Cara Membuat Seblak Kerupuk yang Enak dan Mudah

cara membuat seblak kerupuk

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara membuat seblak kerupuk yang enak dan mudah tentunya.

Negara kita, memang terkenal dengan kekayaan kulinernya yang enak, lezat dan menggugah selera. Salah satu yang menjadi idola adalah seblak dari kota Bandung yang menjadi makanan ekonomis tetapi juga kekinian. Seblak memang sedang menjadi tren dan buruan berbagai kalangan. Sebab, memiliki cita rasa gurih, asin dan pedas.

Isi dari seblak kerupuk dari Bandung itu biasanya kerupuk yang di rebus lalu di masak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, dan cabai rawit.

Nikmat makanan ini adalah cemilan yang sedap di nikmati kapan saja dan oleh siapa saja. Selagi sedang hujan, sensasi dingin yang di rasakan membuat kira merasa lapar semakin menjadi. Nah, pada waktu seperti itu anda akan perlu memakan cemilan atau makanan yang hangat untuk dimakan.

Orang Bandung mana sih, yang tidak tau dengan makanan yang satu ini? Tentu saja banyak orang yang sudah tau akan nama makanan yang satu ini, tetapi apakah kalian tau asal-usul atau sejarah dari makanan yang akan kita bahas ini yaitu seblak?

Seblak

cara membuat seblak kerupuk

Seblak merupakan jajanan Indonesia yang terkenal berasal dari Bandung, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yanng di masak dengan sayuran dan sumber protein lainnya seperti, telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dan di masak dengan menggunakan kencur.

Seblak sekarang ini jadi jajanan jalanan yang di sukai oleh berbagai kalangan masyarakat sekitar, terutama di Jawa Barat dan Jabodetabek. Seiring berkembangkan tren jajanan tradisional dan kaki lima, seblak tidak hanya di sajikan dengan topping biasa di gerobak pada umumnya.

Sekarang seblak bervariasi menjadi makanan yang modern dan berhasil menarik perhatian banyak masyarakat. Makanan dengan tekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memilki beberapa variasi, baik rasa ataupun bahan tambahan juga kemasan penjualannya.

Sejarah Seblak

cara membuat seblak kerupuk

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang mempunyai beberapa destinasi wisata yang banyak di cari oleh wisatawan dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Dengan hal ini tentu dapat memberi hasil terhadap populernya makanan khas kota ini.

Salah satu jajanan terkenal di kota Bandung adalah seblak. Bagi warga kota Bandung sendiri, kata seblak sudah biasa di dengar dan di nikmati. Tetapi bukan untuk orang lain yang berkunjung ke kota Bandung.

Seiring berjalannya waktu, ternyata seblak yang termasuk makanan khas Bandung ini memilki kemiripan dengan salah satu makanan khas daerah Sumpiuh, di Jawa Tengah.

Tidak sedikit juga orang-orang yang tau kalau seblak itu makanan khas daerah Sumpiuh dari Jawa Tengah. Mengapa hal itu terjadi?

Ada beberapa faktor yang membuat seblak dikira adalah makanan khas daerah Sumpiuh, salah satunya yaitu seblak sangat mirip dengan kerupuk yang di rebus dan pada tahun 1940 an itu masih populer-populernya makanan yang seperti itu. Lalu seblak menjadi terkenal pada tahun 2000 an.

Menurut penjual seblak di Bandung, banyak yang mengira kalau makanan seblak itu makan kerupuk kuning yang setelah itu di masak dengan rasa bumbu yang cukup pedas. Dan ternyata nama dari seblak itu sendiri adalah nama bumbu yang terbuat dari bahan kencur dan cikur.

Seiring perkembangan jaman, penjual jajanan ini juga membuat variasi macam-macam yang unik dari makanan seblak itu sendiri. Misalnya ia memakai bahan dasar kerupuk kuning, makaroni, tahu, bakso, dan bisa juga dengan mie. Setelah itu di masak dengan berbagai macam jenis topping sesuai selera lalu di tambah kan air dan cabai.

Bahkan sekarang banyak sekali koki/chef terkenal yang suak memasak makanan yang satu ini, lalu di hidangkan ke keluarga mereka masing-masing. Bahkan ada juga yang di pakai untuk bisnis kuliner. Ada juga produk-produk seblak instan yang bisa untuk memudahkan.

Baca juga Cara Membuat Donat Kentang enak dan lumer ala cafe.

Asal Usul Seblak

Seblak populer sekitar tahun 2000 an. Makanan yang sejenis ini juga sudah ada di daerah Cianjur bagian selatan sejak jaman sebelum Indonesia merdeka. Namun, yang membedakan seblak dengan makanan sejenisnya adalah seblak pada umumnya menggunakan kerupuk yang berwarnya oren dengan bumbu cikur dan di sajikan dengan menggunakan kuah yang pedas.

Bahan Dasar Seblak Kerupuk

Bahan dasar dari seblak itu sendiri itu kerupuk udang yang sudah di siram dengan memakai air panas dan di beri bumbu serta sayur-sayuran. Jajanan seblak ini terdiri dari kerupuk yang di rebus, dan di beri bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabai rawit, dan juga penyedap rasa.

Apa Saja Fakta Unik Seblak ?

  • Mulai Terkenal pada 2016

Bebarengan dengan tahu bulat, seblak ini mulai banyak di minati orang-orang pada awal tahun 2016. Menghadirkan level pedas yang banyak dan juga berbeda-beda, seblak menjadi jajanan yang sudah banyak di minati sejak 4 tahun silam, lama juga ya?

  • Berasal dari Kota Kembang

Kota Bandung telah menjadi tempat kelahiran kuliner seblak, sebelum akhirnya menyebar ke seluruh Indonesia. Sampai sekarang ini, seblak menjadi kesukaan banyak orang. Hebat!

  • Punya Arti Khusus

Arti dari Bahasa Sunda, kata seblak di ambil dari kata ‘nyeblak’ yang berarti ‘mengagetkan’, akibat rasanya yang super pedes. Tidak heran, jika jaman sekarang ini seblak hadir dengan berbagai level dan varian. Kamu berani coba level berapa?

  • Kencur Jadi Kunci Cita Rasa Khas Seblak

Aroma kencur yang khas jadi kunci utama cita rasa khas seblak; di padukan dengan bawang, telur, cabai rawit, dan tentunya kerupuk aci, seblak menjadi semakin harum serta nikmat di lidah.

Bukan sekedar untuk menambah selera, kencur juga bermanfaat untuk meredakan batuk, mengobati diare, hingga mencegah kanker lambung.

  • Mirip Jajanan Jadul Kerupuk Godog

Kerupuk Godog merupakan makanan dari Sumpiuh, Jawa Tengah. Sejak tahun 1940-an, kerupuk godog yang juga memiliki bahan dasar kerupuk ini sudah lebih dahulu di kenal. Cara untuk membedakannya kalau seblak di beri tambahan topping; seperti telur, sosis, sampai ceker. Sedap betul!

10 Manfaat Rasa Pedas!

  • Mengandung Nutrisi

Jika kita mengonsumsi makanan pedas akan membuat lebih mudah dalam memnuhi asupan nutrisi. Cabe masuk dalam beberapa vitamin A dan C dan juga beberapa mineral penting yang berguna untuk tubuh kita.

  • Bisa Menghambat Adanya Kanker

Fungsi dari kandungan capcaisin yang ada di dalam cabe selanjutnya yaitu mempunyai kekuatan yang bisa membunuh leukimie dan sel-sel kanker. Karena itulah cabe mampu menghambat pertumbuhan pada tumor dan kanker.

  • Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Kalium merupakan salah satu kandungan yang ada di dalam cabe yang jika di kombinasikan dengan folat pada jumlah yang tepat benar-benar dapat mengurangi terkenanya risiko jantung dan dapat juga mengurangi tekanan darah.

  • Dapat Menjaga Kesehatan Mata Kita

Jika kita mengonsumsi sekitar satu sendok makan cabe dalam setiap harinya itu dapat menjaga fungsi mata agar tetap optimal, dan bisa menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula.

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif

Dengan memakan makanan dengan menggunakan banyak sambal yang terbuat dari cabe yang segar dapat mengurangi kemungkinan dalam mengalami gangguan kognitif. Dan pastinya akan lebih baik dan meningkatkan fungsi kognitif.

  • Dapat Untuk Membakar Kalori Dalam Tubuh

Metabolisme tubuh kita akan bekerja lebih cepat pada saat kita mengonsumsi makanan pedas dan juga dapat meningkatkan kadar kalori yang tebakar sebanyak 8%.

  • Dapat Untuk Menjaga Kesehatan Usus

Sering juga di jadikan sebagai bahan pengawet makanan, karena cabe memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Dan juga kandungan capsaicin yang ada di dalam cabe dapat membunuh bakteri. Contohnya adalah H. pylori dan dapat untuk menyembuhkan penyakit radang usus.

  • Mencegah Penyakit Anemia

Cabe menjadi bahan dasar yang ada zat besi di dalamnnya yang terkandung yang bisa membantu mencegah anemia. Anemia, merupakan penyakit kekurangan darah putih dan dengan gejalanya badan lemas dan wajah pucat yang di sebabkan karena kekurangan zat besi.

  • Membantu Mengatasi Hidung Yang Sedang Tersumbat

Kandungan capcaisin yang terkandung di dalam cabe ini tidak hanya berfungsi untuk membantu menghilangkan rasa sakit, tetapi juga bisa juga untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Hal ini terjadi karena zat yang ada pada cabe yang memberikan rasa pedas ini juga memberikan sensasi pans yang mampu mengatasi hidung terumbat.

  • Penghilang Rasa Sakit

Kandungan capcaisin juga bisa meredakan rasa sakit tertentu yang di sebabkan oleh osteoartristis dan neuropati diabetes dan yang berasal dari sel-sel saraf menuju otak.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mengonsumsi makanan pedas dapat menghilangkan kolesterol jahat. Dan pada cabe terdapat kandungan capcaisin yang bisa melawan peradangan yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung.

  • Membantu Stabilnya Kadar Gula Darah

Dengan memakan makanan yang pedas, bisa membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil karena cabe bisa membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan. Dengan adar gula darah di dalam tubuh juga lebih stabil dan rentang normal itu membutuhkan insulin yang lebih baik.

Apa Saja Jenis-Jenis Seblak ?

  • Seblak Basah

  1. Makaroni
  2. Ceker Ayam
  3. Mie Basah
  4. Tulang
  5. Baso
  6. Basreng
  7. Batagor
  8. Aci
  9. Kwetiaw
  10. Siomay
  11. Telur
  12. Snack
  13. Makaroni, dll
  • Seblak Kering

Walaupun agak jarang ditemukan, salah satu contoh seblak kering adalah kerupuk pedas mirip dengan basreng (Bakso Goreng)

 

Seblak Kerupuk Kering

cara membuat seblak kerupuk

Bahan-Bahan Seblak Kerupuk Kering :

  • Cabai rawit 3 buah
  • Kerupuk bawang 1 ons
  • Bawang merah 2 siung
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kencur 2 ruas

Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering :

  • Haluskan semua bumbu seperti, cabai, bawang merah, bawang putih, dan kencur
  • Tumis semua bumbu halus hingga harum
  • Masukkan kerupuk dan aduk sampai rata dengan bumbu
  • Kemudian angkat dan tiriskan
  • Berikan penyedap rasa secukupnya
  • Lalu masukkan ke dalam pengemas menggunakan hand sealer agar aman dan tidak melempem

Seblak Kerupuk Kering Daun Jeruk

cara membuat seblak kerupuk

Bahan-Bahan Seblak Kerupuk Kering Daun Jeruk :

  • 1/4 kerupuk sesuai selera
  • 1 sachet cabai bubuk
  • 12 lembar daun jeruk
  • Minyak kelapa secukupnya
  • 1 sachet penyedap rasa (rasa ayam)
  • 4 siung bawang putih

Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering Daun Jeruk :

  • Rendam kerupuk ke minyak yang dingin selama 20 menit
  • Setelah itu goreng deng menggunakan api yang kecil sampai sedikit mengembang
  • Lalu angkat dan tiriskan
  • Iris tipis daun jeruk dan bawang putih. Tumis, lalu angkat dan hancurkan kasar.
  • Beri penyedap rasa dan cabai bubuk
  • Kemudian campur semua bumbu dengan kerupuk
  • Lalu masukkan ke dalam pengemas menggunakan hand sealer agar aman dan tidak melempem

Seblak Kerupuk Basah

cara membuat seblak kerupuk

Bahan-Bahan Seblak Kerupuk Basah :

  • Kerupuk kanji mentah 50 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Telur ayam 1 butir (di kocok)
  • Daun bawang 1 batang (di iris halus)
  • Seledri 1 batang (di iris halus)
  • Garam 1 sendok teh
  • Penyedap rasa 1/2 sendok teh
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Cabai rawit 3 buat
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Kencur 2 ruas jari

Cara Membuat Seblak Kerupuk Basah :

  • Rendamlah kerupuk dengan air panas sampai mengembang lalu, di tiriskan dan beri sedikit minyak goreng agar tidak saling menyatu
  • Haluskan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan kencur hingga halus
  • Lalu tumis bumbu hingga aromanya tercium wangi
  • Tambahkan irisan daun bawang dan seledri kemudian aduk sampai rata
  • Masukkan kerupuk yang sudah direndam
  • Tambahkan telur yang sudah di kocok, dan aduk supaya menjadi telur orak-arik
  • Berikan air sebanyak 2 sendok makan lalu tambahkan garam dan penyedap rasa
  • Dan aduk sampai air berkurang atau hampir mendidih baru kemudian tambahkan kecap manis
  • Lalu tuangkan seblak yang telah jadi di mangkok atau pada kemasan
  • Kemudian anda bisa juga menaburkan bawang goreng

Manfaat Seblak Kerupuk

Seblak sudah mendjadi santapan yang banyak di gemari oleh masyarakat di Indonesia. Makanan yang pedas dan gurih ini memiliki cita rasa yang khas yang membuat banyak orang ketagihan juika memakannya.

Seblak khas Bandung ini sangat nikmat dan sangat di sukai oleh para pecinta pedas. Kandungan zat pada daging dan Vitamin C yang terdapat di seblak bisa menjadi asupan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas beberapa manfaat seblak yang tentunya baik untuk kesehatan. Tetapi anda juga harus bijak dalam mengkonsumsinya. Karena memakan makanan pedas secara berlebihan malah bisa menyebabkan timbulnya penyakit.

  • Mencegah Kanker

Cabai adalah salah satu bumbu utama untuk membuat seblak pada umumnya. Ada banyak manfaat untuk tubuh yang terdapat di cabai , salah satunya kapsiasin yang bisa mencegah kanker karena zat ini bisa membunuh sel-sel kanker yang membahayakan tubuh.

Tetapi konsumsi cabe yang berlebihan juga bisa membahayakan tubuh, selain dapat merusak lambung, konsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa menyebabkan diare yang membuat anda kehilangan cairan tubuh.

  • Menyehatkan Jantung

Kandungan di dalam cabai ini sudah terbukti secara ilmiah bisa menyehatkan jantung. Disebabkan karena cabai mengandung senyawa yang membuat jantung lebih aktif dan lebih sehat.

  • Melancarkan Pernapasan

Jika mempunyai masalah dengan pernapasan bisa mengkonsumsi seblak sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. Kandungan di dalamnya terbukti dapat melancarkan pernapasan sehingga anda bisa bernapas dengan baik.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki darah tinggi. Sebabnya kandungan di dalam seblak dapat menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Menyembuhkan Infeksi

Salah satu faktor penyebab infeksi muncul adalah terjangkitnya bakteri atau virus. Untuk menyembuhkannya bisa dengan banyak mengkonsumsi seblak ini. Zat yang terkandung pada jajanan ini di percaya mampu menyembuhkan infeksi lebih cepat.

  • Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya di tandai dengan sakit kepala, membengkaknya amandel, otot-otot terasa nyeri dan juga batuk. Untuk meredakan sakit tenggorokan dapat dengan banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan di dalam seblak ini sangat efektif meredakan sakit tenggorokan.

  • Sumber Protein

Protein yang terdapat pada daging sebagai resep dan cara membuat seblak sangat bermanfaat untuk tubuh karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein itu sangat penting terhadap pertumbuhan anak, asupan protein cukup dapat membuat pertumbuhan anak akan lebih cepat dan tubuhnya akan semakin kuat.

  • Sumber Vitamin C

Kandungan vitamin C tinggi yang terdapat pada seblak sangat penting untuk kesehatan dan bisa mencegah penyakit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang bertujuan menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Hal ini membuat tubuh kita lebih siap saat menghadapi perubahan cuaca yang biasanya membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit. Selain itu vitamin C yang terdapat pada cabe juga bisa menyehatkan kulit. Vitamin C dapat untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini pada wajah kalian.

  • Menurunkan Berat Badan

Pada umumnya yang kita ketahui, kita bisa berkeringat saat memakan seblak. Hal ini disebabkan metabolisme kita akan meningkat karena jajanan pedas yang kita makan. Nah ini, bisa buat tubuh kita membakar makanan yang ada dalam tubuh dan dapat menurunkan berat badan yang berlebih.

Jadi tidak salah jika banyak orang-orang terutama kaum hawa yang menyukai seblak, karena jajanan pedas yang satu ini bisa membuat tubuh langsing karena sangat efektif dalam menurunkan berat badan.

  • Menghilangkan Stress

Banyak yang tidak tau kalau kita memakan makanan yang pedas dapat menghilangkan stress. Efek kejut pada lidah saat memakan makanan yang pedas membuat tubuh kita menghasilkan hormon yang  bisa menghilangkan stress. Jadi makan seblak cocok jika kalian sedang mengalami stress dikarenakan rutinias sehari-hari.

Kesimpulan

Seblak merupakan jajanan yang bisa menyehatkan jika di konsumsi dengan kadar yang seimbang. Vitamin C dan protein yang ada pada seblak dapat membuat tubuh semakin sehat dan tentunya tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Pastinya tidak disarankan mengkonsumsi jajanan seblak ini dengan berlebihan. Kalian bisa memilih untuk sebagai makan siang atau malam hari, ketika tubuh kalian telah memakan sayuran yang cukup dan yang dapat kalian dapatkan dari makanan lain.

Pola makan yang sehat sangat penting bagi kita, terapkan jika kalian menginginkan tubuh yang sehat yang pastinya tidak mudah terserang penyakit yang bisa merugikan kesehatan.

Setiap makanan yang di makan dalam jumlah berlebihan dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh kita. Begitu juga dengan mengkonsumsi seblak dengan jumlah yang banyak.

Beberapa penyakit yang bisa muncul karena memakan seblak salah satunya yaitu terganggunya kinerja sistem pencernaan dikarenakan pengendapan kerupuk mentah pada usus dan pemicu jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh micin yang melebihi kadar sewajarnya.

Untuk mencegah penyakit itu, kalian harus memberikan selang waktu dalam mengkonsumsi jajanan seblak. Nah, itulah segenap ulasan mengenaik seblak, mulai dari asal-usul seblak, sejarah seblak, fakta unik, jenis-jenis seblak, manfaat, dan cara membuat seblak kerupuk.

 

Cukup sekian artikel mengenai seblak kerupuk dan juga cara membuat seblak kerupuk.

Semoga membantu kalian! Terimakasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •