Cara Membuat Minyak Kelapa yang Alami dan Sehat

Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa yang Alami dan Sehat

Cara Membuat Minyak Kelapa Alami dan juga Sehat

Kelapa merupakan tumbuhan asli daerah tropis, yakni daerah yang terletak di sepanjang garis khatulistiwa. Di daerah-daerah tersebut, tanaman kelapa banyak dan di budidayakan oleh sebagian besar petani. Di wilayah Indonesia, tanaman kelapa dapat ditemukan hampir di seluruh provinsi, dari daerah pantai yang datar sampai ke daerah pegunungan yang agak tinggi. Tanaman kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Tidak hanya buahnya, tetapi seluruh bagian tanaman. Kelapa bisa dibuat berbagai macam olahan salah satunya minyak kelapa.

Minyak goreng kelapa atau biasa kita sebut dengan minyak kelapa memang menjadi salah satu kebutuhan kita sehari-hari, karena kegunaannya yang sangat diperlukan untuk memasak. Selain itu, minyak goreng kelapa ini juga bisa dijadikan sebagai obat. Nah, bagaimana pun juga minyak goreng kelapa ini ternyata bisa Anda buat sendiri di rumah, hanya dengan menggunakan beberapa peralatan saja dan tentunya kelapa yang masih fresh. Selain dapat menghemat biaya dengan membuat minyak goreng kelapa Anda di rumah, Anda juga tidak akan merasa khawatir, karena kualitas dan kebersihannya sudah pasti terjamin, dan tentunya tanpa menggunakan pewarna, perasa, atau pengawet buatan di dalam minyak goreng kelapa buatan Anda.

Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa yang Alami dan Sehat

Berkat fleksibilitas, rasa yang murni, dan banyak manfaatnya, minyak goreng kelapa atau minyak kelapa telah menjadi bahan yang wajib dimiliki oleh setiap chef di dunia. Di Indonesia sendiri, minyak goreng kelapa sering kita jadikan sebagai bahan untuk memasak, jadi sudah merupakan hal yang wajar. Disamping itu, daging buah kelapa dapat diolah menjadi minyak untuk menggoreng, kopra, minuman segar, dan sebagainya yang semuanya itu bermanfaat dan dapat laku dijual. Tempurung kelapa yang tampaknya tidak berguna dapat diolah menjadi arang yang merupakan bahan dasar arang aktif yang bermanfaat untuk berbagai bidang. Air kelapa sangat segar diminum. Namun kalau sudah berlebihan akan terbuang. Saat ini, telah dikembangkan pengolahan air kelapa menjadi berbagai produk, misalnya: kecap, cuka, nata de coco dan sebagainya.

Selain itu, kandungan vitaminnya yang tinggi juga dipercaya dapat menjadi obat alternatif bagi kesehatan kita, bisa digunakan untuk perawatan kulit, rambut, menjaga kesehatan hati, tulang, dan masih banyak lainnya. Minyak kelapa diekstrak dari daging kelapa matang yang telah dipanen dari pohon kelapa. Minyak kelapa ini memiliki kandungan lemak jenuh yang baik bagi kesehatan tubuh kita, yang mana bisa dengan cepat diserap oleh tubuh kita untuk memberikan dorongan energi secara alami dan tidak disimpan sebagai lemak.

 

Selain itu, Oleh karena itu, pada artikel ini akan kita bahas bagaimana cara membuat minyak kelapa goreng yang alami dan sehat.

Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa yang Alami dan Sehat

  1. Persiapan

Siapkan 1-3 buah kelapa yang cukup tua, karena kelapa yang masih muda kadar lemaknya sedikit, sedangkan yang terlalu tua mutu minyaknya rendah karena kadar asam lemak bebas tinggi. Pilih kelapa yang berkualitas agar hasilnya juga berkualitas, dan pastikan kelapa itu yang matang dan masih fresh. Anda bisa menggunakan beberapa kelapa yang berukuran sedang atau besar.

  1. Pengupasan dan Pencukilan

Kelapa dibuang sabutnya, dipecah, dibuang airnya, kemudian kupas kulitnya menggunakan mesin pengupas sabut kelapa agar mendapatkan kupasan buah dengan cepat dan menghasilkan jumlah yang banyak, kemudian pisahkan daging buah dari batoknya dengan cara dicungkil, agar mempermudah prosesnya, Anda bisa menggunakan mesin pencungkil kelapa. Lalu cuci kelapa itu sampai bersih.

  1. Pemarutan

Kelapa yang telah dicungkil, setelah itu kelapa baru bisa diparut dengan tangan atau menggunakan mesin parut kelapa.

Yang perlu diperhatikan dalam proses pemarutan kelapa adalah sebisa mungkin hindarkan dari logam-logam seperti besi, atau tembaga.

  1. Ekstraksi/pemerasan

Untuk bisa mendapatkan kadar minyak dari kelapa tersebut bisa dengan menggunakan cara ekstraksi atau pemerasan. Ekstraksi minyak adalah suatu cara untuk mendapatkan minyak atau lemak dari bahan yang mengandung minyak atau lemak. Pembuatan minyak kelapa sendiri bisa dilakukan dengan dua cara: basah dan kering, tapi biasanya dilakukan secara basah karena lebih muda. Pembuatan minyak kelapa secara basah dari bahan daging buah kelapa segar dilakukan dengan menambahkan air ke dalam daging buah kelapa segar yang telah dihancurkan dengan mesin pemarut kelapa, disertai dengan bantuan tekanan atau pemerasan menggunakan mesin pemeras santan sampai diperoleh santannya. Jumlah air yang ditambahkan berkisar antara 150 sampai 250 persen dari berat daging buah kelapa segar yang diolah.

  1. Pemisahan Krim Santan (Kanil)

Santan yang sudah diperas diendapkan beberapa saat, atau juga bisa dipanaskan sampai hangat agar krim santan dapat memisah dari skim atau cairan bening. Bagian atas disebut dengan santan kepala (krim) dan di bagian bawah disebut dengan air santai (skim, berwarna jernih). Kemudian air santan dipisahkan dari santan kepala dengan cara menghisap air santan tersebut dengan menggunakan selang plastik dan karet penghisap. Selanjutnya krim dipisahkan dan dimasukkan dalam wadah terpisah, bisa juga dengan menggunakan wajan.

  1. Pemanasan Krim Santan

Krim santan (kanil) yang sudah jadi dipanaskan dalam wadah terbuka selama kurang lebih 3 sampai 4 jam. Selama pemasakan atau pemanasan itu, air santan akan menguap dan protein akan menggumpal menjadi blondo.

  1. Pemisahan Blondo

Minyak yang sudah berubah menjadi warna kuning bisa dipisahkan dari blondo (protein) dengan menggunakan kain saring dan di press secara manual (hand press), atau jika ingin lebih mudah dan cepat bisa dengna menggunakan mesin press santan. Minyak yang diperoleh lalu dipanaskan kembali pada suhu 100°C sampai 105°C untuk dapat menguapkan sebagian air yang masih terdapat dalam minyak.

Sebetulnya masih banyak cara lain dalam membuat minyak kelapa sendiri. Akan tetapi metode diatas merupakan cara yang cukup mudah dan lebih sering digunakan oleh banyak orang. Jika Anda penasaran dan ingin mencoba, dianjurkan untuk membuat minyak kelapa goreng dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu, setidaknya untuk pertama kalinya. Dibanding dengan sebagian besar minyak kelapa buatan pabrik dan yang dibeli di toko, minyak kelapa buatan sendiri akan lebih baik, dan yang pasti lebih murah dan murni, tanpa bahan kimia dan pengawet.

Jadi, itulah beberapa langkah dalam membuat minyak kelapa goreng yang alami dan sehat. Tentunya semua itu butuh proses yang tidak cepat, namun kualitas dan kebersihannya bisa terjamin, dan Anda pun bisa menghemat biaya. Selamat mencoba dan selamat bereksperimen dengan minyak kelapa buatan Anda sendiri. Terima kasih

Baca Juga: Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Metode Pengasaman

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •