Cara Membuat Sayur Lodeh – Salah satu masakan sayur tradisional yang tidak lekang oleh waktu adalah sayur lodeh. Ya, sayur ini memang kelihatannya sederhana, tetapi keunikan citarasanya memang membuat resep masakan berkuah kental ini begitu banyak disukai oleh masyarakat kita, terutama buat masyarakat yang tinggal di pulau Jawa, seperti sayur lodeh sunda dan lodeh jawa.

Seperti juga dengan masakan tradisional yang lain, kita bisa dengan mudah mengkreasikan resep sayur lodeh ini menggunakan bahan bahan yang lain. Untuk menambah citarasanya, kita juga bisa memasukkan potongan daging tetelan, tempe atau menambah kacang panjang, nangka muda dan lainnya. Selain enak dan rasanya lezat, cara membuat sayur lodeh ini sangat sederhana kok. Bumbu resep sayur ini juga bisa mudah kita dapatkan di penjual sayuran keliling. Yang paling penting adalah kandungan vitamin, mineral dan gizi di sayurannya, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium dan yang lainnya juga bermanfaat buat kesehatan tubuh kita.

 

Manfaat Sayuran Dalam Resep Sayur Lodeh

Labu Siam

cara membuat sayur lodeh

1. Baik untuk Wanita Hamil

Kandungan folat (vitamin B9) dalam labu siam sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan folat pada saat kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi ketika sudah lahir. Misalnya masalah jantung, cacat tabung saraf, malformasi ekstremitas, bahkan sampai keguguran.

2. Menjaga Kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, labu siam mengandung jumlah kalori yang sedikit dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Nah, hal ini menjadikan labu siam sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol Anda berada dalam batas normal.

3. Mengontrol Tekanan darah tinggi

Mafaat labu siam lainnya adalah sayuran ini dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah karena memiliki sifat diuretik yang ringan.

4. Mengatasi Anemia

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan seseorang rentan terkena anemia. Nah, ternyata labu siam adalah sumber senyawa tersebut. Kandungan vitamin zat besi dalam labu siam dapat membantu hemogloblin mengikat oksigen.

4. Menangkal Radikal Bebas

Labu siam merupakan sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. antioksidan sendiri merupakan zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain mampu menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C dalam labu siam juga membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini.

5. Anti Kanker

Kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik yang ada pada labu siam bisa mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. radikal bebas ini jika tidak diperhatikan maka bisa jadi pemicu pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Itu sebabnya jika Anda mengonsumsi labu siam secara rutin bisa membantu mencegah tumbuh kembang sel kanker didalam tubuh.

Kacang Panjang

cara membuat sayur lodeh

1. Meringankan Nyeri Haid

Pada sebuah percobaan klinis yang dilansir dari Best Health Magazine, perempuan yang mengonsumsi dosis tinggi zat mangaan dari menu makannya mengalami perbaikan dalam frekuensi dan tingkat keparahan kram perut serta suasana hati yang lebih baik daripada kelompok yang makan sedikit mangaan.

2. Kulit Sehat dan Cerah

Studi menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi mengurangi munculnya keriput, menyembuhkan kulit kering dan kemerahan, serta memperlambat proses penuaan. Hal ini dikarenakan vitamin C bekerja mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh, yang penting tak hanya untuk kulit namun juga untuk kekuatan otot, ligamen, pembuluh darah, dan urat. Menu makan yang kaya vitamin C juga dipercaya mampu membantu mencegah perkembangan kanker kulit.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Serat larut yang ditemukan dalam kandungan kacang panjang bisa membantu menekan jumlah kolesterol jahat. Plus, manfaat kacang panjang terbukti mengurangi peradangan dan tensi darah yang juga baik untuk kesehatan jantung. Satu porsi kacang panjang (100 gram) bisa mencukupi kebutuhan serat harian Anda sampai 12 persen.

4. Mencegah Kanker

Kacang panjang mengandung sederet antioksidan nabati, termasuk flavonoid, dan riboflavin. Sebuah studi dari sampel sel kanker payudara dan kanker usus (kolorektal) sel manusia dari Deakin University di Australia menunjukkan efek sinergis antara dua senyawa tersebut dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker tersebut.

Di samping itu, kacang panjang juga ternyata mengandung asam folat yang tinggi. Defisiensi asam folat telah dilaporkan risiko kanker usus besar, payudara, serviks, paru-paru, dan kanker otak. Bukti-bukti menunjukkan bahwa asupan makanan yang kaya akan folat mampu mencegah perkembangan kanker. Asupan 900 mcg asam folat setiap hari dilaporkan menurunkan risiko kanker usus hingga 30 persen.

5. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan bahan kimia beracun. Penumpukan radikal bebas bisa menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis. Peradangan sendi yang tidak diobati juga bisa berujung pada komplikasi asam urat.

Ini yang membuat manfaat kacang panjang juga baik untuk menurunkan risiko asam urat. Asam urat yang tinggi dalam tubuh bisa membentuk pengkristalan pada area sendi, yang umumnya menyerang jempol kaki. Orang-orang yang bisa mencukupi asupan vitamin C hingga 1000-1499 mg perhari dilaporkan bisa mengalami penurunan risiko asam urat hingga 31 persen.

Terong

cara membuat sayur lodeh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan fitonutrien membuat manfaat terong begitu besar bagi kesehatan jantung Anda. Selain itu, flavonoid atau pigmen larut air yang ada pada terong juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2012, salah satu jenis flavonoid yang ampuh untuk melindungi jantung adalah antosianin. Zat pigmen ini juga bisa menurunkan tekanan darah darah Anda. Jadi, Anda berisiko terkena penyakit jantung atau hipertensi harus mulai makan terong yang kaya akan antosianin.

2. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli di Brazil menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi terong bisa membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol. Pasalnya, tim peneliti dari Departemen Pertanian Amerika Serikat menemukan bahwa terong kaya akan senyawa asam klorogenat. Senyawa ini mampu terbukti menurunkan berat badan serta jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Terong sendiri tidak mengandung kolesterol jenuh sama sekali sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang memang diharuskan menjaga keseimbangan kadar kolesterolnya.

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, asam klorogenat juga bisa berfungsi sebagai antimikroba, antivirus, dan antikarsinogen. Anda pun bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya lainnya jika rutin mengonsumsi terong.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat terong juga bisa didapat dari kulitnya. Kulit terong kaya akan zat nasunin, yaitu zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Nasunin mampu melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas serta membantu melancarkan proses distribusi gizi di dalam sel-sel tubuh. Nutrisi lain yang ada dalam terong yang baik untuk otak Anda adalah antosianin.

4. Membuat Kulit Lebih Lembut dan Bercahaya

Ternyata terong bisa jadi jawaban bagi permasalahan kulit Anda yang kusam dan kering. Buah ini kaya akan antioksidan serta bagian dalamnya terdiri dari kira-kira 92% air. Maka, mengonsumsi terong bisa membantu melembabkan dan menutrisi kulit dari dalam. Antioksidan juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang bisa membunuh sel-sel kulit Anda sehingga kulit jadi tidak kenyal dan tampak lebih gelap.

Resep Sayur Lodeh Terong Jawa Spesial

cara membuat sayur lodeh

Sayur ini memang identik dan khas dengan Jawa. Walaupun sebenarnya ada juga lodeh sunda dan lainnya. Tetapi memang yang sangat diminati dan disukai oleh masyarakat karena legit dan lezatnya kuahnya. Buat yang ingin mencobanya, bahan dan cara membuat sayur lodeh spesial ada dibawah.

Bahan Dalam Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana

  • Labu siam segar sebanyak 300 gram – 350 gram. Kupas kulitnya lalu potong potong kecil sesuai selera.
  • Daun melinjo muda (daun so) yang masih segar sebanyak 90 gram saja. Cuci bersih sebelum dipakai.
  • Kacang panjang segar sebanyak 6-7 pcs. Cuci bersih lalu iris iris pendek sesuai selera.
  • Nangka muda atau tewel sebanyak 210 gram. Cuci bersih kemudian iris iris kotak kecil sesuai selera.
  • Daun salam sebanyak 2-3 lembar saja.
  • Terong berukuran sedang besar sebanyak 1 buah. Cuci bersih lalu potong potong sesuai selera.
  • Melinjo sebanyak 50 gram saja.
  • Jagung manis yang sudah diiris iris sebanyak 1/2 batang.
  • Santan yang diambil dari perasan parutan buah kelapa 1 butir sebanyak 2 liter saja. Jangan memakai santan instan karena nanti rasanya akan berbeda.
  • Lengkuas berukuran sedang sepanjang 3 cm. Cuci bersih bersih lalu memarkan sebelum digunakan supaya aromanya bisa keluar.
  • Buah cabai hijau besar sebanyak 2-4 buah. Cuci bersih lalu iris iris serong sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium sesuai selera atau sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Gula merah yang sudah disisir halus sesuai selera atau sebanyak 2 sendok makan juga.
  • Kalau suka bisa ditambahkan dengan potongan tempe atau tetelan daging sesuai dengan selera.

Bahan Bumbu untuk cara membuat Sayur Lodeh Istimewa

  1. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya  sebanyak 3 butir saja.
  2. Ketumbar secukupnya untuk menambah aroma atau  sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar  sebanyak 3 pcs saja. Kupas kulit luar bawangnya kemudian potong supaya mudah pada saat akan dihaluskan.
  4. Bawang merah ukuran sedang besar  sebanyak 8 pcs saja. Kupas kulit luar bawang merahnya lalu iris iris supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  5. Kencur ukuran sedang  sepanjang 2 cm saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  6. Terasi kualitas bagus yang sudah digoreng sebelumnya  sebanyak 0.5 sendok kecil saja.

Cara Membuat Sayur Lodeh Enak Praktis

  1. Langkah pertama ambil panci masak ukuran sedang besar kemudian tuang santan kelapa bersama daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan.
  2. Aduk aduk santan diatas sampai mendidih. Ingat, jangan sampai santannya pecah karena nanti akan merusak citarasanya.
  3. Sambil menunggu santannya mendidih, haluskan bumbu sayur lodeh yang sudah dipersiapkan diatas, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, terasi dan kencurnya sampai halus. Lebih baik dihaluskan dengan cara diulek supaya aroma dan rasanya bisa lebih keluar.
  4. Masukkan bumbu sayur lodeh nya kemudian aduk aduk kembali sampai santannya mendidih.
  5. Masukkan nangka muda, labu siam dan melinjonya kemudian aduk aduk dan masak sampai setengah matang.
  6. Masukkan irisan gula merah, garam dapur beryodium dang nangka mudanya kemudian aduk aduk kembali sampai agak matang.
  7. Masukkan sisa bahannya, seperti kacang panjang, daun melinjo, terong, irisan cabai dan tetelan daging kalau suka.
  8. Aduk aduk kembali dan masak sampai semua bahan matang.
  9. Sebelum diangkat, jangan lupa cicipi dahulu dan tambahkan garam dapur dan gula pasir kalau diperlukan.

 

Resep Sayur Lodeh Sunda

cara membuat sayur lodeh

Bukan hanya jawa, ternyata daerah Sunda juga memiliki resep sayur lodeh berkuah santan juga. Bahan sayuran yang dipakai memang sebagian besar tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan sayur lodeh dari jawa. Tetapi jika dirasakan akan terasa lebih gurih dengan aroma khas. Perbedaan ini disebabkan karena pemakaian kemiri dan terasi yang dibakar sebentar untuk bumbu lodeh sunda ini. Buat yang ingin mencobanya, bahan dan cara membuat sayur lodeh sunda ada pada ulasan dibawah ini.

Bahan dan Bumbu Cara Membuat Sayur Lodeh Sunda :

  • Santan kental  sebanyak 100 cc.
  • Santan encer  sebanyak 1000 ml.
  • Terong ukuran sedang  sebanyak 1 buah saja.
  • Kacang panjang secukupnya atau  sebanyak 5 batang.
  • Daun salam  sebanyak 2 pcs.
  • Jagung muda manis yang sudah dipotong  sebanyak 1 pcs.
  • Wortel, melinjo, daun melinjo, labu siam dan sayuran lainnya secukupnya.
  • Terasi yang sudah dibakar sebentar sesuai selera.
  • Lengkuas yang digeprek sebelumnya  sebanyak 3 cm saja.
  • Buah cabai merah dan hijau yang sudah diiris secukupnya atau bisa sesuai selera.
  • Garam dapur dan gula pasir secukupnya.

Bahan Bumbu Sayur Lodeh Khas Sunda :

  • Bawang putih berukuran sedang besar  sebanyak 3 pcs.
  • Bawang merah berukuran sedang besar  sebanyak 5 pcs.
  • Kencur  sepanjang 2 cm saja.
  • Ketumbar secukupnya atau  dalam takaran 0.5 sendok kecil.
  • Kemiri  sebanyak 2 pcs saja.

Cara Membuat Sayur Lodeh Bumbu Sunda :

  1. Pertama haluskan dan uleg kemiri, kencur, ketumbar, bawang putih dan merah sampai halus lalu sisihkan.
  2. Siapkan panci isi dengan santan encernya kemudian masak sampai mendidih sambil diaduk jangan sampai pecah.
  3. Masukkan potongan jagung, melinjo, wortel atau sayuran lain yang lama matangnya sampai setengah matang.
  4. Masukkan bumbu sayur lodeh yang sudah diuleg diatas kedalam panci lalu aduk sampai rata.
  5. Masukkan potongan labu siam kalau pakai lalu aduk hingga setengah matang.
  6. Masukkan terasi, irisan cabai, laos dan daun salam.
  7. Tuang garam dan gula pasir secukupnya sesuai kebutuhan kemudian aduk kembali sampai benar benar rata.
  8. Masukkan potongan terong, kacang panjang dan tuang santan kentalnya kemudian aduk kembali sampai mendidih dan semua bahan matang.
  9. Terakhir masukkan daun so atau daun melinjonya kemudian aduk sebentar.
  10. Tes rasa kalau sudah pas lodeh sunda siap untuk disajikan bersama keluarga.

untuk membuat santan, agar prosesnya lebih cepat dan tidak ribet sebaiknya gunakan mesin peras santan.

Itulah ulasan mengenai resep dan cara membuat sayur lodeh asli jawa dan sunda. Apakah anda tertarik untuk mencoba salah satu resep diatas? Selain menyehatkan karena bahan bahannya banyak menggunakan sayuran, ternyata caranya pun juga terbilang mudah. Selamat berkreasi ria di dapur anda.