Pisang coklat adalah salah satu makanan yang banyak di gemari dan dicari – cari kapanpun dan dimanapun. Pisang coklat tergolong makanan ringan dengan nilai gizi tinggi yang di dapat dari bahan – bahan yang digunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan gizi cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Saat ini pisang tidak hanya dimakan begitu saja loh, tetapi pisang saat ini sudah banyak dikreasikan menjadi berbagai menu olahan makanan yang enak dan menyehatkan, salah satunya adalah pisang coklat. Sesuai dengan namanya bahwa pisang coklat merupakan olahan berbahan dasar pisang yang dibalut dengan kulit krispi goreng dan terdapat coklat diatasnya ataupun di dalamnya.

1. Cara Membuat Pisang Coklat Lumer

Ada juga yang menambahkan toping berupa parutan keju. Pisang coklat sangat cocok dinikmati saat santai bersama keluarga dan teman baik di rumah, di tempat kerja, ataupun di sekolah. Makanan satu ini mampu merebut hati para penggemar makanan di berbagai kalangan mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Citarasa yang  begitu amat manis dengan coklat lumer di dalamnya serta balutan kulit yang krispi membuat pisang coklat cukup diminati. Membuat atau mendapatkan pisang coklat tidaklah susah karena saat ini sudah banyak sekali pedagang jajanan pasar ataupun di warung yang menyediakan pisang coklat. Bagaimana ? Apakah anda sangat tertarik untuk mencoba membuat pisang coklat lumer yang lezat ?

Walaupun saat ini sudah banyak yang menjual pisang coklat, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat sendiri dirumah. Cara membuat pisang coklat lumer yang enak akan dibahas secara lengkap mulai dari bahan yang digunakan hinggaa langkah pembuatannya di bawah ini.

Jenis Pisang Yang Cocok Digoreng :

Untuk cara membuat pisang coklat, tentu kita membutuhkan jenis pisang yang cocok digoreng. Oke guys tidak semua jenis pisang yang kalian buat itu enak ketika kita menggorengnya. Kita perlu memilih pisang yang setelah digoreng, teksturnya masih pas. Oleh karena itu, pilih pisang yang memiliki tekstur yang padat dan agak keras saat belum digoreng.

  1. Pisang Kepok

Pisang kepok salah satu pisang yang paling umum diminati diolah menjadi pisang goreng. Ukurannya yang besar dan bentuknya melebar agak gemuk, menjadikan pisang ini favorit dijadikan pisang goreng.

Pisang Kepok pun mempunyai resep netral dengan sedikit creamy. Ketika digoreng, tekstur dari pisang kepok juga stabil. Bahkan, setelah digoreng sekalipun, teksturnya masih tetap padat, bentuknya pun masih tetap.

  1. Pisang Uli.

Pisang selanjutnya adalah pisang uli, berukuran sedang, nggak kebesaran ataupun kekecilan. Aroma dari pisang ini sedap dan memiliki sedikit bau yang manis. Walaupun pisang ini bisa juga dimakan langsung, pisang uli juga cocok dijadikan pisang goreng karena dagingnya cukup padat.

  1. Pisang Nangka.

Pisang nangka juga merupakan pisang yang banyak diolah menjadi pisang goreng. Aromanya cukup manis, mirip seperti bau nangka. Warna pisang ini pun menarik, kuning cerah, sehingga ketika digigit, warnanya terlihat bagus.

  1. Pisang Tanduk.

Pisang tanduk ini juga enak dijadikan pisang goreng. Ukurannya besar dan panjang, sehingga, kalau kita mau menggorengnya, sebaiknya dipotong-potong dulu. Pisang tanduk memiliki rasa yang agak asam, tetapi akan manis jika sudah matang.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pisang coklat lumer :

