat yang mampu mencegah penuaan dini pada seseoarang khususnya pada masaa remaja. Bahkan mengkonsumsi teh hijau dapat mencegah terjadinya penyakit kronis. Dahulu dalam penelitian sudah dijelaskan oleh penelitian tuft University USA dengan menggunakan metode ORAC bahwa anti oksidan dalam green tea ini lebih tinggi kandungannya dari pada blubery dan pomegranetas. Itu sebabnya mengapa green tea sangat efektif dalam memberikan kecantikan pada kulit wajah karena memiliki manfaat antioksidan.

  • Dapat Digunakan untuk Membunuh Kanker

Kandungan antioksidan dalam grean tea ini memiliki kandugan anti kanker yang sangat tinggi sehingga ia sangat baik untuk digunakan pemberantas kanker. Bahkan green tea ini dapat memperbaiki kulit yang terkena sinar UV dan dapat mengembalikan sel-sel DNA yang rusak akbat benda-benda asing yang masuk kedalam tubuh. Bahkan antioksidan dalam green tea ini dapat melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.

  • Meningkatkan Asam Amino

Selain antioksidan yang ada pada green tea. Green tea memiliki kandungan asam amino yang sangat efektif untuk menghilangkan stress. Sehinga teh ini biasa digunakan untuk relaksasi pada individu. Selain itu kandungan pada green tea ini sangat bermanfaat dan efektif untuk menambah konsentrasi pada setiap orang khususnya untuk anak yang masih berada dalam masa perkembangan.

  • Dapat Memberikan Energi yang Cukup

Selain itu teh ini biasa digunakan untuk meningkatkan energi dan dapat membantu untuk meningkatkan kafein sehingga akan membantu dalam memberikan energi yang lebih dari pada mengkonsumsi karbohidrat. Meskipun karbohidrat dibutuhkan tetapi kafein lebih baik. Manfaat teh ini memang menambah energi. Tetapi beda dengan kopi. Kafein yang ada di dalam teh hijau ini tidak membuat seorang yang mengkonsumsinya menjadi deg-degan. Jadi akan baik bila digunakan untuk minuman terapi setiap harinya.

  • Membantu Membakar Kalori

Minuman teh ini pun dapat digunakan sebagai progaram pelangsingan. Karena pada dasarnya teh ini tidak mengandung banyak kalori. Atau bebas dari kalori mensipn ada kalorinya sedikit. Selain itu teh ini pun dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dan dapat meningkatkan pembakaran lemak. Sehingga kalori pun akan terbakar dan tubuh akan terlihat lebih langsing. Teh ini sangat efektif digunakan karena tidak menimbulkan ketengangan pada tubuh yang akan merusak dan membuat tubuh menjadi berdebar-debar.

  • Mampu Mendetoks Racun yang Ada di Tubuh

Macha gren tea dapat mendetoks racun karena warna hijau yang dikandung yang sangat ampuh mendetoks racun . macha ini lebih baik dari pada teh hijau biasa karena macha memiliki kandungan yang lebih banyak daripada teh hijau biasa. Didalam macha juga memiliki kandungan yang dapat menghilangkan logam berat yang ada didalam tubuh kita

  • Mengobati Perut Buncit

Perut buncit juga sangat efektif disembuhkan dengan macha gren tea, karena mengandung klorofil yang sangat bermanfaat sebagai detoks atau pengecil perut buncit.

  • Memperlancar Pencernaan

Selain baik untuk mendetoks racun di dalam tubuh tentu akan dapat memperlancar pencernaan, karena pada dasarnya racun yang ada didalam tubuh khususnya didalam perut akan mengganggu proses pencernaan, sedangkan ketika proses pencernaan terganggu maka yang akan dirasakan adalah sembelit dan mungkin dapat menyebabkan asam lambung. Itu sebabnya mengapa green tea ini sangat efektif dan bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Serta membersihkan kotoran-kotoran yang ada dalam pencernaan.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Selain mengandung klorofil macha juga mengandung L-Thenine yang dapat meningkatkan konsentrasi, karena L-Thenine dapat memproduksi dopamin dan serotin, jadi macha juga sangat cocok untuk kalian yang sedang galau atau kurang fokus.

  • Menambah Energi

Selain mengandung klorofil dan L-Thenine macha juga mengandung banyak kafein yang dapat memberikan energi lebih pada tubuh dan akan membuat tubuh lebih energic dan semangat. Selain itu macha juga termaksud minuman yang sangat cocok untuk kalian yang sedang melakukan program diet karena dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

  • Membasmi Kolesterol

Selain untuk mendetoks tubuh ternyata macha gren tea juga dapat menurangi kolestrol pada tubuh dan juga sangat efektif untuk  menjaga kesehatan jantung, dan macha gren tea ini lebih eektif dari pada hanya teh hijau biasa.

Kandungan Gizi Matcha Latte

  • Energi :377 kj, 90 kkal
  • Lemak :2,5g
  • Protein :1g
  • Karbohidrat :16g
  • Gula :14g
  • Sodium :30mg
Itulah tadi cara membuat matcha latte yang pastinya enak dong borrrr, selamat mencoba dirumah borrrrr.

Cara Membuat Chocolatos Matcha Latte

Cara Membuat Matcha Latte dapat dikreasikan mulai dari untuk bahan pembuatan es krim, makanan ringan, bahkan mi soba.Hal juga menyebutkan bahhwa konsumsi satu cangkir seduhan matcha dipandang sama dengan meminum 10 cangkir seduhan daun teh hijau.

Kepopuleran Matcha Akhir tahun identik dengan hujan dan udara dingin. Saat seperti ini tentu paling nikmat bila sering menyajikan minuman hangat seperti susu, teh, cokelat atau kopi.

Jika ingin mengasah kreatifitas anda bisa mengkrasika dan mengkombinasikan dengan minuman yang lainnya, yang bisa buat di rumah.Sekarang ini di Indonesia sedang bayak diperbincangkan mengenai matcha latte atau sering disebut teh susu.

Yakni perpaduan antara susu dan matcha yang lebih sering disajikan hangat. Secangkir matcha latte sekarang mudah dijumpai di kafe-kafe. Bahkan sebagian sudah jadi produk minuman botol siap minum.Variasi yang lain, milk lovers bisa berkreasi membuat matcha latte di rumah.

Kelebihannyaa tentu saja bisa menyesuaikan rasa dan komposisi matcha latte sesuai keinginan. Mengenai bahannya, tak perlu risau sebab bubuk matcha bisa didapatkan di supermarket Jepang atau supermarket besar di kotamu.

Bahan-Bahan untuk Membbuat Chocolatos Matcha Latte

  • 1 sachet chocolatoes matcha latte
  • 2/3 sdm Skm puti
  • Es bau
  • Air secukupnya
  • messes
  • keju
  • Skm putih
  • Chococip

Langkah-Langkah Membuat Chocolatos Matcha Latte

  1. Blender semua bahan dan tuang ke gelas
  2. Masukkan messes, keju, skm putih dan cochochip
  3. Chocolatos matcha siap dinikmati.

Jangan lupa di coba dirumah ya borrrrr cara membuat matcha lattenya, semoga hasilnya memuaskan borrrrr.

Manfaat Chocolatos Matcha Latte

  • Mengandung Epigallocatechin Gallate Tinggi

Matcha teh hijau mengandung sekitar 130 kali lebih banyak EGCG atau Epigallocatechin Gallate jika dibandingkan dengan teh hijau celup. Studi menunjukkan bahwa EGCG dapat mengendalikan efek merusak dari radikal bebas dan memiliki sifat melawan kanker yang efektif.

  • Mengurangi Kolesterol Jahat

Konsumsi matcha secara teratur memiliki efek mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat yang berpotensi menyebabkan risiko jantung). Studi juga menunjukkan bahwa matcha efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab penyakit jantung.

  • Kaya Antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam matcha green tea sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh dan kulit dengan mengurangi peradangan dan melindunginya dari radikal bebas. Antioksidan berperan dalam mencegah penuaan kulit sehingga melindungi remaja. Selain itu, matcha mengandung empat kali lebih banyak vitamin A yang kaya karoten daripada wortel dan sembilan kali lebih banyak dari bayam.

  • Kaya L-Theanine

Matcha teh hijau kaya akan L-Theanine, asam amino yang membantu menyeimbangkan kafein yang ada dalam teh. Meskipun minuman ini mengandung jumlah kafein yang sama dengan jenis teh lainnya, diyakini bahwa L-Theanine menciptakan rasa tenang dalam pikiran dan tubuh tanpa rasa kantuk. L-Theanine yang ditemukan di matcha diketahui membantu merangsang gelombang otak alpha, yang membantu meningkatkan kemampuan untuk fokus pada tugas-tugas yang ada.

  • Tinggi Klorofil

Perkebunan teh untuk matcha biasanya di bawah naungan sehingga memungkinkan daunnya menyimpan jumlah klorofil yang lebih tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa klorofil membantu tubuh membuang logam berat, racun, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Kandungan Gizi Chocolatos Matcha Latte

  • Energi :460 kj, 110 kkal
  • Lemak :2,5g
  • Lemak Jenuh :0g
  • Kolesterol :0mg
  • Protein :1g
  • Karbohidrat :21g
  • Gula :3g

Selamat mencoba cara membuat matcha latte di rumah bersama keluarga mu yaa borrrrr, semoga hasilnya tidak mengecewakan dan juga pastinya rasanya harus mantap dong.

Cara Membuat Es Kepal Matcha Latte

Ternyata ada olahan lain dari Matcha Latte yaitu Es Kepal Matcha Latte terdengar aneh bukan di telinga kalian. Tapi ngak usah bingung lagi karna olahan tersebut memang benar ada dan kali ini saya akan membagian resepnya buat kalian semua pastinya.

Langsung saja simak baik-baik yah dan jangan lupa buat di coba dirumah kalian.

Bahan-bahan Es Kepal Matcha Latte :

    • Bubuk chocolatos rasa matcha 2 bungkus
    • Susu kental manis putih 1 sachet
    • Susu cair full cream secukupnya (bisa ganti dengan air hangat)
    • Bubuk green tea sedikit saja biar rasanya nendang (jika ada dapat ditambahkan, jika tidak ada tidak usah pakai gpp)

Toping atau Bahan Taburan Es Kepal Matcha Latte :

  • Bisa di sesuai dengan selera ya Bu, boleh tambahkan cococrunch atau chocochips simba, honey star, sereal milo
  • Biskuit Oreo atau biskuit lainnya
  • Kacang merah atau kacang tanah sangrai
  • Kit Kat Green Tea
  • Meises
  • Buah-buahan seperti kiwi, stroberry dll sesuai selera saja

Cara Membuat Resep Es Kepal Matcha Latte :

  1. Langkah awal masukkan chocolatos greentea ke dalam wadah, lalu di susul dengan susu kental manis putih lalu aduk rata.
  2. Tambahkan sedikit demi sedikit susu cair atau air hangat sampai mencapai kekentalan yang pas. Hati-hati dalam manambahkan air atau susu cair ya, jangan sampai hasilnya terlalu encer. Sisihkan.
  3. Selanjutnya siapkan es batu, lalu serut atau bisa diblender atau di pukul-pukul saja sampai es agak lembut. Masukkan ke dalam wadah saji lalu kepal es sesuai yang di inginkan.
  4. Siram es batu atau es serut kepal dengan adonan greentea matcha kental tadi.
  5. Beri topping sesuai selera, sajikan!

Rasanya? emm, jangan di tanya deh, silahkan coba saja cara membuat matcha latte ya borrr dirumah bersama keluarga lumayankan bisa ngirit uang pengeluaran.

Manfaat Matcha Latte

  • . Meningkatkan Memori dan Konsentrasi

Efek samping lain dari L-Theanine adalah produksi dopamine dan serotonin. Kedua zat kimia produksi tubuh ini berfungsi untuk meningkatkan suasana hati, daya ingat, dan konsentrasi.

  • Meningkatkan Tingkat Energi dan Daya Tahan Tubuh

Samurai, para prajurit kehormatan Jepang, dikisahkan selalu meminum teh mathca hijau sebelum pergi bertarung untuk mendapatkan energi lebih. Secara alami, semua teh hijau mengandung kafein sebagai zat pendorong energi. Namun, kandungan L-Theanine dalam matcha green tea membuat peminumnya menerima asupan energi tanpa efek samping seperti kecemasan atau hipertensi.

  •  Membantu Menurunkan Berat Badan

Katekin yang terkandung dalam matcha green tea memberikan efek postif terhadap body mass indec peminumnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang, konsumsi matcha green tea yang dibarengi dengan pola makan sehat akan membuat peminumnya mendapatkan bentuk tubuh ideal dan mencegah terjadinya obesitas. Penelitian lain menemukan bahwa EGCG dalam matcha dapat meningkatkan metabolisme tubuh selama melakukan olahraga

  • Detoksifikasi Tubuh

Selama tiga minggu sebelum daun teh dipanen, daun teh Camellia sinensi ditutupi untuk menghindari paparan sinar matahari. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi klorofil secara drastis. Hasilnya, daun teh bukan hanya memiliki daun hijau yang terang, tetapi juga kemampuan mendetoksifikasi tubuh secara alami dari racun kimia berbahaya.

  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Katekin terbukti memiliki sifat antibiotik yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, hanya dalam satu cangkir matcha green tea mengandung potassium, vitamin A dan C, zat besi, protein, dan kalsium tinggi. Penelitian lebih lanjut bahkan menunjukkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam matcha green tea memiliki kemampuan untuk menghambat serangan HIV pada sel T manusia.

  • Meningkatkan Kolesterol Baik

Untuk manfaat yang satu ini, para peneliti masih belum sepenuhnya yakin bagaimana matcha green tea memiliki efek positif pada kolesterol. Namun, penelitian yang dilakukan pada beberapa populasi yang berbeda menunjukkan bahwa partisipan yang meminum matcha secara teratur menunjukkan tingkat kolesterol buruk (LDL) yang rendah sekaligus kolesterol baik (HDL) yang tinggi. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pria yang meminum matcha memiliki 11% berkemungkinan lebih kecil terkena penyakit jantung daripada yang tidak meminum

Kandungan Gizi Matcha

Energi : 377 kj, 90 kkal
Lemak : 2,5g
Protein : 1g
Karbohidrat : 16g
Gula : 14g
Sodium : 30mg
Itulah tadi resep cara membuat matcha latte yang enak pastinya. Semoga bermanfaat yah buat andan dan juga keluarga anda dirumah booor. Dan jangan lupa baca  artikel lainnya ya itu cara membuat cheese tea. Terimakasih