Cara Membuat Pelet Tenggelam, Praktis dan Mudah!

cara membuat pelet tenggelam

Cara Membuat Pelet Tenggelam – Biaya kebutuhan untuk pakan mencapai sekitar 60%. Padahal  harganya makin meninggi dan makin tidak terjangkau oleh peternak. Membuat pakan ikan ini menjadi biaya penyedia pakan yang lebih murah, kandungan nutrisi dapat disesuaikan dengan kebutuhan ikan. Pakan dengan kandungan protein, lemak, dan mineral yang sesuai dapat membantu pertumbuhan ikan.

Peternak ikan dapat memanfaatkan beraneka bahan contohnya kotoran sapi, tepung ikan, dedak, dan bungkil kedelai. Artikel ini membantu untuk kita mempelajari bagaimana cara membuat pakan ikan sendiri agar lebih menghemat biaya perawatan ikan dan dapat menambah peluang bisnis baru untuk menjual pelet ikan ini. Dengan bahannya yang murah dan cara pembuatannya yang mudah membuat orang awam menjadi lebih paham cara membuatnya.

Apa Itu Pelet Ikan Sinking?

cara membuat pelet tenggelam

Seringkali kita jumpai pelet ikan, yaitu pelet ikan terapung atau pelet ikan floating. Kali ini kita akan membahas apa itu pelet ikan tenggelam atau pelet ikan sinking. Pelet sinking ini merupakan pelet ikan yang dapat tenggelam di bawah air dan biasanya di pakai pada beberapa sistem perikanan tertentu. Tidak semua sistem perikanan ini dapat memakai pelet ini.

Kadar air yang di miliki pelet tenggelam ini juga tergolong tinggi daripada pelet ikan terapung atau pelet ikan floating. Dari kadar air yang tinggi itulah membuat pelet ini langsung bisa tenggelam di bawah permukaan air. Bentuk dari pelet ini juga tidak berbeda dengan makanan ikan lainnya. Hanya beda kandungan air, hal ini di sebabkan agar lebih mudah tenggelam.

Perbedaan Pelet Ikan Sinking dan Floating

Kedua pelet ikan ini merupakan pakan ikan yang sangat cocok dipakai untuk budidaya perikanan, alasannya karena pelet ikan ini sangat membantu para ternak ikan agar lebih praktis dan tidak lama untuk panen ikan. Selain kandungannya yang sudah di hitung oleh ahli, pelet ikan ini juga lebih gampang untuk cara pemakaiannya.

Untuk perbedaan kedua pelet ini yang mudah adalah dari berat bersih pada kemasannya. Kedua pelet ini memiliki berat bersih yang beda. Pelet terapung atau pelet floating memiliki berat bersih 30kg untuk per karungnya. Jika  pelet sinking ini memiliki berat bersih 50kg untuk per karungnya.

Harga dari kedua pelet ini juga bisa di bilang sangat berbeda, pelet terapung memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang pelet tenggelam. Bentuk dan ukuran dari pelet terapung juga memiliki banyak variasi, ada yang serbuk dan juga butiran. Protein yang di kandung pelet terapung juga lebih tinggi daripada pelet tenggelam. Hal-hal tersebut yang membuat kedua pelet ini memiliki perbedaan pada harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Pelet Ikan Tenggelam

cara membuat pelet tenggelam

Masing-masing pakan ikan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Begitu juga pelet ikan tenggelam ini pasti memiliki kelebihan yang membantu para peternak ikan dan kekurangan yang membuat rugi para peternak ikan. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari pelet ikan sinking:

1. Kelebihan Pelet Ikan Tenggelam

  • Pelet ini memiliki harga yang lebih murah dan terjangkau katimbang pelet terapung.
  • Menghasilkan berat ikan yang lebih tinggi
  • Ruang untuk menyimpan lebih memakan sedikit ruang.

2. Kekurangan Pelet Ikan Tenggelam

  • Mudah hancur saat ada pada dalam air, yang membuat perataan makan ikan menjadi tidak efektif.
  • Dapat menyebabkan lingkungan menjadi tercemar dan membuat kualitas air menjadi semakin turun.
  • Jika pemberian pakan tidak merata, ukuran ikan menjadi berbeda karena pakan yang ini masih memiliki zat antinutrisi yang menyebabkan kualitas menurun.
  • FCR (Feed Convertion Ratio) lebih kurang daripada pelet terapung.

Cara Memberi Pakan Tenggelam yang Benar

cara membuat pelet tenggelam

Meskipun memiliki banyak kekurangan ketimbang pelet terapung. Para peternak ikan tidak habis ide untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya para peternak akan melakukan cara menggunakan pakan terapung untuk awalan seperti ikan yang berukuran kecil, selanjutnya pada saat 5 bulan menjelang panen ikan para peternak akan menggunakan pakan tenggelam.

Kedua hal tersebut dapat menghasilkan keuntungan bagi para peternak. Alasan peternak memberi pakan terapung terlebih dahulu ketimbang pakan tenggelam adalah agar ikan-ikan kecil tumbuh dengan ukuran yang sama. Lalu di beri pakan tenggelam pada waktu akan panen, manfaatnya adalah agar ikan memiliki berat yang besar. Kedua cara tersebut membuat kualitas ikan yang sangat layak untuk di jual.

Kualitas ikan yang bagus membuat peternak sangat untung. Karena hanya dengan dua pelet, membuat berat dan ukuran ikan menjadi sangat tinggi. Hal tersebut dapat menambah jumlah harga yang tinggi daripada peternak yang memakai salah satu jenis pelet ikan saja.

Cara Membuat Pelet Ikan Tenggelam

Membuat pelet ikan sebenarnya sedikit susah dan mudah. Tetapi untuk para peternak ikan agar mengurangi pengeluaran biaya pakan ikan biasanya lebih memilih membuat sendiri. Selain bahan kandungan yang pasti sudah jelas, biaya yang di keluarkan lebih sedikit daripada peternak membeli pakan ikan. Berikut merupakan cara untuk membuatnya:

1. Alat dan bahan yang diperlukan

  • Tepung ikan
  • Tepung jagung
  • Dedak
  • Ampas tahu
  • Tepung tapioka
  • Mineral
  • EM4
  • Mesin pencetak pelet ikan

2. Cara pembuatan

  1. Menimbang bahan-bahan sesuai takaran yang di butuhkan. 25% untuk tepung ikan dan ampas tahu, 30% untuk untuk dedak, 10% untuk tepung jagung dan tepung tapioka, 1% untuk mineral.
  2. Jika sudah sesuai takaran. Campurkan semua bahan menjadi satu.
  3. Agar mudah menjadi adonan, tambahkan air secukupnya yang kira-kira membuat adonan menjadi gumpalan.
  4. Setelah tercampur, masukkan adonan kedalam mesin pencetak pelet ikan.
  5. Pastikan semua adonan sudah tercetak. Tahap selanjutnya adalah mengeringkan pelet di bawah sinar matahari supaya cepat kering.
  6. Pastikan pelet sudah mengering dan tidak lembek.
  7. Kemas pelet pada kemasan yang kedap udara.

Proses Pembuatan Pelet Ikan Tenggelam

cara membuat pelet tenggelam

Jika proses pembuatan pelet sinking atau pelet tenggelam ini dapat di katakan lebih mudah, membuat harga jualnya lebih murah ketimbang pelet terapung. Tapi perlu di perhatikan, meskipun harga dari pelet tergolong lebih murah. Bisa saja membuat kerugian terhadap peternak ikan, karena zat antinutrium yang masih aktif dapat menyebabkan kualitas ikan yang menurun.

Cara pembuatannya juga tergolong lebih cepat ketimbang pembuatan pelet ikan apung. Dari cara pembuatan itulah yang memberi nilai FCR pelet tenggelam lebih rendah. Pelet apung menggunakan penekanan yang sangat tinggi sehingga menghilangkan zat antinutrium.

Dapat kita lihat saat memberi pakan dengan pelet terapung, hasil ikan yang akan tumbuh pasti ukurannya sama tapi membuat berat menjadi lebih kecil ketimbang ikan yang di beri pakan pelet tenggelam.

Meskipun ikan yang di beri pakan pelet tenggelam lebih kecil ukurannya, saat di timbang beratnya akan lebih besar. Menjadikan harga dan kualitas ikan semakin tinggi, dan membuat peternak semakin untung. Simak penjelasan lebih rincinya pada artikel Perbedaan Pelet Sinking dan Floating.

Peluang Bisnis Pelet Ikan Tenggelam

Dari banyaknya pengusaha yang memulai bisnis ternak ikan, tingkat biaya kebutuhan terhadap pakan ternak juga semakin meninggi. Hal tersebut disebabkan makanan merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi semua makhluk hidup. Pakan ikan yang berkualitas bisa meningkatkan gizi dari ternak ikan kita.

Oleh karena itu, supaya dapat menghasilkan ikan yang bagus makan pakan ikannya juga diperhatikan. Mulai dari kandungan dan bahan yang digunakan sampai gizi yang terdapat di dalam pakan ikan tersebut. Jika tidak ingin susah, harus memproduksi makanan ikan sendiri, dapat di beli pada toko-toko pakan ikan yang sudah terjamin.

Akan tetapi, kita harus hati-hati dalam menghitung pengeluaran untuk pakan ikan ternak. Karena dalam usaha ternak ikan, pakan ternaklah yang membutuhkan pengeluaran terbanyak. Oleh sebab itu, beberapa peternak lebih memilih untuk membuat pakan sendiri untuk ternak mereka. Di samping lebih rendah harganya, bisa disesuaikan untuk kebutuhan ikan.

Peternak yang sudah memiliki branding besar, jika membuat produk baru yaitu pelet ikan. Biasanya akan menambah keuntungan dari peternak tersebut. Karena orang-orang sudah mengetahui bahwa kualitas pakan yang di hasilkan sudah terjamin memenuhi kandungan gizi pada ikan dan tentunya hasil ikan yang di dapat pasti kualitasnya bagus seperti ikan yang di miliki peternak tersebut.

Penutup

Dari artikel Cara Membuat Pelet Tenggelam di atas membuat kita mengetahui lebih dalam mengenai apa itu pelet ikan yang tenggelam. Meskipun pelet ini memiliki banyak kekurangan, kita dapat mengakali dengan mengikuti cara para ahli ternak ikan memberi pakan ikan yang baik dan benar sehingga membuat kualitas ikan menjadi besar dan berat. Lalu bagaimana cara kita mengetahui prioritas yang akan di capai saat memelihara ikan, mulai dari komposisi pelet yang ada dan juga kandungan yang di butuhkan untuk ternak ikan.

Setelah membaca artikel ini juga kita dapat menambah peluang bisnis yang baru. Bayangkan jika kita sudah menjadi peternak ikan, lalu menambah keuntungan dengan menjual pelet ikan. Branding kita dalam dunia perikanan akan semakin meningkat.

Terima kasih sudah mempelajari dunia perikanan lewat artikel ini. Semoga dapat membantu mengarahkan orang yang masih bingung mulai dari mana, kebutuhan yang di perlukan, dan cara mengatasinya.

Kualitas Mesin Pembuat Pelet Ikan Terbaik

Mesin pembuat pelet yang akan di gunakan juga harus memiliki kualitas terbaik. Jika kandungan dan mesin yang di pakai memiliki kualitas bagus, pastinya pelet yang akan di hasilkan menjadi sangat bagus. Mesin pembuat pelet berkualitas bagus tentunya di jual oleh Rumah Mesin.

Dalam Rumah Mesin terdapat mesin pelet ikan yang lengkap, yaitu mesin pencampur pelet, mesin pencetak pelet, mesin pengukus adonan pelet, mesin penyortir pelet. Mesin pencetak peletnya juga lengkap dengan dua tipe (Vertikal dan Horizontal).

Tetapi yang paling di butuhkan atau yang menjadi prioritas utama adalah mesin pencetak pelet. Agar hasil pelet menjadi rapi dan sesuai, tentunya prosesnya juga cepat. Dapat memudahkan kita untuk menyingkat waktu.

Rumah Mesin merupakan perusahaan pembuat mesin yang sudah memiliki branding terbaik. Kualitas mesin yang di hasilkan juga tidak ada yang tidak bagus. Dapat kita lihat dan buktikan pada website Rumah Mesin. Dalam website Rumah Mesin sudah tersedia kategori testimoni, kita dapat melihat testimoni yang diberikan oleh pelanggan mesin lainnya.

Rumah Mesin juga sudah memiliki branding yang kuat pada beberapa lembaga dan instansi. Jadi, sudah tidak dapat di ragukan lagi kualitas dan kepercayaanya.

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :