Home » Artikel » Artikel Proses » Wow… Ini Rahasia Resep Kentang Goreng Renyah, Ikuti Yuk!

Wow… Ini Rahasia Resep Kentang Goreng Renyah, Ikuti Yuk!

Resep Kentang Goreng Renyah – Makanan siap saji selalu digemari oleh masyarakat karena lebih simpel, mudah, dan nikmat. Makanan siap saji ini memang banyak peminatnya karena mempersingkat waktu dan lebih praktis. Nah salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan siap saji ini adalah kentang goreng.

Resep kentang goreng renyah ini merupakan salah satu resep yang paling banyak dicari orang di Indonesia maupun di dunia. Karena kentang goreng ini merupakan salah satu makanan yang paling pas dijadikan sebagai cemilan saat sedang santai berkumpul dengan keluarga dan teman, saat berekreasi, maupun untuk menemani saat menonton acara spesial.

Meskipun makanan ringan ini dulunya berasal dari luar negri, tapi popularitasnya cukup tinggi di Indonesia. Resep kentang goreng renyah ini juga sangat mudah dan praktis.

Resep kentang goreng renyah menjadi salah satu makanan ringan yang enak disantap di saat-saat santai. Biasanya kalau sedang tidak ingin mengonsumsi nasi, bebarapa orang akan memilih kentang sebagai penggantinya.

Resep Kentang Goreng Renyah

Sebagian orang juga mengolah kentang ini dengan cara merebusnya. Tapi sebagian yang lain menggorengnya supaya terasa lebih enak. Selain itu, kentang ini menjadi salah satu makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Pada kentang terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lainnya. Hal ini yang menjadikan kentang baik dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari.

Rasanya yang gurih, serta teksturnya yang renyah membuat resep kentang goreng renyah ini semakin banyak disukai orang. Olahan camilan kentang goreng memang banyak digemari masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. Jajanan kentang goreng ini sangat cocok untuk dikonsumsi dan menemani waktu bersantai Anda bersama keluarga tercinta Anda ataupun dengan rekan terdekat Anda.

Resep Kentang Goreng Renyah

Cara #1

Bahan

  • 1/2 kg kentang, berukuran sedang ataupun besar
  • Air untuk merebus
  • Air dingin (pakai es batu)
  • Tepung maizena secukupnya
  • Minyak goreng
  • Saus sambal atau tomat

Bumbu

  • 3 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
  • 1 sdt garam

Resep Kentang Goreng Renyah

  1. Pertama, cuci semua kentangnya terlebih dahulu sampai bersih.
  2. Setelah itu kupas kulit kentangnya, untuk mempermudah proses pengupasan, Anda bisa menggunakan mesin pengupas kentang.
  3. Setelah kulit kentang dikupas, potong-potong kentangnya berbentuk stick dengan menggunakan alat pemotong kentang supaya hasil potongannya lebih baik dan rapi.
  4. Selanjutnya, rebus air yang cukup banyak sampai mendidih. Kemudian masukkan semua kentang yang sudah dipotong-potong tadi sampai seluruh kentangnya terendam di dalam rebusan air, lalu masukkan garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan.
  5. Kemudian angkat kentang yang sudah direbus, lalu tiriskan. Setelah itu semua kentangnya langsung dimasukkan ke dalam air es, dan diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu tiriskan lagi.
  6. Gulirkan kentang diatas tepung maizena dan diamkan selama beberapa saat, karena tepung maizena akan menyerap kandungan air dalam kentang.
  7. Selanjutnya goreng kentang setengah matang dengan minyak yang banyak sampai kentang terendam di dalam minyak penggorengan, Anda bisa menggunakan deep fryer penggorengan untuk melakukan proses ini. Setelah itu, angkat dan tiriskan, kemudian biarkan sampai suhunya kembali normal (tidak panas lagi). Lalu simpan sebentar di dalam lemari pendingin atau freezer.
  8. Lalu panaskan minyak goreng yang cukup banyak, dan goreng kentang yang sudah didinginkan tadi sampai benar-benar matang dan berubah warna kuning kecoklatan.
  9. Kentang goreng siap dihidangkan bersama dengan saus tomat dan saus sambal.

Cara #2

Bahan

  • 1 kg kentang
  • Air untuk merebus
  • Tepung terigu
  • Penyedap rasa
  • Garam halus
  • Minyak goreng

Resep Kentang Goreng Renyah

  1. Pertama, kupas kentang lalu potong berbentuk persegi panjang, untuk mempermudah pemotongannya Anda bisa menggunakan alat pemotong kentang. Kemudian cuci semua kentangnya sampai bersih, pencucian ini sangat penting karena untuk menghilangkan getah kentang, karena getah inilah yang membuat kentang gorengnya akan cepat menjadi lembek.
  2. Selanjutnya rebus air sampai mendidih dalam panci, lalu tambahkan garam. Setelah itu masukkan semua potongan kentangnya dan rebus selama kurang lebih 5 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Selagi rebusan kentangnya masih terasa panas, taburi kentangnya dengan tepung terigu dan tambahkan penyedap rasa kalau Anda suka, atau juga bisa taburi dengan garam secukupnya.
  4. Kemudian simpan kentang yang sudah dibaluri dengan tepung dan taruh di dalam wadah tertutup, lalu simpan di dalam lemari pendingin atau freezer selama kurang lebih 1 jam sebelum digoreng.
  5. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak dengan menggunakan deep fryer penggorengan, dan gunakan api sedang. Goreng kentang sampai seluruh bagian kentang terendam minyak. Bolak-balikkan kentangnya sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Kalau sudah, angkat dan tiriskan.
  6. Kentang goreng siap disajikan dengan tambahan mayonnaise dan saus sambal/tomat.

Tips Menggoreng Kentang

  • Jangan menambahkan tepung beras atau aci pada kentang, meskipun bisa membuat kentang gorengnya renyah, tapi cenderung akan membuat kentangnya akan saling merekat atau lengket.
  • Kentang yang sudah direbus, lalu di simpan di dalam freezer bisa bertahan sampai 2 minggu sebelum digoreng. Kentang yang beku ini akan semakin membuat tekstur kentangnya terasa renyah setelah digoreng.
  • Pastikan Anda selalu menggoreng kentangnya dengan menggunaka minyak yang masih baru (bukan minyak bekas) agar kentang goreng yang dihasilkan lebih renyah, bersih, dan juga sehat.
  • Masukkan kentang ke dalam minyak yang sudah dipanasi sebelumnya, dan selalu gunakan api sedang-kecil agar kentangnya tidak cepat gosong.
  • Supaya tidak mengandung banyak minyak, sebelum disajikan kentang yang sudah digoreng sebaiknya ditiriskan dulu dengan dialasi kertas tisu, agar minyaknya bisa terserap.
  • Supaya bisa menambah kelezatan kentang gorengnya, Anda bisa menambahkan bubuk cabe, keju, BBQ, ataupun rasa yang lainnya sesuai dengan selera Anda.


Tips Membuat Kentang Goreng Renyah

Selain menyantap kentang goreng atau biasa dikenal dengan sebutan ‘french fries’ yang disajikan di restoran, mungkin kita pernah atau bahkan sering membuatnya sendiri di rumah. Ada yang membeli bahan mentahnya dan mengolahnya dari awal, ada juga yang sudah dalam bentuk makanan beku (frozen food), lalu tinggal menggorengnya sendiri di rumah.

Nah bagi Anda yang mencoba membuat kentang goreng sendiri di rumah, mungkin pernah mengalami kentang goreng yang dihasilkan terlalu lembek, gosong, atau bahkan terlalu berminyak. Sekarang Anda tidak perlu khawatir, disini ada beberapa tips agar kentang goreng kreasi Anda bisa terasa renyah dan enak disantap.

1.) Pilih Kentang Yang Mulus dan Segar

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih kentang yang mulus dan tentunya masih segar, karena kentang jenis inilah yang paling enak dan renyah untuk bisa dijadikan french fries. Selain itu, jangan pilih kentang yang berwarna kehijauan, pastikan kentang yang dipilih masih berwarna kuning kecoklatan.

2.) Rendam Dalam Air Es

Setelah kentang dikupas kulitnya dan dipotong sesuai dengan selera, rendam potongan kentang ke dalam air dingin atau air es. Cukup rendam selama kurang lebih 30 menit untuk menjaga tekstur renyah kentang saat digoreng nanti.

3.) Taburi Tepung Maizena

Setelah direndam di dalam air es, Anda bisa menaburi kentangnya dengan tepung maizena. Tabur secara tipis saja. Karena tepung maizena ini bisa menyerap kelembaban kentang, jadi kentangnya akan terasa lebih renyah setelah digoreng dan juga tidak lembek.

Setelah ditaburi tepung maizena, goreng kentangnya secara deep fried atau kentang terendam penuh di dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan, sehingga kematangannya lebih merata. Disarankan Anda menggunakan deep fryer penggorengan, supaya kentang goreng yang dihasilkan bisa terasa lebih renyah dan matang secara merata.

4.) Siram dengan Jeruk Nipis

Mungkin banyak orang yang belum tahu, selain tepung maizena, Anda juga bisa menyiram kentangnya dengan perasan air jerup nipis dan menambahkan es batu ke dalamnya. Aduk sampai rata dan diamkan di dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit sebelum digoreng.


Peluang Usaha Kentang Goreng

Di Indonesia, para pengusaha kentang goreng atau french fries ini sudah banyak sekali. Tapi peminatnya juga semakin berkembang dari aneka kalangan sehingga membuat peluang bisnis kentang goreng ini menjanjikan untuk bisa Anda jalankan.

Info Usaha Kentang Goreng

Peluang usaha kentang goreng ini yang jelas memiliki prospek yang cukup tinggi, jadi sangat menjanjikan untuk bisa dijalankan. Apalagi masyarakat di Indonesia sudah familiar dengan makanan ringan yang satu ini.

Siapa saja tentunya bisa menjalankan usaha kentang goreng renyah ini, berbekal kreatifitas yang tinggi tentu akan bisa menghasilkan kentang goreng yang berkelas. Rasa lezat dari resep kentang goreng renyah ini bisa membuat saat santai dan waktu makan Anda menjadi bersemangat, apalagi kentang ini memiliki kandungan gizi dan karbohidrat yang tinggi.

Selain itu, usaha kentang goreng bisa dikembangkan dengan mudah, karena memang resep kentang goreng renyah ini cukup mudah dan banyak orang yang menyukainya.

Konsumen Usaha Kentang Goreng

Kentang goreng menjadi salah satu makanan ringan yang paling banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Kandungan gizi yang tinggi, serta rasanya yang lezat ini membuat banyak orang memilih kentang goreng sebagai menu makanan mereka, kentang goreng juga terasa sangat nikmat untuk disajikan sebagai menu cemilan.

Sehingga membuat usaha kentang goreng ini memiliki banyak konsumen. Jadi bagi Anda yang ingin merintis usaha kentang goreng tidak perlu khawatir dalam mencari konsumen, karena semua kalangan menyukai kentang goreng.

Bahan Baku Kentang Goreng

Proses dan resep kentang goreng renyah ini sangat mudah, jadi siapa saja bisa membuatnya. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan tambahan kalau mau mencoba dan menghasilkan kreasi kentang goreng yang berbeda.

Kalau mau menghasilkan kentang goreng yang berkualitas, maka gunakan bahan kentang yang berkualitas juga. Kentang dengan kualitas yang bagus akan menghasilkan rasa kentang goreng yang enak, gurih, dan ada sedikit rasa manis.

Perlengkapan Usaha Kentang Goreng

Menjalankan sebuah usaha tentunya membutuhkan beberapa peralatan yang akan digunakan agar bisnis yang dirintis ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Sediakan perlengkapan dan alat yang berkualitas tinggi supaya bisa menghasilkan kentang goreng yang berkualitas juga. Peralatan yang diperlukan untuk usaha kentang goreng ini diantaranya ada kompor, gas, wajan, pisau, spatula, peniris minyak, dan beberapa peralatan penting lainnya seperti deep fryer penggorengan, alat pemotong kentang, dan alat pengupas kentang.

Lokasi Usaha Kentang Goreng

Supaya produk usaha cepat dikenal masyarakat maka membutuhkan lokasi usaha yang tepat. Oleh karena itu jika ingin menjalankan usaha kentang goreng jangan lupa mencari lokasi usaha yang ramai dan startegis.

Tempat yang sesuai untuk digunakan sebagai usaha kentang goreng ialah di pinggiran jalan, dekat dengan kampus dan sekolahan, dekat kantor, dekat dengan perumahan warga dan sebagainya. Asalkan tempat untuk berjualan ramai dan biasa dilalui masyarakat tentu usaha kentang goreng bisa dikenal dengan sendirinya.

Promosi Usaha Kentang Goreng

Usaha kentang goreng ini membutuhkan proses promosi yang tepat. Tujuannya untuk bisa menarik minat masyarakat untuk mencoba produk kentang goreng yang Anda jual. Cara mempromosikan kentang goreng kepada masyarakat ini bisa dikerjakan dengan mudah, salah satunya yaitu memasang spanduk dengan tulisan dan gambar produk usaha Anda. Selain itu membuat brosur yang disebarkan keberbagai tempat supaya diketahui masyarakat.

Anda juga bisa memanfaatkan internet dan media sosial saat ini untuk menawarkan produk kentang goreng pada masyarakat, hal ini terbukti sangat efektif karena seluruh masyarakat pengguna media sosial dapat mengetahuinya.

Harga Jual Kentang Goreng

Untuk dapat menentukan harga dari kentang goreng ini lebih baik menghitung terlebih dahulu pengeluaran untuk membeli bahan pembuat kentang goreng. Supaya nanti bisa menghitung keuntungan yang diinginkan saat menjalankan usaha kentang goreng. Rata-rata harga kentang goreng dipasaran yaitu sekitar Rp 10.000,- sampai dengan Rp 15.000,- per bungkus.


Analisa Usaha Kentang Goreng

Info Bisnis Kentang Goreng

Untuk menjalankan kegiatan usaha kentang goreng ini sangat mudah Anda bisa membuka kedai yang menyajikan olehan jajanan kentang goreng dengan beberapa varian. Anda juga dapat membuka cabang agar usaha jajanan kentang goreng ini bisa dikenal masyarakat secara luas.

Analisa Keuangan Usaha Kentang Goreng

Asumsi yang digunakan :

Untuk penyusutan etalase selama 3 tahun
Untuk penyusutan meja kursi selama 2 tahun
Untuk penyusutan kompor selama 2 tahun
Untuk penyusutan perlengkapan lainnya selama 2 tahun
a. Biaya Investasi
etalase Rp 380.000
meja kursi Rp 566.000
kompor Rp 838.000
LAIN – LAIN Rp 366.000
Total Biaya Investasi Rp 2.150.000

b. Biaya operasional

1. biaya tetap

penyusutan etalase 1/36 *380.000 Rp 10.556
penyusutan meja kursi 1/24 *566.000 Rp 23.583
penyusutan dan kompor 1/24 * 838.000 Rp 34.917
penyusutan LAINNYA 1/24* 366.000 Rp 15.250
uang kebersihan Rp 4.000
upah karyawan Rp 50.000
Total Biaya tetap Rp 138.306

2. Biaya variabel

kentang Rp 77.000
tepung maizena Rp 81.000
minyak goreng Rp 98.000
bawang putih Rp 56.000
bumbu balado Rp 90.000
LAIN – LAIN Rp 78.000
Total Biaya variabel Rp 480.000
Total baiya operasional Rp 618.306

C. Penerimaan satu hari
93 porsi kentang goreng X Rp 13.000 Rp 1.209.000

D. Keuntungan per hari Rp 590.694
Keuntungan dalam satu bulan Rp 17.720.833
Pengembalian Modal 0,12
Pengembalian modal usaha :

Biaya investasi : keuntungan penjualan

Rp 2.150.000 : Rp 17.720.833 = 0,12

Jadi dari penjelasan pada tabel rincian estimasi biaya hingga asumsi pendapatan kentang goreng dapat dijelasakan. Anda menggunakan sejumalah uang yang besarnya Rp 2.150.000 yang dialokasikan untuk investasi, dan untuk alokasi biaya tetap Rp 138.306 untuk biaya variable Rp 480.000 dan Rp 618.306 untuk total biaya operasional. Dari usaha ini diasumsikan dalam satu hari totalnya penerimaan yang di dapat dari penjualan kentang goreng adalah sebanyak 93 porsi dengan harga Rp 13.000 per bungkus adalah Rp 1.209.000. Dari penerimaan tersebut didapatkan keuntungan penjualan kentang goreng dalam satu bulan adalah Rp 17.720.833. Dari total keuntungan ini maka Anda akan mengalami pengembalian modal 0,12.

By |2017-11-15T10:49:11+00:00Maret 31st, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Wow… Ini Rahasia Resep Kentang Goreng Renyah, Ikuti Yuk!

About the Author:

WhatsApp chat