Kali ini saya akan memberikan resep yaitu cara membuat milkshake oreo. Disaat cuaca yang sedang berlangsung saat ini memang tak menentu disaat siang hari paparan sinar matahari memang sangat menyengat. sehingga membuat kita sering haus. Dalam keaadaan seperti itu minuman segar seperti es sering menjadi sasaran pertama disaat dahaga melanda.

Pada sekmen kali ini yang akan kita bahas adalah cara membuat milk shake, minum   an yang tergolong minuman segar. banyak jenis dan macam milk shake, seperti milk shake strawberi, milk shake coklat , milk shake vanilla. Tapi pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah milk shake oreo dan jangan lupa baca artikel lainnya yaitu cara membuat es krim.

Cara Mebuat Milshake Coklat Oreo

Bahan dasar milk shake adalah, susu cair sesuai dengan namanya. Bahan dasar susu bisa mempergunakan susu cair segar maupun susu cair yang dijual dipasaran. Minuman ini dapat dijadikan pilihan dan alternatif disaat panas melanda dari pada sikecil atau keluarga anda minum minuman lain yang kurang baik untuk kesehatan.

Sejarah Coklat

Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman. Dulu, cokelat dipercaya menjadi salah satu bahan makanan yang hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan. Para ahli memperkirakan bahwa pohon kakao sebagai bahan utama pembuatan cokelat mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara hingga ke Amerika Tengah dan juga hingga Meksiko.

Dokumentasi paling awal mengenai cokelat pertama muncul di situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras pada 1100-1400 SM (Sebelum Masehi). Dari penemuan ini, banyak yang menduga bahwa biji kakao tidak hanya digunakan sebagai minuman tetapi juga sebagai gula alami untuk minuman beralkohol dan obat. Pada tahun 450 – 500 SM, Suku Maya telah mengenal teknik mengolah biji kakao agar mendapatkan rasa yang lebih bersahabat di lidah. Biji kakao diolah dengan cara dipanggang hingga difermentasi agar mendapatkan rasa yang lebih bersahabat.

Karena bahan utamanya terbuat dari susu tentu saja minuman ini sangat baik untuk kesehatan apalagi disajikan disaat cuaca panas dan disaat haus melanda, hmmm gak kebanyang enaknya, segarnya susu dan gurihnya biskuit oreo, yang sebelumnya kita ketahui biskui ini memang enak dimakan langsung,

Memang sudah banyak sekali pedagang milk shake tetapi tidak ada salahnya juga jika kita membuatnya sendiri dirumah untuk lebih menghemat pengeluaran juga sangat cepat apabila kita kapanpun kita menginginkan minuman segar dan sehat ini. Segera kita lihat langsung yuk bagaimana proses membuatnya dibawah ini.

Bahan bahan cara membuat milk shake oreo

  • 5 biskuit oreo

  • 2 scoops (sendok besar) vanilla ice cream

  • 2 sdm susu kental manis putih

  • 2 cangkir susu segar atau susu UHT kotak

  • 4 buah es batu

Bahan bahan pelengkap dalam Cara Membuat Milkshake Oreo

  • whipped cream (optional)

  • Sirup coklat

  • Astor

  • Oreo coklat potong potong kecil

Cara membuat milkshake oreo

  1. Langkah pertama dala membuat Cara Membuat Milkshake Oreo siapkan blender masukkan susu cair, es krim, biskuit oreo, susu kental manis dan juga es batu

  2. Mix semua bahan sampai biskuit dan es batu hancur dan tercampur rata

  3. Siapkan gelas saji, kemudian tuangkan

  4. Setelah itu beri wiped cream diatasnya siram dengan sirup coklat dan taburan biskuit oreo yang telah dipotong potong kecil serta astor sebagai pelengkapnya

  5. Milk shake siap dihidangkan kan dan dinikmati.

Minuman segar dan bergizi pastinya sangat cocok disajikan dan segera di praktekkan untuk para anggota keluarga. Resep ini juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis untuk anda yang sedang memulai bisnis kuliner untuk tambahan menu diwarung anda. Selamat mencoba semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Manfaat Susu Buat Kesehatan Manusia

1. Sumber Kalsium dan Protein

Beberapa produk susu mengandung kalsium dan protein dengan tingkat tinggi, lebih dari kebutuhan harian yang terhadap zat ini. Bahkan produk olahan susu yang rendah lemak, seperti manfaat yogurt atau keju rendah lemak. Hanya secangkir  yogurt plain tanpa lemak misalnya, memberikan sepertiga dari asupan kalsium harian yang disarankan dari 17% estimasi asupan protein harian.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Kalsium di dalam susu merupakan zat yang paling penting untuk kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, namun demikian juga pada orang dewasa sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko osteoporosis.

Harap diperhatikan saat membeli susu, pilihlah susu dengan tambahan vitamin D di dalamnya untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.  Kalsium ini juga membantu menjaga gigi tumbuh dengan sehat dan mencegahnya berlubang.

3. Memperbaiki Tekanan Darah

Penelitian yang dilakukan di Spanyol pada lebih dari 5.000 orang dewasa, pada mereka yang dilaporkan mengkonsumsi susu rendah lemak, 54% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama periode dua tahun.

4. Menjaga Berat Badan

Banyak orang yang meninggalkan susu pada program dietnya. Padahal penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, dapat menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengkonsumsi susu. Susu  dapat menjadi camilan sehat dengan menambahkan potongan manfaat buah-buahan ke dalam segelas susu untuk makan malam.

5. Mengurangi Stress

Minum susu di akhir hari adalah salah satu cara yang baik, setelah penat seharian beraktivitas. Segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf.  Jika mungkin anda tidak bisa mendapatkan manfaat kopi karena tidak menyukainya, susu hangat dapat menggantikannya.

6. Meningkatkan Energi Saat PMS

Susu baik dikonsumsi saat masa-masa PMS para wanita untuk meningkatkan energi. Wanita yang lebih banyak mendapatkan kalsium dan vitamin D sepanjang bulan dengan minum susu skim atau susu rendah lemak memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan PMS, menurut sebuah studi dari University of Massachusetts di Amherst.

7. Mempengaruhi Kesuburan Untuk Mendapatkan Anak

Sedang melakukan program untuk memiliki bayi?? Tambahkan susu ke dalam menu makanan sehari-hari. Pada sebuah penelitian di universitas Harvard menemukan, wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak sekitar 25%, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit meminum susu dalam seminggu.

Susu tidak hanya berguna untuk pemenuhan kebutuhan gizi untuk tubuh, namun kandungan zat didalam susu ini dapat memberi manfaat lain di luar masalah kesehatan, seperti berikut :

8. Menghilangkan Noda Pakaian

Susu ternyata ampuh untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian, karena sejumlah kandungan enzim di dalamnya. Pisahkan baju yang terkena noda, kemudian bagian baju yang terkena noda tinta, dicelupkan dulu pada susu sebelum di cuci.

9. Menjadi Kondisioner Rambut

Susu berguna untuk perawatan rambut alami, yang berasal dari banyaknya kandungan enzim pada susu  dan juga protein nabati yang menjadikan susu sebagai kondisioner. Tuangkan 1/8 cangkir susu pada rambut setelah keramas, lalu bilas air dengan rambut sampai bersih.

10. Menutup Retakan Porselen

Peralatan porselen kesayangan dirumah bisa saja mengalami keretakan, dan kemudian tidak terpakai bahkan sampai dibuang. Jangan langsung membuang dulu porselen yang retak ini, karena susu dapat membantu merekatkan polselen retak kembali. Caranya : rendam porselen di dalam susu, kemudian panaskan hingga hangat. Setelah itu, matikan api dan tunggu selama semalam. Protein casein di dalam kamdungan susu, mampu menutupi retakan porselen.

Kandungan Gizi dalam Susu

Kandungan Gizi
Air susu ibu
Ensure
Susu
Susu bubuk

Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 42
Jumlah Lemak 1 g
Lemak jenuh 0,6 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,3 g
Kolesterol 5 mg
Natrium 44 mg
Kalium 150 mg
Jumlah Karbohidrat 5 g
Serat pangan 0 g
Gula 5 g
Protein 3,4 g
Vitamin A 47 IU Vitamin C 0 mg
Kalsium 125 mg Zat besi 0 mg
Vitamin D 1 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0,5 µg Magnesium 11 mg

Cara Membuat Milkshake Manggo Oreo

Nikmati segarnya buah mangga yang berpadu dengan lembutnya es krim dan campuran biskuit Oreo mampu menyegarkan waktu bersantai. Berikkut bahan yang diperlukan dan cara membuatnya simak baik-baik ya borr supaya pas nanti dicoba hasilnya memuaskan.

Bahan-Bahan Milkshake Manggo Oreo :

10 keping biskuit Oreo yang sudah dibersihkan lapisan krim vanillanya.

8 sendok makan atau 5 skup es krim citarasa vanilla.

1 buah mangga harum manis berukuran sedang.

Es batu secukupnya.

 

Cara Membuat Milkshake Manggo Oreo :

  • Blender buah mangga yang telah dipotong dadu.
  • Masukan es krim vanilla dan es batu ke dalam blender.
  • Masukan biskuit Oreo yang telah dihancurkan hingga semua bahan merata dan lembut.
  • Tuang ke dalam gelas saji dan tambahkan whipped cream diatasnya.

Mafaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Diabetes

Buah mangga memiliki kandungan glikemik yang tergolong rendah, sehingga mengkonsumsi buah mangga dalam jumlah banyak tidak akan meningkatkan kadar gula. sehingga tidak akan membahayakan penderita diabetes.

2. Mencegah Degenerasi Macula

Khasiat mangga untuk mencegah degenerasi macula didukung oleh kandungan anti oksidan zeaxanthin yang mampu menurunkan kerusakan tubuh akibat degenerasi tersebut. Tentunya Anda akan jauh lebih sehat dengan mengonsumsi buah ini.

2. Pencegahan Degenerasi Makula

Di dalam buah mangga memiliki kandungan Zat antioksidan zeaxanthin, zat ini diperkirakan memainkan peran protektif dalam kesehatan mata dan mungkin menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Mengkonsumsi buah mangga secara teratur telah terbukti menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi buah mangga secara teratur dipercaya mampu membantu menangkal penyakit jantung. hal ini dikarenakan didalam buah mangga mengandung Serat, kalium dan vitamin. perpaduan senyawa yang baik ini sangat bermanfaat untuk menyehatkan organ jantung Anda.

4. Pencegahan Kanker

Buah mangga juga mengandung beberapa senyawa seperti antioksidan, quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah. Senyawa tersebut dipercaya mampu melindungi organ tubuh Anda yang berpotensi mengidap penyakit kanker, seperti payudara dan usus besar.

5. Menyehatkan Tulang

Di dalam buah mangga juga mengandung vitamin K dan kalsium yang cukup tinggi, Kandungan vitamin K dalam buah ini berguna untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi buah mangga secara teratur mampu membantu dalam meningkatkan penyerapan kalsium dengan optimal sehingga membantu peningkatan resiko terjadinya patah tulang.

6. Melancarkan Pencernaan

Salah satu kandungan senyawa yang ada pada buah mangga adalah serat. serat ini berperan untuk melancarkan pencernaan adalah serat. Buah ini akan membantu Anda memiliki pencernaan yang lebih baik dan juga sehat tentunya agar senantiasa terhindar dari penyakit pencernaan.

7. Obat Anemia

Selain serat, kandungan senyawa lain yang ada dala buah mangga adalah zat besi. zat besi ini menjadi solusi alami bagi orang yang menderita anemia. mengonsumsi buah ini setiap hari, Anda bisa mengobati penyakit anemia dengan cara yang lebih alami. Selain itu, mangga juga baik untuk wanita menopause atau sedang hamil, karena mangga akan meningkatkan kadar zat besi mereka dan kalsium pada waktu yang sama.

8. Mengontrol kadar kolesterol

Kandungan vitamin C dan juga serat yang tinggi pada mangga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol jahat adalah penyebab utama dari timbulnya beberapa penyakit kronis. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsilah mangga dengan lebih teratur.

8. Menjaga Kadar Kolesterol

Buah mangga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, pektin dan serat yang dipercaya akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar merupakan sumber yang kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

9. Menyehatkan Mata

Buah mangga ini juga kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk menyehatkan mata dan membuat penglihatan Anda lebih jelas serta tajam. Buah ini juga sangat cocok bagi Anda penderita mata minus.

10. Mencegah Asma

Banyak orang yang masih tidak tahu jika buah mangga dapat mencegah asma. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan beta karoten yang tak kalah tinggi dari sayuran. Beta karoten adalah senyawa yang berkhasiat untuk mencegah penyakit asma.

Kandungan Gizi Buah Mangga

Kandungan Gizi
Mangga
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 59
Jumlah Lemak 0,4 g
Lemak jenuh 0,1 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 168 mg
Jumlah Karbohidrat 15 g
Serat pangan 1,6 g
Gula 14 g
Protein 0,8 g
Vitamin A 1.082 IU Vitamin C 36,4 mg
Kalsium 11 mg Zat besi 0,2 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 10 mg

Peluang Usaha Milkshake

Invetsasi

Peralatan

 Harga 
 Etalase/gerobak  Rp. 1,157,000
 Wadah  Rp. 80,000
 Mesin blender  Rp. 265,000
 Panci  Rp. 78,000
 Gelas  Rp. 115,000
 Sendok  Rp. 90,000
 Kompor dan tabung gas  Rp. 235,000
 Meja  Rp. 117,500
 Kursi  Rp. 94,000
 Timba  Rp. 52,000
 Pisau  Rp. 35,500
 Nampan  Rp. 65,000
 Serbet  Rp. 33,000
 Peralatan tambahan lain  Rp. 63,500
 Jumlah Investasi  Rp. 2,480,500

Biaya Operasional per Bulan

 Biaya Tetap

 Nilai
 Penyusutan etalase/gerobak 1/54 x Rp. 1,157,000  Rp. 21,426
 Penyusutan wadah 1/42 x Rp. 80,000  Rp. 1,905
 Penyusutan mesin blender 1/48 x Rp. 265,000  Rp. 5,521
 Penyusutan panci 1/48 x Rp. 78,000  Rp. 1,625
 Penyusutan gelas 1/42 x Rp. 115,000  Rp. 2,738
 Penyuustan sendok 1/42 x Rp. 90,000  Rp. 2,143
 Penyusutan kompor dan tabung gas 1/42 x Rp. 235,000  Rp. 5,595
 Penyusutan meja 1/48 x Rp. 117,500  Rp. 2,448
 Penyusutan kursi 1/48 x Rp. 94,000  Rp. 1,958
 Penyusutan timba 1/36 x Rp. 52,000  Rp. 1,444
 Penyusutan pisau 1/36 x Rp. 35,500  Rp. 986
 Penyusutan nampan 1/36 x Rp. 65,000  Rp. 1,806
 Penyusutan serbet 1/30 x Rp. 33,000  Rp. 1,100
 Penyusutan peralatan tambahan lain 1/36 x Rp. 63,500  Rp. 1,764
 Gaji karyawan  Rp. 800,000

 Total Biaya Tetap

 Rp. 852,459

Biaya Variabel

 Susu cair coklat  Rp. 20,000  x 30  =  Rp. 600,000
 Sirup coklat  Rp. 17,000  x 30  =  Rp. 510,000
 Vanila esense  Rp. 14,500  x 30  =  Rp. 435,000
 Es krim coklat  Rp. 25,000  x 30  =  Rp. 750,000
 Cup  Rp. 10,000  x 30  =  Rp. 300,000
 Sendotan  Rp. 5,000  x 30  =  Rp. 150,000
 Biaya sewa tempat  Rp. 13,000  x 30  =  Rp. 390,000
 Biaya air dan listrik  Rp. 14,000  x 30  =  Rp. 420,000

 Total Biaya Variabel

 Rp. 3,555,000

Total Biaya Operasional

 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 4,355,000

Pendapatan per Bulan

28  Porsi  x  Rp. 7,000  =  Rp. 196,000
196,000  x 30  hr  =  Rp. 5,880,000

Keuntungan per Bulan

 Laba    =  Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp. 5,880,000  –  4,355,000  =  Rp. 1,525,000

Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan  =  Rp. 2,480,500  : 1,525,000  = 2  bln

Itulah tadi beberapa resep yang saya bagikan kali ini semoga bermanfaat ya boor jangan lupa buat di coba dirumah bersama keluargamu yaa da jangan lupa baca artikel laiannya yaitu cara membuat cheese tea yang enak dan lembut rasanya. Terima Kasih