Cara Membuat Kerupuk Kentang Enak dan Gurih Dijamin Bikin Nagih

kerupuk kentang

Kentang memang cocok dan enak untuk dijadikan makanan apa saja, baik dijadikan kentang goreng biasa, kentang rebus, ataupun keripik kentang. Namun mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa kentang juga bisa dijadikan kerupuk kentang. Kerupuk kentang memang masih kalah populer jika kita dibandingkan dengan keripik kentang yang sudah sangat terkenal. Penjual kerupuk kentang pun masih bisa dibilang sedikit dibandingkan dengan penjual keripik kentang yang memang sudah banyak sekali dipasaran. Namun rasa dari kerupuk kentang sendiri tidak kalah enaknya dengan keripik kentang loh.

Meskipun kerupuk kentang tidak memiliki rasa segurih dan serenyah keripik kentang, namun kerupuk kentang ini memiliki kelebihan tersendiri loh. Tekstur kerupuk kentang yang empuk serta sensasi gurihnya yang tidak berlebih akan memberikan anda rasa enak khas yang akan membuat siapapun yang memakannya dijamin akan ketagihan.

Kerupuk kentang ini memang masih sangat sulit untuk didapatkan, namun mungkin anda bisa menemukan ini pada menu – menu makanan khas masyarakat sunda, Jawa Barat. Bagi anda yang ingin mencoba membuat kerupuk kentang dirumah sendiri, berikut ini ada cara pembuatan kerupuk kentang yang gurih dan renyah, simak yukk.

Eitts sebelum baca cara pembuatan Kerupuk Kentang udah pada tau belum nih sejarah kerupuk? cuss informasinya

Sejarah Kerupuk

Mulai Menyebar pada Abad ke-19 M

Seiring berjalannya waktu, kerupuk menyebar ke seluruh penjuru nusantara bahkan sampai ke Semenanjung Melayu. Di dalam naskah Melayu oleh Abdul Kadir Munsyi, saat menyebutkan Kuantan atau Malaysia sekitar abad ke-19 M disebutkan juga tentang keropok atau kerupuk. Bukan hanya orang Melayu saja, tetapi kerupuk juga mulai disukai pada masa penjajahan Belanda. Sehingga sampai saat ini kerupuk harus selalu ada di setiap hidangan nusantara.

Pengusaha Kerupuk Pertama di Indonesia dari Tasikmalaya Tahun 1930

Salah satu pengusaha kerupuk pertama di Indonesia berasal dari kota Tasikmalaya, mereka mulai berjualan semenjak tahun 1930 di Jalan Kopo, tepatnya di depan Rumah Sakit Emanuel Bandung. Pegawai yang dulunya pernah bekerja di pabrik Sahidin dan Sukarma, sekarang cukup banyak yang berhasil mendirikan usaha kerupuk mereka sendiri. Sekarang pun pengusaha kerupuk sudah tersebar hampir di seluruh penjuru Nusantara, dengan berbagai jenis kerupuk.

Jenis Kerupuk yang ada di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali jenis kerupuk yang tidak hanya sebagai penganan pendamping tapi masing-masing memiliki cerita dibalik terciptanya kerupuk tersebut. Seperti karupuak jangek dari Minangkabau, berbahan dasar dar kulit sapi atau kerbau. Katanya kerupuk ini terinspirasi dari kerupuk kulit babi, kerupuk khas dari orang Tionghoa yang datang ke Minangkabau semenjak abad ke-18 M. Namun disesuaikan dan diganti menjadi kulit sapi atau kerbau karena penduduk di Minangkabau yang mayoritas beragama Islam.

Masyarakat Melayu yang ada di Indonesia pada abad ke-19 memanfaatkan hasil laut seperti udang dan ikan, dijadikan bahan dasar membuat kerupuk. Sampai pada saat ini pun, kerupuk udang dan kerupuk ikan sangat mudah didapat baik itu mentah maupun sudah digoreng di pasar tradisional maupun ritel modern.Masih banyak jenis lain kerupuk yang ada di Indonesia contohnya seperti melinjo, emping melinjo, amplang, dan lainnya.

Cara Membuat Kerupuk Kentang

Cara Membuat Kerupuk Kentang Dijamin Nagih

Bahan-bahan untuk membuat kerupuk kentang

  • 500 g kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan
  • 500 g tepung tapioka
  • 2 1/2 sdt baput bubuk
  • 1 bks kaldu bubuk
  • 1 sdt munjung merica bubuk
  • Air hangat secukupnya
  • Irisan daun bawang, optional

Langkah Membuat kerupuk kentang

  1. Campur semua bahan tadi dan uleni menggunakan tangan hingga kalis. Bentuk hingga menyerupai lontong mini atau sesuai dengan selera anda.
  2. Rebus bakal kerupuk kedalam panci yang berisi air, sebelumnya air itu sudah dipanaskan hingga mendidih. Jika adonan sudah terlihat mengapung, tandanya sudah matang. Angkat adonan lalu lakukan berulang hingga habis.
  3. Dinginkan. Masukkan adonan ke dalam kulkas kurang lebih semalam atau hingga adonan kerupuk keras. Potong tipis2 setelah itu tata di tampah atau loyang. Jemur adonan yang sudah dipotong pada sinar matahari hingga benar – benar kering. (Lama penjemuran tergantung cuaca yaa). Setelah kering, goreng di dalam minyak panas dengan nyala api sedang.

Saya juga mempunyai resep cara membuat kerupuk kentang dengan bahan yang lebih sedikit loh yuk dibaca

Cara Membuat Kerupuk Kentang dengan Bahan Seadanya

Bahan-bahan untuk pembuatan kerupuk kentang:

  • Kentang 1 kg 
  • Tepung sagu 1 kg 
  • Bawang putih 1 ons 
  • Garam secukupnya 
  • Pewarna makanan jika anda ingin mewarnai kerupuk

Cara pembuatan kerupuk kentang:

  1. Rebuslah kentang hingga matang, jika sudah matang, angkat lalu tiriskan kentang. Kupas kulit kentang sampai bersih lalu haluskan 
  2. Masukkan kentang yang sudah halus tadi dengan semua bahan diatas seperti tepung sagu, bawang putih, dan garam ke dalam wadah, lalu aduk hingga merata. 
  3. Agar kerupuk menjadi menarik, pisahkan adonan tadi menjadi 4 bagian adonan, setiap adonan diberi pewarna makanan secukupnya dengan warna yang berbeda-beda 
  4. Selanjutnya giling masing-masing adonan hingga menjadi pipih sekitar 0,5 cm. Setelah menjadi pipih, tumpuklah keempat adonan beda warna tadi hingga berbentuk lonjong memanjang, panjangnya per satu  jengkal.
  5. Kukus adonan kurang lebih selama 30 menit.
  6. Setelah dikukus, angkatlah dan dinginkan adonan agar mudah dipotong menjadi tipis-tipis 
  7. Jemur kerupuk kentang yang sudah diiris tadi sampai kering 
  8. Bila kerupuk benar-benar kering, maka kerupuk kentang sudah siap digoreng dengan minyak yang panas 
  9. Kerupuk kentang siap untuk dimakan dan dihidangkan, atau bisa disimpan.

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Kulit atau Rambak Yang Bisa Anda Coba

Kentang dan Kandungan Gizi di Dalamnya

kentang

 

Kentang mengandung beberapa nutrisi makro dan mikro yang baik untuk tubuh kita. Mengonsumsi kerupuk kentang menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan manfaat kentang yang terdiri dari beberapa unsur berikut.

Karbohidrat di Dalam Kentang

Tubuh manusia membutuhkan karbohidrat yang merupakan sumber utama tenaga untuk tubuh. Banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat setidaknya 900 hingga 1300 kalori. Karbohidrat yang terkandung pada sebuah kentang pun cukup banyak yaitu antara 60 hingga 90 persen. Karbohidrat yang ada pada kentang juga sering menjadi alternatif pengganti nasi bagi yang sedang melakukan diet gula.

Serat

Rasa gurih dari kerupuk kentang memang menjadi salah satu alasan banyak orang memilihnya sebagai camilan di rumah. Kentang mengandung serat yang mana adalah makanan bagi bakteri baik. Bakteri yang ada di usus besar dan bertugas untuk memelihara kesehatan pada saluran pencernaan tubuh. Mengonsumsi kentang lebih baik tidak dalam kondisi panas karena saat dingin kandungan pati pada kentang akan menjadi lebih tinggi atau meningkat.

Protein

Unsur ini merupakan salah satu nutrisi yang anda bisa dapat dari sebuah kerupuk kentang tepatnya pada kentang itu sendiri. Protein berfungsi memproduksi zat kimia tubuh seperti hormon dan enzim. Selain itu, protein juga sangat dibutuhkan pada pembentukan otot, sel darah, kulit, rambut, dan tulang. Kandungan protein dalam kentang yaitu antara 1-1,5 % per buah. Walaupun tidak terlalu tinggi, protein yang ada dalam kentang memiliki kualitas yang bagus bisa disebut juga pati.

Kalium

Potasium atau yang lebih dikenal dengan kalium merupakan mineral yang terdapat pada kentang. Nutrisi ini memiliki beberapa manfaat seperti menurunkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Bagian kulit kentang adalah bagian yang paling banyak mengandung kalium.

Antioksidan

Mengonsumsi kerupuk kentang memang sangat nikmat, apalagi untuk teman menonton tv atau film. Kentang mempunyai rasa yang sedikit manis dan mengandung berbagai gizi. Seperti antioksidan yang bisa dikatakan cukup tinggi di dalam sebuah kentang. Antioksidan merupakan senyawa yang baik, berguna untuk mencegah bahaya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Antioksidan yang ada dalam kentang juga memiliki manfaat untuk menurunkan pertumbuhan kanker usus besar dan kanker hati.

Vitamin B6

Sumber gizi yang ada pada kentang lainnya adalah vitamin B6. Vitamin ini sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah, pembentukan antibodi, membantu memelihara kesehatan saraf, dan membantu penyerapan protein di dalam tubuh manusia.

Folat

Kentang ternyata mengandung nutrisi berupa asam folat loh. Asam folat mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh diantaranya yaitu mencegah risiko keguguran dan menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Vitamin C

Di dalam sebuah kentang mengandung vitamin C yang sangat penting untuk memperbaiki jaringan pada tubuh. Vitamin C juga berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang dan gizi, membantu penyerapan zat besi, dan juga memiliki peran penting dalam sistem imun.

Memilih Kentang yang Bagus dan Berkualitas

Membuat kerupuk kentang pastinya harus menggunakan kentang yang bagus dan juga berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara memilih kentang berkualitas baik.

Permukaan kentang

Cara memilih kentang yang berkualitas bagus bisa dilihat dari bagian permukaannya. Bagian luar kentang menjadi cara paling mudah untuk mengetahui kualitas dari sebuah kentang. Permukaannya yang halus biasanya mempunyai rasa yang lebih manis. Pilih juga kentang yang mempunyai permukaan yang terlihat segar dan tidak memiliki lubang.

Warna kentang

Kualitas kentang bisa juga dilihat dari warna luar kentang. Anda harus menghindari untuk memilih kentang dengan bagian luar berwarna hijau. Kentang seperti itu biasanya dipanen sebelum waktunya atau terlalu muda dan rasanya juga lebih pahit.

Bentuk kentang

Kentang yang bagus untuk bahan pembuatan kerupuk kentang adalah yang masih segar. Anda bisa melihatnya dari bentuk kentang, apabila kentang sudah mulai keriput berarti kentang sudah tidak terlalu segar atau layu. Jangan memilih kentang yang sudah mulai bertunas karena rasanya sudah tidak enak untuk makanan dan juga tidsak layak konsumsi.

Analisa Usaha Kerupuk Kentang Renyah

Kerupuk Kentang memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan bisnis, yuk simak analisanya

Asumsi

  • Etalase/gerobak selama waktu 5 tahun
  • Pisau selama waktu 4 tahun
  • Wadah selama waktu 5 tahun
  • Kompor dan gas selama waktu 5 tahun
  • Mesin perajang selama waktu 5 tahun
  • Peralatan penggoreng selama waktu 5 tahun
  • Mesin pengemas selama waktu 5 tahun
  • Nampan dan serbet selama waktu 4 tahun
  • Peralatan pembuatan kerupuk lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

Peralatan Harga  
etalase/gerobak Rp.     1,400,000
pisau Rp.           25,000
wadah Rp.           85,000
kompor dan gas Rp.        280,000
mesin perajang Rp.     7,000,000
peralatan penggoreng Rp.         250,000
mesin pengemas Rp.        320,000
nampan dan serbet Rp.           35,000
Peralatan tambahan lainnya Rp.           30,000
Jumlah Investasi Rp.  9,425,000

 

Biaya Operasional per Bulan
Biaya Tetap Nilai
etalase/gerobak 1/62 x Rp. 1.400.000 Rp.           22,500
pisau1/49 x Rp. 25.000 Rp.                 500
wadah 1/44 x Rp. 85.000 Rp.              1,500
kompor dan gas 1/62 x Rp. 280.000 Rp.             4,500
mesin perajang 1/62 x Rp. 7.000.000 Rp.         113,000
peralatan penggoreng 1/62 x Rp. 250.000 Rp.             3,000
mesin pengemas 1/62 x Rp. 320.000 Rp.             5,000
nampan dan serbet 1/52 x Rp.35.000 Rp.                 500
peralatan tambahan 1/44 x Rp. 30.000 Rp.                 500
gaji karyawan Rp.        650,000
Total Biaya Tetap Rp.      801,000

 

Biaya Variabel
kentang Rp.  250,000 x 30 = Rp.     7,500,000
minyak goreng Rp.   120,000 x 30 = Rp.    3,600,000
kapur sirih Rp.       7,000 x 30 = Rp.        210,000
bumbu balado Rp.     20,000 x 30 = Rp.        600,000
pengemas Rp.     14,000 x 30 = Rp.        420,000
gas lpg Rp.     18,000 x 30 = Rp.        540,000
sewa tempat Rp.      15,000 x 30 = Rp.        450,000
air dan listrik Rp.      15,000 x 30 = Rp.        450,000
Total Biaya Variabel Rp.  13,770,000

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp.  14,571,000

 

Pendapatan per Bulan
Penjualan rata – rata =
  100 bungkus x Rp.   6,000 = Rp.      600,000
Rp.   600,000 x   30 hr = Rp.  18,000,000

 

Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.     18,000,000  14,571,000 = Rp.  3,429,000

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp.  9,425,000 :  3,429,000 =            3 bln

 

Kegunaan Mesin Pada Usaha Kerupuk Kentang

Usaha kerupuk kentang renyah ini kemungkinan besar tidak akan berjalan dengan maksimal jika anda tidak menggunakan bantuan dari mesin perajang tempe dan juga mesin hand sealer. Kedua mesin tersebut sangat dibutuhkan untuk melancarkan proses produksi kerupuk kentang.

Dengan penggunaan mesin keranjang tempe dan mesin hend sealer maka akan mempermudah proses produksi keripik kentang renyah menjadi lebih cepat, lancar juga sangat efektif. Yangmana masing-masing mesin tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam penentu kelancaran jalannya produksi kerupuk kentang renyah.

Penggunaan mesin perajang tempe dipilih untuk mempermudah proses perajangan adonan agar lebih cepat dan mudah, apabila dalam prosesnya tidak menggunakan bantuan mesin ini maka produksi pada bagian pengirisan akan berjalan lebih lambat dan memakan waktu lebih lama. Namun jika anda menggunakan mesin perajang tempe, maka anda saat mengiris adonan dengan sangat cepat.

Dalam hitungan menit saja maka ratusan rajangan adonan akan dapat dengan mudah dihasilkan. Dengan begitu penggunaan mesin perajang tempe berperan sangat besar dalam peningkatan proses produksi. Untuk  hand sealer sendiri , mesin ini sangat dibutuhkan untuk mengemas produk kerupuk kentang agar berjalan lebih cepat dan juga tidak ribet. Tampilan kemasan produk kerupuk kentang renyah akan lebih cantik dan juga berkelas.

Dengan begitu promosi dagang produk kerupuk kentang ini akan lebih mudah untuk diterima oleh masyarakat. Jika Anda memerlukan mesin hand sealer, tentu Anda akan memilih pilihan mesin dengan mutu kualitas terbaik. Untuk mendapatkan mesin tersebut Anda dapat menggunakan mesin hand sealer Rumah Mesin Yogyakarta

Kesimpulan Analisis kerupuk Kentang

Demikian mengenai ulasan peluang usaha kerupuk kentang renyah dan analisa usaha yang bisa anda jadikan bahan referensi untuk memulai serta menjalankan usaha tersebut. Anda tertarik dalam mencoba menjalankan usaha kerupuk ini dengan peluang usaha yang cukup menjanjikan? Usaha kerupuk kentang tentu saja bisa menjadi salah satu pilihan usaha menguntungkan dan juga cukup menjanjikan.

Dan jangan lupa agar anda menggunakan mesin hand sealer hanya dari produk Rumah Mesin, jika Anda menginginkan usaha kerupuk kentang renyah bisa berjalan lebih lancar dengan proses produksi lewat pengirisan dan pengemasan yang cepat dan sangat mudah. Semoga untuk peluang usaha kerupuk kentang renyah dan analisa usaha yang telah ssaya kupas diatas bisa sangat bermanfaat bagi anda yang membaca.

Usaha kerupuk kentang renyah tentu menjadi salah satu usaha yang menguntungkan serta lebih menjanjikan bagi anda. Semoga informasi peluang usaha kerupuk kentang dan analisa usahanya diatas bisa bermanfaat bagi yang membaca dan berguna dalam menambah wawasan juga untuk referensi usaha Anda pada tahun tahun ini.

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •