Siapa sih yang tidak suka dengan sate ayam? Tentu makanan yang satu ini digandrungi oleh banyak orang. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat sate ayam yang mudah dan  bisa dipraktikkan dirumah. Tapi sebelum itu, mari kita simak bagaimana sejarah sate.

Sejarah Sate

Sate ayam telah di perkirakan mulai muncul dari pedagang yang ada di jalanan yang lokasinya berada di sekitar jawa pada abad ke-19. Faktanya cara membuat sate ayam yang sangat mudah dan sate ini telah mulai populer dikalangan masyarakat pada abad itu yang bersamaan dengan pedagang arab, gujarat india serta pedagang muslim lainnya yang telah menduduki dan datang ke pulau jawa.

Pada awalnya, masyarakat yang berada di Indonesia sudah mulai memasak daging dengan cara direbus menggunakan air.

Aksn tetapi setelah mengenal makanan yang bernama kebab yang merupakan salah satu makanan masakan khas timur tengah, masyarakat di Indonesia pun suka makan daging sapi, kambing, dan ayam dengan cara dibakar terlebih dahulu.

Hal inilah menjadikan faktor awal mula sate sebagai makanan favorite yang banyak sekali diminati masyarakat Indonesia pada masa itu.

Kata sate pun telah diperkirakan berasal dari bahasa Tamil, yaitu catai yang memiliki makna atau arti daging.

Sate ini telah berkembang di berbagai seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Bahkan di setiap daerah atau wilayah yang ada di Indonesia memiliki jenis sate yang terbilang khas.

Pada sekitar abad 19 ini sate ini telah menyebar hingga ke wilayah Afrika Selatan, dinegara ini sate disebut dengan sosatie.

Di beberapa dari negara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand sate juga banyak sekali yang bisa Anda temui, tidak lain karena para perantau dari Jawa yang banyak berjualan sate di sana.

Cara Membuat Sate Ayam

Bahan

  • 600 gram daging ayam yang sudah Anda potong
  • 150 gram lemak ayam yang telah Anda potong
  • 4 sendok makan kecap manis sebagai bumbu pelengkap
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • 5 sendok makan minyak kacang
  • 50 gram berupa lemak ayam yang sudah di panaskan hingga berminyak
  • 50 ml air, usahakan air yang sudah Anda rebus
  • 25-30 bahan tusuk sate yang telah Anda rendam

Bumbu Halus

  • 4 buah cabe merah yang telah Anda rebus sebelumnya
  • 9 buah cabe rawit, usahakan cabe yang masih segar
  • 100 gram kacang tanah yang telah Anda goreng
  • 2 siung dari bawang putih
  • 6 butir kemiri yang telah melalui tahap sangrai
  • 1 sendok makan gula pasir
  • garam secukupnya

Pelengkap

  • Acar, ketimun, dan wortel atau bisa juga dengan paprika
  • jeruk nipis sebagai penyedap rasa

Cara Membuat Sate Ayam

  1. Tusuklah 3 potong dari daging ayam yang telah Anda siapkan sebelumnya dan 1 potong lemak ayam per tusuk sate
  2. Tumis bumbu yang telah Anda haluskan tadi dengan menggunakan minyak sayur hingga ber aroma harum
  3. Tuang air yang telah Anda siapkan sebelumnya dan masak hingga menjadi kental dan setelah itu angkat
  4. Aduk bumbu-bumbu yang sudah Anda tumis dengan minyak dari lemak ayam, minyak kacang dan kecap manis tadi
  5. Usahakan bumbu dibagi dua. Satu bagian sebagai bumbu pencelup sate sebelum Anda bakar dan satu bagian bumbu lagi untuk dipanaskan kembali
  6. Apabila sate tersebut akan akan Anda sajikan, tuangi sate tersebut dengan bumbu dan sajikan bersama pelengkapnya.

Macam-Macam Sate

Sebagai 14 makanan yang terlezat dari dari Worlds 50 most delicious foods sate ini ternyata juga memiliki banyak sekali jenis. Karena cara membuat sate ayam ini terbilang sangat mudah maka banyak sekali orang yang bisa untuk membuatnya.

Di negara Indonesia sendiri pada setiap sate ini memiliki ciri khas masing-masing di setiap daerahnya, mulai cara membuat sate ayam ini sendiri, bahan yang digunakan untuk membuatnya dan hingga bumbunya.

Selain itu sate ini juga bisa dimasak dengan berbagai macam cara.

Misalnya di daerah Madura ada salah satu jenis sate yang bernama sate Madura yang biasanya terbuat dari daging ayam atau kambing, disajikan dengan bumbu kecap.

Definisi Sate

Sate merupakan salah satu jenis makanan yang biasanya terbuat dari potongan-potongan daging hewan yang ditusuk menggunakan iratan bambu  sebesar kurang lebih lidi dan dibakar di atas bara api dari arang.

Sate ini biasanya di hidangkan bersama dengan bumbu sate yang terbuat dari kacang tanah yang sudah ditumbuk dengan halus dan dicampur dengan kecap serta bumbu-bumbu tambahan yang lainnya.

Macam-Macam Sate Khas Indonesia

1. Sate Rembiga

cara membuat sate ayamSate rembiga merupakan salah satu jenis sate yang menggunakan bahan utama daging yaitu berupa daging pada hewan sapi.
Sate ini diperkirakan berasal dari daerah Mataram.

2. Sate Klopo

3. Sate Klatak

4. Sate Padang

5. Sate Maranggi

6. Sate Ambal

7. Sate Ayam Blora

8. Sate Bumbon

9. Sate Gepuk

10. Sate Matang

Manfaat Sate

Sate daging ini sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang pada umumnya berbahan dasar daging hewan yang di olah dengan melalui proses atau cara di panggang menggunakan bara api yang terdapat pada arang.

Selama ini banyak sekali yang menganggap bahwa apabila mengkonsumsi makanan ini akan secara berlebihan maka akan mengakibatkan kolesterol, namun hal itu bisa untuk Anda atasi apabila Anda tau dan paham untuk mengkonsumsinya tidak dengan berlebihan dan masih dalam batas kewajaran.

Mengkonsumsi sate daging ini akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda terutama untuk mencegah dari ancaman anemia. Kandungan gizi yang terbilang sangat tinggi yang ada di dalam makanan ini sangat banyak seperti halnya pada kandungan protein, zat besi, sumber vitamin, lemak, kalori, kolesterol, serta mineral.

Sehingga tidak diherankan apabila banyak sekali orang yang tertarik dan berminat untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini sebagai asupan makanan yang terbilang cukup menyehatkan. Untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung di dalam sate daging ini, berikut adalah berbagai manfaatnya dan khasiatnya.

1. Membangun Jaringan Pada Tubuh

Khasiat yang terkandung di dalam sate daging yang pertama adalah dapat membantu di dalam proses untuk membangun jaringan pada tubuh manusia.

Kandungan protein yang terkandung di dalam sate daging ini akan bermanfat sebagai bahan pembangun jaringan pada tubuh dan akan menjadikan anti bodi alami sehingga tubuh akan bekerja dengan lebih baik. Dengan Anda mengkonsumsi makanan ini maka akan menghindarkan diri dari terjangkitnya dari berbagai jenis ancaman penyakit.

2. Mencegah Anemia

Anemia ini sendiri merupakan salah satu kondisi dimana tubuh pada manusia kekurangan sel darah merah. Untuk mencegah dari adanya serangan anemia ini maka Anda bisa rutin untuk mengkonsumsi sate daging ini.

Karena kandungan dari zat besi yang ada disate ini akan bermanfaat sekali untuk pembentukan sel darah merah secara optimal. Oleh karena itu, Anda bisa untuk mengkonsumsinya supaya dapat terhindar dari penyakit anemia.

3. Memperkuat Tulang Dan Gigi

Manfaat dari sate daging yang lainnya adalah dapat berguna untuk memperkuat tulang dan gigi pada manusia. Kandungan dari vitamin A, B dan D yang terkandung di dalam makanan ini sangat berguna sekaali untuk memperkuat tulang dan gigi sehingga apabila anda mengkonsumsinya dengan rutin maka anda akan memiliki tulang yang kuat.

4. Meningkatkan Energi

Kandungan lemak yang terdapat di dalam sate daging ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi pada tubuh Anda.

Dengan Anda mengkonsumsinya pada saat sarapan di pagi hari, maka akan membantu Anda didalam meningkatkan sumber energi sehingga Anda bisa bebas untuk melakukan aktifitas sehari-hari tanpa adanya kekurangan energi di dalam tubuh Anda.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

Untuk upaya meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh Anda,  maka kami sarankan kepada Anda untuk rajin mengkonsumsi sate daging ini, namun jangan keseringan juga.

Hal ini dikarenakan kandungan dari zat besi yang ada di dalam sate daging ini sangatlah berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Oleh sebab itu, Anda bisa mengkonsumsi sate daging ini dengan rutin untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh Anda.

6. Membantu Sistem Saraf

Apabila anda ingin untuk meningkatkan sistem saraf agar dapat bekerja dengan baik maka Anda bisa mengkonsumsi makanan sate daging ini dengan rutin.

Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya akan berperan penting untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga fungsi dari saraf akan dapat bekerja secara maksimal.

7. Membantu Fungsi Pada Otot

Sate daging ini juga juga sangat berkhasiat untuk membantu fungsi otot yang ada pada tubuh Anda. Kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya juga akan berguna untuk menjalankan fungsi otot pada tubuh manusia agar bisa bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya secara rutin agar fungsi pada otot yang ada ditubuh Anda dapat bekerja dengan baik.

8. Mengatur Fungsi Pada Otak

Otak merupakan salah satu struktur pusat yang berfungsi untuk mengatur sebagian besar dari gerakan, perilaku dan fungsi tubuh. Maka dari itu Anda dapat mengkonsumsi sate daging sate daging ini.

Kandungan zat besi yang ada didalamnya juga akan sangat baik sekali untuk membantu fungsi otak dapat berjalan dengan normal.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memulai dari sekarang untuk mengkonsumsi makanan ini.

9. Mengatur Suhu Pada Tubuh

Suhu badan Anda akan dapat terkendali dengan baik apabila Anda rajin mengkonsumsi sate daging ini.

Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang ada didalamnya akan sangat bermanfaat untuk mengatur suhu tubuh agar bisa bekerja dengan baik.

10. Baik Untuk Janin

Apabila Anda sedang hamil maka apabila Anda mengkonsumsi sate daging ini, maka akan sangat baik untuk janin anda.

Kandungan dari zat besi yang ada didalamnya akan sangat berguna sekali untuk membentuk pada organ agar sehat dan tidak terlahir dengan kondisi yang cacat.

Jadi kesimpulan dari artikel diatas adalah, untuk menerapkan cara membuat sate ayam ini sendiri terbilang sangatlah mudah, tergantung dari kemauan Anda, apakah anda mau atau tidak untuk menerapkannya. Apabila Anda mau untuk menerapkan cara membuat sate ayam ini maka Anda bisa membuatnya sesuai dengan prosedur yang telah kami bagikan di atas.

Akan tetapi apabila Anda tidak mau atau malas untuk membuatnya Anda bisa membelinya diwarung sate yang ada di sekitar rumah Anda.

Itu tadi sedikit artikel mengenai cara membuat sate ayam dengan mudah dan praktis, semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan sekian.