Cara Membuat Kentang Goreng – Kentang goreng adalah hidangan yang terbuat dari potongan kentang yang digoreng dengan minyak goreng panas. Pada menu restoran, kentang goreng dipotong panjang dan digoreng dalam keadaan terendam pada minyak goreng panas yang disebut kentang goreng.

Kentang Goreng bisa dimakan seperti camilan, atau sebagai makanan pelengkap untuk hidangan utama seperti steak, hamburger, ikan dan keripik dan kari. Di Inggris dan Negara-negara Persemakmuran, kentang goreng yang mirip dengan kentang goreng disebut keripik.

Di Amerika Utara, istilah “keripik” berarti keripik kentang, sementara di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan, “keripik” dapat berarti kentang goreng atau keripik kentang.

Pada artikel Cara Membuat Kentang Goreng ini Akan saya bagikan Cara Membuat Kentang Goreng yang dapat anda lakukan di Rumah sendiri hingga Kreasi Cara Membuat Kentang Goreng lainya. Penasaran bagaimana Cara Membuat Kentang Goreng ? Simak Cara Membuat Kentang Goreng berikut ini

Cara Membuat Kentang Goreng

cara membuat kentang goreng

Bahan untuk Cara Membuat Kentang Goreng

  • 2 Kentang ukuran besar.
  • 1/2 Sendok teh Bubuk kunyit.
  • 1 sendok Tepung.
  • 2 Air gelas mendidih.
  • 2 gelas Air es.
  • Garam Secukupnya.
  • Minyak untuk Menggoreng secukupnya.

Langkah dan Cara Membuat Kentang Goreng

  1. Kupas dan potong kentang, kemudian iris dalam bentuk stik setebal 0,5 cm hingga 1 cm. Segera dimasukkan ke dalam air setelah kentang diiris sehingga tidak berubah warna.
  2. Didihkan air, lalu tambahkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.
  3. Tiriskan kentang dan segera masukkan air es.
  4. Campur tepung dan garam, lalu gulung kentang di atasnya. Aduk sampai semua kentang ditutup dengan tepung dan garam.
  5. Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng kentang sampai kekuningan. Setelah itu, keluarkan dan tiriskan minyak pada kertas minyak atau kertas tisu.

Kentang Goreng

Kentang goreng adalah hidangan yang terbuat dari potongan kentang yang digoreng dengan minyak goreng panas. Pada menu restoran, kentang goreng dipotong panjang dan digoreng dalam keadaan terendam kedalam minyak goreng panas yang dinamakan kentang goreng.

Goreng bisa dimakan seperti camilan, atau sebagai makanan pelengkap untuk hidangan utama seperti steak, hamburger, ikan dan keripik dan kari. Di Inggris dan Negara-negara Persemakmuran, kentang goreng yang mirip dengan kentang goreng disebut keripik.

Di Amerika Utara, istilah “keripik” berarti keripik kentang, sementara di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan, “keripik” dapat berarti kentang goreng atau keripik kentang. 

Konon, kentang goreng yang disebut “keripik” oleh Inggris diciptakan di Yorkshire pada tahun 1700-an. Kentang dipotong memanjang dan ramping sehingga bisa dijepit di antara dua potong roti biasa saat membuat sandwich kentang goreng yang disebut Chip butty.

Sejarah Kentang Goreng

Kentang goreng populer di seluruh dunia berkat restoran siap saji seperti McDonald’s dan Burger King. Pada awal 1950-an, Jack Simplot memiliki sebuah perusahaan bernama J.R. The Simplot menciptakan bahan baku kentang goreng dalam bentuk potongan kentang yang telah dikupas dan dibekukan.

Sebelum perusahaan J.R, Simplot memasok bahan baku untuk kentang goreng, kentang harus dikupas secara manual dan dipotong ke semua cabang McDonald’s. Kentang beku yang diproduksi oleh J.R. Simplot berhasil mempersingkat waktu persiapan makanan dan membantu mendorong ekspansi waralaba McDonald’s.

Resep Tertua Cara Membuat Kentang Goreng

Seorang koki Perancis bernama Honoré Julien sering menyiapkan kentang goreng untuk Presiden AS Thomas Jefferson. Menurut naskah tulisan tangan Thomas Jefferson pada tahun 1801, kentang goreng adalah “kentang segar yang dipotong kecil-kecil dan digoreng dalam bak minyak.”

Pada tahun 1813, dalam buku resep Amerika berjudul resep untuk kentang goreng. Resep kentang goreng sebenarnya telah diterbitkan dalam buku masak Prancis Menon “Les soupers de la cour” pada tahun 1755. Dalam koleksi buku resep lama, situs web Feeding America yang berjudul “Buku Masak Baru Nona Parloa” publikasi tahun 1882 telah mendaftarkan resep untuk “kentang goreng Prancis”.

Variasi Bentuk Cara Membuat Kentang Goreng

Kentang goreng memiliki berbagai macam bentuk, tetapi biasanya kentang beku untuk kentang goreng dipotong memanjang. Kentang Goreng dengan bentuk agak panjang dan terkadang melengkung seperti yang ditemukan di McDonald’s atau Burger King. Kentang goreng dengan irisan tebal disebut “potongan tebal,” sedangkan potongan bergelombang disebut “kerutan.”

Kentang  Goreng dari kentang yang tidak dikupas dan dibagi menjadi potongan-potongan tebal tebal disebut “potongan kentang”. Kentang goreng dengan kulit yang dikupas dan pelengkap bistik steak yang dinamakan “steak fries”.

Potongan kentang beku untuk kentang goreng biasanya telah mengalami proses penggorengan singkat di pabrik, sehingga terlihat seperti dilapisi dengan lemak nabati atau hewani. Beberapa merek kentang beku bahkan menambahkan rempah-rempah sehingga kentang sudah memiliki rasa setelah digoreng.

Cara Membuat dan Menggoreng Kentang Goreng

Kentang Goreng digoreng sampai terendam dalam minyak goreng cair atau minyak goreng padat pada suhu 190 ° C sampai permukaan kentang berwarna kuning keemasan dan agak garing. Beberapa buku resep mengharuskan kentang digoreng dua kali dalam minyak goreng, suhunya berbeda.

Kentang digoreng pertama kali dalam minyak goreng pada suhu 177 ° C dan dikeluarkan ketika kentang hampir matang tetapi masih lunak dan pucat. Setelah dibiarkan dingin selama beberapa saat, kentang digoreng lagi sebentar (tidak sampai 1 menit) dalam minyak goreng pada suhu 190 ° C hingga berwarna kuning keemasan dan renyah.

Kentang goreng Belgia digoreng dua kali:

  • Kentang digoreng terlebih dahulu dalam minyak goreng atau lemak daging sapi yang dipanaskan hingga suhu sekitar 130 ° C-160 ° C hingga bagian dalam kentang matang dan sebagian besar kandungan airnya hilang. Setelah diangkat, potongan kentang dijaga agar tidak saling menempel dan dibiarkan dingin. Jika dingin, kentang bisa dibekukan atau menjalani tahap kedua proses penggorengan.
  • Kentang yang digoreng dengan minyak goreng atau lemak daging sapi panas 175 ° C hingga 195 ° C. Jumlah kentang yang dimasukkan ke dalam minyak goreng tidak boleh terlalu banyak, karena jika terlalu banyak dapat mengurangi suhu minyak goreng. Kentang digoreng sampai berwarna keemasan dan waktu penggorengan tergantung pada jenis kentang yang digunakan. Kentang sudah saatnya diangkat ketika Anda melihat potongan kentang mulai naik ke permukaan minyak. Setelah dihilangkan, minyak berlebih pada kentang goreng perlu dikeringkan. Goreng yang baik harus terlihat kuning keemasan dan garing di bagian luar, tetapi jika digigit masih lunak di bagian dalam.

Saus untuk Pelengkap Cara Membuat Kentang Goreng

Goreng selalu diberi taburan garam setelah digoreng. Goreng biasanya dimakan dengan saus tomat, saus cabai, mayones, saus tartar, saus tzatziki, saus goreng, saus kari, saus kari tomat, saus peternakan, saus barbekyu, saus, saus cokelat, madu, atau cuka yang terbuat dari malt raw.

  • Di Belanda, kentang goreng disebut Patat dan biasanya dibuat dengan kentang segar. Mayones adalah teman yang paling umum untuk makan kentang goreng, meskipun orang Belanda juga menyebut frietsaus seperti mayones tetapi lebih tebal dan tidak asam seperti mayones. Kentang goreng di Belanda selalu memiliki berbagai saus untuk teman makan kentang goreng, tetapi pembeli dikenakan harga tambahan untuk setiap jenis saus yang dipilih. Saus kacang yang rasanya seperti saus sate juga populer sebagai teman makan kentang goreng di Belanda.
  • Di Indonesia Anda dapat menemukan gerai kentang goreng khusus yang menjual kentang goreng untuk dinikmati dengan saus cabai dan saus tomat yang sering dapat ditanyakan sebanyak mungkin.
  • Di Inggris, kentang goreng biasanya hanya dimakan dengan garam dan cuka malt. Sementara orang Australia suka kentang goreng dimakan dengan ayam kaldu rasa garam (garam ayam).
  • Di Jerman, kentang goreng biasanya hanya dimakan dengan tomat dan saus mayones. Kombinasi kedua dikenal sebagai Pommes rot-weiß (“kentang goreng merah dan putih”).
  • Di Denmark, kentang goreng dimakan dengan saus remoulade.
  • Di Kanada, cuka putih adalah teman paling populer untuk makan kentang goreng. Restoran cepat saji di Kanada biasanya menyediakan sachet berisi cuka untuk ditaburkan di atas kentang goreng. Di provinsi Quebec dan New Brunswick, kentang goreng disajikan dengan daging sapi cincang, sayuran seperti keju dan saus kuah hangat digunakan sebagai hidangan utama yang disebut poutine.
  • Di Amerika Serikat, kentang goreng yang dituangkan dengan keju leleh disebut keju goreng dan merupakan menu populer di restoran New Jersey. Jenis-jenis keju cair yang digunakan misalnya Cheez Whiz, mozzarella dan keju Swiss.

Kreasi Cara Membuat Kentang Goreng

Seperti yang sudah Saya katakan tadi, Pada artikel Cara Membuat Kentang Goreng ini Akan saya bagikan Cara Membuat Kentang Goreng yang dapat anda lakukan di Rumah sendiri hingga Kreasi Cara Membuat Kentang Goreng lainya. Penasaran bagaimana Kreasi Cara Membuat Kentang Goreng ? Simak Kreasi Cara Membuat Kentang Goreng berikut ini

Kentang Goreng Ala KFC

cara membuat kentang goreng ala kfc

Kentang goreng seperti gerai makanan cepat saji seperti KFC dan McDonald’s biasanya memiliki kerenyahan yang tahan lama dan mengeluarkan aroma lemak hewani yang menyenangkan. Bagaimana Anda membuat kentang goreng seperti ini? Ternyata rahasianya adalah lemak beku.

Teknik untuk menggunakan lemak beku di luar negeri biasanya menggunakan lemak babi (dari babi). Tapi kita bisa menggunakan lemak sapi yang merupakan lemak dari sapi. Di sini kami menunjukkan cara membuat kentang goreng KFC renyah.

Bahan untuk Cara Membuat Kentang Goreng Ala KFC

  • 200 gram Lemak beku daging sapi (dapat diganti dengan mentega putih).
  • 2 Kentang Ukuran besar.
  • 1 1/2 Gelas air.
  • 1/4 Cangkir Sirup jagung (dapat diganti dengan 1/4 cangkir gula dilarutkan dengan 1 sendok makan air hangat).
  • 1/4 blok Sendok teh Kaldu sapi (opsional).
  • 2 sendok teh Garam.

Langkah dan Cara membuat kentang goreng Ala KFC

  1. Kupas dan potong kentang, kemudian iris dalam bentuk stik setebal 0,5 cm hingga 1 cm.
  2. Segera dimasukkan ke dalam air setelah kentang diiris sehingga tidak berubah warna.
  3. Campur sirup jagung dan air, lalu masukkan kentang ke dalamnya.
  4. Dinginkan selama sekitar 30 menit. Panaskan minyak goreng, lalu tiriskan kentang dari larutan gula. Setelah itu, goreng kentang selama 1 hingga 2 menit.
  5. Tiriskan minyak dari kentang goreng, lalu dinginkan kentang di lemari es selama 15 menit.
  6. Panaskan lagi minyak goreng dan masukkan lemak daging sapi.
  7. Setelah itu, goreng kentang selama 5 menit atau sampai kuning dan keemasan.
  8. Tiriskan minyak dari kentang goreng, lalu taburkan garam dan merica sebelum disajikan.

Kentang Goreng Beku

Sekarang ada banyak kentang goreng beku dalam kemasan yang dijual di minimarket atau supermarket. Tidak ada yang salah dengan membuatnya sendiri, karena pengolahannya juga tidak sulit. Berikut ini adalah panduan cara membuat kentang goreng beku untuk makanan yang diawetkan yang dapat disimpan dalam freezer.

Bahan

  • 4 buah Kentang berukuran sedang.
  • 2 liter Air.
  • 2 liter Air es.
  • 1 sendok makan Garam.
  • 1 sendok makan Minyak sayur.

Langkah Kentang Goreng Beku

  1. Kupas dan potong kentang, kemudian iris dalam bentuk stik setebal 0,5 cm hingga 1 cm.
  2. Segera dimasukkan ke dalam air setelah kentang diiris sehingga tidak berubah warna.
  3. Rebus air dan garam, lalu rebus kentang selama 2 menit.
  4. Setelah itu tiriskan kentang dan masukkan air es.
  5. Kuras air dari kentang, lalu aduk kentang dengan minyak sayur.
  6. Tempatkan kentang di atas kertas roti. Jangan ditumpuk.
  7. Setelah itu, dinginkan di lemari es selama 6 jam.
  8. Pindahkan kentang ke kantong ziplock, lalu simpan di freezer.

Kentang Goreng Tanpa Tepung

Sebagian besar kentang goreng lokal atau resep kentang goreng menggunakan tepung atau tepung jagung untuk menambahkan tekstur yang panjang dan renyah. Sebenarnya, cara membuat kentang goreng seperti ini bisa dimodifikasi dengan merendam air es.

Kentang yang direndam pada air es akan menghasilkan kerenyahan ekstra setelah digoreng. Di bawah ini kami sajikan cara membuat kentang goreng renyah tanpa tepung atau tepung maizena.

Bahan Membuat Kentang Goreng Tanpa Tepung

  • 100 gram lemak sapi (bisa diganti dengan mentega sawit atau minyak canola).
  • 4 buah kentang berukuran sedang.
  • 2 liter air es.
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya.
  • Garam secukupnya.

Langkah Membuat Tepung Tanpa Tepung

  1. Kupas dan potong kentang, kemudian iris dalam bentuk stik setebal 0,5 cm hingga 1 cm.
  2. Segera dimasukkan ke dalam air es setelah kentang diiris.
  3. Biarkan kentang terendam selama 1 jam.
  4. Lelehkan lemak sapi di wajan, lalu tambahkan minyak goreng.
  5. Tiriskan kentang dari air rendaman, lalu goreng dalam campuran minyak dan lemak sapi yang sudah panas.
  6. Jika warnanya kuning keemasan, keluarkan dan tiriskan oli.
  7. Taburkan kentang goreng dengan garam halus sebelum disajikan.

Cara Membuat Saus Pelengkap Kentang Goreng

cara membuat saus kentang goreng

Kentang goreng atau kentang goreng paling enak dinikmati dengan saus. Dapat menggunakan mayones seperti di Perancis atau menggunakan saus keju seperti Richeese. Cara membuat saus keju seperti ini sebetulnya juga tidak sulit. Selanjutnya, kami menyertakan resep paling sederhana.

Bahan untuk Cara Membuat Saus Pelengkap Kentang Goreng

  • 100 gram Parutan keju quickmelt.
  • 130 ml Susu cair segar.
  • 20 gram Bubuk bumbu kentang rasa keju.
  • 50 ml Air.
  • 1 1/2 sendok makan Tepung jagung.
  • 1 kuning Telur.

Langkah dan Cara Membuat Saus Keju untuk Kentang Goreng

  1. Rebus susu dan keju quickmelt dengan api kecil.
  2. Kocok kuning telur, tepung jagung, dan air, kemudian tambahkan ke rebusan susu.
  3. Aduk hingga saus mengental.
  4. Tambahkan rempah-rempah rasa keju ke dalam saus, lalu aduk sampai matang.
  5. Angkat segera dan tunggu sampai dingin.

Mungkin sekian dahulu artikel Cara Membuat Kentang Goreng dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Resep Cilok Bumbu Kacang yang Lezatnya Mantul, Mudah dan Praktis ! Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.