Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Anti Gagal!

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Anti Gagal!

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Anti Gagal! – Indonesia memiliki berbagai menu masakan yang khas dan beraneka ragam. Selain masakan, indonesia sendiri juga terkenal akan aneka jenis sambalnya. Sambal adalah makanan yang berupa saus dengan rasa yang pedas. Cara membuatnya yaitu dengan melumatkan cabai dan bahan lainnya. Fungsi sambal sendiri adalah sebagai pelengkap saat makan. Untuk masalah rasa, tentu saja yang ditimbulkan adalah rasa pedas.

Di Indonesia sendiri, sambal adalah salah satu makanan yang sangat digemari. Seperti yang kita tahu jika masyarakat Indonesia banyak yang suka makan makanan yang pedas. Nah dari berbagai jenis sambal yang ada di Indonesia, salah satunya yang terkenal adalah sambal goreng kentang. Untuk itulah kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat sambal goreng kentang.

Asal-Usul Sambal Goreng Kentang

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

Sumber : http://4.bp.blogspot.com

Sambal goreng kentang adalah sambal yang menggunakan kentang sebagai bahan utamanya. Bahan utama kentang itu kemudian ditambah dengan aneka campuran bumbu. Sambal goreng kentang ini berwarna merah. Cara membuat sambal goreng kentang sendiri ada dua. Cara membuat sambal goreng kentang yang pertama dengan hanya ditaburi irisan cabai merah atau kentang goreng yang diiris memanjang tipis-tipis. Kemudian cara membuat sambal goreng kentang yang kedua yaitu, dengan menghaluskan cabainya dan dicampur dengan kentang goreng.

Masakan ini sudah terkenal akan kelezatannya. Apalagi jika anda mengkonsumsinya dengan nasi yang masih hangat. Hal ini karena dalam sambal goreng kentang, terdapat bumbu yang kaya akan rempah. Ditambah lagi sambal goreng memiliki kandungan karbohidrat. Karbohidrat membuat perut kenyang lebih lama. Jadi sambal goreng kentang sangat cocok untuk menu diet. Ditambah lagi dalam samba ini terdapat sensasi pedas dari cabai. Sensasi pedas ini yang dapat membantu membakar lemak lebih cepat dari biasanya.

Keberadaan sambal goreng ini biasanya digunakan untuk acara tertentu. Misalnya untuk acara keagamaan, pernikahan, hajatan maupun sunatan. Bahkan dalam tradisi masyarakat indonesia yang muslim, sambal ini adalah salah satu menu wajib ada saat lebaran. Sambal goreng kentang ini di Indonesia tersaji dalam aneka resep.

Misalnya di daerah sunda, sambal kentang disajikan denga irisan kentang goreng (mustapa). Jadi di daerah sunda, sambal ini dikenal juga dengan sambal goreng kentang mustapa. Sambal goreng kentang sendiri kabarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Namun pada saat itu kebanyakan sambal goreng kentang, tidak digoreng tapi direbus. Jadi kentang rebusan itu akan dilembutkan dan dicampur dengan bumbu. Namun pada perkembangannya supaya lebih awet, kentang akhirnya digoreng dahulu.

Jenis Sambal Goreng Kentang

cara membuat sambal goreng kentang

Sumber :http://arieskitchen.net

Nah, sebelum masuk ke cara membuat sambal goreng kentang anti gagal, kali ini kita akan mencari tahu tentang jenis-jenis sambal goreng kentang. Saat ini bentuk sambal goreng kentang semakin indah saja. Bentuk indah itu, biasanya diperoleh dengan menggunakan pisau bertekstur. Di daerah sunda pisau ini dinamakan gobed. Gobed memiliki bentuk persegi panjang dan bertekstur. Dengan menggunakan pisau ini, hasil irisan kentang akan terlihat lebih indah.

Namun pada perkembangannya, sekarang sambal goreng kentang tidak hanya untuk acara tertentu saja. Sekarang sambal goreng kentang banyak dijumpai di warung-warung makan. Bahkan sambal goreng kentang juga sering dijadikan menu makanan sehari-hari. Sambal goreng kentang terdiri dari dua jenis yaitu

  1. Sambal goreng kentang kering

Sambal goreng kentang kering adalah sambal goreng yang dimasak tanpa menggunakan santan jadi sambalnya lebih kering dan tak mudah basi. Biasanya untuk mendapatkan tekstur yang lebih kering, kentang akan digoreng terlebih dahulu.

  1. Sambal goreng kentang basah

Sambal goreng kentang basah adalah sambal goreng yang memiliki tekstur sedikit basah. Tekstur basah ini karena ada campuran santan. Selain itu kentang sendiri tidak digoreng, namun direbus. Jadi sambalnya lebih empuk. Hal ini karena, kentang yang matang  direbus itu akan dicampurkan dengan bumbu. Namun dalam hal ketahanan. sambal goreng kentang jenis ini kurang awet.

Kandungan dalam sambal goreng kentang

cara membuat sambal goreng kentang

Sumber: http://www.necturajuice.com

Dalam sambal goreng kentang sendiri memiliki beberapa kandungan. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Kaya akan vitamin B

Dalam sambal goreng kentang terdapat kandungan gizi vitamin B. Hampir sama seperti vitamin lainnya, vitamin B ini, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Misalnya vitamin ini, sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme DNA dan protein. Lebih lanjut vitamin B, juga baik untuk pembaharuan dan regenerasi sel serta produksi energy. Meskipun sambal goreng kentang tidak mengandung vitamin B kompleks, namun  vitamin B dalam smabal ini sangat banyak. Selain itu, ada juga kandungan vitamin lain seperti B6, vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B4(choline).

  • Vitamin C

Selain vitamin B, kentang juga kaya vitamin C. Untuk itulah mengkonsumsi sambal kentang, akan baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin anda.

  • Protein lengkap

Pada sambal goreng kentang juga sangat kaya akan kandungan protein. Sama seperti vitamin lainnya, protein juga memiliki manfaat baik. Dengan mengkonsumsi sambal goreng kentang , anda dapat memenuhi 10 persen dari kebutuhan protein harian anda. Tak hanya itu, sambal goreng kentang juga mengandung 9 asam amino essensial. Asam amino essensial ini, sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh

  • Mengandung enzim

Dalam sambal goreng kentang yang dingin mengandung amylase. Amylase adalah enzim yang sulit dicerna lambung. Enzim ini juga berfungsi untuk makanan bagi bakteri baik di dalam usus besar. Bakteri ini akan mencerna amylase dan menghasilkan butyrate. Butyrate adalah jenis asam lemak. Asam lemak ini berfungsi menutrisi sel-sel pelapis usus besar. Asam lemak ini, juga melindungi usus dari racun-racun agar tidak mendekati aliran darah. Jadi dengan mengkonsumsi sambal goreng kentang, anda bisa melindungi usus dari racun-racun agar tidak mendekati aliran darah.

  • Capcaisin

Kandungan ini adalah yang memberikan rasa pedas pada sambal. Kandungan ini, juga berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh. Jadi mengkonsumsi makanan pedas seperti sambal goreng kentang, sangat baik untuk kesehatan anda

Hmm.. Kandungan-kandungan di atas ternyata baik untuk tubuh. Semoga info di atas membuat anda semakin tertarik dengan cara membuat sambal goreng kentang anti gagal ya.

Manfaat sambal goreng kentang

cara membuat sambal goreng kentang

Sumber: http://3.bp.blogspot.com

Nah, sebelum masuk ke dalam ulasan tentang cara membuat sambal goreng kentang, yuk kita simak dulu beberapa manfaat dari masakan yang satu ini:

  1. Mudah dicerna

Kentang dalam sambal ini kaya akan karbohidrat. Selain itu makanan ini juga mudah dicerna. Jadi sangat baik dikonsumsi bagi yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Namun bagi anda yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif, lebih baik mengkonsumsi sambal kentang goreng yang tidak terlalu pedas. Caranya yaitu dengan menggurangi jumlah cabai yang ada di sambal tersebut. Selain itu dalam kentang juga mengandung serat larut dan tidak larut. Nah serat ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Dalam sambal kentang terdapat kandungan karbohidrat. Kandungan karbohidrat ini, dapat membantu meningkatkan kadar gula darah. Kadar gula darah, sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena, dalam kentang maupun cabai terdapat vitamin B6 dan asam folat. Jadi apabila kedua jenis bahan ini digabungkan, lalu dimasak menjadi sambal kentang goreng, akan sangat bagus untuk meningkatkan fungsi otak

  1. Menyehatkan kulit

Baik kentang maupun cabai, memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan, jika mereka yang mengkonsumsi makanan pedas seperti sambal, memiliki kulit yang lebih sehat dan memiliki umur yang lebih panjang serta awet muda. Jadi dengan mengkonsumsi sambal kentang goreng, bisa membuat anda memiliki kulit yang indah.

  1. Menyetabilkan tekanan darah

Kentang kaya akan sumber kukoamines. Cabai juga memiliki kandungan yang dinamakan capcaisin. Kedua senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Lebih lanjut, kedua senyawa yang terdapat dalam kentang tersebut dapat menstabilkan fungsi hati. Bahkan kedua ini mampu melindungi dari peradangan. Untuk itulah jika kentang dan cabai dimasak menjadi sambal goreng dan dikonsumsi akan baik untuk tubuh. Terutama bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengkonsumsi sambal goreng kentang akan sangat baik.

  1. Pencegah kanker

Dalam sambal goreng kentang terdapat kandungan vitamin B6 dan Capcaisi. Kedua kandungan ini sangat ampuh untuk mencegah dan melawan kanker. Terutama kanker prostat yang biasa terjadi pada pria dan kanker rahim pada wanita. Untuk itulah bagi anda yang ingin menghindari kanker, mengkonsumsi sambal goreng kentang bisa jadi pilihan.

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Dalam sambal goreng kentang terdapat zat potassium. Zat ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol. Jadi zat ini, bisa membantu menghalangi penumpukan kolesterol. Selain itu sambal goreng kentang memiliki kalori yang rendah. Makanan dengan kalori yang rendah, dapat menjadi salah satu menu diet untuk orang yang memiliki kolesterol.

  1. Mengurangi resiko batu ginjal

Pada sambal goreng kentang terdapat  kandungan kalsium dan besi. Kandungan ini dapat memicu pembentukan batu ginjal. Namun disisi lain dalam sambal kentang goreng magnesium. Magnesium ini, sangat bermanfaat dan dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Jadi asalkan mengkonsumsinya dalam batas yang wajar anda bisa terhindar dari resiko batu ginjal

  1. Kesehatan tulang

Sambal goreng kentang sangat baik untuk kesehatan tulang. Dalam sambal ini terdapat kandungan zat besi. Zat besi adalah, zat yang membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Ditambah lagi dalam sambal ini terdapat kalsium, fosfor, magnesium dan seng. Nah jika semua kandungan gizi ini dijadikan satu, tentunya merupakan kombinasi sempurna untuk kesehatan. Terutama untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

  1. Kesehatan jantung

Dalam sambal kentang goreng terdapat serat, kalium, vitamin Cdan vitamin B6. Sejumlah zat gizi ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan gizi ini juga bisa membantu meningkatkan kinerja jantung.

  1. Membangun dan pembentukan sel

Dalam sambal goreng kentang terdapat vitamin B6. Vitamin ini ,penting untuk melakukan proses reaksi kimia untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 sangat penting untuk reaksi enzimatik. Enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan reaksi kimia.

  1. Kesehatan otak&saraf

Dalam sambal goreng kentang terdapat kandungan vitamin B6. Kandungan ini sangat membantu kesehatan otak. Lebih lanjut vitamin B6, dapat membantu dalam proses transmisi yang dilakukan dalam saraf

  1. Meringankan sinusitis

Sambal goreng kentang memiliki rasa yang pedas. Pastinya anda tahu jika saat kepedasan, hidung anda akan berair. Nah bagi anda yang pilek, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan ini. Hal ini karena sambal goreng kentang yang pedas, dapat membantu merangsang membrane mucus. Membrane ini adalah yang melapisi saluran hidung. Jadi bisa menguras lendir dan bisa bernafas lebih baik. Vitamin A yang terdapat di sambal, membantu menguatkan membrane mukus. Membrane ini berfungsi mencegah bakteri masuk ke tubuh melalui hidung.

Wah ternyata cukup banyak ya manfaat sambal goreng kentang. Pasti anda semakin ingin mencoba cara membuat sambal goreng kentang yang akan kami bagikan nanti kan?

Cara membuat sambal goreng kentang

cara membuat sambal goreng kentang

Sumber : https://naismacreation.files.wordpress.com

Sambal goreng kentang tentunya dibuat dengan bahan dasar kentang. Jika suka kita dapat menambahkan petai atau taburan kentang goreng tipis. Berikut ini adalah cara membuat sambal goreng kentang anti gagal:

Bahan-bahan sambal goreng kentang

  • Siapkan bahan utamanya yaitu kentang. Paling tidak sediakan sekitar 500 gram kentang. Kupas kentang, kemudian potong-potong dadu atau sesuai selera anda
  • Untuk campuran, bisa menggunakan hati sapi, kacang kapri muda atau petai secukupnya. Selanjutnya potong dadu atau sesuai selera anda.

Bumbu sambal goreng kentang

  • Sediakan asam jawa yang sudah matang sebanyak 4 hingga 5 biji
  • Jangan lupa daun salam. Fungsinya untuk penyempurna masakan anda. Banyaknya sekitar 3 sampai 4 lembar
  • Tambahkan juga, daun jeruk sebanyak 2 sampai 3 lembar
  • Ambil dan cuci lengkuas sekitar 3 cm. Lengkuas itu sebaiknya dipotong menjadi beberapa bagian.
  • Serai sebanyak 2 sampai 3 batang
  • Untuk membuat rasa sambal goreng pedas, maka siapkan juga cabai. Jenis cabainya bisa cabai merah keriting. Anda juga bisa menggunakan cabe merah besar. Kurang lebih sebanyak 6 sampai 7 biji. Selanjutnya irislah cabai merah tersebut tipis-tipis. Cabai merah ini digunakan sebagai pewarna makanan agar terlihat lebih menggugah selera selain untuk perasa pedas dalam sambal goreng kentang.
  • Santan yang kental sebanyak 1 gelas. Untuk mendapatkan kekentalan yang pas, buat  dari ½ butir kelapa yang sudah tua.
  • Sediakan juga minyak goreng secukupnya. Minyak goreng ini, nanti akan digunakan untuk menggoreng kentang.

Bahan bumbu halus sambal goreng kentang:

  • Ambillah bawang putih sebanyak 5 sampai 6 siung, berukuran sedang
  • Bawang merah sebanyak 10 butir
  • Cabai merah sekitar 10 buah. Bisa juga lebih, sesuai selera
  • Jangan lupa kemiri sebanyak 3 butir. Kemiri ini, ada baiknya di sangrai terlebih dahulu
  • Gula pasir
  • Garam setidaknya 2 sendok teh. Bisa juga disesuaikan dengan selera anda
  • Penyedap rasa.

Setelah semua bahan dan bumbu tersedia, sekarang anda bisa mulai mencoba cara membuat sambal goreng pedas.

Cara membuat sambal goreng kentang:

  • Pertama-tama kupas dan potong kentang. Sebaiknya di rendam dahulu dengan air bersih.
  • Apabila anda menggunakan campuran hati sapi, maka rebus dahulu sampai matang. Jika sudah matang potonglah kecil-kecil.
  • Kentang yang sudah dikupas dan dipotong kemudian digoreng. Gorenglah kentang sampai setengah matang saja
  • Jika menggunakan petai, potonglah satu biji menjadi 2 atau 3 bagian
  • Cuci cabai lalu diIris tipis-tipis
  • Setelah itu haluskan bumbu halus. Bahannya yaitu bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri. Setelah halus tumislah dengan minyak goreng secukupnya.
  • Tambahkan juga daun salam, daun jeruk, lengkuas (geprek dahulu). Setelah itu aduk sampai tercium aroma wangi.
  • Setelah itu, masukkan air santan.
  • Jangan lupa, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Setelah itu aduklah dan tunggu sampai santan mendidih. Pastikan anda menggunakan nyala api kompor kecil saja, jangan terlalu besar.
  • Cicipi rasa kuahnya. Jika masih belum sesuai, maka bisa ditambahkan bumbu lagi.
  • Setelah itu masukkan kentang yang sudah digoreng tadi. Aduk secara merata supaya bumbu meresap.
  • Tunggulah sampai kuah santan habis meresap.
  • Jika sudah meresap, maka sambal goreng kentang enak ini siap. Setelah siap, anda tingal menyajikannya bersama lauk lainnya.

Berminat untuk membuat sendiri sambal goreng kentang di rumah? ayo segera siapkan alat dan bahan – bahannya. Sambal goreng kentang juga kerap dijadikan salah satu menu wajib dalam acara syukuran yang disandingkan dengan menu ayam. Paling nikmat lagi jika dimakan dengan nasi yang masih panas plus teh anget untuk menu makan malam anda.

By | 2018-01-30T16:47:46+00:00 Januari 30th, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Anti Gagal!

About the Author: