Home » Artikel » Artikel Proses » Sadis Rasanya! Cara Membuat Mie Goreng dengan Resep yang Dijamin Super Enak

Sadis Rasanya! Cara Membuat Mie Goreng dengan Resep yang Dijamin Super Enak

Tingkatkan Cara Membuat Mie Goreng Anda Dengan Resep Ini!! – Mie bisa dibilang adalah salah satu makanan favorit banyak orang. Hal ini karena mie itu murah, mudah dan cepat dalam penyajiannya. Selain mudah mie juga memiliki rasa yang enak.

Tak jarang, orang menggunakan mie sebagai makanan pemancing selera makan. Tak heran, jika banyak sekali masakan yang dibuat dari mie. Bahkan banyak pedagang makanan yang menjual mie sebagai menu utama mereka.

Di Indonesia sendiri, berbagai macam olahan dari mie sangat beraneka ragam. Contohnya mie ayam, mie jawa, mie kuah pedas, mie rebus hingga mie goreng. Nah untuk itulah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mie goreng.

Sebelum mulai membahas tentang cara membuat mie goreng, kita akan mulai dari asal-usul mie. Langsung saja kita simak penjelasan dibawah ini:

Asal Usul Mie

Sebenarnya asal-usul mie sampai sekarang masih menjadi kontroversi. Hal ini karena, banyak bangsa yang telah mengklaim masing-masing sebagai pencipta mie.

Misalnya seperti bangsa Italia, China dan Arab. Namun diperkirakan mie telah ada sejak 4.000 tahun lalu. Menurut sejarah, mie pertama dibuat di negara China. Tepatnya pada saat zaman dari dinasti Han tahun 25-200 AD.

Setelah itu mie mulai berkembang ke negara lainnya. Seperti ke negara Jepang, Taiwan, Korea, Malaysia dan Indonesia. Bahkan mie juga berkembang hingga ke daratan Eropa. Masuknya mie ke Eropa dibawa oleh Marcopolo.

Jadi Marcopolo berkunjung ke China dan membawa mie sebagai oleh-oleh. Mie yang dibawanya, kemudian dikembangkan dan berubah menjadi pasta seperti saat ini.

cara membuat mie goreng

Selain itu bagi beberapa negara, mie adalah makanan yang memiliki arti tersendiri. Misalnya bagi China, mie dijadikan simbol kehidupan yang panjang. Untuk itulah saat acara ulang tahun di China, mie sering dijadikan sebagai makanan wajib.

Sebagian, ada juga yang menggunakan mie sebagai penganti kue ulang tahun. Bahkan saat tahun barupun, mie juga merupakan hidangan yang harus ada. Alasannya karena arti mie ini dianggap sebagai simbol panjang umur.

Jika di Cina mie dijadikan simbol panjang umur, maka di Jepang mie adalah teman minum teh. Bisa dibilang upacara minum teh dan membuat mie ini adalah budaya.

Bisa juga dibilang sebagai ciri khas bangsa Jepang. Bahkan setelah perang dunia ke II berakhir, mie dijadikan sebagai makanan primadona. Hal ini karena, saat itu pasokan makanan sangat sedikit. Untuk itulah, bangsa Jepang banyak mengkonsumsi mie sebagai penganjal perut.

Awal mulanya cara membuat mie diproduksi secara manual. Jadi bentuknya pun masih belum beraturan, hanya sekedar lembaran-lembaran tipis panjang. Sampai akhirnya ditemukan mesin pembuat mie  dengan alat mekanik.

Dengan alat tersebut, cara membuat mie pun mengalami perkembangan. Penemu alat ini adalah T. Masuki pada tahun 1854. Dengan mesin pembuat mie tersebut, proses dan cara membuat mie semakin cepat. Bahkan prosesnya pun lebih mudah. Selain itu penemuan tersebut, bisa dibilang sebagai awal mula adanya mesin pembuat mie pada masa kini.

Jenis-Jenis Mie Berdasarkan Tingkat Kematangan

cara membuat mie goreng

Nah, sebelum masuk ke dalam bahasan tentang cara membuat mie goreng yang lezat maka anda wajib tahu dulu tentang jenis-jenis mie. Kali ini kita akan membahas jenis mie berdasarkan tingkat kematangannya yang dibagi menjadi tiga yaitu:

  1. Mie basah

Seperti namanya mie ini dijual dalam keadaan yang basah. Mie basah merupakan mie yang belum dimasak. Namun mie ini memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan air yang dimilikinya sekitar 52%. Karena tingginya kandungan air, mie ini tidak awet. Jadi lebih cepat basi. Biasanya hanya bisa bertahan sampai satu hari saja. Mie basah adalah jenis mie yang biasa digunakan untuk membuat mie ayam.

  1. Mie kering

Mie ini adalah kebalikan dari mie basah. Jadi dijualnya dengan bentuk yang kering. Mie kering ini disebut juga sebagai mie telur. Kandungan air yang dimiliki mie ini terbilang rendah. Biasanya hanya sekitar 13%, jadi lebih awet.

Proses pengolahan mie ini, menggunakan oven atau dijemur. Bahan dasarnya pun terbuat dari tepung dan telur. Setelah kering baru dibungkus dan dipasarkan. Mie ini cocok digunakan sebagai mie rebus dan mie goreng.

  1. Mie instan

Mie instan bisa dibilang adalah yang paling populer. Bahkan mie jenis ini, sudah menjadi persediaan makanan yang wajib ada. Mie instan memiliki kandungan air 5-8%.

Dibandingkan jenis mie lain mie instan lebih awet. Mie jenis ini sebenarnya sudah matang. Hal ini karena sebelum dikemas, mie instan mengalami proses pengeringan. Proses pengeringan ini biasanya dengan cara dipanaskan atau digoreng .

Macam – Macam Mie Berdasarkan Cara Pengolahan

cara membuat mie goreng

Sumber :http://magazine.orami.co.id

Nah, sebelum masuk ke cara membuat mie goreng favorit anda, sekarang anda harus tahu dulu tentang macam-macam mie berdasarkan cara pengolahannya mie sebagai berikut:

  1. La mian mie

Mie ini adalah mie tertua yang pertama kali ditemukan. Bentuknya hampir mirip mie La Mian yang baru di Cina. Secara harfiah La Mian artinya mie tarik. Bahan pembuatan mie ini berasal dari gandum. Cara pembuatanya pun manual, yaitu dengan menggunakan tangan.

Adonan mie ini akan dipelintir dengan tangan. Setelah itu mie akan ditarik sampai panjang. Hingga akhirnya mie tersebut dipotong tipis-tipis. Mie jenis ini, biasanya lebih cocok diolah untuk sup dan kentang goreng.

  1. Mie ramen

Mie ramen dibuat berdasarkan mie La Mian. Hal ini terbukti dari bahasa China ramen berarti La mian. Sebaliknya dimana kata mie dipakai dalam ramen. Kata itu disebut Chuka men, dalam bahasa Jepang yang juga berarti mie China. Bentuk mie ramen sangat tipis. Bahan dasar mie ini berasal dari gandum. Mie ini biasanya diolah bersama dengan masakan Jepang lainnya. Misalnya masakan champon seperti daging babi, seafood, sayuran,dll.

  1. Mie udon

Mie udon adalah mie sangat populer di Jepang. Bahan dasar mie ini terbuat dari gandum. Mie udon memiliki bentuk yang tebal.  Mie udon biasanya disajikan dalam sup kaldu. Serta dilengkapi dengan daun bawang. Di China, udon dikenal dengan nama Cu Mian.

  1. Mie Soba

Mie yang sangat populer di Jepang ini, memiliki bentuk yang tipis. Mie soba, biasanya digunakan untuk membuat sup tradisional.

Cara mengkonsumsinya, yaitu dengan cara didinginkan dan ditambah dengan saus. Mie ini, dijadikan makanan pokok di wilayah Tokyo selama periode Edo. Mie soba tak hanya nikmat, namun juga mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh.

  1. Mie pok

Mie Pok adalah jenis mie yang berasal dari China. Mie ini memiliki bentuk yang datar. Terbuat dari bahan gandum. Selain itu mie ini berwarna kuning. Biasanya mie ini dimakan dengan saus. Bisa juga disajikan dalam sup jamur atau daging cincang.

Di Singapura, Thailand, dan Malaysia, mie ini dikenal dengan nama Bak Mee Chor.  Mie jenis ini, secara tradisional dibuat dengan cara dikeringkan. Kadang juga diolah dengan saus atau kaldu. Ada juga yang dicampurkan dengan  ikan atau kue bola ikan.

  1. He Fen dan Mie Pho

He Fen adalah mie yang juga berasal dari China. Mie ini terbuat dari bahan beras. Memiliki bentuk yang pipih. Dikenal juga sebagai Hor Fun atau Shahe Fen. Cara pengolahannya biasanya digoreng. Bisa juga disajikan dalam sup.

  1. Soun

Mie Soun dikenal juga sebagai mie kacang hijau. Hal ini karena, mie ini terbuat dari kacang hijau atau pati kacang hijau. Namun dalam perkembangannya, mie soun dapat dibuat dari ubi, kentang,atau singkong. Di China, soun biasanya dimakan dengan kentang goreng atau dengan sup. Mie jenis ini sudah menyebar kenegara seperti Jepang, Korea, Vietnam dll.

  1. Bihun

Mie bihun sangat tipis dan hampir mirip dengan mie soun. Bedanya mie bihun terbuat dari beras, sedangkan soun terbuat dari kacang hijau. Mie yang satu ini sangat populer di Asia. Terutama di Singapura, mie ini akan diolah menjadi mie sate kacang. Sedangkan di Filipina mie ini dikenal dengan pancit. Makanan ini biasanya dimakan saat hari ulang tahun

  1. Idiyappam

Mie jenis ini terbuat dari gandum, namun bisa juga dari beras. Memiliki bentuk yang tipis. Bisa dibilang mie ini memiliki bentuk seperti ramen. Idiyappam adalah mie yang populer di india dan Sri lanka. Idiyappam  ini, sering disajikan bersama dengan kari dan acar

  1. Dotori guksu

Dotori guksu adalah mie yang berasal dari Korea. Mie ini sangat unik karena terbuat dari biji pohon ek. Mie ini mirip dengan mie soba. Cara memakannya dicampur dengan kentang goreng. Penyajiannya mie ini sering disajikan dengan saus. Biasanya sering dimakan saat cuaca dingin

Selain itu, bisa dibilang mie memiliki kandungan gizi yang baik seperti:

  • 338 Kalori
  • 7,6 Gram Protein
  • 11,8 Gram Lemak
  • 50 Gram Karbohidrat
  • 1,7 mg Mineral
  • 49 mg Kalsium
  • Vitamin A 34 iu
  • Vitamin B1 0,04 mg

Manfaat Mie

cara membuat mie goreng

Sumber :https://1.bp.blogspot.com

Apakah anda tahu tentang manfaat mie bagi tubuh anda? Yuk cari tahu manfaatnya sebelum anda tahu bagaimana cara membuat mie goreng yang super lezat berikut ini:

  1. Menunjang aktifitas tubuh

Mie memiliki kandungan kalori. Nah kandungan ini, terbukti bisa menunjang aktifitas tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi mie, bisa membantu aktifitas anda.

  1. Mengontrol berat badan

Mie memiliki kandungan kalori yang rendah. Bagi anda yang sedang mengontrol berat badan, bisa jadi solusi. Seperti yang kita tahu, jika kalori adalah sumber energi tubuh. Disatu sisi dengan kalori yang berlebihan, bisa membuat anda gemuk. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok bagi anda yang sedang diet

  1. Menunjang pertumbuhan

Makanan yang bergizi, sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan. Meski memiliki kandungan gizi yang terbilang sedikit. Namun dengan mengkonsumsi mie, tetap bisa memberi anda manfaat yang baik. Terutama dalam hal, membantu masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

  1. Sumber energi tubuh

Selain itu, mie juga bermanfaat sebagai sumber energi tubuh. Mie mangandung kalori dan karbohidrat seperti nasi. Jadi dengan mengkonsumsi mie, bisa dijadikan sebagai sumber energi. Energi ini bisa membantun tubuh dalam melakukan berbagai aktifitas.

  1. Memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh

Makanan yang satu ini memiliki kandungan gizi, seperti vitamin A dan B1. Nah berbagai macam gizi ini, bisa membantu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh. Sehingga asupan dalam tubuh akan terpenuhi.

Perkembangan Mie di Indonesia

cara membuat mie goreng

Masuknya makanan mie ke Indonesia adalah melalui hubungan perdagangan. Selain itu , dari imigrasi orang-orang China pada 1870 ke Jawa. Dimana pada tahun itu, ada politik keterbukaan imigran pemerintah Hindia Belanda. Dari sini, banyak orang China yang membawa mie ini ke Indonesia dan menyebarkannya.

Setelah itu mie semakin dikenal di Indonesia. Namun cara pengolahannya, sedikit dirubah menjadi citarasa Indonesia. Olahan dari mie sendiri, di Indonesia sangat beragam. Seperti mie aceh yang terkenal dan mie goreng yang akan kita bahas dibawah ini.

Cara Membuat Mie Goreng yang Lezat

Mie goreng artinya adalah mie yang cara memasaknya dengan cara digoreng. Olahan mie yang satu ini sangat digemari di Indonesia, Malaysia hingga Singapura. Mie goreng umumnya terbuat dari jenis mie kuning atau mie telur.

Namun bisa juga dibuat dari mie jenis lain, seperti bihun. Mie ini kemudian diolah dengan minyak dan ditambah bumbu dan bahan lainnya. Mie goreng bisa anda temui dimana saja. Mulai dari pedagang dipingiran jalan hinga restoran. Mie goreng ini, memiliki kesamaan dengan Yasikoba dari Jepang. Bedanya, mie goreng lebih terintegrasi ke seni kuliner Indonesia.

Contohnya yaitu, pemakaian kecap manis sebagai bahan penting mie goreng. Cara membuat mie goreng di Indonesia, lebih disesuaikan dengan masyarakat Indonesia yang kebanyakan muslim. Jadi mie goreng, biasanya tidak menggunakan daging babi maupun minyak babi.

Daging babi di mie goreng diganti dengan  menggunakan udang, daging sapi atau daging ayam. Nah bagi anda yang ingin membuat mie goreng sendiri, berikut ini adalah resep dan cara membuat mie goreng yang bisa anda ikuti:

Bahan utama

  • 1 bungkus mie telur kering
  • udang atau daging
  • 1 batang daun bawang yang sudah di iris halus
  • 3 batang daun seledri, diiris halus
  • 1 butir telur
  • Kecap manis sesuaikan selera (secukupnya)
  • Daun sawi secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bawang merah goreng

Bumbu yang dihaluskan:

  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri utuh yang disangrai
  • 14 butir merica bulat
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Mie Goreng:

  • Siapkan panci dan rebus air menggunakan api sedang saja
  • Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, masukan mie ke dalam air rebusan. Tunggu sampai mie matang dan mengapung. Kurang lebih selama 3 menitan.
  • Setelah matang kemudian angkat dan tiriskan mie
  • Siapkan 1-2 sendok makan minyak goreng. Selanjutnya lumuri dengan minyak goreng dan aduk hingga merata
  • Siapkan bahan-bahan untuk membuat bumbu halus. Seperti bawang merah, bawnag putih dll. Setelah itu haluskan, bisa diuleg atau diblender.
  • Siapkan wajan. Panaskan minyak goreng kira-kira sebanyak 2 sendok makan. Masukkan  minyak goreng dalam wajan.
  • Setelah minyak goreng panas, masukan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu ke dalam wajan, masukkan telur, kemudian aduk dan tunggu sampai matang
  • Tambahkan udang atau potongan daging ke dalam masakan. Sambil terus diaduk. Setelah beberapa saat, masukkan sawi, tumis hingga setengah layu
  • Siapkan mie yang telah matang yang direbus tadi. Bersama dengan seledri masukan ke dalam masakan anda. Setelah itu, aduk masakan mie hingga bumbu bisa meresap.
  • Setelah itu beri garam secukupnya. Jika anda suka manis, anda juga bisa menambahkan kecap manis. Untuk banyaknya, bisa disesuaikan dengan selera anda masing-masing
  • Aduk terus mie sampai mie terlihat mulai mengering dan matang

Cara Penyajian Mie Goreng

  • Letakkan mie yang sudah matang di atas piring saji yang sudah anda persiapkan
  • Tatalah semenarik dan sebagus mungkin
  • Setelah itu sajikan mie selagi hangat

Mudah bukan cara membuat mie goreng dengan resep sendiri ? Selain lebih terjamin bahan-bahan yang digunakan anda juga bisa berhemat uang belanjaan. Makan mie tidak boleh terlalu sering agar anda tak kekurangan serat.

Menambahkan beragam sayuran dalam mie goreng anda akan meningkatkan cita rasa dan meningkatkan serat dalam tubuh. Jangan menambahkan nasi ketika mengkonsumsi mie goreng agar tidak kebanyakan karbohidrat yang mampu berujung pada kegemukan. Selamat mencoba cara membuat mie goreng di atas!

By |2018-11-29T13:27:29+00:00Januari 31st, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Sadis Rasanya! Cara Membuat Mie Goreng dengan Resep yang Dijamin Super Enak

About the Author:

WhatsApp chat