  • 5 buah pisang kepok atau pisang raja, belah menjadi 2 bagian secara memanjang
  • 1 sendok makan coklat bubuk
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 10 lembar kulit lumpiaitu sudah cukup, Anda bisa membelinya di pasar, di swalayan ataupun di supermarket, atau membuatnya sendiri
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Langkah – langkah untuk membuat pisang coklat lumer:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampur coklat bubuk dan gula pasir pada wadah yang telah Anda siapkan. Aduk hingga semua tercampur merata lalu sisihkan.
  2. berikan seluruh bagian pisang yang telah dibelah tadi dengan lumuran coklat dan gula tadi yang sudah Anda buat.
  3. Siapkan juga kulit lumpia, letakkan pisang tersebut yang sudah dilumuri coklat tadi pada kulit lumpia. Buat gulungan seperti melipat dadar gulung atau seperti menggulung seperti membuat lumpia. Pastikan seluruh bagian pisang tertutup kulit agar coklatnya tidak keluar saat digoreng. Ulangi langkah ini hingga semua pisang habis.
  4. Panaskan minyak pada wajan secukupnya. Setelah panas masukkan pisang coklat dan goreng hingga matang ditandai dengan pisang coklat berubah wara menjadi kecoklatan. Saat proses penggorengan pastikan nyala api dalam keadaan kecil agar tidak gosong. Setelah matang lalu angkat pisang coklat dari penggorengan dan tiriskan.
  5. Siapkan wadah atau tempat penyajian. Letakkan pisang coklat pada wadah lalu hidangkan. Lebih nikmat jika disantap selagi hangat.

Baiklah, itu tadi seputar cara membuat pisang coklat lumer yang enak. Cukup sederhana dan mudah untuk di coba bukan ? Bahan – bahan yang digunakan tidak sulit untuk didapatkan dan sangat praktis. Untuk penyajian Anda dapat menambahkan toping sesuai selera seperti parutan keju, meses, susu kental manis, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba dan jangan lupa kunjungi terus Rumah mesin untuk mendapatkan resep menarik lainnya.

 

2. Cara Membuat Pisang Nugget Cokelat yang Lumer dan Enak

Waktunya santai di waktu sore hari tentu semakin lengkap dengan ditemani cemilan lezat hasil olahan resep masakan pisang nugget. Kreasi kudapan yang satu ini memang sempat naik daun dan digemari oleh banyak orang karena teksturnya yang lembut di dalam dan garing di luar.

Meski serupa dengan pisang goreng, namun pisang nugget memiliki tekstur yang lebih halus karena buah pisangnya yang dilumatkan terlebih dahulu, baru dicampur dengan tepung. tidak cuma itu saja, tambahan tepung roti di bagian luar kulitnya membuat teksturnya semakin renyah dan gurihlah. Apalagi bila ditambah dengan sekitar kurang lebih 20 buah pisang potongan ukuran kecil (pisang mas/ muli) atau jenis pisang lainnya balutan cokelat lembut yang lumer di mulut.

Nah, kamu bisa membuat resep masakan pisang nugget cokelatmu sendiri di rumah, lho. Selain lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan topping atau bahan lain sesuai selera.

Bahan-bahan:

  • 4 buah pisang kepok
  • 100 gram parutan keju
  • 5 sm tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 3 sdm cokelat meises
  • 1 sachet SKM putih
  • 1 sdt garam

Bahan Pelapis:

  • 5 sdm tepung terigu
  • 8 sdm air
  • Tepung Panir/Roti

Topping:

  • Cokelat blok, tim hingga lumer
  • Keju

Cara membuat pisang nugget cokelat:

  1. Hancurkan pisang dengan garpu hingga benar-benar halus.
  2. Campur semua bahan dengan adonan pisang, aduk hingga rata.
  3. Siapkan loyang kotak berukuran sedang, lapisi bagian dalamnya dengan alas kertas kue. Masukkan adonan pisang nugget lalu kukus atau kukus kurang lebihnya selama 20 hingga 30 menit.
  4. Setelah matang, tunggu hingga dingin terlebih dahulu lalu potong kotak dengan ukuran sesuai selera.
  5. Campurkan bahan pelapis yang terdiri dari tepung terigu dan air, lalu lapisi adonan yang sudah dipotong.
  6. Setelahnya, lapisi kembali adonan pisang nugget dengan tepung panir hingga tertutup sempurna.
  7. Goreng hingga berwarna cokelat keemasan.
  8. Setelah matang, celupkan ke dalam lelehan cokelat tim hingga permukaannya terlaposi cokelat.
  9. Taburkan cokelat meises dan parutan keju sebelum menyajikannya.

Pisang nugget cokelat yang renyah dan lumer di mulut siap untuk disantap.

 

3. Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

Biasanya, pisang goreng crispy menggunakan pisang kepok sebagai bahan bakunya. Pisang jenis ini memiliki kelebihan yaitu rasanya yang manis walaupun belum terlalu matang, selain itu teksturnya juga lebih garing dan tidak terlalu berair walau sudah matang.

Selain buah pisang kepok, kalian pun juga bisa menggunakan pisang uli juga, kelebihannya pisang ini lebih manis daripada pisang lainnya namun jika sudah matang maka akan lembek ketika digoreng. Jika kalian menggunakan pisang uli,  pisang yang masih agak mengkal.

Bahan Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju :

  • 1 sisir pisang kepok atau pisang uli yang belum terlalu matang
  • keju cheddar parut secukupnya
  • coklat meses secukupnya
  • susu kental manis secukupnya
  • minyak yang banyak untuk menggoreng

Bahan Celupan :

150 gr tepung terigu

  • 1 sdm tepung beras
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • air secukupnya

Bahan Crispy :

  • 150 gr tepung beras
  • 2 sdm tepung sagu
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 btr kuning telur
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • air secukupnya

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju :

  1. Belah pisang kepok menjadi 3-4 bagian namun jangan sampai putus di salah satu ujungnya. Lebarkan ujungnya yang terbelah lepas sehingga nanti akan membentuk seperti kipas. Jika dirasa susah, tidak dibelah juga tidak apa-apa. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Membuat adonan celupan. Satukan semua bahan celupan kedalam wadah, tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata dan membentuk adonan. Tekstur adonan untuk celupan sedikit lembek namun tidak terlalu encer, seperti membuat adonan untuk pisang goreng biasa. Sisihkan.
  3. Membuat adonan kremesan. Satukan juga semua bahannya untuk kremesan atau crispy kedalam wadah, tuang air sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata. Tekstur adonan untuk kremesan jauh pebih encer dari adonan celupan. hampir sama seperti adonan untuk membuat rempeyek, encer dan mudah dituang. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak yang banyak dengan api sedang, minyak harus sudah benar-benar panas baru pisang bisa digoreng.
  5. Ambil 1 sendok sayur adonan kremesan, tuang kedalam minyak panas dari jarak yang agak renggang sehingga adonan pecah saat bertemu minyak. Nanti, kremesan akan muncul ke permukaan minyak, kumpulkan menggunakan sotile.
  6. Ambil satu buah pisang, celup kedalam adonan celupan. Goreng pisang dengan cara meletakannya diatas kremesan yang mengapung di permukaan minyak. Gulingkan pisang sedemikian rupa dengan perlahan hingga kremesan menyelimuti seluruh permukaan pisang. Lakukan hal yang sama terhadap semua sisa pisang dan adonan.
  7. Goreng pisang hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan pisang goreng crispy dengan topping dengan siraman susu kental manis, parutan keju dan coklat butiran/meses.

Sebenarnya cara membuat pisang goreng crispy coklat keju itu sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara membuat pisang goreng lainnya. Untuk perbedaannya dalam pembuatannya hanya terletak pada pembuatan kremesan saja, dan caranya juga cukup sederhana.

4.  Menu Es Pisang Cokelat Spesial

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 20 buah pisang dengan ukuran kecil bisa pakai (pisang mas/ muli) atau jenis pisang lainnya
  • 100 gram coklat batang
  • 100 gram coklat batang rasa stroberi (pink)
  • 100 gram coklat batang rasa anggur (ungu)
  • 100 gram coklat batang rasa apel (hijau)
  • 20 buah tusukan sate

Cara membuat es pisang cokelat :

  1. Lelehkan masing-masing coklat batang. Bagi pisang menjadi 4 kelompok atau masing-masing warna terdiri dari 5 buah pisang.
  2. Celupkan satu persatu pisang ke dalam masing-masing rasa coklat leleh yang diinginkan, kemudian ratakan dengan spatula atau sendok.
  3. Tata dalam piring  saji lalu taburi dengan coklat meses warna-warni atau toping-toping lainnya sesuai selera, setelah itu dinginkan dalam freezer hingga beku.
  4. Es piscok siap untuk disajikan.

Mudah kan ? Buruan coba bikin sendiri dirumah, pasti seru dan puas sama rasanya hehe

5. Mencoba Pisang Nutella Gulung Roti

Bahan yang dibutuhkan :

  • 4 lembar roti tawar (tanpa kulit pinggir)
  • Coklat meises (merk apa saja)
  • Selai coklat nutella
  • 1 buah pisang tanduk (kupas kulitnya)
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • 2 sdm mentega
  • Tepung roti secukupnya

Cara Membuat pisang nutella gulung roti :

  1. Ambil satu lembar roti tawar dan tempatkan pada piring, kemudian oleskan permukaan roti dengan mentega dan selai coklat nutella.
  2. Taruhkan pisang yang sudah dikupas tadi ke bagian tengah permukaan. Beri taburan coklat meises kemudian gulung rotinya
  3. Masukan dan celupkan ke dalam telur, dan gulung roti tersebut ke tepung roti.

6.Mencoba Sate Pisang Celup Cokelat

Bahan – bahan:

  • 10 buah pisang raja, kupas lali potong seperti dadu atau lingkaran menjadi 4 bagian.
  • 2 sdm margarin
  • 10 buah tusuk sate

Topping :

  • Coklat batangan (dilelehkan)
  • Wijen sangrai
  • Meises warna-warni
  • Kacang tanah, kupas dan sangria lalu dicincang kasar
  • Keju parut

Cara membuat sate pisang  celup coklat:

  1. Panaskan margarine dulu kemudian goreng pisang raja yang sudah dikupas dan dipotong. Lakukan penggorengan hingga pisang berwarna kecoklatan.
  2. Angkatlah pisang yang sudah digoreng dan sudah kecoklatan, kemudian tusuk-tusuk dengan tusuk sate.
  3. Masukkan sate pisang ke dalam coklat yang telah dilelehkan, kemudian taburi atasnya dengan bahan toping yang telah Anda siapkan.
  4. Sajikan sate pisang selagi hangat.

Setelah semua cara selesai, saatnya sate pisang celup cokelat ragi dihidangkan. bisa bersama keluarga maupun Teman – teman. Selamat Menikmati..

7. Resep Cake Pisang Cokelat

Bahan – bahan :

  • 200 gram Margarin + 1 sdm Butter
  • 200 gram gula palem
  • 6 butir kuning telur
  • 2 butir putih telur, kocok kaku
  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sdm susu Full Cream
  • 1/4 sdm baking powder double acting
  • 100 gram dark cooking chocolate, cincang halus
  • 3 buah pisang ambon ukuran sedang, haluskan
  • 4 tetes essence pisang secukupnya
  • kismis, almond, ceri atau keju untuk taburan kue

Cara Membuat Cake Pisang Cokelat :

  1. Ambil wadah lalu mikser margarin dan gula hingga pucat.
  2. Tambahkan kuning telur lalu kocok sampai mengembang.
  3. Matikan dulu mixernya lalu baru masukkan terigu dan susu bubuk. Tambahkan baking powder lalu aduk rata semuanya.
  4. Masukkan kocokan putih telur dan aduk rata.
  5. Tambahkan pisang ambon yang sudah dilumatkan lalu masukkan coklat cincang dan aduk rata pakai spatula.
  6. Masukkan esens pisang dan aduk lagi sampai rata.
  7. Masukkan ke loyangnya lalu taburi dengan kismis atau ceri.
  8. dilanjutkan dengan memanggang dalam oven memakai suhu sekitar 185 derajat celcius selama 35 menit hingga matang.

8. Dadar Gulung Polkadot Pisang Cokelat Susu

Bahan – bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 54 gram susu bubuk
  • 1/4 sdt vanili dan garam
  • 350 ml air hangat
  • 50 gram gula halus
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • 4 sdm mentega (cairkan)
  • Pisang matang
  • Keju parut
  • Selai coklat/meises
  • Pewarna makanan

Langkah – langkah Dadar Gulung Polkadot Pisang Cokelat Susu:

  1. Pertama larutkan susu bubuk dengan air hangat.
  2. Cairkan mentega lalu biarkan dingin.
  3. Masukkan terigu dan vanili dalam wadah. Lalu tambahkan garam dan gula halus.
  4. Masukkan larutan susu lalu aduk sampai tak bergerindil baru saring.
  5. Masukkan telur dan juga margarin baru aduk rata dan diamkan 5 menit.
  6. Pada bagian polkadotnya Anda sisihkan saja masing-masing 3 sendok makan lalu beri warna sesuai keinginan.
  7. Siapkan teflon lalu panaskan dan tuangi adonan polkadot pakai garpu.
  8. Tunggu sebentar lalu tuangi adonan putih dan ratakan.
  9. Balik sebentar lalu angkat dan siap diisi.
  10. Anda bisa mengisinya dengan pisang dan susu serta coklat.
  11. Lipat rapi dan siap disajikan.

Baiklah itu tadi ulasan beberapa cara membuat olahan pisang coklat. Selamat mencoba dan Sukses selalu..