Kita bisa belajar cara memasak sayuran dengan resep sayur sop berikut ini. Sayur sop merupakan salah satu masakan yang kerap kali menemani kita saat sedang waktunya makan. Sop ini terdiri dari beberapa macam sayur seperti wortel, kubis, kol dan tambahan bahan sayuran lainnya.

Sayur Sop

sayur sop

Faktanya sayur sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang membuatnya dengan cara mendidihkan bahan. Bisa berupa daging sapi atau ayam untuk membuat kuah kaldu, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambahkan rasa.

Bahan yang terdiri dari daging,sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air saat beribu-ribu tahun yang lalu.

Rasanya yang segar,lezat serta nikmat membuat sayur sop banyak yang menggemarinya. Memasak sayur sop juga terbilang cukup mudah. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah mendapatkannya. Selain sayur, Anda juga dapat menambahkan isian lainnya seperti daging, bakso dan bahan lainnya.

Sayur sop atau sop sayuran ini yang paling mudah untuk membuatnya. Bagi pemula jangan takut untuk mencoba membuat sayur sop. Sop dengan isian beragam sayuran ini sangat praktis dan sangat menyehatkan.

 

Manfaat Sayur Sop Untuk Kesehatan

manfaat sayur sop untuk kesehatan

1. Mengembalikan Cairan Tubuh yang Hilang

Resep Sayur Sop memiliki bahan dasar utama air. Sehingga jika kamu makan sayur sop maka asupan dan kebutuhan cairan yang ada pada tubuh  dapat terpenuhi.

Oleh karena itu, sayur sop sangat cocok jika dikonsumsi pada siang hari karena bisa mengganti cairan tubuh yang menghilang setelah beraktivitas dan juga bisa sekaligus menyegarkan.

2. Memiliki Kandungan Gizi dan Nutrisi yang Tinggi

Dalam satu mangkuk sayur sop biasanya terdapat aneka jenis sayuran seperti kentang,wortel,daun seledri,buncis,daun bawang, kacang merah, dan bahan lainnya. Selain sayur-sayuran juga ada potongan daging sapi atau daging ayam.

Semua bahan-bahan itu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat tinggi. Itulah kenapa banyak yang menyebutnya dengan nama one dish meal karena dalam seporsi sup setara dengan sajian makanan berat untuk satu kali waktu makan.

3. Rendah Lemak Tapi Mengenyangkan

Resep sayur sop pada umumnya menggunakan banyak bahan sayuran dan memasak dengan cara merebusnya. Walaupunn terdapat menggunakan minyak di dalamnya, itu pun hanya untuk tumisan bumbu saja.

Hal inilah yang membuat sup menjadi kuliner yang rendah lemak tapi tetap mengenyangkan. Sup menjadi makanan favorit saat sedang berdiet karena kandungan serat dan airnya bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

4. Kandungan Gizinya Tidak Mudah Hilang

Kandungan gizi dalam sop tetap lengkap saat kamu menyantapnya. Hal ini karena kamu tidak membuang rebusan air yang digunakan untuk merebus sayur dan daging yang menjadi sumber nutrisi dan protein dalam sayur sop.

Oleh karena itu, jangan sekali-kali membuang air rebusan sayur dan daging karena dalamnya terdapat banyak kandungan gizi. Air kaldu yang kaya gizi ini sangat bermanfaat jika kamu menyantapnya dengan bahan isian lainnya.

5. Memperlancar Sistem Pencernaan

Resep sayur sop memiliki kandungan serat yang tinggi dari sayuran-sayuran yang berada di dalamnya sehingga bisa memperlancar pencernaan kamu dan mengurangi resiko susah buang air besar.

Saat kamu rutin memakan sayur sop dengan porsi yang seimbang, maka kebutuhan seratmu akan terpenuhi dengan sangat baik. Porsi yang seimbang adalah porsi sayuran dan daging yang setara. 

6. Mudah Dicerna Ketika Kamu Sakit

Selain sangat cocok untuk diet, sup juga sangat identik dengan kuliner yang disantap saat sedang sakit. Alasannya karena sayur sop sangat mudah dicerna.

Bahan isian sup memiliki tekstur yang cukup empuk dan kuah sup bisa membantu kamu untuk menelan makanan dengan  cepat. Jadi kalau kamu bosan menyantap bubur ketika sedang sakit, maka kamu bisa menyantap sup.

7. Meringankan Penyakit Tertentu

Jika menyajikannya dalam keadaan yang masih hangat, Sayur sop bisa meredakan atau meringankan beberapa penyakit tertentu. Ketika sedang sakit, bahan dasar sup yang terdiri dari berbagai macam jenis sayuran dan daging.

Juga bisa mencukupi kebutuhan gizimu sehingga kamu jadi lebih cepat pulih dari sakit. Sayur sop juga bisa membantu daya tahan tubuhmu agar tidak mudah terserang penyakit. 

Peluang Usaha Sayur Sop

peluang usaha sayur sop

Sayur sop menjadi salah satu kuliner khas masyarakat Indonesia yang memiliki rasa lezat dan menyegarkan rasanya. Jika menikmatinya dengan sajian yang masih hangat akan menambah nafsu makan saat memakannya.

Selain bisa makan begitu saja sayur sop ini bisa juga menikmatinya dengan tambahan nasi hangat. Sayur sop banyak yang mengkonsumsinya termasuk balita, sebab rasa kuah yang segar ini banyak anak kecil yang menyukainya makan.

Resep sayur sop banyak yang menggunakannya menjadi salah satu kuliner masakan Indonesia masih sangat banyak kesempatannya terutama untuk bisnis makanan dengan menu yang segar – segar. Seperti sayur sop ini. Peluang bisnis masih terbuka lebar untuk siapa saja.

Yang ingin menjajal dunia bisnis dalam hal kuliner. Apalagi dengan banyaknya orang yang saat ini lebih memilih cara cepat dalam mengisi perut yaitu dengan mampir ke warung makan. Oleh karena itu ini merupakan kesempatan yang baik untuk Anda dalam mendapatkan keuntungan.

Seperti menawarkan menu sayur sop yang segar dan banyak yang menyukainya. Dengan strategi pemasaran yang baik maka peluang untuk berhasil pun bisa dengan mudah dan cepat.

Bila menginginkan mencoba menjalankan bisnis ini maka ciptakan menu resep sayur sop dengan rasa gurih, nikmat dan segar agar banyak masyarakat yang menyukainya.

Cara Memilih Sayur Yang Baik

Makanan sehat seperti sayur sop ini memang sangat penting untuk tubuh. Tetapi, cara memilih bahan sayur sop yang baik juga tak kalah pentingnya. Salah satu jenis makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang baik adalah sayur sop.

Jangan sampai memilih sayuran dengan sembarangan karena itu dapat berbahaya untuk kesehatan juga. Berikut ini cara memilih bahan sayuran dengan baik.

1. Pastikan Sayuran Tidak Layu

Cara pertama dalam memilih bahan resep sayur sop yang baik adalah dengan melihat kesegaran sayuran tersebut.Kesegaran sayuran dapat kita perhatikan dengan cara melihat apakah daun dan tangkainya  tersebut layu atau tidaknya.

Jika sayuran tersebut layu, berarti sayuran tersebut sudah tidak baik lagi dan tidak segar. Sayuran berdaun seperti kubis,wortel,brokoli memiliki perbedaan yang jelas dalam hal ini.

2. Cara Memilih Sayuran yang Baik dari Warna Sayuran

Selanjutnya yaitu warna sayuran juga dapat menjadi ciri dari kualitas sebuah sayuran tersebut.Kesegaran sayuran dapatkita melihatnya dari warnanya saja. Apa masih berupa warna asli atau memiliki warna yang cerah.

Jika sayuran sudah berubah warnanya,maka sebaiknya jangan anda  memilihnya karena hal itu mengindikasikan bahwa sayuran sudah tidak lagi segar dan sehat.

3. Sayuran Harus Bebas Dari Pestisida

Cara melihat sebuah sayuran menggunakan pestisida adalah dengan cukup melihat apakah ada bagian yang berlubang pada sayuran tersebut atau tidaknya.Daun yang berlubang dan tidak utuh menandakan hewan kecil seperti ulat telah memakannya.

dari fakta tersebut, sayuran itu pasti sehatnya dan tidak mengandung pestisida.

4. Sayuran Tidak Keriput

Cara myang baik untuk emilih sayuran selanjutnya adalah dengan melihat apakah sayuran tersebut berbentuk keriput atau tidak.Biasanya, cara ini banyak yang memakainyaketika sedang memilih sayuran umbi seperti kentang, wortel, lobak, dan juga bawang.

Jika sayuran tersebut sudah keriput artinya sudah tidak lagi segar. Dan tidak layak untuk mengolahnya.

5.Cara Memilih Sayuran yang Baik dari Bentuk Tekstur dan Baunya

Teksturnya biasanya yangtidak lembek dan tidak berbau. Tanda-tanda tersebut juga wajib ada dalam sayuran ketika banyak yang memilihnya sebagai pertanda sayuran tersebut segar dan sehat.

Jika sayuran berbau,lembek, teksturnya aneh, sebaiknya jangan dipilih karena itu adalah kriteria sayuran yang tak sehat.

6. Pilih Sayuran yang Kecil dan Muda

Biasanya banyak yang suka sayuran yang ukurannya besar. Padahal faktanya, ternyata sayuran yang kecil dan masih muda jauh lebih baik dan akan lebih sehat. Selain itu, sayuran yang kecil dan masih muda juga dapat membuat masakan jadi lebih jadi lebih nikmat dan empuk.

7. Cara Pilih Sayuran yang Baik Langsung dari Petani

Jika memungkinkan, sebaiknya memiilih dan membeli sayuran langsung dari petani.Sayuran yang langsung anda mengambilnya dari tangan petani memiliki aroma,tekstur,bentuk,dan rasa yang masih segar.Pasalnya, sayuran-sayuran tersebut masih baru dipanen dari kebunnya.

Tidak semua orang bisa mempraktikkan cara memilih sayuran yang sangat begitu penting ini.

8. Pilih Sayuran yang Belum Dibersihkan

Sayuran yang masih baik dan segar justru yang belum dibersihkan.Biasanya, ciri-cirinya yaitu sayuran masih memiliki akar dan masih kotor oleh lumpur atau tanah.Sayuran yang belum dibersihkan terbukti jauh lebih sehat, segar, serta lebih nikmatnya.

9. Membeli Bahan Resep Sayur Sop Saat Masih Pagi Hari

Cara memilih sayur terakhir yaitu dengan membelinya ketika pagi hari.Ketika masih pagi, semua jenis sayuran pasti masihbelum layu dan masih segar, apalagi teksturnya yang berubah. Dan sebaliknya, semakin siang sayuran akan semakin tidak segar dan tidak enak.

Karena sayurnya yang sudah tidak segar, layu, dan mempengaruhi pada rasa sayuran kelak.

Resep Sayur Sop

Berikut ini akan kami berikan mengenai beberapa macam jenis dalam resep sayur sop .

1.Resep Sayur Sop Original

Bahan-bahan :

  • 3 batang wortel
  • 1/8 sayur kubis
  • 1 ons buncis
  • 1/2 buah kentang
  • Daun bawang
  • Daun seledri
  • 1 buah Jagung yang manis (serut)
  • 3 biji buah bawang putih
  • 2 biji buahbawang merah
  • Lada secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng
  • Gula
  • Garam/kecap asin

Cara Membuat Resep Sayur Sop Original :

  1. Mengupas dan membersihkan semua semua bahan dan kemudian memotong-motong sayur sesuai dengan selera.

  2. Mengupas bawang merah dan bawang putih dengan Mesin pengupas bawang, haluskan bersama bumbu merica/lada. Menumis dengan minyak yang sedikit. Lalu masukkan daun bawang yg sudah dipotong sedang. Tumis lagi sampai bumbu matang. Lalu mensisihkannya.

  3. Memanaskan air dalam panci, memasukkan bumbu yg sudah ditumis. Masukkan kentang terlebih dahulu,kemudian harus menunggu sampai 2 menit.

  4. Memasukkan wortel, buncis, dan jagung serut ke dalam panci. Merebus sehingga agak matang, menambahkan kubis dan potongan daun seledri/daun sop.

  5. Menambahkan gula dan garam. Garam bisa di ganti dengan kecap asin akan lebih enak.

  6. Menyajikan dengan bawang goreng lebih enak. Menunggu berbagai macam varians sop nya.

2.Resep Sayur Sop Pedas

Bahan-bahan :

  • Secukupnya ceker/pentol/udang/telur puyuh/sosis sapi (ayam)
  • 1 buah kentang, memotong sesuai dengan selera
  • sebuah wortel, memotong sesuai selera
  • 1/4 kol, potong2 sesuai selera
  • 2 biji buah tomat, memotong sesuai selera
  • 1 batang daun bawang, mengiris sesuai selera
  • 2 batang daun sop/daun seledri
  • Secukupnya merica bubuk, gula pasir, garam & penyedap rasa
  • 1 ltr air
  • 4 siung bawang merah,kemudian haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 cm lengkuas,lalu haluskan

Cara Membuat Resep Sayur Sop Pedas :

  1. Menyiapkan wajan, lalu menumis bumbu sampai wanginya harum.

  2. Yang kedua menyiapkan panci, rebus air sampai mendidih. Masukan bumbu yg sudah ditumis. Masukan sayuran/semua bahan (kecuali daun sop/seledri)

  3. Masukkan secukupnya gula pasir, garam, merica & penyedap rasa. Mengaduk hingga rata, lalu mengujilah rasanya.

  4. Menyajikan dengan taburan bawang goreng dan daun sop/seledri.

  5. NB : pakailah taburan potongan cabe rawit supaya ada sensasi kriuk2 pedasnya.

3.Resep Sayur Sop Ceker

Bahan-bahan :

  • 1 kg Ceker ayam, membersihkannya dan mencuci
  • 5 bh wortel, kupas, lalu megirisnya
  • 8 lembar kubis,kemudian potong kecil
  • 1 bh kentang, kupas, lalu memotong bentuk dadu
  • 6 batang buncis, memotongnya 2 cm
  • 1 bh tomat merah
  • 2 batag daun bawang
  • 4 batag daun seledri
  • secukupnya Air
  • 5 siung bawang merah
  • Sedikit margarine
  • secukupnya Penyedap rasa ayam
  • Garam
  • Sedikit gula putih
  • secukupnya Merica bubuk
  • sejumput Bubuk pala

Cara Membuat Resep Sop Ceker :

  1. Setelah ceker dibersihkan dan dicuci dengan bersih, memasak air hingga mendidih, masukkan ceker ayam hingga empuk,.Lalu masukkan sayurannya.(daun bawang, seledri dan tomat memasukannya terakhir)
  2. Setelah wortel empuk masukkan tomat merah, penyedap rasa, garam, sedikit gula putih, bubuk pala dan merica bubuk,terakhir masukkan daun bawang dan seledri. Koreksi rasa, menunggu hingga mendidih. Setelah itu mengangkat, kemudian sisihkan.
  3. Memanaskan sedikit margarin,menumis bawang merah yang telah diiris,setelah bawang agak kering, masukkan ke dalam sayur Sop bersama dengan sisa margarin nya.
  4. Sayur sop siap untuk dinikmati.

4.Resep Sayur Sop Makaroni

Bahan-bahan :

  • 6 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • sebungkus kaldu bubuk
  • 1 buah wortel
  • buah kentang
  • 1/2 buah kol
  • 1 bungkus makaroni
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang seledri
  • 1 sdm minyak (untuk menumis)
  • 1200 ml air
  • Garam dan juga merica, secukupnya

Cara Membuat Resep sop Makaroni :

  1. Menghaluskan bawang merah dan bawang putih, lalu mensisihkan.
  2. Mengupas dan mencuci bersih semua sayuran, lalu potong-potong sesuai dengan selera.
  3. Menyiapkan panci di atas api kecil, tumis sebentar bumbu halus hingga berbau harum. Lalu, masukkan air tunggu sampai agak mendidih. Kemudian masukkan sayuran mulai dari yang bertekstur keras terlebih dahulu (wortel dan kentang).
  4. Jika wortel dan kentang sudah setengah matang, masukkan makaroni dan sisa sayuran lain. Lalu menambahkan garam, merica, serta kaldu bubuk secukupnya. Sayur sop pun siap dihidangkan selagi ketika hangat.

Manfaat Makan Sayur

  • Mencegah dan mengurangi stres berlebihan.
  • Memperlancar buang air besar.
  • Mencegah penyakit jantung dan juga  kanker.
  • Mempertahankan berat badan seimbang.
  • Sumber energi pada tubuh.
  • Membersihkan racun dalam tubuh (Detoksifikasi)
  • Mencegah kelahiran bayi cacat.
  • Menjaga kesehatan pada mata.
  • Membuat kulit untuk sehat
  • Memperkuat pada tulang
  • Menu makanan yang sehat

Berikut ini merupakan artikel mengenai resep sayur sop yang sangat mudah untuk dibuat. Semoga Bermanfaat bagi anda yang ingin memulai membuka bisnis sayur sop. Dan semoga dapat memberikan bekal ilmu dan pengalaman yang sangat baik. Dapat di praktikan juga ketika sedang berada dirumah.

 

 

WhatsApp Chat Whatsapp!